10 Air Terjun Eksotis di Blitar Ini Masih Sangat Alami

Diposting pada
Rate this post

Berbicara soal keindahan, kabupaten Blitar memang patut berbangga. Selain laut, gunung, pantai dan bukit, air terjun di Bumi Laya Ika Tantra Adi Raja tersebut pun begitu menawan.

Bahkan menurut berbagai sumber, ada banyak sekali air terjun cantik nan eksotis di Blitar, baik yang sudah dikelola secara profesional maupun bersifat alami.

Dan kali ini, tim JejakPiknik secara khusus akan membahas seputar deretan air terjun di sekitar kota Blitar yang bagus buat di eksplor terutama bagi mereka pecinta alam tersembunyi.

Nah, buat membantu pelancong yang hobi menjelajahi serpihan surga berwujud air terjun, ini ada 10 daftar curug terindah di Blitar versi terbaru JejakPiknik. Apa saja nama tempatnya? Yuk, kita simak.

1. Sirah Kencong

foto by ulinulin.com

Alamat: Perkebunan Sirah Kencong, Ds.Ngadirenggo, Kec.Wlingi, Kab.Blitar, Jawa Timur, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Selain menyajikan keindahan sunrise yang sanggup menarik perhatian seorang sutradara holywood, daerah perkebunan Siri Kencong juga menyuguhkan panorama indah air terjun.

Terletak di kecamatan Wlingi, curug Sirah ini memiliki rute medan yang cukup menantang karena harus melewati hutan belantara. Buat Para pecinta wisata ekstrim, wajib banget datang kesini.

Dan karena berada di lokasi tersembunyi yang jarang orang kunjungi tepatnya di lereng gunung Kawi menyebabkan tempat tersebut masih cukup asri serta udaranya pun cenderung sejuk.

2. Grenjeng

foto by youtube.com

Alamat: Ds.Kalibentak, Panggungrejo, Blitar Regency, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Nah, objek wisata Grenjeng ini bisa dikatakan cukup unik karena bukan berada di sekitar perbukitan kapur melainkan sebuah tebing breksi yang sangat jarang ditemukan di wilayah tersebut.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Nganjuk Lepas Kunci Harga Murah 2019 Matic

Meski rute menuju lokasi harus naik turun bukit tapi destinasi wisata terbaru ini cukup hits. Terbukti dari banyaknya wisatawan datang berkunjung ke area tersebut hanya untuk berburu foto ataupun gambar ciamik.

Selain untuk berfoto ria, di kawasan yang dekat ke curug Bidadari tersebut Sahabat JejakPiknik juga dapat menikmati segarnya air terjun Grenjengan.

3. Jurug Bening

foto by ihategreenjello.com

Alamat: Ds.Sumberurip, Ke.Purworejo, Kec.Wates, Kab.Blitar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Objek wisata Jurug Bening ini juga tak kalah unik dengan Grenjeng, dimana spot tersebut memiliki kontur tebing yang bergelombang sehingga saat air jatuh dari ketinggian memecah menjadi beberapa bagian.

Dengan ketinggian sekitar 50m dan kedalaman berkisar 10m serta disuguhi air segar sehingga menjadikannya sebagai tempat paling bagus untuk berendam sembari menghabiskan waktu.

Suasananya begitu sedap dipandang mata, nuansa yang ditawarkan pun begitu alami serta airnya pun sangat jernih juga menyegarkan membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

4. Tirto Galuh

foto by dakatour.com

Alamat: Kec.Bakung Utara, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66163
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Gratis, Rp.2.000(motor), Rp.5.000(mobil)

Selain air terjun Kedung Entong dan Jurug Larejo, di Bakung masih ada satu lagi curug yang cukup populer belakangan ini namanya yaitu Tirto Galuh letaknya dekat pantai Tambakrejo.

Di lokasi Tirto Galuh ini Sahabat JejakPiknik dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti berfoto diatas batu, berenang, berendam ataupun sekedar duduk santai menikmati udara sejuknya.

Berbicara soal fasilitas, Curug Tirto Galuh tak perlu diragukan lagi karena selain akses jalan sangat mudah, spot ini juga telah dibekali rest area, toilet, mushola hingga warung-warung makan.

5. Grojogan Coban Wilis

foto by ulinulin.com

Alamat: Ds.Slumbung, Kec.Gandusari, Kab.Blitar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

BacaJuga:  5 Daftar Travel Malang Gresik Dengan Harga Termurah Rp.80.000

Memiliki ketinggian mencapai 100 meter, air terjun bertingkat bernama Coban Wilis ini sangat bagus untuk dikunjungi oleh mereka pecinta alam dan yang haus akan pemandangan alam cantik.

Dihiasi dengan dinding bebatuan yang dialiri air terjun berkilauan dibawah matahari dan hijaunya lumut, membuat pesona objek wisata ini semakin nampak sangat cantik.

Ditambah lagi, pepohonan rindang di sekitar area tersebut menyuguhkan udara yang sangat sejuk dan segar serta bebas dari polusi.

Meskipun hanya dilengkapi area parkir serta toilet dan memiliki medan berbatu juga berkelok-kelok tapi panorama terbagus yang disuguhkan Coban Wilis ini wajib banget untuk diabadikan.

6. Lawean

foto by jelajahblitar.com

Alamat: Perkebunan Kawisari, Pht.Pijiombo, Dsn.Parang, Kel.Semen, Kec.Gandusari, Blitar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.3.000

Memiliki medan cukup menantang yang sempit juga terjal tak menjadi satu halangan bagi wisatawan untuk mengeksplor keindahan curug bernama Lawean tersebut.

Sebagai sumber mata air bagi perkebunan dan warga di sekitar membuat curug Lawean dekat air terjun Widodaren ini masih sangat terjaga keasriannya.

Dengan lokasi cukup sunyi , jauh dari kebisingan kota dan hanya ditemani suara gemericik air terjun membuat lokasi tersebut seakan menawarkan area pribadi.

7. Jurug Tumpuk

foto by petouringblitar.blogspot.com

Alamat: Ds.Pasiraman, Kec.Wonotirto, Kab.Blitar
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Dibalik indahnya desa Pasiraman Blitar Selatan ternyata ada sebuah destinasi wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi namanya yaitu Jurug Tumpuk.

Disini Sahabat JejakPiknik akan disuguhi pemandangan indah air terjun bertingkat tiga yang mana disekitarnya dikelilingi oleh pegunungan kapur.

8. Ondo Rante

foto by gusjengkabupatenblitar.wordpress.com

Alamat: Ds.Gambaranyar, Sumberasri, Kec.Nglegok, Kab.Blitar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Sesuai namanya, curup setinggi 30 meter yang difasilitasi dengan tangga ini memang terdapat rantai di pinggir areanya. Tempat tersebut sangat cocok buat Sahabat JejakPiknik yang menyukai wisata ekstrim.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Nepa Madura, Rute Menuju ke Sana, Lokasi Alamat + Keindahan di Sekitar Wisata

9. Tundosewu

foto by petatempatwisata.com

Alamat: Area Hutan, Ds.Resapombo, Kec.Doko, Blitar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki medan cukup menantang membuat air terjun bernama Tundo Sewu ini memiliki pemandangan alam sangat indah nan eksotis.

Buat Sahabat JejakPiknik yang mengaku sebagai bocah petualang, Tundo sewo adalah tempat paling wajib untuk dijelajahi.

10. Kedung Manten

foto by fandy2134.blogspot.com

Alamat: Ds.Gogourung, Dawuhan, Kademangan, Kab.Blitar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.00
HTM: Gratis

Air terjun mini Kedung Manten ini terdiri dari 2 tingkat dan masing-masing memiliki kolam/kedung yang sangat luas berwarna kehijau-hijaun.

Dihiasi dengan air segar dan pepohonan rimbun membuat panorama di sekitar Kedung Manten ini nampak sangat alami, tak kalah indah dari curug Blitar di Bengkulu.

Bila sudah puas berkunjung ke-10 tempat diatas, Sahabat JejakPiknik juga masih bisa menjelajah beberapa tempat menarik lainnya yang ada di sekitar Blitar seperti berikut ini:

– Telaga Rambut Monte
– Curug Jumog
– Curup Njumeg Binangun
– Kalimayit
– Puncak B29
– Curug Cakraningrat
– Curug Dolo
– Jurug Alam Kandung
– Dewi Kucur Watu
– Curup Lodoyo dekat desa Ngeni
– Jurug Goa Luweng
– Curup Tundolawe dekat PLTA Ngusri
– Jurug Muncar
– Jurug Pelangi dan
– Banyu Anjlok Malang

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.