Menghilangkan Stres dan Berburu Inspirasi dari Edelweis di Alun-Alun Suryakencana

Diposting pada
Rate this post

Lokasi: Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat
Jam Buka/Tutup: 24 Jam
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/bell.chrs/

Anda pasti pernah merasa terbakar suasana perkotaan yang panas dan penuh polusi. Hal tersebut menandakan waktunya Anda untuk berlibur ketempat yang sejuk seperti Alun-Alun Surya Kencana.

Lokasi tempat wisata

Tempat wisata ini berada di Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat. Alun-alun yang dimaksud di sini bukanlah seperti tempat upacara di kantor walikota, namun lembah datar di Gunung Gede.

Gunung Gede sendiri termasuk bagian dari Gunung Kembar Gede-Pangroro, seperti nama resmi lokasi ini, yaitu Taman Nasional Gede Pangroro (TNGP).

Informasi umum

foto by instagram.com/wahyu_dk/

Alun-alun Suryakencana ialah area lapang yang terletak di Gunung Gede. Luas area ini sekitar 50 hektare dan tampak menakjubkan karena dipenuhi oleh keindahan bunga edelweis.

Bosan karena rutinitas kerja sehari-hari dijamin kebakar oleh keindahan Pemandangan yang disuguhkan Sepanjang mata memandang hingga membuat Anda enggan berkedip dan beranjak.

foto by instagram.com/vickyramadhan02/

Ketinggian Alun-alun Suryakencana berada pada 2.750 mdpl. Sementara Gunung Gede sendiri memiliki tinggi sekitar 2.958 mdpl. Setelah perjalanan melelahkan melewati track pendakian, Tempat ini merupakan obat lelah paling mujarab.

Jika tidak sedang dipenuhi kabut, Anda bisa menyaksikan keindahan beberapa kabupaten di Jawa Barat seperti Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Tentu saja area ini menjadi spot foto yang instagramable. Cukup menggunakan kamera handphone gambar yang dihasilkan sudah memuaskan.

Mitos dibalik keindahan alun-alun Suryakencana

foto by instagram.com/_m94rtawi_/

Beredar asal-usul cerita sejarah area alun-alun yang menyebar dari mulut ke mulut. Dimana tempat ini merupakan area bersemayan Pangeran Suryakencana. Pangeran Suryakencana ialah putra Pangeran Aria Wiratanudatar yang merupakan pendiri kota Cianjur.

BacaJuga:  7 Keseruan yang Wajib Kita Nikmati Saat Berada di Rumah Pohon Bekasi

Cerita tersebut berkembang semakin mistis, karena Pangeran Suryakencana ialah anak hasil hubungan Pangeran Aria Wiratanudatar dengan seorang Putri Jin.

foto by instagram.com/ikhwanadnan26/

Pangeran Suryakencana menjadikan Gunung Gede sebagai tempat bersemayamnya bersama rakyat jin. Konon, terkadang terdengar seperti suara kaki kuda di Alun-alun Suryakencana. Suara tersebut menjadi pertanda bahwa Pangeran Suryakencana sedang melewati alun-alun tersebut.

Hal tersebut membuat area ini cocok dijadikan tempat mencari inspirasi membuat cerpen misteri.

Namun, Terlepas dari semua mitos bernuansa mistis, Alun-alun Suryakencana juga mempunyai suasana romantis dengan tumbuh suburnya bunga edelweis sehingga tidak menutup kemungkinan menghasilkan ide membuat puisi romance.

foto by instagram.com/hildahnnn_/

Akses Menuju Lokasi

Letak Alun-alun Suryakencana berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Berada diatas Gunung Gede yang diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Gemuruh dan Puncak Gunung Gede.

Tanjakan demi tanjakan trek pendakian Gunung Gede Pangrango menanti ditakhlukan jiwa yang haus tantangan untuk bisa sampai ke lokasi.

foto by instagram.com/wahyuhariyanto/

Terdapat 3 akses resmi yang bisa ditempuh sebagai Rute untuk menuju Alun-alun Surya Kencana. Ketiganya meliputi Cibodas, Gunung Putri dan Salabintana di Sukabumi. Diantara ketiganya yang paling populer ialah melalui jalur Cibodas, yang dekat dengan Kebun Raya Cibodas.

Dibandingkan jalur tersebut ada pula trek lebih singkat yang bisa dipilih yakni rute via Gunung Putri. Anda langsung bisa menuju tempat tujuan Alun-alun Surya Kencana hanya dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Sementara untuk rute via Cibodas sendiri membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama yakni sekitar 10-12 jam.

Jika via cibodas adalahpilihan Anda, maka segera mendaftar untuk melakukan pendakian di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

foto by instagram.com/fajar_demonick/

Lalu start pendakian bisa dimulai tidak jauh dari sana. Untuk Kendaraan yang Anda bawa, baik roda dua maupun roda empat, bisa disimpan di tempat menitipan kendaraan yang tersedia di sekitar kawasan Cibodas.

BacaJuga:  10 Gambar Bendungan Walahar Karawang, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Nikmatnya Menu Pepes Jambal

Jika Anda memilih untuk menggunakan angkutan umum, Baik dari arah Bandung atau Jakarta, maka berhentilah di pertigaan Cibodas (Paragajen). Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju trek pendakian menggunakan angkutan umum (angkot) yang mangkal disana.

Jika jalur Gunung Putri atau Salabintana yang Anda pilih, untuk pendaftarannya tetap di Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di Cibodas. Setelahnya barulah menuju alamat pendakian masing-masing.

foto by instagram.com/edoy273/

Dari arah Jakarta atau Bandung, Jika ingin melalui Gunung Putri, Anda dapat langsung menuju trek pendakian yang terletak di sebelah Barat dari Istana Negara, Cipanas.

Bagi traveler yang menggunakan jasa Angkutan umum, bisa memesan angkot untuk langsung ke lokasi, atau bisa pula naik angkot yang melewati rute Gunung Putri atau Pasir Kampung.

Tips berwisata

foto by instagram.com/sheilamayaaprilia/

Perlu di ingat bahwa Area Alun alun Suryakencana tidak tersedia wc. Sehingga banyak pengunjung yang menjadikan edelweis sebagai tempat bersembunyi saat menuntaskan panggilan alam. Selain itu, saat malam datang area ini akan terasa sangat dingin.

Jadi, pastikan untuk membawa persediaan baju dan peralatan yang lain untuk mengantisipasi suhu dingin.

Tempat ini juga biasa dipakai untuk membangun tenda. Tapi, jika Anda berniat membuat camp pilih lokasi yang dekat dengan sumber air.

Di alun-alun ini sendiri hanya ada satu lokasi sumber air yang terletak di bagian barat. Para pendakian menyebutnya jamban dengan persediaan air yang tak pernah kering meskipun di musim kemarau.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.