10 Gambar Air Terjun Irenggolo Kediri, Lokasi Alamat, Sejarah Legenda, Asal Usul + Jalan Menuju Tempat Wisata

Posted on
Air Terjun Irenggolo ini berada di Kabupaten Kediri. Dengan keindahan yang sangat menakjubkan membuat banyak sekali pengunjung datang untuk melihat pemandangan yang diberikan (foto: eastjava.com)

Lokasi: Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur, Indonesia 64162
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon: –

Wisata alam yang indah memang Indonesia tidak kalah indahnya dengan Negara lain. Salah satu kabupeten di Jawa Timur memilikinya. Ya, di Kabupaten Kediri. Jika dari Surabaya kamu perlu melakukan perjalanan darat kuran lebih 4 jam.

Tak hanya melihat pemandangan indah di sini, para pengunjung dapat merasakan kesejukan udara karena di sekitar air terjun masih ditumbuhi dengan pepohonan dengan begitu lebat (foto: setia1heri.com)

Namanya adalah Air Terjun Irenggolo yang memiliki alamat di Kecamatan Mojo. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan indah. Di artikel ini kami akan mejelaskan secara lengkap tentang Air Terjun Irenggolo.

Keindahan dan Potensi yang ada di Air Terjun Irenggolo

Berfoto dengan latar belakang air terjun adalah hal yang sering dilakukan oleh wisatawan yang datang. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti saat datang ke sini karena pasti kamu akan basah saat akan pulang nanti (foto: info-kita.com)

Sedikit cerita sejarah tentang Air Terjun Irenggolo adalah terdapat sebuah legenda yang konon katanya berasal dari nama seorang panglima tentara bernama Iro Manggolo. Iro Manggolo bertapa di air terjun ini sampai meninggal.

Menurut cerita sejarah bahwa panglima ini kalah perang dan kabur menuju air terjun terjun dan tidak kembali ke daerah asalnya. Ia menghabiskan sisa hidupnya untuk bertapa hingga akhir hayatnya.

Meski begitu saat sedang mengambil foto kamu harus tetap berhati-hati ya karena batu-batuan yang ada di sini masih bisa terbilang licin (foto: galeriwisataasyik.blogspot.com)

Meski konon katanya di tempat ini terdapat beberapa cerita misteri dan mitostidak membuat pengunjung tetap datang untuk melihat keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Irenggolo. Cerita misteri ini sering kali didapat oleh warga sekitar.

Rindangnya pepohonan di sekitar air terjun juga sering kali membuat binatang yang ada di sini keluar, misalnya saja burung (foto: mday.info)

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Jadi jika dilihat memang tidak sampai setinggi 80 meter. Disekitar air terjun ini terdapat beberapa batu-batuan yang jika dilihat secara seksamamirip anak tangga.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Agung Surabaya Al Akbar, Sewa Gedung Marwah + Hotel Dekat Lokasi

Di hari-hari tertentu di Air Terjun Irenggolo ini sering kali diadakan sebuah upacara adat dan ritual yang tepatnya pada Bulan Suro. Upacara adat ini diberi nama Sesaji Tirto Husodo yang memang merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh warga setempat.

Volume air di air terjun ini akan sangat besar saat musim hujan tiba. Bahkan banyak sekali pengunjung datang saat musim hujan (foto: myworldmyride.blogspot.com)

Terdapat beberapa fasilitas juga di sini seperti toilet umum, kolam renang dan tempat bermain anak-anak. Meski terlihat kurang terawat fasilitas ini masih bisa digunakan. Rupanya fasilitas di sini masih kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah setempat.

Rute dan Jalan Menuju Air Terjun Irenggolo

Terlihat sepasang muda-mudi sedang berfoto di sekitar air terjun (foto: flickr.com)

Berlokasi di Jalan Besuki, Kelurahan Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri ini Air Terjun Irenggolo memiliki jarak sekitar 30 km dari pusat kota. Kalau dihitung waktu maka akan memerlukan sekitar 30 menit. Menuju tempat wisata ini sangat mudah dijangkau dan bisa menggunakan kendaraan apa saja.

Banyak juga arena permainan di sekitar air terjun ini (foto: caressaindasari.blogspot.com)

Jika kamu dari kota Kediri maka harus menyeberang kea rah barat sungai Brantas. Arah ini bisa dibilang akan membelah kota Kediri. Setelah itu kamu harus mengambil arah menuju Poh Sarang di Kecamatan Semen yang bertetangga dengan Mojo.

Sebelum kamu masuk ke tempat tujuan utama yaitu Air Terjun Irenggolo di Kelurahan Jogo terlebih dulu akan melewati desa Selongpanggung. Tempat ini juga cukup dikenal dikalangan sejarah yaitu dimana tokoh pahlawan Tan Malaka dimakamkan.

Permainan outbond di Air Terjun Irenggolo (foto: pertamax7.com)

Rute jalan menuju Air Terjun Irenggolo ini bisa dibilang memiliki satu arah dengan tempat wisata lain seperti Air Terjun Dolo. Jadi kamu bisa datang ke dua tempat wisata sekaligus loh. Seperti kata pepatah, berenang sambil minum air. Manfaatkan waktu dengan sebaiknya ya.

Jalan yang dilalui sudah cukup bagus dengan aspal yang baik. Tetapi kamu mesti berhati-hati yak arena jalanan menuju tempat ini terbilang menanjak. Jadi persiapkan kendaraan yang akan kamu gunakan saat akan pergi ke sini.

BacaJuga:  10 Foto Batu Night Spectacular Bns Malang, Harga Tiket Masuk Wahana + Hotel Dekat Wisata

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Irenggolo

Berfoto di sekitar air terjun (foto: jalankemanagitu.com)

Air Terjun Irenggolo dibuka selama 24 jam jadi tidak ada batasan untuk pengunjung saat akan datang ke sini. Kamu bisa datang kapan saja baik pagi maupun sore. Meski dibuka selama 24 jam, di sini disarankan untuk tidak datang saatmalam hari.

Itu disebabkan karena masih kurangnya penerangan dan petugas keamanan saat malam hari. Banyak pengunjung saat hari mulai gelap langsung meninggalkan lokasi tujuan wisata.

Sedangkan untuk harga tiket masuk di sini tidak diberlakukan alias gratis. Jadi berlibur ke sini kamu tidak perlu memikirkan budget karena sudah sangat murah di kantong. Kamu bisa datang dengan siapa saja dengan jumlah yang sangat banyak.

Hanya saja kamu perlu membayar karcis parker untuk kendaraan yang kamu bawa. Untuk kendaraan roda dua kamu perlu membayar sebesar 2 ribu rupiah sedangkan untuk mobil perlu membayar 5 ribu. Jadi kapan kamu akan ke Air Terjun Irenggolo? Selamat berlibur ya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.