10 Gambar Air Terjun 2 Dua Warna Sibolangit, Asal Usul Cerita Mistis + Video: Sumatera Utara Sekarang

Diposting pada
Air terjun dua 2 warna sibolangit cerita mistis sumatera utara asal usul sejarah korban medan sekarang video berastagi gambar deli serdang foto lokasi wisata 2019 alamat artikel alam mula bali bogor biaya masuk dimana langkat harga tiket jogja jawa timur jalan menuju kulon progo kisah keindahan kedalaman pengalaman legenda map misteri mitos objek penemu peta pemandangan pemandu perjalanan pemandian
Air Terjun Dua Warna, Foto: gaedegambarist.blogspot.com

Lokasi: Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, 20354
Map: Klik Disini
HTM: Rp 25000
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon: – 

Berkunjung ke Sumatera Utara akan memberikan pengalaman liburan yang tak kalah unik dengan daerah lainnya di Indonesia. Hal yang paling menarik saat berlibur ke wilayah provinsi ini adalah kebanyakan dari tempat wisatanya merupakan spot wisata alam. Seperti danau toba, gunung sibayak, air terjun sipiso piso, dan air terjun dua warna Sibolangit.

Pesona Sumatera Utara, Foto: detik.com

Air terjun dua warna yang berlokasi di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini, menarik minat banyak wisatawan. Tertarik setelah mendengar namanya, dua warna. Apakah memang terdapat dua warna? Hal ini memiliki penjelasan ilmiah sendiri.

Sama dengan tempat wisata alam lainnya yang ada di Indonesia, pastinya dibalik kelogisan terbentuknya air terjun 2 warna ini, memiliki kisah legenda, sejarah serta mitos yang meliputinya. Cerita-cerita ini juga yang mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke sini.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Foto: airterjunduawarna.blogspot.com

Asal usul Air Terjun Dua Warna

Keindahan alam pemandangan yang disuguhkan selama menuju lokasi air terjun dua warna sangat menakjubkan, ditambah dengan sejuknya udara selama perjalanan ke tempat tujuan. Lokasi wisata alam yang indah ini memiliki sejarah alami mengenai terbentuknya sehingga menjadi dua warna

Awal mulanya adalah dari letusan Gunung Sibayak yang terjadi ratusan tahun lalu. Sumber mata air yang mengalir ke lokasi ini juga berasal dari Gunung Sibayak tersebut. Warna air berbeda yang ada di sini, yaitu, biru muda dengan air dingin yang menyegarkan berada di atas, sedangkan yang di bagian bawahnya berwarna putih keabuan dengan air yang hangat.

Memanjakan Tubuh Dengan Nuansa Alam, Foto: imoetlah.blogspot.com

Adapun perbedaan yang terjadi diakibatkan kandungan fosfor dan belerang dalam air. Bila, beberapa tempat air terjun memperbolehkan pengunjung untuk minum langsung dari lokasi, untuk di daerah Sibolangit ini, dilarang untuk meminum airnya.

Keadaan lokasi air terjun ini mungkin hampir sama dengan lokasi lainnya di beberapa wilayah. Memiliki tinggi sekitar seratus meter dan berada pada ketinggian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut, selain itu ada persamaan yang dimiliki dengan lokasi air terjun lainnya, yaitu sama-sama berada di dalam hutan, jadi pengunjung yang ingin menikmati indahnya air terjun dapat berjalan menyusuri hutan dengan didampingi pemandu, supaya tidak salah arah.

Jasa pemandu lokal memiliki tarif antara Rp 100000-Rp 300000, tergantung pada penawaran. Harganya memang cukup mahal, namun trek yang harus dilalui sepanjang perjalanan menuju spot wisata juga cukup menantang, waktu yang ditempuh pun sekitar 2-3 jam. Berangkatnya mulai dari pintu masuk utama bumi perkemahan Sibolangit. Jarak dari kota Medan ke Sibolangit sekitar 75 kilometer, ada baiknya menyewa kendaraan sendiri, supaya lebih nyaman. Untuk masuk kawasan air terjun, dikenakan tiket atau biaya masuk sebesar Rp 25000. Harga biaya masuk ini sebenarnya termasuk biaya retribusi untuk perawatan kawasan wisata Sibolangit.

Pingin Main Air, Foto: diannangin.blogspot.com

Untuk fasilitas di sini, tentu tidak ada, karena memang dikhususkan untuk wisata alam, sehingga tidak ada akomodasi apapun di kawasan air terjun Sibolangit. Bahkan tidak ada pedagang yang berjualan di sini, jadi sebaiknya para pengunjung membawa makanan dan minuman sendiri, sebagai bekal selama perjalanan menyusuri hutan dan saat beristirahat setelah tiba di tujuan. Di lokasi juga tidak ada gazebo atau semacamnya untuk beristirahat, benar-benar alami.

Untuk Anda yang masih ingin menikmati objek wisata secara maksimal, dapat berkemah di sekitarnya. Menjaga kebersihan serta keasrian alam sekitar juga harus dilakukan, jangan sampai merusak atau mengotori objek wisata alam yang masih asli ini.

Dikunjungi Keluarga, Foto: utiket.com

Di sini tidak hanya terdapat satu air terjun, melainkan tiga. Jadi, pengunjung dapat bermain sepuasnya di sini, sambil mengambil gambar terbaik dengan berfoto ria, ataupun mengabadikannya dalam video pribadi, perjalanan wisata alam yang menyegarkan dan menantang.

Perjalanan selama di dalam hutan yang penuh tantangan dan indahnya air terjun dua warna Sibolangit pastinya akan menjadi pengalaman liburan yang sangat berkesan dan tidak akan terlupakan. Namun, tampaknya hal itu akan hilang dari rangkaian tujuan wisata alam di Sumatera Utara.

Alasannya adalah bencana banjir dan longsor yang terjadi, dan memberikan dampak sangat berat juga terhadap objek wisata alam yang juga lokasi pemandian alam ini. Bencana tersebut terjadi pada Mei 2016 dan menyebabkan korban sebanyak 19 orang meninggal dunia. Korban terseret arus deras hingga sejauh 10 kilometer saat banjir bandang terjadi, dimana banjir bandang tersebut telah menghancurkan kawasan wisata yang menjadi favorit di daerah Sibolangit.

Favorit Wisatawan, Foto: republika.co.id

Penutupan lokasi wisata tersebut ditandai dengan pencabutan papan nama atau papan petunjuk yang mengarahkan jalan menuju tempat wisata tersebut. Ini bertujuan supaya tidak ada lagi warga maupun wisatawan lainnya yang pergi ke objek wisata yang pernah menjadi kebanggan warga Deliserdang tersebut.

Walaupun demikian, dahulu tempat ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan, tidak hanya untuk liburan, melainkan juga untuk melakukan beberapa ritual. Sebagian masyarakat mempercayai bahwa berada di sini akan memberikan keberuntungan. Benar atau tidak, itu masih merupakan sebuah misteri, yang akhirnya berkembang menjadi cerita mistis.

Keindahan Air Terjun Dua Warna Sumatera Utara, Foto: gosumatera.com

Masih banyak tempat wisata alam di wilayah kota Medan dan sekitarnya yang dapat dijadikan tujuan Anda. Seperti kota Berastagi yang memiliki objek wisata alam seru dan tak kalah dengan Sibolangit. Di antaranya adalah air terjun sikulikap yang terletak di kota Berastagi, kabupaten Karo, tempat lainnya yang tak kalah seru dan menyegarkan adalah tempat pemandian air panas Sidebuk-sidebuk, berada di Desa Raja Berneh. Tiket masuknya cukup murah, mulai dari Rp 3000-Rp 10000.

Sekarang, di negeri Langkat atau tanah Karo ini telah menjadi sebuah tujuan wisata yang menunjukkan keindahan alam Indonesia yang layak dikunjungi. Sebagian tempatnya termasuk masih sangat alami dan terletak di dataran tinggi memberikan udara yang sangat sejuk.

Bila sepanjang tahun 2019, Anda belum sempat pergi ke Medan? Maka di tahun mendatang, masukkanlah negeri tanah Karo ini ke dalam daftar destinasi wisata Anda.

Suasana Alami, Foto: gosumatra.com

Air Terjun Dua Warna di Indonesia

Objek wisata air terjun di Indonesia ada banyak sekali, tersebar di hampir semua wilayah. Di pulau Jawa sendiri ada di daerah kulon progo, wilayah jogja, Jawa Tengah. Tempatnya hamper sama dengan Sibolangit. Alamat tepatnya ada di Kedung Pedut, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Kawasan air terjun kedung pedut ini mungkin tak jauh berbeda dengan Sibolangit. Bedanya adalah pada ketinggian yang hanya sekitar 15 meter, dengan bentuk tebing yang hampir 90 derajat, membuat jatuhnya air terlihat sangat indah. Dua warna yang ditunjukkan di sini ada warna putih jernih, pas di tempat jatuhnya dan warna hijau toska di area bawah.

Wisata Sumatera Utara Yang Penuh Petualangan, Foto: tongkrongin.com

Fasilitas yang ada di sini dapat dikatakan cukup lengkap, mulai dari tempat solat, tempat duduk yang terbuat dari bamboo, tempat sampah yang sudah tersebar di seluruh kawasan wisata, hingga kamar mandi. Semua sudah tersedia untuk meningkatkan kenyamanan para pengujung.

Bila Anda sedang ingin menjelajah objek wisata air terjun di seluruh wilayah Indonesia, Anda harus menempatkan kota Bogor, Bali, Medan dan Jogja sebagai tujuan utama. Di wilayah kota tersebut terdapat spot wisata air terjun yang sangat indah dengan perjalanan yang menyenangkan.

Selalu gunakan peta atau google map untuk mencapai lokasi wisata, karena umumnya tujuan berada di dalam desa atau dusun. Beberapa ulasan atau artikel terkait objek wisata air terjun juga telah banyak ada di internet, bila Anda ingin mencari referensi terlebih dahulu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “10 Gambar Air Terjun 2 Dua Warna Sibolangit, Asal Usul Cerita Mistis + Video: Sumatera Utara Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.