10 Air Terjun Terdekat Dari Kediri Yang Hits di Tahun 2019

Diposting pada
Rate this post

Berbicara mengenai tempat wisata di Indonesia tak akan pernah ada habisnya. Mulai dari gunung, bukit, pantai, situs sejarah hingga spot kekinian bisa kita temukan di bumi nusantara ini.

Dan tak ketinggalan, Indonesia juga punya objek wisata alam berwujud air terjun. Suara airnya yang merdu seperti turun dari langit, udaranya pun cenderung sejuk menjadikannya sebagai destinasi paling tepat untuk menenangkan diri.

Nah, untuk kesempatan kali ini tim JejakPiknik akan merangkum secara khusus terkait 10 air terjun yang ada di sekitar kota Kediri, Jawa Timur dan paling recommended buat dikunjungi.

Sahabat JejakPiknik pasti sudah mulai penasaran kan apa aja nama air terjun cantik di sekitar daerah Kediri? Langsung aja ya kita simak info lengkap dan terbaru dibawah ini.

1. Dolo

foto by kubah.net

Alamat: Dsn.Besuki, Ds.Jugo, Kec.Mojo, Area Hutan, Blimbing, Kabupaten Kediri, Jatim, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.30
HTM: Rp.3.000

Buat Sahabat JejakPiknik yang hobi basah-basahan dan hiking, air terjun bernama Dolo di daerah Besuki ini adalah destinasi paling mantap untuk didatangi.

Walau terletak di wilayah pegunungan dan harus menyusuri perbukitan selama 20 menit tidak akan terasa letihnya karena kita disuguhi pemandangan indah gunung wilis.

Dan setibanya di air terjun tersebut kita akan dibuat kagum ketika melihat panoramanya yang indah dengan debit air sedang serta berudara cukup sejuk.

Menariknya lagi, spot terindah yang tersembunyi ini bahkan telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas mulai dari jalur untuk jogging, area bermain, camping ground hingga spot hiking.

BacaJuga:  13 Rental Sewa Motor di Malang Murah Mulai Rp.45.000

2. Irenggolo

foto by reresepan.com

Alamat: Dsn.Besuki, Ds.Jugo, Kab.Kediri, Jawa Timur 64162
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.00
HTM: Rp.3.000

Letak lokasi dari objek wisata bernama Irenggolo ini masih sangat dekat ke Curug Dolo dan tempat tersebut bisa dikatakan termasuk destinasi andalan di kota Kediri.

Dengan perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat kota, wisatawan akan dimanjakan akan indahnya pemandangan hijau berwarna-warni khas pegunungan selama menuju lokasi.

Bila hendak beristirahat dan ingin ketenangan, disini juga terdapat berbagai macam penginapan yang bisa dimanfaatkan seperti hotel ataupun villa.

3. Ngelayangan Grogol

foto by jatimvoice.com

Alamat: Gunung Cemurusewu, Ds.Parang, Parang, Banyakan, Kab.Kediri
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Objek wisata ini bukan destinasi baru lagi, bahkan sudah ada sejak zaman Adipati Panjer. Dan dari cerita warga sekitar, air terjun dari gunung Wilis ini dulu terlihat “Kleyeng-Kleyeng”( jawa:pusing), meluncur dari atas ketinggian seakan nglayang.

Sarat denga legenda, curug yang kerap disebut Layangan dan memiliki tinggi 180m dekat pasar Gringging ini pun menyuguhkan keindahannya lewat kejernihan serta kesejukan airnya.

4. Parijhoto

foto by tempat.me

Alamat: Ds.Pamongan, Kec.Mojo, Kediri
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Jenuh dengan suasana kota, tak ada salahnya berkunjung ke curug Parijhoto,salah satu destinasi wisata baru yang diyakini menawarkan kelebihan dibandingkan beberapa air terjun sebelumnya.

Dari segi tampilan, curug bernama Parijhoto ini diklaim lebih menarik dibanding Dolo dan Irenggolo, dimana aliran airnya terdiri dari 3 dengan ketinggian masing-masing yakni berkisar 40 meter.

Dan menurut Pemkab sebagai pengelola, objek wisata yang hanya berjarak sekitar 5km sebelah selatan Dolo tersebut memang lebih menarik penampilannya.

5. Sumber Jodo

foto by photomalang.com

Alamat: Area Pegunungan, Medowo, Kec.Kandangan, Kab.Kediri
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.5.000(parkir)

BacaJuga:  8 Rekomendasi Hotel Murah di Gresik, Fasilitas Premium Harga Mulai Rp.200.000

Terletak tersembunyi di dalam rimbun perkebunan kopi dan masih jarang dikunjungi membuat air terjun bernama Sumber Jodo ini nampak sangat alami.

Dibalik aksesnya yang tak mudah untuk dicapai dimana kita harus melewati bukit terjal, menanjak serta melalui bebatuan licin, Curug Sumber Jodo ini memiliki pemandangan luar biasa indah.

Tak hanya menyuguhkan keindahan air terjun tingkat dua, area tersebut juga menyajikan banyak spot menarik disekitarnya mulai dari Goa Landak, Situs Jeding Peninggalan Belanda hingga area untuk panjat tebing.

6. Bidadari

foto by ujaeybob.blogspot.com

Alamat: Dsn.Selopanggung Ledok, Sumber Agung, kec.Semen, Kediri
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0812 3176 3939

Objek wisata bernuansa kental alam pedesaan ini memang masih jarang orang ketahui, tak heran bila kawasan tersebut terlihat sangat alami dan hawa di sekitarnya pun begitu sejuk.

Menariknya lagi, spot yang kerap disebut dengan Lembah Peri ini letaknya berdampingan bersama objek wisata Watu Dagul dan Makam Tanmalaka.

7. Air Terjun Gajah Mungkur

foto by dhaverst.wordpress.com

Alamat: Ds.Besowo, Kec.Kepung, Kab.Kediri
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.5.000(motor), Rp.20.000(mobil)
No.Telp: 0857 4957 6793

Berada di dalam kawasan Bukit Ongakan yang instagramable, membuat curug bernama Gajah Mungkur ini cukup populer di kalangan wisatawan.

Panoramanya spot tersebut tak hanya kekinian tapi juga sangat indah dihiasi kejernihan serta kesegaran airnya yang seakan tak bernoda.

8. Padas Payung

foto by twitter.com

Alamat: Ds.Klepu, Parang, Kec.Banyakan, Kediri
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Tak banyak orang tahu mengenai objek wisata bernama Padas Payung di desa Klepu ini, padahal spot tersebut memiliki panorama tak kalah Indah dengan Dolo ataupun Irenggolo.

Selain memiliki panorama yang indah, menariknya lagi objek tersebut letaknya sangat dekat dengan air terjun Selo Kajang dan Guo Kuoso. Jadi, saat berkunjung ke desar Klepu, kita dapat mengunjungi 3 spot wisata sekaligus.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Tulungagung Harga Murah 2019

9. Tretes Pengajaran

foto by faktualnews.co

Alamat: Area Sawah, Galengdowo, Wonosalam, Jombang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Berpelesir sebentar ke Jombang, curug yang ketinggiannya mencapai sekitar 158 meter ini adalah salah satu objek wisata air terjun terdekat ke Kediri.

Dan digadang-gadang sebagai curug tertinggi di Jatim, objek Tretes ini memiliki panorama sungguh eksotis dengan suhu dingin khas pegunungan yang sangat sejuk.

10. Coban Rondo

foto by gldelapan.com

Alamat: Jln.Coban Rondo, Ds.Krajan, Pandesari, Kec.Pujon, Malang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.30.000(domestik), Rp.35.000(mancanegara)
No.Telp: (0341)5025 147

Buat yang hobi olahraga Paralayang, berkunjung ke spot wisata terdekat ke Kediri bernama Coban Rondo ini mungkin bisa menjadi destinasi paling pas untuk dikunjungi.

Selain menyajikan keindahan, kawasan tersebut juga menyediakan berbagai wahana seru lainnya seperti Fun Tubing, wisata edukasi, mengitari maze dan lain sebagainya.

Puas dengan objek basah-basahan diatas, Sahabat JejakPiknik juga bisa melanjutkan perjalanan wisata ke beberapa tempat menarik lainnya di sekitar Kediri seperti:

– Kampung Inggris Pare
– Curug Damarwulan
– Sedudo Kayangan
– Curug Lawean dan
– Gua Maria Pohsarang

Itulah 10 objek wisata air terjun di kota Kediri yang asyik dan recommended buat dikunjungi. Buat Sahabat JejakPiknik, ingat selalu ya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.