10 Foto Air Terjun Nungnung di Bali, Lokasi Alamat Map + Mitos Sejarah

Posted on
Air terjun nungnung bali belok map plaga sejarah lokasi mitos tentang foto gambar alamat info atraksi makotek desa munggu yeh mampeh waterfall
Air Terjun Nungnung di Bali yang memiliki pemandangan indah (foto: kintamani.id)

Lokasi: Desa Pelaga Petang , Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
08.00 – 18.00 WITA
Nomor Telepon: –

Berlibur ke Bali memang adalah hal yang sangat menyenangkan. Tetapi jika kamu sudah jenuh dengan tempat wisata di Bali dengan beragam pantainya, maka alternatif lain adalah mencoba hal baru. Ya, di Bali memang identik dengan pantai sangat indah tapi siapa sangka kalau di pulau yang memiliki julukan Pulau Dewata ini terdapat sebuah destinasi wisata lainnya. Tempat itu adalah air terjun atau waterfall.

Debit air terjun di disini sangat deras sehingga membuat segar dan hawa sejuk. Banyak sekali pengunjung yang betah saat berlibur di Air Terjun Nungnung. (foto: pegipegi.com)

Di Bal terdapat sebuah wisata alam yang bisa dibilang belum banyak dijamah oleh banyak orang yaitu Air Terjun Nungnung. Ya, kali ini kita akan membahas tentang Air Terjun Nungnung yang berada di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Isi dari artkel kami bersumber dari info yang didapatkan dari warga sekitar Tentu saja ini akan menambah deretan tempat wisata yang sudah ada di sektarnya seperti Jembatan Tukad Bangkung yang ada di Jalan Yeh Mampeh.

Keindahan dan Potensi yang ada di Air Terjun Nungnung

Aliran air di Air terjun Nungnung ini mengalir hingga sungai. Banyak juga bebatuan yang ada di sungai ini sehingga kamu harus hati-hati. (foto: balimediainfo.blogspot.com)

Desa Plaga Petang yang notabennya adalah lokasi dari Air Terjun Nungnung adalah daerah yang sangat cocok sekali dengan agrowisatanya. Di sini memiliki udara dan hawa yang begitu sejuk dan dingin. Air Terjun Nungnung telah mengalami perkembangan yang sangat bagus. Dulu tempat wisata ini masih terbilang minim sekali tentang keamanannya tetapi sekarang sudah dibangun beberapa tiang penyangga dan jembatan.

Saat hari besar seperti manis kuningan maka tempat ini akan ramai dengan warga sekitar yang melakukan ibadah sembahyang. Air Terjun Nungnung memang juga dikenal memiliki sejarah dan mitos yang ada. Di saat seperti ini biasanya juga dilakukan tradisi Bali yaitu atraksi Makotek. Atraksi ini seperti bermain dengan banyak bambu. Jika kamu beruntung bisa melihat atraksi ini saat kuningan tiba.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Standing Stone Bali The Royal Purnama Restaurant Hotel & Villa Gianyar
Ini adalah jembatan kayu yang ada di Air terjun Nungnung. Kamu akan melewatinya saat akan sampai di pusat air terjun (foto: infokebali.com)

Meski diadakan kegiatan adat ini tidak membuat Air Terjun Nungnung sepi dengan pengunjung yang datang. Meskipun hari besar dan banyak warga yang melakukan ibadah, Air Terjun Nungnung tidak ditutup untuk wisatawan yang akan datang. Dengan syarat tidak mengganggu jalannya upacara adat yang sedang dilakukan.

Yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Nungnung adalah di sini kamu bisa melihat suasana alam yang masih asri. Terlebih Air Terjun Nungnung memiliki ketinggian yang hampir mencapai 900 meter dari permukaan air. Sedangkan air terjunnya memiliki ketinggian hingga 50 meter dari lembah. Di sekitar air terjun ini kamu akan dikelilingi oleh pohon-pohon yang hijau dan asri.

Banyak bebatuan di sekitar sungai aliran air dari air terjun. Maka diwajibkan para pengunjung untuk berhati-hati (foto: twitter.com)

Untuk dapat sampai ke lokasi Air Terjun Nungnung ini memerlukan stamina yang sangat baik. Karena jika ditelusuri kamu tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor. Satu-satunya cara yaitu dengan berjalan kaki sekitar 1 km. Ditambah lagi dengan tracking yang masih dibilang cukup menantang. Tetapi jika kamu sudah sampai di puncak air terjun maka semua lelah akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang ada. Hawa sejuk dan segar ini akan membawa kamu ingn langsung menikmati air yang ada di sini.

Air Terjun Nungnung yang dikelilingi pohon-pohon hijau yang segar (foto: kaskus.id)

Air Terjun Nungnung di sini begitu segar sehingga membuat para wisatawan betah. Tak sedikit yang datang ke sini untuk mandi dan berenang. Bahkan ada beberapa orang yang melakukan atraksi di sini dengan lompat dari ketinggian menuju kolam bawah. Kedalaman air terjun di permukaan cukup aman jika dilakukan lompat air tapi jangan terlalu tinggi ya. Oh ya, jangan lupa kamu mengabadikan setiap kegiatan di Air Terjun Nungnung dengan foto atau mengambil gambar.

600 meter lagi kamu akan sampai di Air Terjun Nungnung Bali (foto: arunatoursbali.com)

Perjalanan menuju Air Terjun Nungnung sungguh menggunakan stamina yang bagus. Kamu harus benar-benar menyiapkan tenaga jika ingin datang ke sini. Tetapi selama perjalanan kamu akan diberikan pemandangan yang akan seolah melupakan lelah. Kamu juga akan melewati sebuah jembatan kayu. Dan di jembatan ini juga banyak para pengunjung untuk berhenti hanya sekedar istirahat dan berfoto.

BacaJuga:  10 Foto Pura Ulun Danu Batur Songan Kintamani Bali + Sejarah Cerita Dilecehkan di Facebook?

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Nungnung

Berfoto dengan latar belakang Air Terjun yang indah (foto: enajulianti.wordpress.com)

Air Terjun Nungnung ini memiliki lokasi di Desa Pelaga kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Bersebelahan dengan Desa Munggu yang juga memiliki potensi wisata alamnya. Dari kota Denpasar sendiri memiliki jarak sekitar kurang lebih 50 km atau 2 jam perjalanan darat. Alamat tepatnya ada di ujung sendiri kabupaten Badung. Banyak sekali petunjuk arah di setiap belok untuk dapat sampai ke kabupaten ini. Tetapi untuk memudahkan kamu, tim jejakpiknik.com sudah memberikan titik koordinat.

Karcis masuk Air Terjun Nungnung (foto: kompasiana.com)

Titik koordinat tersebut bisa kamu akses dengan map yang ada di hp. Gunakan aplikasi GPS agar dapat terhubung dengan petunjuk jalan. Ini akan memudahkan kamu menemukan alternatif dengan mudah. Oh ya, tentu saja untuk dapat mengakses titik koordinat ini kamu harus memiliki jaringan internet yang stabil. Jika masih kesulitan menemukan jalan, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar. Air Terjun Nungnung merupakan objek wisata yang cukup terkenal bagi warga lokal Kabupaten Badung.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Nungnung

Banyak wisatawan yang datang ke Air Terjun Nungnung (foto: mirnarizka.wordpress.com)

Jam buka di Air Terjun Nungnung sendiri dibuka setiap hari. Sebetulnya tidak ada larangan bagi para pengunjung datang ke sini jam berapapun. Tetapi karena masih kurangnya alat pencahayaan maka warga sekitar Air Terjun Nungnung menyarankan untuk meninggalkan lokasi air terjun sebelum matahari tenggelam yaitu pukul 5 sore. Biasanya wisatawan berdatang mulai pagi hari. Karena dirasa itu adalah saat yang tepat dengan suasana yang masih segar dan sejuk.

Jalan menuju Air Terjun Nungnung (foto: kompasiana.com)

Untuk harga tiket masuknya sendiri di Air Terjun Nungnung juga tidak diberlakukan alias gratis. Hanya saja kamu perlu membayar biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya 3 ribu dan mobil 5 ribu rupiah. Cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan yang akan kita dapatkan di Air Terjun Nungnung. Lahan parkir yang ada sudah cukup luas jadi kamu tidak perlu khawatir. Dan juga ada penjaga yang akan menjaga semua kendaraan para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *