10 Acara Tahun Baru yang Pernah Diselenggarakan di Kota Tua, Pernah Kesini?

Diposting pada
foto by lensa.fotokita.net

Perayaan malam tahun baru adalah salah satu tradisi tahunan yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa saja. Semua orang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan momen terbaiknya di waktu malam tahun baru.

Tak terkecuali masyarakat Ibukota yang merayakan malam tahun baru di beberapa titik. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau pesta tahun baru di Jakarta sangatlah meriah.

Bukan hanya pesta kembang api saja, namun di beberapa tempat ada yang menyajikan panggung hiburan, konser musik dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, menghabiskan waktu pergantian tahun di Jakarta adalah salah satu momen idaman semua orang.

Sebab pada saat memasuki tahun baru, langit Jakarta seketika akan semakin terang benderang dengan ribuan cahaya kembang api nan cantik.

Semua lokasi menyuguhkan keindahannya masing-masing untuk menikmati malam tahun baru. Sehingga semua masyarakat dapat menikmati momen tahun baruan mereka di lokasi terdekatnya masing-masing.

Beberapa titik yang biasa dijadikan sebagai lokasi perayaan pergantian tahun di Jakarta diantaranya ada Bundaran HI, TMII, Ancol, Monas, Kepulauan Seribu dan Kota Tua.

Nah Kota Tua Jakarta adalah salah satu kawasan yang hampir tidak pernah sepi pada saat momen taun baru, pengunjungnya bisa mencapai ratusan ribu orang.

Banyak yang tertarik datang ke Kota Tua karena disini sering diadakan acara-acara untuk menyambut momen tahun baru nih gengs.

Nah kami sudah berhasil merangkum beberapa acara yang pernah terselenggara di Kota Tua saat ada momen pergantian tahun, daftarnya ada dibawah sini.

Daftar isi

1. Pentas Musik Museum Keramik

Pada malam tahun baru 2018 lalu, di Kota Tua pernah diselenggarakan sebuah acara musik cukup meriah tepatnya di depan Museum Keramik.

Pentas Musik ini diadakan guna menarik antusiasme masyarakat Jakarta untuk menyambut malam pergantian taun dengan penuh kemeriahan. Dalam pentas ini setidaknya ada banyak musisi Ibukota menghibur para masyarakat saat malam taun baru.

2. Car Free Night

Setiap ada momen taun baru di Kota Tua, kawasan ini selalu diberlakukan Car Free Night. Tujuannya agar tidak terjadi kemacetan saat momen pergantian baru.

Dengan adanya Car Free Night ini masyarakat lebih leluasa dalam menikmati malam pergantian taun. Saat menjelang momen hitung mundur semua orang berkumpul jadi satu menantikan peluncuran kembang api ke langit Jakarta.

3. Festival Kota Tua

Festival Kota Tua adalah acara taunan yang diselenggarakan di kawasan Taman Fatahillah Kota Tua. Tujuan adanya festival ini adalah untuk mengajak para wisatawan mengenal lebih dekat dengan budaya Nusantara khususnya Betawi.

Dalam acara Festival Kota Tua ini ada berbagai macam atraksi seni budaya, pameran kostum tempoe doeloe, permainan tradisional, pameran industri kreatif, bazar, dan kuliner.

4. Festival Tempoe Doeloe

Acara selanjutnya adalah Festival Tempoe Doeloe, dimana disini masyarakat akan melihat pertunjukan teater yang mengusung tema era tahun tertentu.

Pengunjung akan ikut memeriahkan festival ini dengan mengenakan pakaian era tahun tersebut, sehingga suasana tempo dulunya berasa. Festival Tempoe Doeloe ini juga turut dimeriahkan oleh panggung ekspresi dan stand kuliner.

5. Kota Tua Creative Festival

Kota Tua Creative Festival adalah sebuah event yang pernah diselenggarakan di kawasan Old Town dengan serangkaian program acara super menarik.

BacaJuga:  10 Foto Taman Situ Lembang Menteng Jakarta Pusat Malam Hari + Lokasi Alamat

Beberapa program acara yang berlangsung di event Kota Tua Creative Festival ini diantaranya ada Pop Art Exhibition, Museum Walk, Heritage Buildings Open House, Contemporary Exhibition, Photography Exhibition, Culinary Booths, Tarian Betawi, Street Artists Performance dan Live Music.

6. Kota Tua Heritage Fest

Kota Tua Heritage Fest juga menjadi salah satu event yang pernah berlangsung di Old Town. Tujuan diadakannya acara ini yakni untuk memberikan informasi sejarah yang dibungkus dengan aspek-aspek pendidikan mengenai peninggalan bangunan bersejarah di Jakarta.

7. Kelana Kota Tua

Buat kamu yang sering nongkrong di Kota Tua pasti sangat familiar dengan event satu ini deh. Yap, biasanya orang-orang yang berkunjung kesini pasti akan menunggangi Sepeda Onthel untuk berkeliling Kota Tua kan?

Nah untuk itu dihadirkanlah sebuah acara bertajuk Kelana Kota Tua. Dimana peserta akan diajak untuk keliling Old Town menggunakan sepeda secara gratis.

8. Wisata Malam Kota Tua

Acara berikutnya adalah wisata Malam Kota Tua, disini para pengunjung akan diajak untuk menjelajah Old Town saat malam hari dengan suasana lebih mengasyikan.

Route jelajahnya yaitu Taman Fatahillah, Museum Seni Rupa & Keramik, Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang.

Bukan cuman itu aja nih, acara ini turut dimeriahkan oleh beberapa kegiatan seperti lomba selfie, group band Goes Plus, Games dan Doorprize.

9. Festival Jazz

Sebagai penikmat musik jazz, pasti kamu tau bahwa di Kota Tua pernah diselenggarakan sebuah acara rutin yaitu Festival Jazz.

Festival ini digelar di Taman Fatahillah mulai dari jam 4 sore sampai jam 12 malam. Musisi jazz lokal dan internasional ikut memeriahkan event Festival Jazz ini.

BacaJuga:  4 Tips Berlibur Lebaran di ITC Mangga Dua yang Mengasyikkan

10. Pesta Seni Rupa Indonesia

Event terakhir yang telah terlaksana di kawasan Old Town adalah Pesta Seni Rupa Indonesia. Pesta ini memiliki tema Militanisme Seniman Mendukung Perjuangan Nasional.

Pesta Seni Rupa Indonesia juga turut dimeriahkan dengan beberapa acara seperti hiburan musik, lomba melukis & mewarnai, workshop komik manga, ilustrasi anak-anak, menghias keramik dan jumputan.

Jadi gimana, seru bukan acara-acara di Kota Tua diatas? Event tersebut tentu sangat recommended untuk menyambut momen pergantian tahun di Jakarta kan?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.