10 Gambar Wisata Air Terjun Sekar Langit Magelang Grabag + Rute Akses Arah Jalan Menuju Lokasi Belum ada Bintang

Posted on
Air terjun sekar langit magelang seloprojo salatiga wisata grabag map lokasi candi umbul pagergunung ngablak jawa tengah semarang rute dimana misteri alamat asal usul alam akses menuju arah cerita mandi denah foto gambar jalan mister tukul kopeng korban khasiat letak peta tempat obyek sejarah tiket masuk
Wisata Air Terjun Sekar Langit, foto: ksmtour.com

Lokasi: Dusun Telogorejo, Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Kode pos: 56196
Map: KlikDisini
HTM: Rp.3.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-16.00
Telepon: –

Magelang merupakan suatu kota di Jawa Tengah yang letaknya tidak begitu jauh dari Yogyakarta. Di tempat ini terdapat beberapa bangunan bersejarah, peninggalan pada masa kerajaaan Mataram beberapa waktu lampau. Jaraknya cukup dekat dengan Gunung Merapi serta Merbabu. Kota/Kabupaten di sekitarnya, seperti Salatiga, Boyolali, Kopeng, Temanggung, Ungaran, sering berwisata di tempat ini.

keindahan yang dimiliki oleh air terjun, foto: wisatane.com

Daerah ini merupakan suatu wilayah yang terkenal akan akan sejarah, seni, budaya, yang membuat banyak masyarakat dari kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Jogja, datang. Selain memiliki peninggalan masa-masa kejayaan Mataram, di wilayah ini juga terdapat banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Hal ini dikarenakan Magelang merupakan wilayah yang terletak di kaki Gunung Merapi, dan juga terletak di daerah pegunungan dengan udara yang sejuk dan masih sangat terjaga keasliannya. Beberapa lokasi wisata di daerah ini memang sudah cukup terkenal dan banyak dikunjungi masyarakat.

Namun, beberapa lokasi wisata juga masih memerlukan promosi wisata lebih lanjut. Hal ini salah satunya disebabkan karena letak destinasi wisata yang cukup terpencil, diantara rumah-rumah penduduk. Kondisi ini membuat tidak banyak wisatawan luar daerah mengetahui potensi wisata Magelang.

Lokasi dan Rute Perjalanan

pesona yang dimiliki oleh air terjun, foto: yukpiknik.com

Air Terjun Sekar Langit merupakan destinasi wisata alam yang ditawarkan oleh Kabupaten Magelang dengan ketinggian sekitar 25 m. Letak destinasi wisata ada di kawasan Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Seperti selayaknya wisata air terjun lain, Sekar Langit berada di lereng Gunung Telomoyo. Gunung ini membatasi beberapa daerah, yakni Kabupaten Magelang, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Bila dilihat melalui denah atau peta online, seperti Google Maps, akan tampak bahwa lokasi air terjun berada di tengah-tengah wilayah pegunungan. Letaknya diapit oleh Gunung Merapi, Merbabu, Gunung atau Bukit Andong, Telomoyo, di sisi timur dan selatan. Di arah barat, terdapat Gunung Sumbing dan Sindoro di daerah Dieng.

BacaJuga:  10 Gambar Candi Sukuh Karanganyar, Sejarah Misteri Peninggalan Kerajaan + Letak Lokasi Dari Solo Tawangmangu
daya tarik yang dimiliki oleh air terjun, foto: dolanmagelang.blogspot.co.id

Untuk mencapai kabupaten Magelang, tidak begitu sulit karena terletak di tengah-tengah berbagai kota kabupaten di Jawa Tengah. Wisatawan luar daerah bisa datang dengan menggunakan kereta api ke wilayah Semarang, Solo, atau Jogja. Bisa juga dengan menggunakan pesawat dan turun di bandara salah satu dari ketiga kota tersebut. Dari masing-masing kota, terdapat rute bus yang menuju ke Magelang.

Setelah sampai di pusat kota Magelang, wisatawan bisa mengambil arah utara ke daerah Secang. Dari Secang kemudian mengikuti penunjuk arah ke Kecamatan Grabag. Dari arah Jalan Grabag-Ambarawa inilah kemudian akan tiba pada wilayah wisata Air Terjun Sekar Langit.

keindahan yang dimiliki oleh air terjun sekar langit, foto: panoramio.com

Sekalipun rute perjalanan untuk mencapai Kabupaten Magelang ini tidak sulit, namun perjuangan mencapai destinasi wisata tidak mudah. Terdapat jarak sekitar 400 m yang harus ditempuh dengan berjalan kaki dari tempat parkir di gerbang masuk wisata Sekar Langit hingga ke lokasi air terjun. Di tengah perjalanan, terdapat juga jembatan gantung dari bambu.

Daya Tarik dan Keindahan

Magelang merupakan sebuah kota kabupaten dengan kondisi udara sejuk karena merupakan wilayah kaki gunung. Banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk menikmati pemandangan dan menenangkan diri di daerah ini.

pintu masuk menuju lokasi air terjun, foto: lensanasrul.com

Di daerah Magelang terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat secara berurutan karena letaknya cukup dekat antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh adalah adanya air terjun di sekitar wilayah Salatiga-Kopeng-Magelang seperti Air Terjun Seloprojo di daerah Ngablak, Umbul Songo, Kali Pancur, serta Sekar Langit. Ada juga Candi Gedong Songo di Dieng dan desa wisata Pagergunung di Ngablak.

Kondisi di sekitar air terjun masih sangat alami dengan debit air tinggi dan selalu mengalir di tiap musim. Wisatawan bisa dengan mudah menikmati pemandangan tumbuh-tumbuhan hijau nan rindang di sekitar air terjun. Di sepanjang jalur masuk menuju lokasi air terjun, yaitu sekitar 400 m, wisatawan akan melewati tangga dan jalan setapak sambil menikmati rimbunan pepohonan yang menjulang tinggi.

BacaJuga:  10 Gambar Simpang Lima Semarang Malam Hari, Tempo Dulu, Makanan Enak + Hotel Yang Dekat Lokasi
keseruan pengunjung yang datang ke tempat wisata, foto: lensanasrul.com

Bagi wisatawan generasi 70an dan 80an mungkin pernah mendengar cerita mengenai keindahan air terjun Sekar Langit. Kabarnya lokasi wisata ini adalah tempat shooting film “Yohana Gadis Rimba” dengan artis Lidya Kandou sebagai salah satu pemainnya. Film ini cukup populer pada tahun 1983 lalu.

Daya Tarik wisata lain adalah adanya legenda, cerita mitos yang dikembangkan oleh masyarakat mengenai asal usul suatu wilayah, atau juga cerita mengenai khasiat air di lokasi wisata. Cerita misteri ini menyatakan bahwa Air Terjun Sekar Langit merupakan lokasi dimana Jakatarub mengintip serta mencuri selendang bidadari Nawangwulan yang kala itu sedang mandi di telaga. Cerita semacam ini sering sekali menarik perhatian wisatawan untuk membuktikan keindahan alam di tempat tersebut.

jembatan menuju lokasi air terjun, foto: dolanmaning.com

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan serta situasi air terjun dengan lebih ‘privat’ atau dalam kondisi sepi pengunjung, bisa datang di saat kemarau. Suhu udara di kawasan Magelang akan tetap sejuk sekalipun dalam kondisi cuaca panas. Bila ingin berkunjung di musim penghujan, wisatawan perlu berhati-hari mengingat terdapat resiko peningkatan debit air.

Seringkali, ketika wisatawan berkunjung di tengah kondisi hujan, maka pihak pengelola akan menganjurkan untuk segera menginggalkan lokasi wisata. Debit air yang tinggi, kondisi alam yang masih sangat alami dengan banyaknya tebing, bebatuan, serta pohon dikhawatirkan akan menyembabkan bencana seperti tanah longsor atau banjir di kawasan wisata. Perlu sekali adanya kesadaran tinggi sehingga tidak ada korban jiwa ketika kondisi hujan.

Harga Tiket Masuk

akses menuju lokasi air terjun, foto: i.ytimg.com

Wisatawan tidak perlu khawatir tentang biaya masuk. Kawasan ini termasuk memiliki harga tiket sangat terjangkau. Tarif yang perlu dibayar setiap wisatawan ketika masuk sudah termasuk dalam asuransi. Tarif ini juga sudah termasuk biaya parkir kendaraan, yaitu sekitar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp3.000 untuk mobil.

BacaJuga:  30 Restoran Tempat Makan Hits di Solo Malam Hari Yang Romantis Recommended Enak Lesehan Seafood

Air Terjun Sekar Langit adalah salah satu dari sekian banyak kekayaan pariwisata alam Indonesia. Dibalik keindahan alam serta pesona wisata yang ia miliki, lokasi ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, bahkan minim informasi di peta online seperti Google Maps. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi wisata serta letak destinasi tersembunyi dibalik bukit dan lereng gunung.

Air Terjun Sekar Langit magelang, foto: i.ytimg.com

Sebagai generasi penerus bangsa, kita perlu untuk selalu menjaga dan melestarikan lokasi wisata ini agar generasi mendatang tetap bisa menikmati keindahan alam sama seperti kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan salah satunya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya serta merawat fasilitas di objek wisata.

Kita juga bisa membantu melakukan promosi wisata daerah kita. Tidak peril menunggu kondisi khusus seperti menunggu diliput di acara-acara seperti mister tukul jalan-jalan, atau beberapa acara TV lain. Kita bisa membantu promosi wisata dengan menggunakan sosial media seperti facebook, Instagram, dengan memberikan gambar yang kita ambil di lokasi wisata. Foto itu bisa diunggah dan akan memberikan feedback bagi wisatawan lain.

 

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.