Menghabiskan Waktu Weekend di Kota Gudeg Yogyakarta Ala Backpacker, Simak 10 Tips Berikut Ini!

Posted on
Menghabiskan Waktu Weekend di Kota Gudeg Yogyakarta Ala Backpacker, Simak 10 Tips Berikut Ini!
5 (100%) 1 vote
foto by casciscus.co

Jogja merupakan salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Panorama alam, budaya, kuliner, serta masyarakatnya yang terkenal ramah-ramah membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara rindu untuk berkunjung ke kota ini lagi.

Begitu pula para backpacker mania,sering kali menjadikan Jogja menjadi destinasi guna sekedar menghabiskan waktu weekend. Hanya untuk sekedar berjalan-jalan di Malioboro ataupun berwisata kuliner, hingga honeymoon.

Jogja memang kaya akan keberagamannya, banyak sekali yang bisa dinikmati dari kota ini. Dari pantai, goa,puncak tebing,lembah-lembah,gumuk pasir, hingga hutan pinus.

Berikut ini JejakPiknik bakal kasih beberapa rekomendasi bagi kamu yang merencanakan untuk berlibur bareng temen-temen atau berdua sama pacar dengan cara backpacker-an di Kota Jogja. Lets read this out !

1. Paling Terjangkau Naik Kereta Api

foto by phinemo.com

Untuk bisa sampai di Kota ini sebenernya banyak pilihan transportasi yang bisa dipilih, ada pesawat, bus, hingga kereta api. Tapi kalo mau yang harganya terjangkau ya Kereta Api.

Kamu bisa pilih Kereta Api Ekonomi Bengawan dengan rute Jakarta-Jogja, tarifnya Cuma Rp 75.000 saja lho.

Dari stasiun Pasar Senen kamu akan turun di Stasiun Lempuyangan. Lama perjalanan sekitar 8 jam yaitu berangkat pukul 11.20 tiba pukul 19.42.

Untuk wilayah Bandung,Malang,Surabaya bisa menggunakan kereta api ekonomi malabar turun di stasiun yogyakarta (tugu). Ongkos tiketnya 109ribu.

Walaupun kelas ekonomi, gerbongnya sudah bagus dan ber AC lho, jadi perjalanan kamu bakal tetap nyaman.

2. Berjalan Kaki Untuk Mencari Penginapan

foto by https://iyfnzgb.com

Mencari penginapan kelas backpacker di Jogja sangatlah mudah. Kalian bisa menjelajah daerah Jl. Sosrowijayan yang terkenal dengan penginapan murah, dari hotel kelas melati, losmen, bintang satu hingga lima.

Untuk harganya pun beragam, banyak yang tarif per malamnya dibawah Rp 100.000, tergantung fasilitas dan negosiasi. Kami rasa kalau hanya untuk 3 hari 2 malam saja, fasilitas tidaklah penting, terpenting ialah kamu bisa tidur dengan nyaman.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Ngrenehan Beach Jogja Wonosari + Jalan Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai disana cukup dijangkau dengan berjalan kaki, karena memang jaraknya yang cukup dekat dengan Stasiun Lempuyangan, yaitu sekitar 500 M. Jalan kaki menyusuri kota Jogja saat malam hari itu indah lho, jadi tidak usah terpikir untuk pesan ojek atau taksi online ya.

3. Sewa Motor atau Mobil Untuk Exploring Time

foto by indonesiautosblog.com

Liburan tanpa paket tour memang lebih asik. Selain lebih leluasa dalam mengeksplor banyak tempat, biaya yang dikeluarkan pun lebih terjangkau.

Untuk berkeliling kota Jogja sebenarnya banyak pilihan transportasinya, yang pertama ada angkot, tapi pilihan ini kurang efektif jika kamu ingin explore ke daerah-daerah pelosok. Kedua ada Transjogja.

Dan ketiga yang paling recommended adalah menyewa kendaraan motor atau mobil. Dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil kalian para backpacker bebas explore kemanapun. Biaya sewanya mulai dari Rp 50.000 per hari untuk motor, dan Rp 350.000 untuk mobil per harinya.

4. Naik TransJogja Buat Keliling Kota Jogja

foto by dheatourstransportjogja.com

Kalo cuman pengen keliling kota menikmati malamnya Jogja, cobain deh naik Transjogja. Dengan biaya yang cukup murah Rp 3.500, kamu sudah bisa keliling kota Jogja.

Nggak beda jauh dengan TransJakarta, bisa bayar cash ataupun pakai e-money. Para turis biasanya menggunakan ini untuk menikmati keramaian dan keindahan malam kota Jogja.

Tapi untuk rute perjalanan Transjogja itu agak rumit, jadi sebaiknya saat hendak naik, rajin-rajin bertanya ya.

5. Wisata Murah Yang Instagenic

foto by wedangkopiprambanan.com

Buat para backpacker milenial, traveling sambil hunting spot foto buat mempercantik tatanan feeds instagram itu pasti wajib banget ada di list liburannya.

Dan kalian ngga salah pilih tempat. Disini memang surganya tempat-tempat wisata instagenic banget. Tanpa harus buang-buang uang kamu udah bisa seneng-seneng plus dapet bonus objek jepretan keren.

Dari pantai, gua, danau, tebing, semuanya ada disini guys, tingga pilih. Saking banyaknya kadang kita bingung mau explore mana dulu.

Nah sebagai bahan referensi, JejakPiknik.com bakal kasih beberapa deretan tempat yang hits dan kekinian untuk disambangi para backpacker milenial.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Baron Jogja Wonosari + Tiket Masuk Lokasi Wisata dan Sejarah-nya

Dari The World Landmarks Merapi Park, Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, Umbul Ponggok Klaten, Tebing Breksi, Air Terjun Sri Gethuk, Kalibiru, Kulon Progo, hingga Hutan Pinus

Mangunan. Untuk HTMnya rata-rata kisaran Rp 3.000 – Rp 7.000. Harga tersebut belum termasuk fasilitas-fasilitas penunjangnya ya.

6. Kuliner Murmer Yang Bikin Kenyang

foto by foody.id

Setelah lelah dengan kegiatan jalan-jalan, saatnya buat explore kulinernya. Selain tempat wisatanya, jogja juga kaya akan kulinernya. Dari yang lengendaris sampai modernis, semuanya ada.

Buat yang udah sering ke jogja mungkin bosen ya kalau makan gudeg, angkringan, atau penyetan. sekali-kali pengen makan ditempat ala-ala kids jaman now dengan tempat comfortable.

Tak sedikit memang kafe atau restoran jaman sekarang yang instagramable tapi makanannya kurang sedep, mahal pula. Tapi di Jogja kamu bisa menemukan tempat dengan paket kumplit, dijamin bakal betah gamau balik ke penginepan.

Ada Lawas 613 Cafe Adhisthana, Tickles Cafe & Resto, Cafe Brick Jogja, Lokal Cafe, Kunena Eatery, hingga Pancakes Company. Harga untuk tiap makanan dan minumannya mulai dari Rp 10.000 lho. Harga kaki lima tapi rasa bintang lima dan bonus tempat kece.

Buat para backpacker yang lebih seneng makanan atau jajanan pinggir jalan, mampirlah ke Hori. Hori adalah sebuah tempat berkumpulnya aneka street food Indonesia. Disana banyak macam-macam jajanan seperti siomay, batagor, tahu gejrot, otak-otak, dan lain-lain.

7. Belanja Oleh-oleh Murah

foto by idetraveling.com

Pengen bawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di Jakarta atau tempat tingal kamu?tapi budget nya mepet? Kamu bisa belanja oleh-oleh dengan harga murah di Pasar Beringharjo.

Tempat ini cocok buat kamu yang pengen beli oleh-oleh batik atau pun barang-barang khas Jogja.

Kamu bisa naik ke Lantai atas pasar ini, karena biasanyanya harga barangnya lebih murah ketimbang di bagian bawah pasar.

8. Menawar Saat Belanja Di Malioboro

foto by jogja.antaranews.com

Saat kamu memilih menginap di Jl. Sosrowijayan,kamu pasti akan melewati Jl. Malioboro. Berjalan-jalan santai di sepanjang Jl. Malioboro itu cukup seru lho. Kamu bakal liat berbagai macam barang dagangan unik.

Niat hati hanya ingin jalan-jalan santai, gejolak untuk belanja pun tumbuh. Saking banyaknya dagangan pemikat hati, akhirnya kamu akan mampir dari satu penjual ke penjual lain.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Watu Kodok Jogja, Rute Peta Jalan Menuju Lokasi + Harga Tiket Masuk

Jika ingin belanja di Malioboro pastikan kamu menawar harga terlebih dahulu. Karena pada umumnya penjual di Malioboro kerap kali menaikkan harga barang hingga 3 kali lipat sebelum dijual ke wisatawan, jadi kamu harus pintar-pintar menawar ya.

9. Siapkan Uang Receh

foto by kompasiana.com

Di Jogja, banyak banget musisi jalanan yang akan kamu dapati, terutama di kawasan Malioboro. Saat kamu ingin menghabiskan malam di Malioboro hendaknya siapkan beberapa uang receh untuk diberikan kepada pengamen jalanan, karena bukan hanya satu, akan ada banyak yang datang silih berganti.

Bukan hanya pengamen, kadang ada juga seniman jalanan dari berbagai komunitas mengadakan pertunjukan di sekitaran Malioboro. Jadi sebagai bentuk apresiasi, berilah sedikit uang recehmu untuk para seniman itu.

10. Jangan Lupa Bawa Topi atau Payung

Jogja adalah wilayah yang cukup panas. Apalagi saat jalan-jalan di siang hari. Maka bawalah selalu topi atau payung untuk melindungimu dari teriknya matahari.

Hal ini akan menghindari kamu dari paparan dan silaunya sinar matahari secara langsung. Atau jika perlu pakailah sun block untuk lebih melindungi kulitmu agar tidak terbakar.

Dengan begitu kegiatan berliburmu tidak akan terganggu dan akan berjalan dengan lancar tanpa harus mengeluh karena kepanasan.

Nah itu dia panduan liburan ala backpacker atau liburan tanpa travel guide di Jogja. Kota yang selalu membuat orang rindu untuk berkunjung kembali . Jadi? Kapan mau berangkat ?Sendirian atau rame-rame?.

Dengan siapapun berangkatnya, susunlah itenary dan rincian rencana anggaran dari sekarang. Supaya tahu berapa estimasi anggaran yang dibutuhkan.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.