Uniknya Air Terjun Pengantin di Ngawi

Diposting pada

Lokasi: Sabrang RT.03 / RW.01, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63263
Map: Klik Disini
HTM: Rp 6.000,-
Buka/Tutup: 08:00 – 17:00
Telepon: 0898-9489-489

foto by kampoengngawi.com

Curug Pengantin atau Air Terjun Pengantin (ATP) merupakan salah satu destinasi wisata favorit dan sedang hits di Kota Ngawi. Objek wisata ini cocok bagi kamu yang suka menikmati alam bebas. Pemandangan asri, udara menyegarkan dan suasana menentramkan jiwa itulah yang kamu dapatkan.

Air terjun pengantin termasuk wisata unik karena memiliki dua aliran. Selain karena legenda dan keberadaannya yang berdampingan, seperti laki-laki dan perempuan, sehingga dinamakan Curug Pengantin.

Mungkin dari namanya saja, kamu sudah tertarik mau tahu apa sih menariknya dari kawasan ini. Selain itu, pasti juga penasaran dengan yang disebut air terjun laki-laki atau perempuan itu. Kalau penasaran, simak saja ulasan di bawah ini!

Mitos Tentang Curug Pengantin

foto by misscantika.com

Seperti biasanya kebanyakan tempat wisata memiliki cerita, legenda maupun mitos. Itu juga tentang Curug Pengantin ini. Menurut penuturan warga setempat, siapa saja yang bersama pasangannya pergi ke air terjun pengantin maka, hubungannya semakin erat atau awet.

Warga juga mengatakan bahwa kisat tersebut benar, katanya sudah banyak pasangan kekasih berwisata ke ATP dan setelah dari sana, hubungannya semakin langgeng. Bahkan sampai melanjutkan ke arah pernikahan.

Selain itu, juga beredar mitos lain yang diyakini hingga saat ini oleh masyarakat setempat. Bahwa bila ada pasangan suami istri menyentuh air di kawasan Curug Pengantin, maka pernikahannya langgeng sampai maut memisahkan.

Kisah Legenda di Balik Keindahannya

foto by sg-berjangka.net

Objek wisata ATP ini ternyata tak lepas dari kisah seorang tokoh ningrat, Eyang Galiman keturunan Adipatih Gendingan. Beliau merupakan penyiar agama islam di Dusun Besek yang letaknya tak jauh dari keberadaan air terjun ini.

BacaJuga:  Keindahan Candi Penampihan di Tulungagung

Ketika itu beliau sangat tertarik dengan adat pernikahan masyarakat setempat. Eyang Galiman berkata saat daup mantu wajib dilakukan berdasarkan ritual agama agar pengantin nantinya diberikan keturunan berkualitas. Karena itu, Beliau dipercaya untuk memimpin setiap prosesi pernikahan yang ada di dusun tersebut.

Sebelum melakukan ritual menikahkan pengantin, beliau selalu berpuasa dan mengambil air suci dari ATP. Air suci itu nantinya diminumkan kepada kedua mempelai. Menurutnya, keberadaan curug tersebut melambangkan dua manusia berlainan jenis ciptaan Tuhan YME.

Daya Tarik

foto by tripjalanjalan.com

Mungkin banyak tak menyangka kalau Ngawi salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memiliki air terjun sangat asri. Tinggi Curug Pengantin ini sekitar 12 meter. Keunikannya terlihat pada aliran airnya.

Terdapat dua aliran air terjun. Salah satunya berasal dari sungai lahar Gunung Lawu. Sementara satunya lagi dari sumber mata air setempat. Aliran tersebut saling berdampingan, sehingga seperti pria dan wanita. Karena itulah warga setempat menyebut Air Terjun Pengantin, padahal dulu bernama Grojogan Ndungji atau Jumog.

Suasana di kawasan ATP sangatlah menyenangkan. Disana, pengunjung akan disajikan alam yang masih perawan dengan nuansa sejuk dan nyaman. Mata kamu akan disajikan pemandangan hijau di sekitar curug.

foto by tripadvisor.com

Sedangkan telinga kamu akan dimanjakan dengan gemercik suara air seolah-olah alam bernyanyi. Tak hanya itu, disana kamu juga bisa menikmati suasana hutan dan berenang di kolam di bawah aliran Curug Pengantin.

Sebagai destinasi wisata, Curug Pengantin diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi 6 tahun yang lalu. Sekarang, objek wisata alam ini mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Terlebih setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan pengunjung.

Saat ini di hari-hari biasa ATP dikunjung sekitar 300 pengunjung dan di hari libur bisa mencapai 1000 pengunjung. Data menurut KSM Tirto Hargo Kencana yang mengelola kawasan Curug ini.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Museum Wisata Planetarium di Surabaya

Sisi Lain

foto by kampoengngawi.com

Sejak tahun 2017 lalu, pengelola ATP semakin giat berbenah. Itu dibuktikan dengan penambahan beberapa ornamen baru, sehingga menambah daya tarik air terjun ini. Disana kamu akan melihat jembatan selfie, letaknya di hadapan curug, tentu dapat menjadi spot selfie terbaik.

Selain jembatan itu, masih ada dua jembatan lainnya yang baru selesai dibangun, diberi nama dengan Jembatan Kapal dan Jembatan Cinta. Masing-masing jembatan memiliki pesona tersendiri. Kedua jembatan tersebut, kini tempat para kawula mudah berselfie dengan landskap air terjun.

Ornamen lainnya yang tak kalah menarik adalah Gazebo Area yang nyaman. Di Gazebo tersebut, kamu dapat menikmati pemandangan alam kawasan Curug. Pokoknya bakalan betah istirahat disana. Fasilitas-fasilitas itu adalah hasil karya dari KKN Negeri Malang 2017 yang berkoordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata setempat.

Fasilitas

foto by hobiwisata.com

Fasilitas di Air Terjun Penganti ini cukup lengkap. Jalan menuju kesana sudah diberi 300 anak tangga untuk mempermudah aksesnya. Selain itu juga ada area parkir luas, toilet, tempat penjualan souvenir hingga warung-warung makan.

Bila kamu ingin puas mengamati keindahan ATP, lebih baik menginap saja. Kawasan air terjun juga memiliki penginapan cukup nyaman.  Harga penginapan sekitar Rp 30.000/ malam setiap kamar. Kalau memiliki paket keluarga, bisa membayar Rp 200.000/ malam sudah mencakup makan 3 kali sehari.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

foto by menggapaiangkasa.com

Tempat wisata Curug Pengantin buka setiap hari pukul 08:00 – 17:00. Untuk harga tiket masuk ATP sebesar Rp 6.000 sudah termasuk parkir kendaraan. Kamu tak perlu khawatir soal keamanan kendaraan karena parkir dijaga oleh masyarakat setempat.

Di kawasan ATP ini dilengkapi papan petunjuk dan peringatan yang mencegah para pengunjung agar tidak ke area berbahaya. Tanda berbahaya itu terutama disematkan pada wilayah rawan kecelakaan seperti jalan licin atau tebing-tebing dan semak-semak berbahaya.

BacaJuga:  10 Gambar Peta Jalan Tunjungan Surabaya, Malam Hari Ditutup? + Hotel Dekat Lokasi

Semak-semak sekitar sana terkadang ada rumput berduri serta hewan liar. Dengan tanda-tanda tersebut, bahaya bisa dihindari dan para pengunjung dapat nyaman menikmati alamnya.

foto by antarafoto.com

Letak dan Cara Menuju Lokasi

Curug Pengantin terletak di Sabrang RT.03 / RW.01, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63263. Lokasinya mudah diakses dengan medan beraspal dan cor. Terdapat beberapa rute perjalanan yang bisa kamu lalui.

Dari arah Ngawi, Madiun dan Magetan. Ambillah rute Ngawi ke Paron, lalu menuju Jogorogo dan ke Pasar Ngrambe. Setelah itu arahkan kendaraan ke desa Hargomulyo atau pada pertigaan 100 meter bagian timur pasar Ngrambe, belok ke selatan sampai di pertigaan SDN Hargomulyo 2.

foto by teluklove.com

Dari pertigaan itu, lurus saja ikuti jalan sampai 500 meter, kemudian ikuti papan petunjuk air menuju air terjun. Ikuti terus sampai tiba di loket masuk. Jika menggunakan kendaraan umum, kamu ke Terminal Kertonegoro naik bus Jaya Agung jurusan Ngawi – Ngrambe. Turun di Pasar Ngrambe, lalu naik ojek hingga ke lokasi Curug.

Sedangkan dari Sragen atau Jalan raya Solo – Surabaya. Pilih rute Sragen ke SPBU menuju Tunjungan, Lalu ke arah Winong ke Sine dan menuju Pasar Ngrambe. Lalu menuju Hargomulyo sampai di SDN Hargomulyo 2, ikuti papan petunjuk arah ke lokasi Curug Pengantin.

Masih ada beberapa rute lainnya baik menggunakan kendaraan pribadi maupun naik kendaraan umum. Kalau naik kendaraan pribadi lebih jelasnya, gunakan saja google map supaya lebih jelas. Baik kamu yang berasal dari Jepara, Kudus maupun Jogja kalau ingin ke ATP bisa mengingkuti arahan dari google map.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “Uniknya Air Terjun Pengantin di Ngawi

  1. Halo min, foto di bawah sub judul Jam Buka dan Tiket Masuk Curug Pengantin itu sebenarnya foto saya.
    Meski ambilnya dari biografinusantara, tapi mereka ambil fotonya dari blog saya (menggapaiangkasa.com).
    Kalau g percaya silakan search Air Terjun Pengantin di menggapaiangkasa.com.

    Tlng creditnya diubah aja jadi menggapaiangkasa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.