10 Air Terjun Cantik di Jepara Yang Keindahannya Mirip Negeri Dongeng

Diposting pada
Rate this post

Yang namanya objek wisata alam, setiap manusia pasti menyukainya. Apalagi kalau kawasannya memiliki panorama indah dibalut dengan keasrian, bisa dijamin akan selalu diburu dan dicari.

Nah, salah satu contoh keindahan alam adalah air terjun. Meskipun berada di wilayah tersembunyi dan masuk ke pedalaman tak mengurungkan niat wisatawan untuk berkunjung ke objek tersebut.

Justru semakin tersembunyi, pesona air terjun akan makin alami. Hal itulah yang membuat banyak wisatawan rela untuk menempuh medan berat demi untuk mendapatkan kenyamanan.

Selain kealamian objek ini, air terjun biasanya banyak diburu karena ingin mendapatkan spot foto ciamik dengan tujuan agar hasil gambar semakin keren dan banyak disukai orang-orang.

Nah, berikut JejakPiknik telah menyajikan 10 daftar nama air terjun terindah dan terbaru di sekitar kabupaten Jepara Jateng yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi.

1. Sumenep

foto by mlakumlaku99.blogspot.com

Alamat: Desa Tanjung, Plajan, Pakis Aji, Batealit, Kab.Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0899 5944 133

Bila kita mencari info terkait air terjun terbaik di sekitar kota Jepara, mungkin objek wisata yang dikenal dengan Sumenep ini akan berada di urutan paling atas.

Bagaimana tidak, air terjun bertingkat tiga di daerah Batealit dekat ke lokasi curug Cabe ini memiliki panorama alam paling indah dihiasi gemericik air jatuh dari tebing membuat kita betah berlama-lama dan enggan pulang ke rumah.

Meski akses jalan menuju lokasi desa Mbate ini harus menempuh medan berat karena berada di area tersembunyi, tetapi spotnya menampilkan sisi eksotis yang masih alami serta belum terjamah.

BacaJuga:  10 Gambar Bukit Tranggulasih Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju ke Sana + Menikmati Pesona Keindahan Wisata?

2. Jurang Manten

foto by ngluyurmania.blogspot.com

Alamat: Rw.05, Desa Pakis Aji, Batealit, Jepara Regency, Central Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Buat Sahabat JejakPiknik yang ingin melepaskan kepenatan dari setumpuk aktivitas dan berniat mengeksplorasi keindahan alam bernuansa pegunungan, coba saja datang ke Curug Jurang Manten.

Menurut warga sekitar, spot tersebut sarat dengan sebuah legenda mengenai sepasang pengantin yang tidak direstui dan kemudian pergi menyusuri sungai hingga akhirnya terjerumus ke jurang.

Dan jurang itulah air terjunnya. Hal tersebutlah yang menjadi asal kenapa spot ini dinamakan Jurang Manten atau Ngantenan atau Nganten.

3. Banyu Anjlok

foto by travel.detik.com

Alamat: Ds.Somosari, Batealit, Jepara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Walau akses jalan menuju lokasi Banyu Anjlok terlalu berat tak serta merta mengurungkan niat para pelancong untuk mengeksplor keindahan alam satu ini.

Berada di tempat tersembunyi dan masih jarang dikunjungi sehingga cenderung sepi membuat spot ini sangat terjaga kelestarian serta keasriannya.

Bagi penyuka tantangan yang ingin melepaskan kepenatan, mungkin tak ada salahnya menjejakkan kaki di curug Banyu Anjlok di daerah Somosari ini.

4. Kedung Ombo

foto by youtube.com

Alamat: Ds.Papasan, Kec.Bangsri, Kab.Jepara, Jawa Tengah
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Terletak tidak jauh dari Curug Gembong juga ada sebuah air terjun yang panoramanya sudah dikenal hampir seluruh wisatawan pecinta alam di Indonesia, namanya yakni Kedung Ombo.

Bila pada umumnya air terjun melekat erat dengan mitos, Kedung Ombo sangat jauh berbeda. Sebab konon katanya akses menuju lokasi curuglah yang memiliki legenda. Dimana jalan tersebut tidak dapat dilewati oleh pengantin baru.

Terlepas dari mitos, keindahan Kedung Ombo ini disuguhkan lewat empat air terjun berjajar pada satu tebing dan memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

BacaJuga:  Sedekah Laut Cilacap, Simbol Ucapan Syukur di Pesisir Selatan Jawa. Ini 10 Potretnya

5. Pancuran

foto by youtube.com

Alamat: Ds.Somosari, Kec.Batealit, Jepara
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Selain Banyu Anjlok dan Jurang Manten, air terjun bernama Pancuran ini yang ada di daerah mbate, tepatnya di desa Somosari ini juga cukup populer di kalangan wisatawan.

Dari kumpulan curug di kota Jepara, air terjun Pancuran merupakan spot tertinggi mencapai 170m dan diapit dua bukit serta airnya langsung terjun ke jurang.

Meskipun untuk menuju lokasi sangat sulit harus melewati 3 aliran sungai, tapi setibanya di area pancur ini semua rasa letih akan terbayar ketika melihat keindahannya.

6. Songgo Langit

foto by piknikasik.com

Alamat: Dukuh Nglencer, Ds.Bucu, Kembang, Jepara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp1.500(weekday), Rp.2.000(weekend)

Destinasi tersembunyi yang berada dibawah kaki gunung Muria ini termasuk sebagai salah satu spot wisata terbaik di Jawa Tengah.

Memiliki cerita penuh misteri, Songgo Langit ini menyuguhkan keindahan lewat airnya yang sangat jernih seakan jatuh dari langit dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar berkisar 2 meter.

Selain itu, dengan kedalaman mencapai 8 meter pengunjung dapat berenang dengan bebas. Tapi harus tetap waspada ya karena menurut warga sekitar kolam tersebut pernah memakan korban.

7. Undak Manuk

foto by sekitarmuria.home.blog

Alamat: Ds.Blingoh, Kec.Donorojo, Kab.Jepara, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Selain menawarkan keindahannya, air terjun yang memiliki panorama alami ini juga terkenal sebagai salah satu curug paling ekstrim di Jawa Tengah.

Bagaimana tidak, spot tersebut berada di atas tebing sangat tinggi. Tapi walaupun demikian, Unda Manuk yang kerap disebut Grenjengan ini masih tetap dilirik oleh banyak wisatawan.

8. Suroloyo

foto by jeparahariini.com

Alamat: Dsn.VII, Bungu, Mayong, Jepara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

BacaJuga:  15 Rekomendasi Hotel Murah di Rembang dengan Fasilitas Premium, Harga Mulai Rp.60.000

Meski hanya miliki tinggi sekitar 10 meter, curug bernama Suroloyo di dekat air terjun Nganjuk ini justru sangat terlihat indah karena dihiasi dengan air begitu jernih serta pepohonan hijau di sekitar membuatnya semakin tampak alami juga asri.

9. Dung Paso

foto by ksmtour.com

Alamat: Somosari VI, Batealit, Kab.Jepara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-18.00
HTM: Rp.5.000

Memiliki lokasi yang tidak jauh dari area parkiran dan hanya berjarak sekitar 30 menit saja, curug Dung Paso menghadirkan panorama air terjun sangat alami, jauh dari jamahan tangan jahil manusia.

Dengan debit air tidak terlalu besar namun cukup memuaskan, curug Dung atau Dong Paso tersebut cenderung menawarkan suasana sangat alami.

10. Nglumprit

foto by wikipedia.org

Alamat: Dudakawu, Kec.Kembang, Jepara
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Curug bernama Nglumprit ini menghadirkan suasana sejuk dan asri, sehingga membuatnya sangat cocok bila digunakan sebagai tempat untuk menghilangkan kepenatan dari setumpuk aktivitas sehari-hari.

Bagi wisatawan yang hobi tracking dan ingin menikmati pemandangan air terjun asri, mungkin berkunjung ke air terjun Nglumprit dekat curug Nglamer di Dudakawu ini bisa di coba juga ya.

Nah, selain ke-10 daftar diatas, Jepara juga masih memiliki beberapa air terjun lainnya yang menarik untuk kita kunjungi, diantaranya ada:

– Grenjengan Dowo
– Macan Mati
– Setatah
– 7 Bidadari
– Kalong
– Kembar Piji
– Sejeruk
– NongKo Ireng Sumanding dan
– Kedung Kayang di desa Tempur, Keling

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.