Ada Pengantin Terjun? Simak Penjelasannya di Air Terjun Pengantin

Posted on

Lokasi: Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63263
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 6.000
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: 0898-9489-489

foto by instagram.com/mbolangjatim/

“Wonderful Indonesia” sebagai branding untuk mengenalkan budaya dan berbagai jenis wisata indah nan agung di Indonesia kini mulai terlihat hasilnya. Khusunya perihal wisata, Indonesia memiliki kekayaan alam luar biasa disetiap tempat yang akan dikunjungi. Terlebih bagi para penikmat wisata alam bernuansa asri, sangat cocok untuk mengunjungi air terjun.

Ketika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti memikirkan tentang sebuah rekreasi menyenangkan baik itu sendiri, bersama keluarga atau teman-teman. Pastikan berkunjung ke ATP ‘Air Terjun Pengantin’, khususnya bagi Anda yang berdomisili di Ngawi, Jawa Timur. Walapun tidak seterkenal Banyuwangi maupun Surabya, Ngawi tetaplah tempat yang wajib Anda kunjungi disaat waktu libur.

Air terjun memang menjadi pemikat tersendiri bagi mereka penikmat alam. Apalagi air terjun yang masih belum banyak terjamah manusia. Salah satu air terjun menawan terdapat di Ngawi, Jawa Timur. Sudah mulai menebak-nebak? Atau semakin penasaran? Benar sekali, air terjun pengantin atau biasa disebut sebagai ‘ATP’, curug, maupun coban oleh masyarakat setempat.

Keunikan

foto by instagram.com/rischianto/

Air Terjun Pengantin memiliki tinggi sekitar 12 meter. Air terjun ini memiliki keunikannya tersendiri. Memiliki dua sumber yang berbeda, satu dari sungai lahar Gunung Lawu, sedangkan yang lain dari sumber mata air setempat.

Dari keunikan dan keberadaannya yang bersandingan seperti halnya pria dan wanita itulah asal-usul mengapa masyarakat setempat menamai air terjun tersebut sebagai Air Terjun Pengantin ‘ATP’.

ATP tersebut menawarkan pemandangan berbeda. Kawasannya benar-benar masih alami dengan nuansa yang sejuk, asri, dan nyaman. Orang menjuluki ATP sebagai pesona perawan nan agung. Bahkan Anda bisa mendengar gemercik suara airnya yang seolah mengajak berbicara. Anda pun dapat mandi dan berenang di bawah air terjun serta menikmati suasana hutan di sekitarnya, pun memandang langit biru bersama dengan kicauan merdu burung yang menari-nari seakan menyambut kedatangan Anda.

BacaJuga:  45 Tempat Wisata di Surabaya 2018 Yang Baru Dekat Bandara Pasar Turi Siang Hari Selatan Timur Utara

Lokasi

foto by instagram.com/maz_irenk/

Lokasinya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menempuh perjalanan dengan motor, mobil maupun kendaraan umum, karena sudah beraspal dan cor.

Sebelum sampai ke kawasan air terjun, Anda akan melewati jalan yang menanjak. Di musim penghujan, jalanan tersebut sangat sulit karena dipenuhi lumpur. Jadi, disarankan untuk datang pada musim kemarau supaya bisa menikmati pemAndangan sekitar dengan nyaman. Namun bagi Anda yang suka menantang adrenalin, jalan dengan medan sulit ini bisa dicoba.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/mirza_zulfikar/

Jangan khawatir dengan harga tiket masuk ATP, Anda hanya perlu membeli tiket seharga Rp. 6.000 (sudah termasuk parkir). Fasilitas di lokasi tersebut sudah cukup memadai, mulai dari jalan menuju air terjun yang telah diberi anak tangga berjumlah 300 buah, tempat parkir, toilet, warung makan dengan menu-menu sederhana serta toko souvenir.

Penginapan

Masyarakat setempat juga menawarkan akomodasi bagi para pengunjung yang ingin menginap. Cukup membayar Rp. 30.000 per malam setiap kamar. Jika memilih paket keluarga, Anda harus membayar Rp. 200.000 per malam dan sudah termasuk makan tiga kali sehari. Informasi tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Area Parkir Sangat Aman

foto by instagram.com/usamah_yusuf_efendi/

Anda merasa khawatir dengan keamanan disana? Tidak perlu khawatir, sebab area parkir dijaga oleh warga sekitar. Selain itu, sudah terdapat papan peringatan untuk mencegah pengunjung menuju ke area berbahaya, terutama di daerah rawan kecelakaan, seperti tebing atau jalan licin dan semak-semak. Terkadang di semak-semak tersebut terdapat rumput berduri dan hewan liar.

Pernah Dijadikan Lokasi Pembuatan Film

ATP semakin terkenal dikalangan masyarakat setelah dirilisnya film bergenre horor dengan judul ‘Air Terjun Pengantin’ dan sekuelnya ‘Air Terjun Pengantin Phuket’. Film ini dimainkan oleh aktor dan artis papan atas Indonesia, seperti Tamara Blenzyski dan Stefan William. Selain itu, diperankan juga oleh para cast muda berbakat Indonesia, adanya kutipan puisi dalam ost ‘soundtrack’ yang diciptakan oleh salah satu komposer terbaik Indonesia menambah keunikan dari film ini.

BacaJuga:  Ini Spot Foto di Coban Rais Malang Yang Lagi Hits dan Instagramable
foto by instagram.com/ardha_shohib/

Semakin terkenalnya air terjun pengantin, baik melalui promosi maupun dari film dengan judul sesuai nama air terjun tersebut. Banyak dibuat resensi atau sinopsis dari film tersebut dengan tujuan mendongkrak jumlah penonton dan menarik kunjungan wisatawan tentunya.

Jika Anda penasaran, Anda dapat melihat streaming trailer film ini di youtube dengan movies part video adegan hot bikini ciuman meriah free sensor. Ingin secara lengkap mengetahui alur cerita film ini, maka Anda hanya perlu mendownload full movie melalui website indowebster.com, maupun cinemaindo dengan kualitas hd, dvdrip maupun bluray.

Tidak Ada Kesan Horror sama Sekali

foto by instagram.com/diansyahputra_16/

Jangan khawatir bagi Anda yang parthendak berwisata di ATP. ATP sesungguhnya tidak memiliki kesan horor seperti yang diceritakan dalam film diatas. Namun memiliki mitos lain, yaitu jika sepasang kekasih berkunjung kesana dan menyentuh air dari curug (air terjun) maka hubungan akan langgeng bahkan sampai pada tahap pernikahan. Hal ini juga berlaku bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki hubungan langgeng sampai maut memisahkan.

Banyak Spot Selfie

foto by instagram.com/ririn0295/

Bagi pengunjung dengan sebutan ‘anak jaman now’ yang selalu memburu spot selfie, disana terdapat berbagai spot selfie menarik. Setiap tahun, ATP semakin giat berbenah. Terbukti dengan adanya beberapa ornamen baru yang menambah pesona air terjun itu, seperti Jembatan Selfie, terletak tepat di hadapan air terjun.

Tidak hanya satu, ada dua jembatan yang kini telah selesai dibangun, yaitu Jembatan Kapal dan Jembatan Cinta. Keduanya sering dikunjungi untuk ber-selfie ria dengan background air terjun. Selain jembatan, ada pula Gazebo Area yang bakal membuat Anda betah menikmati pemandangan alam sekaligus bersantai disana.

foto by instagram.com/ayub_penyu31/

Serasa di surga pasti anda alami sensasinya saat berada di ATP. Betapa tidak, indahnya pemandangan air terjun, asrinya suasana, berkumpul bersama keluarga dan orang tercinta sembari mengobrol dan menikmati makanan. Terlebih jika Anda mampu mengenalkan pesona alam itu kepada kerabat yang lain.

BacaJuga:  20 Tempat Wisata di Lamongan Jawa Timur Selain Wbl Yang Baru Tersembunyi Terindah

Masih Banyak Keindahan Indonesia Lainnya

Belum puas dengan ATP di Ngawi? Anda bisa melakukan traveling ke berbagai daerah utamanya di tanah jawa sebagai surganya curug atau coban. Dimana saja itu? Anda bisa mengunjungi Bandung, Bogor, Kudus, Baturaden di Purwokerto, Bumijawa, Bejiharjo, Bener, Cimahi, Sentul, bahkan Jepara yang terkenal sebagai kota kerajinan juga memiliki air terjun menawan. Bahkan Anda bisa berkunjung ke Banyuwangi sebagai ‘The Sunrise Of Java’ untuk menikmati air terjun. Bosan di tanah jawa? Anda bisa pergi ke gerbang Indonesia, yakni Aceh di pulau Sumatera.

foto by instagram.com/airterjunpengantin/

Perihal dimanapun Anda pergi berwisata dan berkunjung. Tetaplah berlandas pada “dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung”, jangan membuang sampah sembarangan dan menjaga kelestarian alam. Satu lagi, tetaplah mengenalkan kearifan lokal kepada setiap orang yang Anda temui.

Ayo, semangat mengenalkan Indonesia melalui wisata dan budaya yang kita miliki. Majukan daerah-daerah yang masih terbelakang dimana disitu terdapat berbagai pesona tersembunyi. Cintai, hargai, dan jaga alam. Maka alam akan memberi kita keindahan dan perlindungan bagi kita.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.