10 Air Terjun di Semarang Yang Eksotis dan Oke Banget Buat Dikunjungi

Diposting pada

Jika Sahabat JejakPiknik mengaku pecinta wisata alam atau hanya ingin sekedar berwisata ke lokasi air terjun, cobalah untuk bertandang ke kota Semarang.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, kota Semarang juga menyimpan segudang pesona air terjun yang luar biasa indahnya dan pastinya akan membuat Sahabat JejakPiknik terpana saat melihat pesona indahnya.

Tanpa basa-basi, berikut ini ada 10 daftar grojogan terindah di kota Semarang dan sekitarnya yang bagus buat dikunjungi oleh Sahabat JejakPiknik.

1. Kalipancur

foto by rentalmobilsemarang.info

Alamat: Gn.Pati, Ds.Gejayan, Kec.Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.3.000

Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, air terjun bernama Kalipancur di desa Gejayan tersebut pun dijuluki sebagai curug tertinggi di kota Semarang.

Curug yang berada di wilayah gunung Telomoyo dan menghadap ke Rawa Pening tersebut memiliki panorama indah nan eksotis dengan pemandangan tebing andesit dibelakangnya.

Uniknya lagi, kehadiran goa kecil sebagai tempat berteduh burung walet di area ini juga membuat pesona air terjun Kalipancur semakin menarik buat di eksplor.

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, lokasi ini juga menyajikan spot bagus buat para Sahabat JejakPiknik yang ingin menyalurkan hobi panjat tebing dengan didampingi oleh para pakarnya.

2. Lawe

foto by wisatamy.blogspot.com

Alamat: Ds.Kalisadi, Area Hutan, Gonoharjo, Limbangan, Kab.Ungaran Barat, Semarang, Central Java, 51383
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-16.00
HTM: Rp.5.000
No.Telp: (024)6921 424

Mendengar nama objek wisata Lawe yang berada di wilayah barat Ungaran tersebut, mungkin sudah tak asing lagi ya di telinga kita.

BacaJuga:  Menjelajahi Perhentian Terakhir Kanjeng Sunan Kalijaga Demak Jawa Tengah

Bahkan mungkin sebagian Sahabat JejakPiknik sudah pernah melihat keindahan objek tersebut lewat tayangan tim traveling Trans TV.

Dihiasi dengan air yang begitu jenih, udara sangat sejuk dan landskap alamnya pun begitu luar biasa membuat suasana di sekitar spot Lawe cenderung alami

Berkunjung ke sini, Sahabat JejakPiknik jangan lupa bawa kamera ya, karena banyak yang bilang jika obyek ini adalah spot paling bagus buat berburu foto-foto dan gambar instagramable.

3. Semirang

foto by bonvoyagejogja.com

Alamat: Area Hutan, Dsn.Gintungan, Ds.Gogik, Kab.Ungaran Barat, Semarang, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Memiliki ketinggian terjunan air sekitar 45 meter dan berada di lereng gunung Ungaran, obyek hits satu ini pun siap memanjakan setiap pengunjung lewat keindahan yang dimilikinya.

Berkunjung ke sini, kita akan disuguhi pemandangan indah dengan suasana khas pedesaan yang asri. Namun sebelumnya, setiap pengunjung harus mengeluarkan usaha keras dulu ya untuk bisa melalui ekstrimnya pintu masuknya.

Pasalnya, akses jalan menuju lokasi Semirang ini masih sangat alami dibumbui tatanan bebatuan berupa tangga sepanjang 1 kilometer lebih.

4. Tirto Wening

foto by travel.detik.com

Alamat: Ds.Munding, Kec.Bergas, Semarang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Berlokasi tidak jauh dari Umbul Sidomukti, kita juga akan menemukan sebuah spot wisata yang begitu menarik dengan pemandangan sangat menakjubkan.

Menghadirkan pancuran air yang sangat jernih khas pegunungan, objek wisata Tirto Wening ini pun menyuguhkan udara sangat sejuk dengan kondisi jauh dari tangan-tangan jahil manusia.

Dengan ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki debit air tidak begitu deras membuat area tersebut sangat aman untuk sekedar basah-basahan di dalam kolamnya.

5. Benowo

foto by travelingyuk.com

Alamat: Area Hutan, Ds.Kalisadi, Gonoharjo, Limbangan, Ungaran Barat, Semarang, Central Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.30-15.17
HTM: Rp.4.000
No.Telp: 0896 9221 0080

BacaJuga:  10 Makanan Khas Kebumen Yang Wajib Banget Buat Dicoba

Berjarak sekitar 500 meter dari Curug Lawe, Sahabat JejakPiknik juga bisa melipir sejenak menikmati panorama indah air terjun Benowo.

Keunikan dari curug Benowo ini adalah kawasannya memiliki sebanyak 25 sekungan tebing yang menjulang tinggi dan dihiasi debit air sangat deras sehingga membuat tampilannya semakin eksotis.

Keunikan sisi lainnya adalah adanya jembatan romantis yang terbuat dari kayu bercat warna merah dimana spot ini menjadi properti menarik untuk foto jeprat-jepret kamera.

6. Curug 7 Bidadari

foto by lelungan.net

Alamat: Ds.Tlawah, Keseneng, Kec.Sumowono, Semarang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0853 7566 6616

Tidak jauh dari Bandungan, air terjun yang terdiri dari 3 tingkatan dan 3 buah kolam serta memiliki ketinggian sekitar 10 meter bernama 7 Bidadari ini juga menyuguhkan suasana alam begitu asri.

Dihiasi dengan rimbunnya pepohonan dan pemandangan terasering persawahan milik warga sekitar menjadi suguhan utama yang memikat hati wisatawan.

7. Kembar Baladewa

foto by semarangplus.com

Alamat: Ds.Kendal Ngiser, Wirogomo, Kab.Banyubiru, Semarang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-16.00
HTM: Gratis

Dengan berjalan sekitar 700 meter dari pintu masuk serta memiliki medan cukup landai, Sahabat JejakPiknik akan disuguhi pemandangan sangat indah dari 2 aliran air terjun setinggi 50 dan 70m.

Puas dengan panorama curug ini, Sahabat JejakPiknik pun bisa berkunjung ke sumber mata air hangat di desa Gunung Kelir. Konon katanya, spot ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit lho.

8. Gondoriyo

foto by msn.com

Alamat: Ds.Gondoriyo, Kec.Ngaliyan, Semarang
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin-Kamis(09.00-21.00), Jumat-Minggu(09.00-23.00)
HTM: Gratis
No.Telp: 0818 0588 8571

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, air terjun Gondoriyo kini telah menjadi destinasi yang paling ramai dilirik oleh wisatawan pecinta dunia fotografi.

BacaJuga:  10 Gambar Atlantic Dreamland Cirikas Salatiga, Harga Tiket Masuk, Losaki Alamat, Fasilitas + Jam Buka

Bagaimana, Sahabat JejakPiknik ada yang tertarik? Nah, langsung aja ya datang ke desa Gondoriyo di kecamatan Ngaliyan kota Semarang.

9. Gamelan

foto by kompasiana.com

Alamat: Ds.Brangkulon, Lebak, Kec.Bringin, Semarang 50772
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Berkunjung ke Curug Gamelan di dekat desa Truko, sahabat JejakPiknik akan disuguhi pemandangan luar biasa indah dengan bentangan bebatuan yang besar-besar dan air berwarna coklat.

Tidak seperti curug pada umumnya yang menyajikan kejernihan, air terjun Gamelan tersebut airnya berasal dari sungai jadi wajar saja jika warnanya coklat. Namun begitu, area ini adalah spot paling bagus buat berfoto-foto ria.

10. Umbul Songo

foto by dolanyok.com

Alamat: Ds.Dukuh, Kopeng, Kec.Getasan, Semarang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-19.00
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0812 1573 086

Walau tak sepopuler curug Baradatu di Lampung, tapi keindahan air terjun Umbul Songo ini wajib untuk di eksplor oleh mereka yang mengaku bocah petualang.

Dihiasi dengan tumbuhan hijau rindang dan udara berhawa sejuk membuat suasana di sekitar area ini nampak alami, jauh dari polusi keramaian serta tangan-tangan jahil wisatawan.

Bagaimana, puas dengan info diatas? Tunggu dulu, JejakPiknik juga masih punya beberapa tempat rekomendasi menarik lainnya yang bagus buat dikunjungi, yaitu:

– Curug Nglimut, Boja Gonoharjo
– Desa wisata Kemetul Susukan
– Kampung Pelangi
– Curug Sekar langit
– Kebun Teh Medini
– Curug Wadas Malang Mangkang
– Gunung Ungaran Jalur Jimbaran
– Curug Grenjengan kembar dan
– Ngedat Dadapayam

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.