Menjelajah Dieng Ala Backpacker, Simak Tips Seru dan Murah Berikut Ini!

Posted on
Menjelajah Dieng Ala Backpacker, Simak Tips Seru dan Murah Berikut Ini!
Rate this post
foto by kompasiana.com

Sudah pernah coba liburan ala backpacker ke Dieng belom? Kalau belom cobain yuk ! Biaya transportasi dan akomodasi di Dieng cukup murah kok. Apalagi kalo berangkat dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Solo, Jogja, jaraknya tidak begitu jauh.

Wisata di Dieng juga menarik-menarik untuk di kunjungi dan jenisnya juga sangat beragam. Jadi kamu bisa punya banyak pilihan wisata kunjungan yang variatif. Kulinernya pun tak boleh ketinggalan untuk di icip.

Dieng merupakan dataran tinggi yang berada di kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Letaknya pun berada di sebelah barat Gunung Sindoro dan Sumbing.

Berikut ini kami rangkum beberapa panduan dan persiapan yang bisa kamu lakukan saat akan nge-trip ala backpacker ke Dieng.

1. Naik Kereta Api Ekonomi

foto by tribunnews.com

Sebagai seorang backpacker kamu harus bisa memilih pilihan transportasi yang low budget namun tetap aman. Kamu bisa menggunakan kereta api ekonomi jurusan Purwokerto dari tempat tinggalmu. Setelah itu lanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju terminal Wonosobo.

Setelah sampai terminal Wonosobo, carilah angkutan umum yang melayani rute menuju Dieng. Lama perjalanan yang akan ditempuh adalah sekitar 1 jam 30 menit untuk bisa sampai di Dieng dari terminal wonosobo.

2. Jangan Khawatir Saat Cari Penginapan Murah Dadakan

foto by booking.com

Jika kamu terbiasa memesan penginapan melalui situs online, tapi tidak dengan Dieng. Penginapan di Dieng mayoritas masih berupa homestay. Jadi bisa dibilang belum banyak yang terdaftar di situs booking online.

BacaJuga:  10 Daftar Studio Foto di Solo Yang Keren

Jadi kamu hanya bisa mencari penginapan cara on the spot. Kamu bisa cari penginapan sesuai dengan budget mu. Jika backpacker sendirian, kamu bisa menawar biaya sewa dari homestay nya kepada sang pemiliknya.

3. Perhatikan Musim Saat Berkunjung

foto by halodieng.com

Kemanapun vakansinya tips ini wajib diperhatikan. Karena jika estimasi waktu plesir tidak tepat dengan musim yang sedang terjadi. Bisa-bisa liburanmu akan terhambat oleh cuaca yang tidak mendukung. Tak terkecuali dengan Dieng, pilihlah waktu paling tepat untuk pergi ke sini.

Kami sarankan, waktu paling apik untuk bisa berkunjung ke Dieng adalah saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Juli – September. Apalagi jika kamu bisa datang bertepatan dengan dilaksanakannya Dieng Culture Festival yang diadakan setiap bulan Agustus tentunya itu bakal jadi pengalaman seru.

4. Menikmati Sunrise Di Bukit Sikunir

foto by halodieng.com

Sudah sampai di Dieng tapi belom sampai di Bukit Sikunir? Rugi banget aseli. Justru kegiatan ini menjadi point wajib bagi para bacpacker pemburu sunrise. Pasalnya, titik paling apik untuk menikmati sang matahari terbit itu dari Bukit Sukinir. Itulah sebabnya bukit ini dinamai Golden Sunrise.

Waktu paling tepat untuk mendaki Bukit Sikunir adalah jam 3 pagi. Perjalanan mendaki yang akan kamu tempuh kira-kira 1-2 jam. Rasa lelahmu akan terbayar setelah melihat pemandangan dari atas puncak sikunir yang sangat apik.

5. Menaklukan Gunung Prau, Berani ?

foto by beritagar.id

Selain Gunung Sindoro Sumbing, adapula Gunung lain yang berada di Kawasan Wonosobo. Yep ! Gunung Prau. Gunung ini juga cukup populer di Indonesia apalagi di kalangan para pecinta gunung.

Jika ingin mendaki Prau via Dieng kamu bisa melalui jalur pendakian Dieng Wetan. Kamu bisa menemukan basecamp pendakian ini di jarak puluhan meter dari pertigaan yang ada tulisan “Dieng Plateu” yaitu arah ke Banjarnegara atau Kabupaten Batang.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Bopong Kebumen Jawa Tengah + Rute Lokasi Letak

Selain Golden Sunrise Sikunir, puncak Prau juga ngga kalah cantik untuk bisa menikmati sunrise. Kalau niat mendaki harus sudah membawa perlengkapan dan persiapan matang ya. Jangan asal naik dadakan, karena faktor kebugaran tubuh juga penting.

6. Bawa Stok Baju Hangat Banyak

foto by dikapalpesiar.blogspot.com

Jika kamu pernah liburan di Puncak, Bogor pasti sudah tau dong kalo cuaca disana kaya apa? Dingin-dingin sejuk gimana gitu kan. Nah kalo di Dieng lebih parah dinginnya.

Makannya tips ini gaboleh banget ketinggalan. Kamu harus persiapan beberapa baju hangat, jaket kaos kaki, dan selimut supaya bisa bertahan dengan hawa dingin disana.

Namun berdasarkan cerita para pengguna kaskus, untuk awalan memang akan terasa dingin sekali, namun lama-lama kamu akan terbiasa. Karena kulit kamu baru beradaptasi dengan suhu dingin yang tak biasa yang bisa membuatmu sampai menggigil.

7. Jangan Lupa Bawa Obat-obatan

foto by loop.co.id

Selain persiapan baju hangat kamu juga harus bawa obat-obatan. Setelah melakukan aktivitas seharian kamu bisa jadi kelelahan, jika daya tahan tubuhmu tidak baik ditambah dengan suhu udara yang ekstrim bisa-bisa kamu drop.

Maka dari itu kamu butuh penangkal supaya tidak terlanjur drop. Apalagi kalo kamu punya alergi dingin, bahaya banget kalo kamu ngga bawa obat penawarnya.

8. Wisata ke Candi dan Kawah Bersejarah

foto by palembang.tribunnews.com

Sebenarnya banyak sekali yang bisa di explore dari tempat ini. Namun kami berhasil merangkum beberapa objek yang paling recommendded dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain Bukit Sikunir, kamu bisa mengunjungi beberapa candi dan kawah yang ada.

Seperti Kawah Sikidang, Sileri, Sinila, Candi Arjuna, Candi Parikesit, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada.

9. Beli Oleh-oleh Khas Wonosobo

foto by oafindo.com

Setelah menghabiskan beberapa hari untuk berwisata dan icip-icip kuliner Dieng tiba saatnya untuk berburu oleh-oleh. Berwisata di Dieng itu terjangkau kok, selain tempat wisatanya yang kebanyakan gratis, makanananya pun masih murah kan sekelas dengan Yogyakarta.

BacaJuga:  40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru Daerah Guci, Kota, Rita Park Yang Indah Bagus

Nah maka dari itu untuk sekedar beli oleh-oleh juga masih cukup kok. Buah tangan yang bisa kamu beli adalah seperti kentang khas dieng, manisan dan keripik carica. Harganya masih aman jadi ngga perlu khawatir bakal bikin saku jebol.

10. Cicipi Kuliner Khas Wonosobo

Kuliner paling khas dari kota ini adalah Mie Ongklok. Sudah jauh-jauh ke Wonosobo, tapi belom nyobain mie ongklok rasanya itu kurang lengkap. Kuliner nusantara ini sudah cukup populer di seluruh penjuru tanah air. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja ke sini Cuma pengen makan mie ini.

Tekstur mie nya yang kenyal membuat hidangan satu ini Cuma bisa ditemuin di Wonosobo. Serta citarasa nya yang khas membuat siapa saja tergiur untuk menikmati sedepnya semangkuk mie ongklok sebagai teman udara dinginnya Dieng.

Jadi sudah siap untuk wisata ke Dieng ? Sendiri atau bareng temen tak jadi masalah. Asal persiapan itenarary mu baik dan matang ya. Liburan tanpa paket tour, why not?

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.