Art 1 Museum, Tempatnya Koleksi Barang Seni Unik Karya Seniman Dunia di Jakarta

Diposting pada
3.0
05

Alamat: Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10720
Google Maps: KlikDisini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 50.000 – Rp 125.000
Jam Buka: Selasa – Minggu, 10.00 – 18.00 WIB
Nomor Telepon: 021-647-00168, 021-647-00158

foto by instagram.com/tboedz/

Dulu, museum hanya dikunjungi oleh mereka yang mengerti seni. Kurang diminati oleh kalangan orang yang tidak mengerti. Namun kini, semua dapat berkunjung ke museum, karena museum di tahun 2019 tidak membosankan.

Apalagi, museum yang ada di Kota Metropolitan Jakarta ini, Art1 Museum atau Mon Decor Museum.
Kehadiran museum di Jakarta membawa angin segar di dunia seni. Museum modern ini dapat menjadi tujuan yang tepat untuk menghabiskan waktu senggang. Damai dan tenang memandangi hasil karya para seniman.

Mengenal Art 1 Museum

foto by instagram.com/arunn_raj/

Sejarah Mon Decor telah ada selama 30 tahun, berdiri sejak tahun 1983. Didirikan oleh Martha Gunawan, seorang pelopor galeri seni representatif di Indonesia. Bisa dikatakan, pertumbuhan snei dan seniman muda Indonesia tak lepas dari tangan dinginnnya.

Art:1 New Museum dan Art Space adalah nama resmi dari galeri museum ini. Awalnya bernama Mon Decor, dimana lokasinya masih berada di Plaza Senayan, Wisma Mulia, dan Grand Indonesia Shopping Town.

foto by instagram.com/erwan.as7sm/

Karena membutuhkan ruangan lebih besar, pada tahun 2011 dibulahan Art:1 sebagai wadah memamerkan karya para seniman serta melakukan kegiatan yang berhubungan dengan seni.

BacaJuga:  10 Daftar Mall Terlengkap di Jakarta Selatan Ada Timezone dan Ice Skating

Galeri Art Space:1 diperuntukkan bagi seniman muda. Dimana karya mereka ditampilkan selama 2 – 4 minggu. Tujuannya tentu untuk mengenalkan seniman berbakat baru.

Sementara Art:1 New Museum menampilkan karya seniman Indonesia yang karyanya dianggap penting bagi perkembangan dan sejarah seni Indonesia. Hasil karya ini menjadi karya permanen museum, kolektor, serta institusi.

foto by instagram.com/benedktdh/

Sejak berdirinya museum ini hingga tahun 2019, museum telah banyak mengumpulkan karya. Bahkan, galeri ini diakui sebagai The Best Gallery of the Year Award 2010. Selain itu, Art:1 Museum juga menyandang gelar galeri favorit di Amica Indonesia Award.

Setelah direlokasi, seluas 4.000 meter persegi museum ini dijadikan sebagai pusat kesenian dengna layanan yang baik.

Ruang Pameran Museum

foto by instagram.com/nana_tedja/

Di dalam museum, tentu saja ada ruang – ruang pameran untuk memajang karya para seniman. Di sini juga banyak pameran yang digelar. Seperti Art Stage Jakarta 2017, AGSI POP UP FAIR 2017, Free Fall Exhibition, Animamix Biennale, dan banyak acara lainnya.

Di sini juga ditampilkan koleksi permanen dan temporer milik para seniman. Misalnya saja Balik Making Choices, yang mana berupa lukisan sepasang suami istri yang sedang mendorong kereta bayi dengan penuh kebahagiaan.

foto by instagram.com/indoartnow/

Ada juga lukisan dengan tajuk Jogja Contemporary Artist, yang menampilkan lukisan seorang laki – laki paruh baya yang menghindari dari lemparan tomat. Ada juga Mooi Indie to Indonesian Modern Art, Heri Dono’s Retrospective Solo Exhibition.

Ada juga karya selain lukisan, seperti Metal Drama, yang mana merupakan karya yang terbuat dari besi berupa tank dan kereta api. Karya seni ini dibuat oleh Yudi Sulistyo, seorang alumni Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta pada tahun 1994.

BacaJuga:  6 Rekomendasi Kost Harian Cengkareng yang Bisa Disewa dengan Harga Terjangkau Mulai Rp.60.000
foto by instagram.com/art1newmuseum/

Seni lain yang berhubungan dengan agama, bertajuk Flight For Light: Indonesia Art and Religiosity. Berupa lilin berbentuk manusia yang sedang berdoa. Seniman yang terlibat dalam karya seni ini adalah Anusapati, G. Sidharta Soegijo, Heri Dono, Abay Subarna, Ivan Sagita, dan masih banyak lagi.

Koleksi di Temporary Museum

Selain permanen museum, di sini juga terdapat temporary museum. Salah satu hasil karya seni yang ditampilkan adalah milik seniman Jepang bernama Osamu Watanabe. Yang mana membuat karya seni berjudul Museum Cake.

foto by instagram.com/spluke24/

Di dalamnya, terdapat hasil karya seni yang berupa kue dengan berbagai bentuk. Sebagian besar berbentuk kepala tengkorak. Ada juga hewan – hewan lain seperti kuda, kelinci, angsa, ikan, serta anjing.

Ada juga karya berjudul Bla Bla Bla, milik seniman Italia bernama Fabrizio Dusi. Menampilkan gambar manusia yang tengah berbicara satu sama lain.

Menyewa Ruangan Museum

foto by instagram.com/musicmindinfo/

Selain menampilkan karya seni, di beberapa ruangan museum disewakan untuk umum. Bagi seniman baru, ruangan museum sangat cocok untuk memamerkan dan mengenalkan karya seninya kepada khalayak.

Tidak hanya untuk acara bertajuk seni, pengunjung juga dapat menyewa untuk kegiatan pribadi. Misalnya acara ulang tahun, peragaan busana, atau makan malam pribadi. Kuota yang tersedia maksimal untuk 100 orang.

Acara Umum di Art1 Museum

foto by instagram.com/art1institute/

Selain menikmati indahnya karya seni, pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan yang dibuka untuk umum.
Diantaranya painting class, movie screening, holiday music, workshop identifikasi lukisn, pembersihan, hingga workshop untuk penyelamatan koleksi ketika terjadi bencana.

Rute Menuju ke Lokasi

Art1 Museum berada di Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dari Stasiun Rajawali, pengunjung dapat berjalan selama 8 menit saja.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.