10 Gambar Air Terjun Semirang Ungaran + Mitos Asal Usul Lokasi

Posted on
https://diariosdegestao.files.wordpress.com/2017/11/12.jpg
Air Terjun Semirang, sumber: jalankuseru,blogspot.com

Alamat: Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50551
Maps: klik disini
HTM: Biaya Tiket masuk Rp. 5.000,- / orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Kota Ungaran familiar dengan udaranya yang adem. Tidak cuma itu saja, di kota ini juga terdapat Curug Semirang. Letaknya yang cukup tersembunyi membikin curug ini masih natural dan sungguh – sungguh segar.

Ungaran tenar dengan estetika gunungnya yang bisa dirasakan secara seketika dari Kota Semarang. Tetapi, terdapat suatu rahasia tersembunyi yang belum dikenal publik, Curug Semirang namanya.

Air terjun yang menyuguhkan kesejukan tiada tara ini masih belum banyak terekspos ke dunia luar. Dan banyak mitos – mitos dan misteri yang belum diketahui. Bagi Kalian yang mau merasakan rahasia yang tersembunyi ini, berkunjunglah ke Curug Semirang!

Pintu masuk air terjun Semirang, sumber: studentofbutterfly.blogspot.co.id

Berada di Desa Gogik, Ungaran, mungkin ini yang membikin air terjun ini jarang terjamah oleh manusia, sebab tak ditemukannya kendaraan biasa untuk menempuh daerah ini. Kalian direkomendasikan memakai motor untuk menuju lokasi air terjun, sebab jalan yang dapat dicapai dengan kendaraan cukup curam.

Perjalanan ke sana bisa diawali dari pertigaan Hotel Ungaran pada jalan raya Semarang-Solo. Masuk ke arah kanan melalui STIKES Ngudi Waluyo, kemudian ikuti jalan lurus sampai menemukan papan pedoman arah menuju Curug Semirang.

Perjalanan berikutnya bisa dilaksanakan dengan mengikuti papan pedoman, sampai menempuh gerbang Curug Semirang. Perlu Kalian tahu, sesudah lewat gerbang Kalian cuma bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tiket masuk Wana Wisata Curug Semirang, sumber: mywordmyride.blogspot.com

Cukup dengan membayar karcis Rp 5 ribu, Kalian bisa menjelang lokasi dan merasakan estetika alam yang ditawarkan di sepanjang perjalanan sepuasnya.

Di permulaan perjalanan, Kalian akan menemukan pohon-pohon tinggi layaknya latar film di luar negeri. Kekayaan alam akan terasa kian mengagumkan ketika Kalian kian masuk ke dalam. Aliran air yang kadang – kadang diseberangi dalam perjalanan kelihatan masih bening dan murni.

Rute menuju Air Terjun Semirang

Liburan Curug Semirang ini berjarak kurang lebih Tujuh KM dari kantor Bupati Semarang atau dapat dicapai dengan kendaraan sekitar 30 menit.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Taman Ria Balekambang Tawangmangu, New Lokasi Wisata + Alamat Outbound Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

Untuk menempuh lokasi air terjun bagi para pengunjung yang datang dari arah Semarang ataupun arah Solo dapat segera masuk melewati jalan pertigaan depan Hotel Ungaran (hotel yang berlokasi di jalan raya Semarang – Solo) lalu jalan terus melewati STIKES Ngudi Waluyo dan lalu naik ke kanan untuk menuju arah gunung. Sesudah melalui persawahan karenanya akan menemukan jalur yang curam dan mendaki yang berarti membuktikan perjalan telah hingga di kaki gunung Ungaran.

Meski badan jalan cukup halus tetapi dibutuhkan kehati-hatian sebab jalur ini lumayan sempit serta melalui daerah pemukiman warga. Sesudah perjalanan melalui sebagian dusun karenanya akan hingga di depan makam Desa Gogik yang menjadi daerah parkir simpel berupa lahan milik penduduk yang cuma dipagari dan dikelola oleh Karang Taruna desa setempat.

Sesudah hingga di zona parkir perjalanan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki menelusuri jalan setapak dan menanjak yang jaraknya kurang lebih 500 meter sampai hingga pintu gerbang.

Bagi para pengunjung yang mengendarai sepeda motor dapat segera menuju hingga ke pintu gerbang tetapi wajib dengan ekstra hati-hati disamping jalan kecil yang berupa macadam merupakan beberapa masih tanah yang licin.

Jalan menuju air terjun Semirang, sumber: warnakumerahputih.files.wordpress.com

Sesudah menempuh pintu gerbang dilanjutkan dengan menuju lokasi Air Terjun Semirang dengan jalan kaki menelusuri jalan setapak dan menanjak yang berjarak sekitar 1 KM atau memerlukan waktu kurang lebih 20 menit.

Tiket masuk wisata Air Terjun Semirang dan parkir

Tempat parkir & kios makanan – minuman, sumber: hellosemarang.com

Biaya parkir motor Rp. 2.000,- / motor

Biaya parkir mobil Rp. 5.000,- / mobil

Biaya Tiket masuk Rp. 5.000,- / orang

Nah bagi Kalian yang mengharapkan daerah wisata di Semarang dengan suasana hawa adem pegunungan serta panorama yang cantik mungkin Tamasya Air Terjun Semirang adalah daerah yang pantas untuk mengisi suasana wisata bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat.

Disamping Semirang adalah daerah liburan dengan ongkos yang relatif murah juga tersedia pos untuk beristirahat melepaskan lelah serta toko – kios yang memasarkan bermacam – macam makanan dan minuman.

BacaJuga:  10 Gambar Lawang Sewu Semarang, Harga Tiket Masuk Wisata + Sejarah Misteri Angker Uji Nyali

Sesudah puas merasakan panorama alam dan Air Terjun Semirang Kalian dapat melanjutkan perjalanan wisata Kalian menuju Kolam Renang Umbul Sidomukti, Liburan Sejarah Candi Gedong Songo dan masih banyak lagi daerah-daerah liburan di Kabupaten Semarang yang tentunya sungguh – sungguh menarik untuk dikunjungi.

Asal usul

Candi disekitar Semirang, sumber: google map

Pada zaman dahulu, tinggallah seorang pendeta dengan kedua muridnya yang berbeda jenis kelamin. Mereka tinggal di sebelah timur lereng Gunung Ungaran. Sang pendeta bernama Resi Ajar, sedangkan kedua muridnya bernama Sraya dan Sari.

Di tengah kesunyian malam yang tenang dipayungi cahaya bulan purnama, dipanggillah Sraya dan Sari untuk datang menghadap sang Resi. Dengan tenang dan penuh wibawa, sang pendeta berbicara kepada keduanya.

Sraya memiliki ilmu yang jauh melebihi Barok, sehingga Barok dapat dikalahkan.

Akhirnya, Sari menceritakan apa yang terjadi pada Sraya.

Sesudah sebagian waktu lamanya mereka bersemedi, keduanya sukses menerima bunga Kalakacika. Berdasarkan cerita, di dalam bunga ini berisi belalang. Kalau bunga itu mekar, karenanya berloncatanlah hewan itu ke air terjun. Kalakacika mengandung makna masa yang cerah akan datang, kalau penghambat yang disimbolkan oleh belalang itu pergi (berloncatan keluar).

Curug Semirang, sumber: www.semarangplus.com

Hingga kini, air terjun daerah ditemukannya bunga Kala Kacika familiar dengan nama Semirang, berasal dari kata wirang (malu) sebab Sari hingga ke daerah hal yang demikian dalam kondisi telanjang. Berdasarkan cerita, mandi di air terjun Semirang akan membikin awet muda. Padahal jembatan yang berasal dari kendit milik Sari tenar dengan nama Banjaran Simbar. Kecuali itu, lokasi pertemuan antara utusan jin dengan Ciptasraya  sampai kini disebut dengan nama sentana layu, adalah  dari kata sentana (utusan) dan mlayu (lari), artinya seorang utusan yang lari (mlayu).Setelah beberapa waktu lamanya mereka bersemedi, keduanya berhasil mendapatkan bunga Kalakacika. Menurut cerita, di dalam bunga ini berisi belalang. Apabila bunga itu mekar, maka berloncatanlah binatang itu ke air terjun. Kalakacika mengandung makna panji masa yang indah akan datang, bila penghalang yang disimbolkan oleh belalang itu pergi (berloncatan keluar).

BacaJuga:  10 Gambar Pasar Johar Semarang, Grosir Baru Online + Alamat Pindah Kemana

Air terjun sekitar lereng Gunung Ungaran

Berikut ini adalah 3 air terjun yang bisa kamu kunjungi di sekitar lereng Gunung Ungaran selain air terjun Semirang.

  1. Curug Lawe

Curug Lawe, sumber: kecapius.wordpress.com

Ada Curug Lawe. Air terjun ini cukup terkenal di kalangan traveler di seputaran Semarang serta kota-kota lain di sekitarnya. Curug Lawe adalah sebuah air terjun yang berada kawasan Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat. Dari Semarang mempunyai jarak sekitar 12 km. Kaprah-kaprah butuh waktu separuh jam berkendara untuk hingga ke lokasi air terjun ini dari Kota Semarang.

  1. Curug Benowo

Curug Benowo, sumber: kecapius.wordpress.com

Dalam perjalanan menuju Curug Lawe kalian akan menemukan sebuah persimpangan di dekat pintu air. Kalau ambil jalanan kanan kalian akan hingga ke Curug Lawe meski kalau ambil jalanan yang kiri kalian akan hingga ke air terjun lainnya yakani Curug Benowo. Curug Benowo ini tak kalah bagus dengan Curug Lawe. Sama – sama berada di tebing batu dengan lingkungan yang sungguh – sungguh asri.

  1. Curug Tujuh Bidadari

Curug Tujuh Bidadar, sumber: portalsatu.com

Beralih ke daerah Kecamatan Sumowono, lokasinya tepat berada di Desa Keseneng. Di sana kalian akan menemukan sebuah air terjun yang tak kalah bagus. Namanya merupakan Curug tujuh Bidadari. Air terjun ini sebetulnya tak terlalu tinggi tapi terdiri atas tiga level sehingga tampak menarik, apalagi untuk berfoto ria. Air terjun yang ada di Curug Tujuh Bidadari merupakan Tujuh sehingga air terjun ini dinamakan Curug Tujuh Bidadari. Lokasi air terjun ini sekitar Tujuh kilometer dari Candi Gedong Songo dan lumayan populer di kalangan warga Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *