10 Foto Air Terjun Dolo Kediri, Lokasi Alamat, Sejarah Legenda, Asal Usul, Harga Tiket Masuk + Hotel Villa di Area Wisata Belum ada Bintang

Posted on
Indah Sekali | Foto: wisatalengkap.com
Indah Sekali | Foto: wisatalengkap.com

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64162
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 3.000,-/ orang
Buka/Tutup: 06.00 – 17.30
Telepon: –

Keindahan alam adalah anugerah dari Sang Maha Pencipta untuk Indonesia. Negara yang berada di garis khatulistiwa ini memang seperti berlian diantara benua lainnya. Sumber daya alam melimpah dan iklim tropis merupakan harta tak ternilai harganya.

Negara ini memiliki wilayah sebagaian besar berupa lautan. Dengan demikian sektor perikanan dan kelautan adalah potensi yang amat besar untuk dikembangkan dan dimanfaatkan. Selain itu, sektor pariwisata juga tidak kalah menarik, khususnya wilayah pesisir.

Sehalus Sutra | Foto: adysuprapto.wordpress.com
Sehalus Sutra | Foto: adysuprapto.wordpress.com

Berbicara mengenai tempat wisata di Indonesia, banyak sekali macam pariwisata di Bumi Pertiwi ini. Mulai dari wilayah pegunungan hingga daerah pesisir. Mulai dari didominasi hijaunya dedaunan dan sawahan, warna warni pesona bunga hingga birunya perairan, semuanya ada disini. Tak heran julukan Zamrud Khatulistiwa dimilikinya.

Salah satu keindahan dari Nusantara adalah air terjun. Sangat susah menolak merdunya suara air yang turun langsung dari ketinggian. Gemericik, sejuk dan ditemani dengan kicauan burung dan serangga adalah refleksi menenangkan dan sangat cocok digunakan sebagai penenang jiwa yang gundah karena aktivitas yang tiada terputus.

Suasananya Asik Sekali | Foto: ayopiknik.info
Suasananya Asik Sekali | Foto: ayopiknik.info

Air terjun di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Dari sekian banyak tersebut, kali ini akan diambil salah satu diantaranya. Air terjun yang akan dibahas ini berada di provinsi Jatim, tepatnya di Kabupaten Kediri. Letak alamat daerah ini dekat dengan Blitar, Tulungagung, Nganjuk Sanggul Ilir, Kelud dan merawan. Nama tempat wisata alam Kediri adalah Air Terjun Dolo.

Air Terjun Dolo adalah tempat wisata alam Kediri paling diminati oleh wisatawan jika berada di kawasan Wisata Alam Besuki. Di kawasan tersebut sebenarnya ada beberapa air terjun, namun Air Terjun Dolo atau dolok lebih dulu terkenal serta air terjun ini juga tertinggi di kawasan alam tersebut.

BacaJuga:  Candi Agung Gumuk Kancil Ada Air Sucinya? Pura di Gunung Raung Banyuwangi Jawa Timur

Peta Lokasi Wisata Air Terjun Dolo

Wisata alam Kediri ini berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Daerah ini lebih tepatnya berada di bagian timur lereng Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 1.800 mdpl. Air Terjun Dolo sendiri memiliki ketinggian 90 meter dengan air yang berintensitas sedang.

Dari Kejauhan | Foto: adysuprapto.wordpress.com
Dari Kejauhan | Foto: adysuprapto.wordpress.com

Dapat Ditempuh melalui Dua Rute

Lokasi wisata alam Kediri ini sebenarnya bertetangga dengan wisata alam sejenisnya yang bernama Air Terjun Irenggolo. Jika ingin berkunjung ke lokasi destinasi wisata alam Kediri bisa melalui dua rute. Rute pertama adalah melalui Pasar Muning, sedangkan rute kedua melalui Puhsarang. Kedua rute ini sudah tersedia di google maps.

Melalui Pasar Muning

Begitu Menawan | Foto: andikafm.com
Begitu Menawan | Foto: andikafm.com

Rute pertama diawali dengan menuju ke arah Pasar Muning terlebih dahulu. Sesampainya di sana, silahkan lurus saja menuju ke arah Selatan hingga menemukan pertigaan kecamatan Mojo. Dari sini ada petunjuk arah menuju ke Besuki dan cukup ikuti petunjuk tersebut. Sesampainya di Besuki ada petunjuk alan menuju ke lokasi wisata alam Kediri ini.

Melalui Puhsarang

Rute kedua diawali dari Terminal Taman Kota Kediri kemudian menuju ke Puhsarang. Menuju ke Puhsarang dari terminal diawali dengan mengambil jalan lurus ke arah Barat hingga di pertigaan Kedak. Sesampainya di pertigaan silahkan ambil arah kiri hingga menemukan pertigaan lagi, lalu ambil arah kanan.

Teduh | Foto: surabaya.tribunews.com
Teduh | Foto: surabaya.tribunews.com

Jalur ini sama dengan jalur untuk menuju ke Gereja Puhsarang. Di sebelum pintu masuk gereja ini ada pertigaan yang dikenal dengan pertigaan badak. Di pertigaan ini silahkan ambil ke arah kiri. Kondisi jalan setelah mengambil arah kiri ini menanjak, kemudian akan ada pertigaan lagi dan pilih arah kanan. Cukup ikuti saja jalan ini hingga tiba di Besuki.

Lebih Baik Melalui Pasar Muning

Dari kedua rute ini sangat disarankan oleh teamtouring.net untuk mengambil rute pertama. Ini karena rute pertama memiliki jalan cukup lebar dan telah diperbaiki, selain itu juga lebih mudah. Jika mengambil rute kedua diperlukan kehatian-hatian ekstra, karena sebagian jalan untuk menuju ke Besuki setelah pertigaan Gereja Puhsarang mengalami kerusakan.

BacaJuga:  Hi Tech Mall Surabaya Buka Jam Berapa? Alamat Toko + Promo 2018 Harga Laptop, Printer Dsb

Kerusakan ini disebabkan karena adanya longsoran batu dari tebing. Namun kondisi jalan ini bisa saja sudah diperbaiki saat ini. Jika mengetahui informasi terbaru dari rute kedua menuju ke Air Terjun Dolo silahkan tinggalkan di kolom komentar, karena informasi itu akan sangat membantu bagi orang-orang yang ingin melewati rute tersebut.

Udah Ke Sini Aja | Foto: ksmtour.com
Udah Ke Sini Aja | Foto: ksmtour.com

Perjalanan menuju ke Air Terjun Dolo akan melewati daerah perbukitan. Perjalanan melewati area ini kurang lebih 20 menit hingga sampai ke lokasi wisata. Ketika melewati area ini pemandangan alam akan menjadi suguhan untuk para wisatawan. Tak heran perjalanan tersebut sering kali tidak terasa.

Tinggi Sekali | Foto: ayopiknik.info
Tinggi Sekali | Foto: ayopiknik.info

Ketika telah sampai di Air Terjun Dolo, kendaraan dapat diparkikan di area parkir. Di sekitar area parkir ini terdapat banyak bangunan warung semi permanen yang terbuat dari anyaman bambu atau orang jawa biasa menyebutnya “gedek” dengan atap berupa terpal yang terbuat dari plastik. Di salah satu sudut area ini ada sebuah masjid.

Harus Menyusuri Anak Tangga Dulu

Perjalanan menuju Air Terjun Dolo belum usai. Setelah memakirkan kendaraan dan beristirahat sebentar maka perjalanan menuju lokasi wisata harus segere dilanjutkan. Lokasi destinasi wisata alam Kediri ini berada di bawah area parkir. Untuk sampai ke sana hanya bisa diakses dengan berjalan kaki menyusuri anak tangga.

Hijau | Foto: instagram.com/hilmi_mpel
Hijau | Foto: instagram.com/hilmi_mpel

Kondisi fisik yang prima tentu sangat dibutuhkan dan jangan lupa untuk membawa bekal (minuman dan makanan). Medan yang akan dilalui cukup berat, tak heran tenaga lebih cepat terkuras, sehingga bekal amat diperlukan. Di beberapa titik disediakan gazebo untuk beristirahat. Tangga menuju ke lokasi juga terbilang aman, karena sudah dilengkapi pegangan dan terawat dengan baik.

Pemandangan lereng Gunung Wilis akan menemani perjalanan menuju ke lokasi Air Terjun Dolo. Perjalanan menuju ke lokasi dapat dibilang sangat jauh. Perlahan tapi pasti, tetap langkahkan kaki menuruni anak tangga untuk sampai ke surga dari Kediri ini. Berikut gambar foto air terjun ini.

BacaJuga:  10 Foto Wisata Paralayang di Batu Malang, Harga Biaya Tarif + Rute Peta Alamat

Sesampainya di lokasi, Air Terjun Dolo akan menyambut wisatawan dengan ketinggiannya yang membuatnya tampak megah. Debit air yang sedang dengan suhu sangat dingin membuat lokasi ini menjadi menenangkan. Cipratan air dan suara air terjun membuat area ini sangat tenang.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Memasuki area Air Terjun Dolo membutuhkan tiket masuk. Namun biaya tiket masuk ini sebenarnya tarif retribusi parkir, yaitu hanya Rp. 3.000. Tiket masuk yang sangat terjangkau ini sudah meliputi semua fasilitas yang ada di destinasi wisata air terjun di Kediri ini. Berikut adalah beberapa fasilitas di Air Terjun Dolo:

  • Jalur untuk jogging
  • Taman bermain
  • Area perkemahan
  • Area pendakian
Silau | Foto: ibnudin.net
Silau | Foto: ibnudin.net

Belum diketahui deskripsi secara pasti asal usul tempat wisata ini ditemukan. Baik dari sejarah, cerita masyarakat, legenda mengenainya. Bisa dibilang masih menjadi sebuah misteri tentang penemuan lokasi indah ini. Cerita mistis maupun mitos juga belum diketahui.

Tetapi yang jelas, asal mula tempat ini indah diciptakan oleh Sang Maha Pencipta. Jika ingin menginap di daerah ini mungkin hanya tersedia penginapan biasa dan villa. Jika ingin menginap di hotel maka kemungkinan ada denah pusat kota.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

One thought on “10 Foto Air Terjun Dolo Kediri, Lokasi Alamat, Sejarah Legenda, Asal Usul, Harga Tiket Masuk + Hotel Villa di Area Wisata

  1. Turun tangga 900 anak tangga..untk sampai ke air terjun..kayaknya jangn bawa anak2..nanti kesulitan klo naik lagi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.