Air Terjun Sikarim Wonosobo, Wisata Alam Eksotis Dibalik Kekokohan Bukit Sikunir

Posted on
Air Terjun Sikarim Wonosobo, Wisata Alam Eksotis Dibalik Kekokohan Bukit Sikunir
Rate this post

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Map: KlikDisini
HTM: Rp 6.000,-
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0822-2033-6669

foto by instagram.com/wonosobohitz/

Air Terjun Sikarim Wonosobo merupakan objek wisata memukau diantara alam pegunungan dan area bukit sikunir. Sehingga, tak heran kalau pemandangannya sangat indah, memukau siapa saja yang datang kesana.

Objek wisata air terjun atau curug ini, cocok sekali bagi kamu yang mempunyai jiwa petualang. Sebab, letaknya cukup tersembunyi dengan medan perjalanan yang cukup sulit dilalui. Walaupun sulit dicapai, tapi keindahan alamnya mampu menyihir dan menghapus semua rasa lelah.

foto by instagram.com/yudisuhani_/

Di dekat curug sikarim, juga ada air terjun sipendok yang tak kalah indahnya. Kamu bisa menjadikannya sebagai tour satu hari untuk menghabiskan waktu liburan. Sebelum menuju kesana, ketahui dulu deskripsinya. Berikut ulasan tentang air terjun sikarim!

Daya Tarik Air Terjun Sikarim Wonosobo

Curug Sikarim menambah nuansa keindahan alam sekitar bukit sikunir. Dimana suasana pegunungan hijau yang memanjakan mata, bukit sikunir kokoh sebagai latar belakang serta air terjun mengalir deras panjang dari ketinggian, menjadikan tempat ini berkesan.

foto by instagram.com/zimm_zim/

Keindahan panoramanya sudah bisa dirasakan dari perjalanan menuju kesana. Kamu akan menyusuri jalan rolak dengan pemandangan menakjubkan di kanan kiri. Ada bukit, gunung, lembah berpadu dengan ladang-ladang pertanian warga sekitar.

Selain memanjakan mata, udaranya pun sangat segar bisa menyehatkan organ-organ tubuh terutama paru-paru. Belum lagi, terkadang ada kabut tebal ikut menghiasi panorama alam, sehingga menghadirkan suasana romantis bagi pasangan.

foto by instagram.com/sulistiyo_aji/

Sesampainya di lokasi, mata kamu pasti langsung takjub dan terbelalak dengan aliran air terjun pada ketinggian sekitar 30 meter, terbelah menjadi dua bagian. Tampak melihat dua helai selendang panjang melambai-lambai, agaikan tarian lembut gemulai.

BacaJuga:  Jalan Pahlawan Semarang, Tempat Nongkrong Paling Asyik di Malam Hari. Lihat 10 Foto Berikut ini

Panorama alam yang mempesona itu mampu membuat perjalanan panjang tak terasa melelahkan. Kalau anda traveler, pastilah ketagihan berkunjung ke air terjun sikarim ini.

foto by instagram.com/dedek_diansyah/

Keramah-tamahan alamya juga didukung oleh penduduk lokal. Mereka ramah menyapa dan memberikan petunjuk kepada para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kegiatan di Air Terjun Sikarim

Objek wisata air terjun sikarim mempunyai debit air kecil serta memiliki aliran air yang mengalir dari bukit. Sehingga, tidak bisa untuk berenang atau bermain-main air. Pemandangan curug juga tidak fotogenik sebenarnya. Tapi, alam sekitarnya benar-benar eksotis.

foto by instagram.com/sumy119/

Kesulitan pencapaian lokasi dapat menjadi pengalaman traveling berkesan. Kamu bisa memandangi curug dari tebing batu di depannya. Sembari mengamati panorama air terjun, rasakan kesegaran udara yang takkan kamu rasakan saat di kota.

Setelah puas memandangi gambaran alamnya, selanjutnya ambil kamera. Foto selfie dengan latar air terjun atau pemandangan bukit yang ditumbuhi tanaman perdu dan tanaman langka, akan menambah koleksi foto eksotis kamu.

foto by instagram.com/begundall1996/

Bisa sangat seru kalau kamu duduk di depan air terjun sembari makan-makan bekal, seperti tamasya. Atau jika tidak keberatan, bawa gitar bernyanyi bersama teman-teman sungguh mengasyikkan.

Abadikan setiap momen yang kamu lalui disana, bawa semua kenangan indah di tempat-tempat eksotis ini. Jangan lupa untuk upload ke instagram supaya curug sikarim dapat terkenal seperti objek-objek wisata kawasan Dieng lain.

Fasilitas Air Terjun Sikarim Wonosobo

foto by instagram.com/garung.sukasuka/

Sebagai objek wisata yang masih asri belum terjamah manusia, fasilitas disana masih apa adanya. Ada fasilitas area istirahat di bawah pohon, kadang juga digunakan untuk berkemah para wisatawan. Jadi, siapkan perlengkapan atau peralatan kalau ingin camping.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikarim

BacaJuga:  Pesona Keindahan Air Terjun Girimanik Wonogiri dan Upacara Susuk Wangan Warga Setren

Curug sikarim buka pada 24 jam setiap hari. Mengingat medannya cukup berat, lebih baik datang pagi sampai sore hari. Karena kalau kemalaman akan sulit mengakses lokasinya. Untuk harga tiket masuk air terjun sikarim hanya mematok biaya Rp 6.000,-/ orang.

foto by instagram.com/mufix_pjl/

Letak dan Akses Menuju Air Terjun Sikarim Wonosobo

Alamat air terjun sikarim di Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. Dari kecamatan Kejajar berjarak kurang lebih 9 km dan terletak 20 km sebelah utara pusat kota wonosobo.

Kondisi jalan sudah beraspal, tapi banyak kerusakan di beberapa titik. Kontur jalan cukup curam berliku, mempunyai tikungan tajam, menanjak sekitar 45 derajat. Kamu bisa mengambil arah ke Dieng karena memang masih satu kawasan dengan wisata Dieng.

foto by instagram.com/garung.sukasuka/

Jika mengambil rute ke Dieng, setelah sampai di Kecamatan Garung ada pintu masuk, letaknya di sebelah kiri PLTA Garung antara pasar dan terminal Garung. Jarak PLTA dengan pusat kota wonosobo kurang lebih 8 km.

Masuk ke PLTA Garung, setelah melakukan perjalanan 3 km ada pertigaan. Kalau ke kiri menuju desa Mlandi, jika ke kanan menuju wisata Telaga Menjer. Pilih rute kiri menuju desa Mlandi, setibanya di desa ada pertigaan lagi. Belok ke kanan, lanjutkan perjalanan sampai 6 km.

Di pertigaan tersebut banyak ojek, jika kamu membawa kendaraan titipkan disana. Lebih baik pilih ojke untuk mengantarkan kamu ke lokasi air terjun sikarim. Medannya sudah beraspal, tapi kalau ingin ke area dasar curug, harus berjalan kaki melalui jalan setapak sekitar 50 m.

Banyak pecinta traveling yang memilih jalan kaki setelah dari area parkir dengan alasan ingin berpetualang atau melampiaskan hobi hiking.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Widara Payung di Cilacap Jawa Tengah + Rute Jalan Menuju Ke Lokasi

One thought on “Air Terjun Sikarim Wonosobo, Wisata Alam Eksotis Dibalik Kekokohan Bukit Sikunir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.