10 Gambar Air Terjun Luweng Sampang Klaten, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju ke Sana

Posted on

Lokasi: Jalan Juminahan, Sampang, Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 57467, Indonesia
MAP: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: Senin-Minggu (24 jam)
Telepon: +62 274 515871

foto by instagram.com/areajogja/

Kota Klaten tidak mengecewakan untuk masalah tempat wisata. Banyak wisata alam yang menyimpan sejuta pesona. Sebelum kita bewisata ke luar negeri, ada baiknya jika kita mengenal dan mendukung pariwisata lokal terlebih dahulu.

Salah satu aset alam yang dimiliki oleh Klaten, Jawa Tengah adalah air terjun Luweng Sampang. Kita akan menemukan daya tarik luar biasa yang tidak dimiliki oleh wisata lain, bahkan kita akan menemukan kemiripannya dengan tempat wisata di luar negeri.

Menarik bukan? Tidak ada salahnya jika kita menjadikan tempat wisata di kawasan Jogja ini sebagai salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

Keindahan Bak Grand Canyon USA

foto by lihat.co.id

Indonesia memang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Salah satunya adalah destinasi di daerah Klaten, yaitu air terjun Luweng. Tempat wisata ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan Grand Canyon USA.

Sesampainya di tempat wisata ini, mungkin Anda belum menemukan kemiripannya dengan Grand Canyon USA. Anda harus menelusuri lebih dalam dan detail untuk menemukan keindahan yang serupa. Ciri khas tebing dan warna air Grand Canyon juga dimiliki oleh tempat wisata lokal ini.

foto by instagram.com/magicalindonesia/

Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menikmati tempat wisata yang menakjubkan. Cobalah untuk melihat pemadangan lebih luas dari puncak tebing. Anda akan menemukan keindahan tempat wisata ini dengan lebih bebas.

Menikmati tempat wisata lokal sama artinya ikut melestarikan dan membantu berkembangnya pariwisata di Indonesia. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kita menelusuri tempat wisata di Indonesia terlebih dahulu dan memperkenalkannya di daerah luar.

BacaJuga:  Jalan Menuju Embung Batara Sriten Jogja Gunung Kidul Yogyakarta + Lokasi Wisata

Indonesia memiiki berjuta pesona alam yang sangat mengagumkan. Kita patut bangga dan berpartisipasi dalam perkembangannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berfoto dan posting ke media sosial pribadi, maka kita sudah memperkenalkan tempat wisata asli Indonesia.

Daya Tarik Air Terjun Luweng

foto by berkeliling.com

Tempat wisata ini memiliki tebing dan warna air yang indah. Tebing bebatuan itu terbentuk karena adanya aliran air yang terus menerus mengalir sehingga membuatnya mirip dengan Antelope Canyon di Arizona.

Jika Anda dapat naik ke puncak tebing, maka Anda akan melihat bermuaranya air terjun itu dalam luweng. Terlebih dengan guratan yang menjadi karakteristik bebatuan tebing membuat pemandangan terlihat lebih menyatu antara bebatuan dengan air terjun.

Selain itu, daya tarik lainnya adalah warna air terjun Luweng yang dapat berganti sesuai dengan musim. Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini pada musim hujan maka debit air akan bertambah banyak dan warnanya menjadi coklat tanah.

foto by missrisna.com

Berbeda jika Anda berkunjung di musim kemarau, maka debit air lebih kecil dan kejernihan air sangat terlihat. Warnanya pun lebih ke warna tosca sehingga pemandangan air akan lebih menarik dan Anda bisa bermain air dengan lebih aman karena debitnya yang berkurang.

Daya tarik selanjutnya adalah tidak dipungutnya biaya untuk bisa masuk ke kawasan ini. Kita tidak perlu merogoh kocek sedikit pun untuk bisa menikmati tempat wisata yang menyenangkan ini. Kita hanya perlu membayar biaya parkir yang sangat bersahabat.

Jadi, ketika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, ada baiknya jika datang pada musim kemarau untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari warna dan kejernihan air, serta guratan bebatuan yang juga menarik.

BacaJuga:  10 Gambar Air Terjun Pantai Jogan Wonosari Jogja, Jalan Menuju Lokasi + Peta Denah
foto by instagram.com/ayopiknikid/

Kegiatan di Air Terjun Luweng Sampang

Tempat wisata Luweng memiliki kejernihan air yang patut untuk dicoba. Sesampainya di lokasi dan melihat air berwarna tosca jernih pastinya membuat kita sudah tidak sabar lagi untuk segera berenang. Badan kita akan merasa segar setelah merasakan air terjun ini.

Setelah lelah berenang, Anda tidak harus langsung pulang begitu aja. Anda bisa beristirahat di puncak-puncak tebing atau di kawasan tempat wisata. Udara yang sejuk membuat kita betah berlama-lama di air terjun ini, meskipun hanya sekedar duduk-duduk.

foto by sipenyugunung.net

Istirahat akan lebih nikmat dengan adanya cemilan atau makanan yang lezat. Anda bisa membawa bekal dari rumah jika tidak ingin susah-susah mencari warung atau pedagang makanan. Dengan begini, Anda bisa menikmati pemandangan dan sejuknya suasana dengan nyaman.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen kebersamaan Anda. Ketika mendapatkan spot berfoto yang menarik maka manfaatkan untuk berfoto. Anda bisa melakukan selfie atau berfoto bersama keluarga, teman atau pacar dengan air terjun sebagai latar belakangnya.

foto by instagram.com/chairullumam/

Air terjun Luweng Sampang memiliki berbagai spot foto yang menarik, seperti air terjunnya, tebing bebatuan dan puncak bebatuan. Pastikan Anda mendapatkan posisi yang tepat untuk memperlihatkan pemandangan yang luar biasa.

Meskipun sedang mencari spot foto, jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan, terlebih bagi Anda yang berada di puncak tebing. Berhati-hatilah dalam menapakkan kaki karena cipratan air dapat membuat tebing menjadi licin, terlebih dengan kedalaman air terjun yang cukup dalam.

foto by instagram.com/denay_senja/

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju letak air terjun Luweng dapat diakses melalui Klaten atau Wonosari. Jadi, Anda bisa memilih rute yang menurut Anda lebih mudah dijangkau.

Jika Anda berangkat dari Klaten, pilih arah ke stasiun Srowot – Pasar Wedi dan Gantiwarno kemudian menuju ke Desa Jogoprayan. Air terjun ini diapit oleh Desa Sampang dan Desa Jogoprayan. Jalur ini cukup mudah dan jelas sehingga tidak membingungkan.

BacaJuga:  10 Gambar Candi Ratu Boko, Harga Tiket Masuk, Lokasi Sunset, Sejarah + Alamat Letak Wisata

Jika Anda ingin melewati Wonosari, pilih jalur ke Patuk – Nglipar dan Gedangsari. Anda akan masuk ke Desa Sampang kemudian ikuti jalan utama menuju ke arah pertigaan Nglipar. Sekitar 5 meter dari pertigaan, Anda sudah bisa melihat area tempat wisata ini.

foto by teluklove.com

Apabila Anda masih bingung dengan penjelasan tersebut, gunakan peta dari google maps untuk lebih mempermudah. Anda cukup menuliskan Air Terjun Luweng Klaten dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Menghabiskan waktu libur bersama orang terkasih memang menyenangkan. Jadi, untuk melengkapi asyiknya berwisata, pilihlah tempat wisata yang tepat dan air terjun Luweng menjadi pilihannya.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.