10 Air Terjun di Lumajang Ini Cantiknya Gak Ketulungan

Diposting pada
Rate this post

Mendengar nama “Lumajang”, mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga kita. Ya, kabupaten di provinsi Jawa Timur ini memang tidak sepopuler Yogyakarta atau Bali kalau menyangkut urusan wisata.

Padahal kota ini termasuk wilayah strategis dimana di sisi selatan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Sementara bagian daratan diapit gunung eksotis seperti Bromo dan Semeru.

Dengan kondisi yang cukup geografis, tentunya Lumajang mempunyai banyak potensi alam indah juga tersembunyi dan belum tentu dimiliki daerah lain di Indonesia.

Dan kini tim JejakPiknik telah mengulas 10 daftar air terjun terindah di Lumajang yang paling bagus untuk didatangi. Tanpa basa-basi, langsung kita simak aja yuk review dibawah ini.

1. Sobyok Manggisan

foto by wisatalumajangku.blogspot.com

Alamat: Ds.Krajan Satu, Burno, Kec. Senduro, Lumajang Regency, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Objek wisata yang berada di desa Krajan Satu kecamatan Senduro ini memiliki ketinggian mencapai 21m dan hanya berjarak sekitar 22km saja dari pusat kota.

Tak hanya menyajikan sebatas pemandangan indah dengan hiasan gemuruh air jatuh, kawasan ini juga menjadi tempat paling aman untuk sekedar berenang ataupun mandi-mandi.

Untuk mencapai lokasi air terjun tersebut dibutuhkan perjuangan melewati medan berat selama 1,5 jam berjalan kaki. Bagaimana, ada yang berminat?

2. Watu Lapis

foto by kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com

Alamat: Desa Pasropan, Pasrujambe, Kab.Lumajang, Prov.Jatim
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.3.000

Curug yang berada di sekitar perkebunan kopi milik warga setempat ini dan yang dikenal dengan nama Watu Lapis tersebut merupakan salah satu destinasi terbaru di Lumajang.

BacaJuga:  5 Paket Wisata Murah Ke Jawa Timur Mulai Dari 95 Ribu

Meski akses menuju lokasi kurang begitu bagus tapi objek ini menyimpan panorama indah dihiasi dengan pohon rindah dan jembatan kecil, menambah kesan alam pedesaan yang sangat asri.

3. Coban Pawon

foto by tripliburan.blogspot.com

Alamat: Ds.Wangkit, Pucangalit, Gucialit, Kab.Lumajang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.5.000(motor), Rp.10.000(mobil)

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka dengan dunia fotografi, mungkin berkunjung ke air terjun bernama Coban atau Antrukan Pawon ini bisa menjadi pilihan paling tepat.

Selain indah dipandang mata, curug tersebut juga sangat unik karena didalamnya ada gua yang mirip seperti sebuah tempat memasak.

Penamaan air terjun ini sendiri terdiri dari dua kata, yakni Coban yang berarti Kucuran Air dan Pawon adalah tempat memasak atau tungku.

Selain lokasinya mantap untuk berburu foto ataupun gambar yang ciamik, konon katanya percikan air terjun tersebut juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

4. Kedung Guwo

foto by save-nature-alam.blogspot.com

Alamat: Ds.Pasropan, Pasrujambe, Kab.Lumajang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Nama destinasi wisata ini terdiri dari dua kata yaitu Kedung berarti bendungan air dan Guwo sendiri artinya goa. Dan sesuai dengan namanya, di area ini memang ada dam serta guanya mirip seperti lempengan batu.

Kawasan ini pun termasuk destinasi yang jarang dikunjungi, dikarenakan lokasinya tidak dibuka untuk umum dan jalan menuju areanya pun masih sangat kental akan suasana pedesaan.

Walaupun hanya memiliki tinggi 8 meter tapi keindahan air terjun yang dihiasi bebatuan sungai ini panoramanya cukup indah dan eksotis.

5. Kabut Pelangi

foto by ksmtour.com

Alamat: Ds.Mulyoarjo, Pronojiwo, Kab.Lumajang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0813 3318 3380

Sesuai dengan namanya, di area ini kita memang akan disuguhi pemandangan pelangi yang sangat cantik memancarkan warnanya.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Singha Merjosari + Tiket Masuk Lokasi Dinoyo Kota Malang Jawa Timur

Bahkan objek wisata satu ini digadang-gadang sebagai salah satu air terjun paling komplit karena telah dilengkapi dengan beraneka macam fasilitas seperti camping ground, toilet, gazebo dan parkir.

Dan uniknya, sebelum sampai di lokasi tersebut, Sahabat JejakPiknik akan terlebih dahulu disuguhi indahnya pemandangan air terjun dari anak Kabut Pelangi yang tidak terlalu tinggi.

6. Tetes Goa

foto by supraptofotografi.blogspot.com

Alamat: Ds.Besukcukit, Sidomulyo, Kec.Pronojiwo, Lumajang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.25-16.00
HTM: Rp.5.000

Destinasi wisata yang merupakan perpaduan antara air terjun dan gua ini menghadirkan keunikan tersendiri lewat kehadiran stalagtit dan stalagmit dengan beraneka macam warna.

Selain itu, tebing-tebingnya yang terbentuk dari gua tetes memiliki warna kuning keemasan berpadu cantik dengan hijaunya lumut, sehingga membuatnya semakin tampak eksotis.

Tidak hanya menyajikan keindahan air terjun, spot ini juga memancarkan puluhan mata air dari balik bebatuan yang terbentuk dari endapan kapur.

Dan menurut warga sekitar, Tetes Goa sendiri tidak lepas dari legenda “bahwa siapa saja mandi disini, akan dimudahkan jodohnya. Ayo, siapa nih diantara Sahabat JejakPiknik yang belum ketemu soulmatenya?

7. Tumpak Sewu

foto by superadventure.co.id

Alamat: Jln. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec.Pronojiwo, Lumajang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Mengambil lokasi strategis dekat ke perbatasan kota Malang, objek wisata bernama curug Tumpak Sewu ini menghadirkan panorama alam ikembar seperti air terjun niagara berukuran mini.

Dengan karakteristik memiliki sumber mata air yang lumayan banyak, maka tak heran jika destinasi ini dinamakan air terjun Tumpak Sewu.

Meski memiliki medan yang cukup berat, namun semua itu akan terbayar seketika kita melihat pemandangan indah curug Tumpak Sewu tersebut.

8. Sarun

foto by busy.org

Alamat: Ds.Bodang, Senduro, Lumajang
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

BacaJuga:  10 Gambar Vihara Avalokitesvara Madura, Rute Menuju Wisata, Lokasi Alamat, Jam Buka + Nomer Telepon

Mendengar objek wisata baru Sarun ini, pasti masih sangat asing terdengar di telinga kita bukan? Yup, memang destinasi tersebut masih belum begitu populer membuatnya jarang dikunjungi.

Tapi meskipun belum begitu populer tapi objek wisata tersebut menampilkan pemandangan yang begitu eksotis dan cukup alami lho, jauh dari tangan jahil wisatawan.

9. Kapas Biru

foto by travelingyuk.com

Alamat: Mulyoarjo, Kec.Pronojiwo, Lumajang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-16.00
HTM: Gratis

Jauh dari kesan angker, objek wisata yang bernama Kapas Biru senada air terjun 3 Bidadari tersebut termasuk kumpulan curug paling ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam atau luar kota.

Satu hal yang pasti, spot tersebut menghadirkan suasana sangat sejuk dan terasa segar, membuat banyak pengunjung betah berlama-lama di kawasan ini.

10. Antrukan Menjangan

foto by islahagus.blogspot.com

Alamat: Ds.Krajan, Wonocepokoayu, Kec.Senduro, Kab.Lumajang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Walau akses jalan menuju lokasi cukup sulit namun air terjun bertingkat yang memiliki ketinggian sekitar 70-80 meter ini menyimpan panorama alam begitu mempesona dan masih sangat terjaga keasriannya.

Dan tak hanya itu saja, selain info diatas Lumajang juga masih mempunyai sederet air terjun cantik lainnya yang juga menawarkan keindahan tak kalah eksotis, seperti:

– Coban Ciblungan
– Gempol
– Gending Asmoro
– Madakaripura
– Trap Seribu
– Semingkir
– Coban Sriti
– Curug Suci
– Curug Tancak
– Telaga Biru dan
– Coban Pabrikan Tempursari

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.