Liburan Ala Backpacker Ke Karimunjawa, Hemat dan Seru! Simak 10 Tips Berikut Ini

Posted on
Liburan Ala Backpacker Ke Karimunjawa, Hemat dan Seru! Simak 10 Tips Berikut Ini
5 (100%) 1 vote
foto by superadventure.co.id

Ingin berwisata bahari di kepulauan laut jawa? kenapa ngga coba karimunjawa? Siapa sih yang ngga tau karimunjawa, pulau dengan pantai-pantainya penyejuk mata dan hati.

Saat ini Karimunjawa semakin populer dikalangan para pelancong nusantara. Karimunjawa adalah sebuah kepulauan di laut jawa yang terdiri dari berbagai pulau-pulau kecil. Berada di Kab Jepara, Prov Jawa Tengah, Indonesia.

Karena letaknya yang masih berada di kawasan Jepara. Membuat tempat ini masuk dalam daftar wisata jepara. Banyak sekali tempat yang dapat di explore di sini.

Nah sedang merencanakan plesiran ke karimunjawa ala backpacker di tahun 2018 ini. Simak beberapa tips seru dan asik berikut ini.

1. Naik Transportasi Paling Murah

Karena karimunjawa merupakan kepulauan yang berada di Jepara, Jawa Tengah, maka untuk sampai kesini cukup lah mudah. Bagi yang berdomisili di Bandung, Jakarta, Jogja atau Surabaya, gunakanlah kereta api terlebih dahulu sebelum ke Jepara. Gunakanlah kereta api jurusan Stasiun Semarang poncol.

foto by Merdeka.com

Dikarenakan di Jepara tidak ada stasiun pemberhentian kereta api, jadi kamu harus transit dulu di Semarang. Tarif tiket untuk perjalanan menuju Semarang dibanderol dari harga 120ribu-160ribu untuk kereta api kelas ekonomi.

Sesampainya di Stasiun Semarangponcol, kamu akan melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju Jepara. Nah setelah sampai Jepara, kamu akan menggunakan kapal laut untuk menyebrang ke Karimunjawa.

foto by okberita.com

2. Berkunjunglah Saat Musim Kemarau

foto by globaljunkie.net

Jika kamu ingin menikmati keindahan Karimunjawa seutuhnya. Datanglah disaat musim kemarau sehingga kamu akan leluasa mengeksplor pulau ini.

BacaJuga:  Pantai Permisan, Surga Tersembunyi Nusakambangan, Ini Buktinya!

Karena jika kamu datang saat musim hujan, kamu akan menemui beberapa kendala, satu yang pasti. Kamu tidak bisa menyebrang ke Karimunjawa. Karena kapal disana tidak ada yang berani menyebrang. Sehingga perjalananmu akan terhambat dan tertunda untuk beberapa hari.

Musim kemarau terjadi di bulan April – September. Sedangkan musim hujan terjadi pada bulan Januari – Februari.

3. Ajakin Temen Buat Backpacker-an Bareng

foto by idntimes.com

Apakah kamu tipikal orang penyuka me time saat liburan? Berlibur hanya sendiri saja? Memang tidak salah, namun untuk diterapkan saat wisata ke Karimunjawa sangat tidak dianjurkan. Karena budget yang dikeluarkan selama berlibur disana cukup banyak.

Jadi ada baiknya kalau datang bareng temen-temenmu atau berdua sama pacar kamu. Jadi kalian bisa sharing cost untuk sewa alat transportasi serta penginapan.

Selain lebih seru dan asyik, tentunya kamu ngga akan kesepian menikmati keindahan alam Karimun jawa sendirian kan?

4. Homestay Untuk Bermalam

foto by wisatakarimunjawaholiday.blogspot.com

Saat berlibur tanpa agen travel tour kita harus mandiri dalam mencari penginapan yang menguntungkan kita. Berlibur ala backpacker harus bisa mencari celah yang dapat membuat kita menghemat budget, terutama masalah penginapan.

Di sana kamu bisa memilih tempat bermalam yang paling ekonomis. Kami sarankan agar kamu menyewa rumah penduduk sebagai homestay. Biaya sewa kamar di homestay sekitar 75-200ribu per malamnya. Kami rasa untuk waktu bermalam sealam 2 hari 1 malam masih tergolong murah kan?

5. Berburu Kuliner Murah

foto by tourkarimunjawa.net

Jika berlibur menggunakan paket wisata, mungkin kamu tidak akan kebingungan dalam mencari makanan. Karena semua itu sudah tersusun dalam itinerary wisatanya. Namun kali ini kamu melakukan trip mandiri, dimana dalam mencari makanan pun harus sendiri.

Menurut info yang ada, bahwa makanan yang dijual disana tidak semuanya murah. Adapula yang menjual dengan harga mahal.

BacaJuga:  10 Gambar Top Selfie Hutan Pinus Kragilan Magelang, Alamat Wisata + Rute Jalan Menuju Lokasi

Maka dari itu sebelum memesan makanan, tanyakan terlebih dahulu harga dari pesananmu itu. Jadi jangan ragu untuk melipir ke warung kaki lima. Namun, kamu bisa juga tanyakan ke homestay tempat kamu menginap siapa tau menyediakan paket makanan lebih terjangkau.

6. Bawa Uang Tunai Secukupnya

foto by economy.okezone.com

Sebelum kamu menyebarang ke Karimunjawa, ada baiknya persiapkan dulu uang tunai yang akan dibawa. Tentunya kamu sudah menghitung estimasi biaya dalam itenerary mu bukan?. Maka dari itu bawalah secukupnya saja.

Selain agar tidak menghambur-hamburkan uang. Kamu tidak perlu repot-repot lagi ambil uang di ATM karena kehabisan uang. Karena pasalnya, disana hanya ada satu ATM saja. Jadi kadang banyak sekali wisatawan yang antri untuk mengambil uang. Kemungkinan ATM error bisa saja terjadi.

7. Jangan Lupa Snorkeling

foto by dolphin-karimunjawa.com

Jauh-jauh ke Karimunjawa tapi kelewat ngga snorkeling? Rugi banget ! justru kegiatan ini harus kamu taruh di list wajib yang pertama harus dilakukan.

Banyak wisatawan sengaja ke sini cuma pengen snorkeling di perairan bawah laut Karimunjawa yang indah banget. Alam bawah lautnya bener-bener eksotis banget deh. Kamu bisa liat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang cantik-cantik.

Ditambah dengan birunya air laut yang menambah penampakan bawah laut terlihat begitu jelas, karena saking jernihnya. Kegiatan kayagini nih jangan sampai dilupakan !

8. Jangan Lupa Bawa Keperluan Pribadi

Don’t expect to much. Kata-kata ini rasanya pantas jika kamu berekspektasi akan ada minimarket di pulau-pulau Karimunjawa. Karena saat berada disana, kamu tidak akan bisa menemukan minimarket si lebah merah ataupun biru seperti dikota-kota.

Jadi sebaiknya, bawalah keperluan pribadimu dari rumah, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampo, obat-obatan, sunblok, dll. Kalaupun harus belanja, kamu hanya bisa berbelanja di warung kelontong biasa. Dan yang pasti, harganya lebih mahal. Jadi lebih baik bawa dari rumah kan?

BacaJuga:  5 Studio Foto Terbaik di Tegal Mulai Dari 60 Ribuan

9. Nikmati Sunset Di Pantai Ujung Gelam

foto by asiawisata.com

Satu hal menarik lainnya yang tidak boleh terlewat adalah menikmati sunset di waktu senja. Pemandangan ini wajib dilakukan saat backpacker-an ke Karimun. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati sang senja.

Namun ada satu cara yang paling apik untuk melihat sang matahari tenggelam, yaitu dengan cara menikmatinya di Pantai Ujung Gelam. Karena tempat ini merupakan salah satu spot paling favorit untuk menyaksikan sang matahari tenggelam.

10. Jelajah Hutan Mangrove

Ingin melihat panorama laut dari sisi yan berbeda? coba trekking di hutan mangrove yang ada di kepulauan ini deh. kamu akan menyusuri jalan yang penuh dengan hutan magrove ditemani dengan udara nan sejuk dan merdunya kicauan burung-burung.

Keindahan hutan mangrove ini masih sangat alami dan asri tak kalah dengan pantai-pantainya. Jadi sayang untuk dilewatkan.

Nah itu dia beberapa panduan untuk backpacker-an di Karimunjawa. Semoga bermanfaat ya guys!

Bagi yang butuh info mengenai review tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Buka aja forum kaskus agar bisa membaca atau sekedar bertanya tentang cerita dan pengalaman para kaskusers saat berada di Karimunjawa.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Liburan Ala Backpacker Ke Karimunjawa, Hemat dan Seru! Simak 10 Tips Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.