10 Gambar Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul Jogja Nglanggeran + Harga Tiket Masuk

Diposting pada
Patuk yogyakarta air terjun kedung kandang gunung kidul gk jogja nglanggeran sendangsari alamat lengkap arah akses jalan menuju denah lokasi harga tiket masuk jalur ke rute perjalanan peta sejatah wisata wonosari
Jembatan Kayu di Kedung Kandang. Foto: priobodro.com

Lokasi: Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55862, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 274 515871

Yogyakarta tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun yang pernah berlibur ke kota gudeg ini. Ada banyak pesona yang dimiliki oleh Jogja. Mulai dari seni dan budaya serta keindahan kawasan wisata alam yang bisa memanjakan para turis yang memilih berlibur ke kota pelajar ini.

Signage Kedung Kandang. Foto: travelvit.com

Di area Gunung Kidul atau biasa disingkat GK ini memang memiliki kawasan wisata alam nan tersembunyi. Mulai dari barisan pantai yang menyajikan keindahan pasir putih serta gelombang laut yang indah dan juga jernih. Bahkan ada beberapa pantai yang menyajikan tebing hijau serta kawasan terumbu karang yang indah dan mempesona.

Pesona Kedung Kandang. Foto: travelvit.com

Ternyata bukan hanya pantai saja yang dimiliki oleh area di sebelah selatan dari kota Jogja ini. Di Gunung Kidul para wisatawan bisa menemukan kawasan wisata alam yang berbeda dan juga menyajikan eksotisme nuansa alam yang masih asli dan asri. Salah satunya adalah kawasan wisata air terjun. Ada banyak kawasan wisata air terjun yang bisa dikunjungi. Dan kawasan wisata air terjun Kedung Kandang ini siap menyajikan pesona yang tidak terlupakan.

Pesona Kedung Kandang. Foto: joglowisata.com

Mengenal Air Terjun Kedung Kandang

Kawasan wisata air terjun Kedung Kandang ini merupakan salah satu kawasan wisata air terjun yang sangat unik dan juga tersembunyi di sekitar wilayah Gunungkidul. Air terjun ini memiliki 6 tingkat yang memiliki 6 jalur air terjun. Tentu saja memberikan keindahan dan pesona tersendiri. Sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin hunting foto atau mengambil gambar di sini. Letak dan lokasinya sendiri berada di areal persawahan penduduk. Sehingga menjadikan pemandangan air terjun Kedung Kandang ini sangat sejuk dan masih alami serta asri.

BacaJuga:  10 Foto Candi Abang Jogja, Harga Tiket Masuk, Jalan Menuju Lokasi + Sejarah
Wisatawan di Kedung Kandang. Foto: travelvit.com

Sayangnya air terjun Kedung Kandang ini memang belum dipegang oleh pengelola wisata swasta dan juga pemerintah. Oleh sebab itu fasilitas dan juga akses menuju ke kawasan wisata ini masih belum sempurna walau sudah ada perbaikan di beberapa area. Untuk sementara waktu pengelolaan kawasan wisata air terjun Kedung Kandang ini masih dipegang oleh para masyarakat dan penduduk di sekitar desa wisata Nglanggeran.  Tidak ada fasilitas yang mewah seperti penginapan dan juga jalur jalan yang mulus. Hanya ada area parkir untuk kendaraan roda 2 dan 4 serta warung-warung makan kecil yang dibuat oleh masyarakat sekitar

Eksotisme Air Terjun Kedung Kandang. Foto: jarangpanas.com

Rute dan akses menuju air terjun Kedung Kandang

Alamat dari air terjun Kedung Kandang ini berada di daerah Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun Kedung Kandang ini letaknya tidak jauh dari embung dan juga Gunung Api Purba Nglanggeran. Dan tidak terlalu sulit untuk menemukan kawasan wisata tersebut. Apalagi akses sudah dipermudah dengan adanya Google Maps.

Pesona Kedung Kandang. Foto: unycommunity.com

Rute dari kota Jogja sendiri bisa melalui area jalan Wonosari atau daerah Sendangsari di Sleman. Jalan Wonosari menjadi akses yang cukup mudah. Dari sini perjalanan akan menuju ke kecamatan Pathuk. Sebelum bertemu dengan SMPN 2 pathuk ambil jalur ke arah kiri menuju ke dusun Bobung. Dari perempatan ambil jalur ke arah kiri dan bertemu dengan warung mie ayam mbak nining. Dari sini masuk ke kiri. Para wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di lapangan voli

Signage Kedung Kandang. Foto: lokaavantour.com

Pesona air terjun Kedung Kandang yang Eksotis

Ketika memasuki area pintu gerbang air terjun Kedung Kandang, para wisatawan sudah disambut dengan masyarakat di sekitar Desa Wisata Nglanggeran. Harga tiket masuk ke kawasan wisata air terjun Kedung Kandang ini gratis alias tidak dipungut biaya. Biasanya para wisatawan cukup membayar sukarela saja kepada masyarakat sekitar.

BacaJuga:  Wisata Bunker Kaliadem Merapi Jogja

Disarankan bagi para wisatawan yang bertemu dengan warga lokal agar jangan terlalu sungkan untuk sekedar menyapa atau berbincang-bincang dengan warga sekitar. Pasalnya Desa Wisata Nglanggeran memang ditujukan untuk para wisatawan terutama turis mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar desa wisata tersebut.

Panorama di Kedung Kandang. Foto: iqbalalkautsar.com

Jarak dari area parkiran hingga ke kawasan wisata air terjun Kedung kandang ini sekitar 900 meter. Dan seperti yang disebutkan di awal bahwa akses jalur belum terlalu mulus. Jalan utama masih dalam bentuk tanah dan juga belum di di aspal atau minimal di cor. Akan tetapi para wisatawan terutama turis asing justru menggemari kawasan wisata air terjun ini. Ditambah lagi para turis bisa melihat langsung dan juga menyaksikan bagaimana para petani di sekitar kawasan wisata air terjun ini bercocok tanam.

Para wisatawan bisa melihat keindahan kawasan wisata tebing-tebing yang terdiri dari batu vulkanik serta hamparan padi yang merupakan salah satu ciri khas dari kawasan wisata air terjun Kedung Kandang tersebut. Batuan di sekitar air terjun Kedung Kandang ini adalah bebatuan vulkanik dari gunung api Purba Nglanggeran. Hal ini membuat suasana menjadi lebih menarik. Apalagi keterikatan sejarah antara Kedung Kandang dan Gunung Api Purba memang cukup kuat.

Eksotisme Kedung Kandang. Foto: brobali.com

Di Air terjun Kedung Kandang ini ada 3 kedung dan juga 6 tingkatan air terjun. Kedung kandang adalah kedung yang berada di bagian bawah dan juga yang paling besar. Sementara diatasnya adalah kedung temanten dan juga kedung keris. Sayangnya para wisatawan dilarang untuk mandi dan berenang di sekitar air terjun tersebut. Pasalnya aliran air dan juga bebatuan vulkanik yang konon berbahaya bagi para turis.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.