Alun-Alun Wonosobo yang Terindah di Jawa Tengah dan Asyik Dikunjungi

Posted on
Alun-Alun Wonosobo yang Terindah di Jawa Tengah dan Asyik Dikunjungi
Rate this post

Lokasi: jalan Pemuda No. 2, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/jakartaponsel_wonosobo/

Alun-alun Wonosobo merupakan salah satu objek wisata yang sangat berarti bagi kota Wonosobo. Seperti yang kita ketahui bahwa alun-alun adalah suatu tempat di tengah-tengah kota dan biasanya menjadi ikon mengesankan bagi suatu kota atau kabupaten.

Lokasinya sering dijadikan sebagai destinasi wisata yang setiap harinya selalu ramai dikunjungi baik pada hari-hari kerja maupun liburan. Alun-alun kota wonosobo ini sangat indah, dapat memberikan sensasi berbeda dibandingkan objek wisata di Wonosobo lainnya.

foto by instagram.com/aridaaridul05/

Objek wisata ini mempunyai pesona keindahan tersendiri, sangat disayangkan kalau tidak mampir kesana saat berada di Wonosobo. Mengunjungi alun-alun dan melakukan berbagai kegiatan disana, bisa mengisi waktu liburan kamu agar lebih berkesan.

Daya Tarik

foto by instagram.com/ilkhassuharji/

Tanpa kehadiran alun-alun pusat kota terasa hampa. Alun-alun wonosobo ini tepat berada di tengah-tengah wilayah dan merupakan titik nol kota wonosobo. Selain sebagai jantung kota, tempat ini juga sebagai ruang publik dan pusat pemerintahan.

Alun-alun kota wonosobo termasuk alun-alun terindah di Jawa Tengah. Sebagai ruang publik, disana menjadi pusat semua aktivitas warga maupun pemerintah. Bisa dikatakan kalau tempat ini tak lepas dari asal-usul maupun sejarah berdirinya kota wonosobo.

foto by instagram.com/tanayakeil/

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana seperti wisata keluarga, olahraga, jalan-jalan, tempat pegelaran musik, tempat perhelatan ceremonial dan pusat hiburan. Tak hanya itu, bahkan pada minggu pagi, tempat ini menjadi area wisata belanja.

Wilayahnya cukup luas, cantik, sejuk dengan pemandangan yang memanjakan mata. Sehingga, bisa menarik perhatian siapapun yang melalui jalan sekitar alun-alun.

BacaJuga:  2 Lokasi Pantai Jatisari Sluke Rembang dan Banyuwangi Yang Lagi Hits

Karena alun-alun sangat ramai, dapat berdampak baik pada perekonomian masyarakat setempat. Nampak banyak pedagang kaki lima yang berdagang di sekitarnya untuk menjajakan barang jualannya pada para pengunjung. Terutama saat weekend dan hari libur.

foto by instagram.com/ynti.bsna/

Bisa dibilang alun-alun bagaikan gula dikerubutin banyak semut. Pastilah yang berjualan ramai diserbu pembeli.

Apalagi jika ada pertandingan olahraga, pertunjukkan band seperti Slank, pertunjukkan hiburan rakyat serta acara ceremonial pemerintah, semakin ramai dikunjungi.

Kalau sabtu malam minggu, alun-alun wonosobo biasanya banyak muda-mudi, remaja laki-laki perempuan bermalam-mingguan. Mereka bersenang-senang, nongkrong, memadu kasih dan jajan makanan ringan atau berat.

foto by instagram.com/shintyawardanni/

Suasana alun-alun asri sekali, ada air mancur, gazebo yang nyaman, pohon beringin sebagai area berteduh, taman kartini serta tulisan wonosobo asri di area taman. Saat malam tiba, pemandangan lebih menarik lagi. Dimana lampu-lampu taman dihidupkan, memberikan warna tersendiri.

Pemandangan indah dan keasriannya, tentu dapat menjadi spot foto yang menampilkan background terbaik pada foto kamu. Menikmati wisata kulinernya, bisa membuat kamu tahu apa saja makanan khas atau yang disukai masyarakat Wonosobo.

foto by instagram.com/novitaanggraini_87/

Kegiatan di Alun-Alun Wonosobo

Saat berkunjung ke Alun-alun Wonosobo, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan. Datanglah di pagi hari untuk menikmati pemandangan serta suasana sejuknya. Lalu, kamu bisa berolahraga, jogging mengelilingi alun-alun agar tubuh sehat bugar.

Setelah berolahraga, carilah makanan. Terdapat beberapa kedai makanan gerobak yang menawarkan beragam menu enak. Makanan yang wajib kamu coba adalah mie ongklok. Tidak sembarang mie, makanan ini mempunyai kuah kental dan rasanya manis.

Nikmat sekali mencicipi kehangatan mie ongklok di kota dengan suasana dingin ini. Kamu dapat berkeliling unik menggunakan odong-odong yakni sejenis becak besar dengan rangka dililit lampu warna-warni. Mengendarainya dikayuh bersama-sama, asyik sekali berkeliling menggunakannya.

BacaJuga:  7 Hotel Murah Dengan Fasilitas Lengkap di Tawangmangu, Harga Mulai Rp.180.372
foto by instagram.com/septiawanothonk/

Kegiatan lain yang tak kalah asyiknya adalah berfoto. Kamu bisa foto selfie mencari spot indah dan menarik. Bisa di depan pohon beringin, depan air mancur dan lainnya. Kalau di tengah malam, pemandangannya nampak lebih bagus lagi untuk foto.

Fasilitas di Alun-Alun Wonosobo

Sebagai objek wisata, alun-alun kota wonosobo Jawa Tengah memiliki berbagai fasilitas serta pelayanan untuk menunjang kegiatan pengunjungnya. Disana ada area parkir luas, kamar mandi, mushola atau masjid di sekitarnya, penginapan dan beberapa fasilitas lain.

foto by instagram.com/info_wonosobo/

Apabila ingin menginap, kamu bisa mencari hotel di dekat alun-alun. Diantaranya ada CRA Hotel & Resto Wonosobo, Kresna Hotel, Nostos Guest House, Clean Room at Parama dan beberapa lainnya.

Letak dan Akses Menuju Alun-alun Wonosobo

Alamat alun-alun wonosobo di jalan Pemuda No. 2, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311, Indonesia. Masyarakat wonosobo pastilah sudah tidak bingung mencari letaknya. Sedangkan bagi wisatawan luar daerah atau mancanegara bisa menggunakan google map.

Sekarang, tak sulit mencari letaknya karena berada di pusat kota. Bisa naik mobil, motor atau kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum untuk mencapai lokasinya. Kalau menggunakan kendaraan umum, kamu akan berhenti di terminal bus kota.

foto by instagram.com/orin.so/

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek atau jalan kaki. Jarak dari terminal ke alun-alun cukup dekat, butuh waktu sekitar 15 menit melalui jalur Jl. Raya Parakan. Lebih jelas lagi tentang lokasinya, cari melalui google map. Hidupkan GPS agar mudah dan tidak tersesat saat kesana.

Sebelum mengunjunginya, kamu bisa membuka video youtube mencari tahu bagaimana gambarannya. Kalau sudah sampai di alun-alun wonosobo, mampir ke Dieng bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Atau berkunjung menikmati suasana gunung sumbing yang terletak di kecamatan sapuran.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  10 Gambar Candi Sukuh Karanganyar, Sejarah Misteri Peninggalan Kerajaan + Letak Lokasi Dari Solo Tawangmangu

One thought on “Alun-Alun Wonosobo yang Terindah di Jawa Tengah dan Asyik Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.