6 Air Terjun di Riau Ini Recommended Buat Dikunjungi

Diposting pada

Bertandang ke kota Riau yang terkenal sebagai daerah penghasil minyak serta dikelilingi perkebunan ini tidaklah membosankan seperti dikatakan banyak orang.

Meskipun tidak memiliki banyak objek wisata namun menapakkan kaki ke provinsi beribukotakan Pekanbaru ini, Sahabat JejakPiknik masih bisa berkunjung ke air terjun di sekitar daerah tersebut.

Pasalnya, di sekitar kota Riau ini ada beberapa air terjun yang memiliki pemandangan alam sangat eksotis dan tak kalah cantik dengan daerah lainnya di Indonesia.

Nah, apa saja sih nama air terjun cantik di sekitar daerah perkebunan tersebut? Oke, langsung aja ya kita simak 6 daftar curug terindah di kota Riau yang bagus buat dikunjungi rekomendasi terbaru dari JejakPiknik berikut ini.

1. Guruh Gemurai

foto by travel.tribunnews.com

Alamat: Lubuk Jambi, Kec.Taluk Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Sangingi, Provinsi Riau
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jambi
HTM: Rp.1.000(anak-anak), Rp.3.000(dewasa)

Dengan ketinggian mencapai 20 meter dan memiliki debit air cukup deras membuat curug Guruh Gemurai yang terletak di Kuansing tepatnya di perbatasan Sumbar-Riau ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk melepas kepenatan.

Apalagi irama percikan airnya dihiasi dengan indahnya panorama alami serta suasana asri sehingga membuat suasana di sekitar kawasan semakin terasa menenangkan.

2. Aek Martua

foto by mblakrakthok.blogspot.com

Alamat: Ds.Bangun Purba Timur Jaya, Kab.Rokan Hulu, Riau
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.35.000

Air terjun tujuh tingkat di wilayah Rohul Bukit Barisan ini tak cukup hanya menyajikan pesona alam indah saja namun curug tersebut juga merupakan spot paling bagus buat hunting foto atau gambar keren.

Dihiasi dengan air jernih yang mengalir begitu deras serta pemandangan hutannya pun sangat indah menawan menjadikan udara di sekitar kawasan begitu terasa segar juga menyejukkan.

Ditambah lagi, perpaduan batu cadas yang memiliki tekstur sangat alami dan unik membuat pesona air terjun semakin tampak eksotis di mata pengunjungnya.

3. Pangkalan Kapas

foto by backpackerjakarta.com

Alamat: Lubuk Bigau, Kampar Kiri Hulu, Kab.Kampar, Riau
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Walau tak sepopuler air terjun Lata Bayu dan Riau Silip di Bangka, namun curug Pangkalan Kapas tersebut memiliki banyak penggemar karena keindahan yang ditawarkannya termasuk cukup unik.

Dengan ketinggian mencapai 200-300 meter serta dihiasi dinding tebing berwarna agak keputihan, membuat air terjun tertinggi di Riau ini semakin tampak eksotis di mata para pengunjungnya.

4. Kembar Denalo

foto by radarpekanbaru.com

Alamat: Ds.Alim, Batang Cenaku, Kab.Indragiri Hulu, Riau
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Air terjun yang mengambil lokasi di Inhu ini merupakan salah satu spot wisata belum terjamah, bisa dibilang masih sangat perawan. Jadi wajar saja bila panorama alamnya cukup menggoda.

Sesuai namanya, air terjun tersebut pun memang terdiri dari dua aliran yang berdiri berdampingan dengan aliran debit cukup deras namun sangat nyaman buat sekedar basah-basahan.

5. Lubuk Nginio

foto by 17sekians.com

Alamat: Pulau Terap, Ds.Merangin, Kec.Kuok, Kab.Kampar, Riau
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Selain Batu Ajaib, air terjun tercantik Lubuk Nginio yang memiliki tinggi sekitar 3 meter ini juga menjadi salah satu destinasi andalan di kecamatan Kuok.

Walaupun tingginya tidak mencapai puluhan meter namun pemandangan alam yang ditawarkan spot hits satu ini sangat luar biasa indah.

6. Batu Dinding

foto by sengpaku.blogspot.com

Alamat: Jln.Lipat Kain Selatan, Kampar Kiri, Kab.Kampar, Riau
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Air terjun yang baru dibuka pada tahun 2017 lalu ini meskipun tidak terlalu tinggi namun karena kejernihan airnya membuat objek wisata tersebut sangat nyaman untuk dijadikan sebagai lokasi buat sekedar bermain air.

Nah, itulah sederet air terjun cantik yang paling recommended buat disinggahi di Riau. Namun selain ke-6 daftar diatas, masih ada beberapa curug lain dan tak kalah menarik lho buat dijejaki, seperti:

– Curug Merangin Bangkinang
– Curup Alahan
– Tembulun Rusa Inhil
– Curup Sungai Osang
– Air Terjun Panisan dan
– Curug Pulo Simo

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.