10 Foto Air Terjun Mangku Sakti Waterfall Lombok + Cara Jalur Menuju Rute Lokasi

Posted on
Air terjun mangku sakti waterfall di lombok utara lotim dimana gambar letak foto sejarah jalan sembalun alamat asal usul my trip adventure cara ke jalur menuju rute timur lokasi legenda ntb peta sajang tempat wisata water fall parking area
Air Terjun Mangku Sakti, sumber: lombokgilis.com

Alamat: Sajang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia 83354
Map: KlikDisini
HTM:  Rp 5.000,-/orang
Buka/Tutup:
Telepon:

Mendengar Lombok, karenanya mungkin akan timbul di benak kalian hal yang demikian yaitu pantai – pantai menawan & menyenangkan.

Pulau Lombok tak cuma mempersembahkan estetika pantai & gunung, pulau ini juga tenar dengan estetika air terjun nya. Salah satu objek wisata populer ketika ini yaitu Air Terjun Mangku Sakti. Berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, objek wisata ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani. Jarak tempuh diperlukan dari Kota Mataram sekitar 3 jam perjalanan.

Petunjuk arah, sumber: berbagifun.com

Mangku Sakti adalah objek wisata anti – maintream dengan air tidak bening tetapi berwarna hijau toska. Hal demikian sebab campuran sulfur pada tempat ini. Aliran Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq airnya lantas dari Danau Segara Setelah di Gunung Rinjani.

Ada sebagian nama tempat wisata seperti ini dapat kalian temui di sekitar Lombok. Dari sekian banyak nama hal demikian kalian dapat pertama kali mengunjungi sebuah lokasi bernama Mangku Sakti. Lokasi satu ini berlokasi di Desa Sajang, kecamatan sembalun, kabupaten Lombok Timur. Untuk mengunjungi lokasi satu ini kalian dapat menerima bonus berupa jalanan trekking cukup menantang untuk kalian jelajahi.

Sejarah

Mangku Sakti ini berlokasi di kaki gunung rinjani, berdasarkan salah satu warga sekitar area itu berarti penunggu yang ilmu nya mumpuni alias sakti, mangku dalam bahasa lombok atau sasak berarti tetua.

Asal mula nama objek wisata ini yakni dulu kala ada seorang mangku, berdasarkan warga sekitar mangu hal demikian bernama titi kastura bertugas menjadi juru kunci dikaki gunung rinjani. Pada waktu itu warga menjulukinya dengan nama mangku gunung dalam bahasa indonesia berarti penjaga gunung.

Papan selamat datang, sumber: diditpharm.blogspot.de

Mangku gunung hal demikian didampingi oleh seekor kuda yg oleh warga sekitar kuda bernama kuda sembrani. Sesudah mangku itu telah meninggal, warga menemukan sebuah curug di kaki gunung rinjani di desa sajang, sebuah curug kiri kanannya di apit oleh bebatuan.

BacaJuga:  10  Gambar Air Terjun Benang Stokel Waterfall Lombok, Peta Alamat Rute Wisata + Video Youtube

Konon, ketika warga menemukan lokasi tersebut , di sisi bagian kiri yg tertata oleh bebatuan menyusun sebuah wajah, yang tidak lain oleh para warga sekitar diyakini sebagai wajah sang mangku, oleh sebab itu tempat ini hal demikian kemudian di namakan sebagai air terjun mangku sakti.

Pesona Keindahan

Objek wisata ini berlokasi di wilayah perbukitan berada di sekitaran Taman Nasional Gunung Rinjani. Dengan letaknya berada di lokasi. Karenanya membikin hawa yang berada di sekitar wilayah hal demikian benar – benar teduh & sungguh – sungguh ideal untuk memanjakan kalian dengan udara demikian semacam itu segar.

Mengingat letaknya di wilayah perbukitan, trek menuju ke lokasi juga menjadi sebuah lahan seru bagi kalian gemar dengan aktivitas alam trekking & juga adventure.

Untuk menuju lokasi kalian akan lewat jalur setapak di sampingnya dihiasi oleh pohon-pohon besar & hamparan alang – alang menawan di sebagian spot. Seandainya hingga di lokasi tersebut, kalian akan dikenalkan sebuah panorama cantik dari objek wisata tersebut yang mempunyai wujud menawan meskipun tak terlalu tinggi.

Bagi kalian yang datang di kala sedang kemarau, karenanya penampilan nya biru bening dapat menjadi daya tarik sendiri kian menggugah kalian untuk terjun & menikmati ademnya hal demikian.

Rehat sejenak, sumber: andyhardiyanti.com

tempat ini dialiri oleh air yg tercampur dengan sulfur,curug ini berketinggian kurang lebih 40 meter. Jalur di curug lain kalian dapat menikmati seketika deburannya, tapi disini tak dianjurkan untuk mencoba, karena deburan jatuhnya hal yang demikian menyusun semacam kolam seluas 15 meter dalamnya sekitar 2 hingga 4 meter.

Jadi kalian dapat menikmati dinginnya sulfur hal yang demikian sambil berenang. Terdapat juga jump titik buat kalian yg berkeinginan mencoba keberanian terjun ke kolam tersebut, jump titik nya sekitar 5 meter. Dibagian bawah aliran curug juga kalian masih dapat merasakan titik lain buat sekadar berendam atau malahan melompat terdapat semacam curug mini.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Mawun Beach Lombok Tengah NTB, Lokasi di Kuta + Peta Wisata
Kepala ular, sumber: jejaklangkahku.com

Mangku sakti ini juga pernah masuk ke acara televise “My Trip My Adventure “, buat yang pernah nonton acara itu pasti tahu sekali.

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 175 kilometer dari kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar empat jam perjalanan dengan berkendara. Dikarenakan lokasi ini berdekatan dengan Air Terjun Mayung Putek karenanya rute yang dicapai hampir sama.  Jalanan pertama melalui Lombok Timur, dari kota Mataram – Taman Narmda – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Aikmel – Swela – Sapit – Lemor – Sembalun Bumbung – Sembalun Lawang – Sajang.

Setelah untuk jalanan kedua melalui Lombok Utara, Senggigi – Bangsal – Tanjung – Gondang – Selengan – Batu Gembung –  Bayan – Senaru – Dasan Grisak – Desa Sambiq Elen – Sajang atau dari kota Mataram – Pusuk.

Kecelakaan, sumber: rri.co.id

Pintu masuk ke curug ini berada di jalanan Sembalun – Bayan, kalau memakai jalanan pertama gerbangnya ada di sebelah kiri jalan yang ditandai dengan adanya poster besar atau baliho). Dari pintu masuk ini perjalanan diteruskan menuju lokasi parkiran berjarak empat kilometer dengan waktu tempuh sekitar tiga puluh menit.

Lokasi parkiran ini berada di ujung jalan & ditandai dengan adanya sebuah kios kecil bertenda biru. Adapun situasi jalan masuk ini belum beraspal jadi masih berupa jalan tanah.  Pada sebagian spot tertentu jalannya benar – benar curam sehingga menyulitkan untuk dilewati.

Peta lokasi, sumber: google.com/map

Estetika memarkirkan kendaraan perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit lamanya menelusuri jalan setapak menurun melalui bebatuan & menelusuri sungai sampai tiba di lokasi tersebut berada.

Harga karcis masuk 5.000 rupiah per orang & tarif parkir 5.000 rupiah untuk kendaraan roda 2 & 10.000 rupiah untuk kendaraan roda 4.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Lombok Lepas Kunci 24 Jam Murah 2018 Dengan / Tanpa Supir

Air Terjun Mangku Kodek

Tempatini  ialah salah satu dari tiga buah curug yang berada di Jalan Raya Sembalun Lawang, Dusun Sajang, Ds. Sajang, Kec. Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 2 diantaranya yaitu Mangku Kuda Sembrani & Mangku Sakti. Kodek sendiri dalam bahasa Sasak berarti kera.

Mangku Kodek, sumber: kesiniaja.com

Mangku Kodek tersembunyi diantara tebing – tebing tinggi. Jalur kalian tak menelusuri sungai, hal yang demikian tak kelihatan. Curugnya tak tinggi, cuma tiga meter dari permukaan, tapi keunikan, eksistensi & airnya sungguh membikin kalian menjadi terpikat.

Anda seharusnya berbasah – basahan terutama dulu untuk menempuh air terjun Mangku Kodek. Jaraknya malahan tak jauh, cuma sekitar 100 meter. Kedalamannya bahkan cuma setinggi pinggang orang dewasa.

Air Terjun Sembrani

Sembrani, sumber: objekwisatapopuler.com

Lanjut jalan lagi ke arah bawah, tidak hingga 500 meter kita akan hingga di titik yang tak jauh beda konsidisinya dengan air terjun sebelumnya. terbukti kita ada di komponen atasnya Air Terjun Kuda Sembrani, untuk hingga di komponen bawahnya kita seharusnya mutar masuk hutan lagi, tetapi tidak jauh kok & mudah, sebab sudah terwujud jalanannya, gara – gara acap kali dilalui oleh orang.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tips berkunjung

Pesona keindahan Lombok, sumber: sengpaku.blogspot.com
  1. Sebaiknya berkunjung di musim pancaroba atau musim kemarau supaya jalan tanah tak basah & becek.
  2. Sebaiknya memakai ojek dari pos karcis ke wilayah air terjun sebab jalan dilewati masih buruk & memerlukan pengendara yang berpengalaman.
  3. Jangan lupa untuk membawa minuman & makanan sebab di dekat air terjun belum banyak penjual, harga nya relatif lebih mahal.
  4. Guide lokal supaya tak tersesat di hutan.
  5. Berhati-hati ketika mandi di air terjun sebab dikhawatirkan karam oleh pusaran air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.