Jalan-Jalan Ke Korea Ala Backpacker, Simak Tips Seru dan Hemat Ini!

Posted on
Jalan-Jalan Ke Korea Ala Backpacker, Simak Tips Seru dan Hemat Ini!
5 (100%) 1 vote
foto by instagram.com/rubybackpacker

Hai hai hai Backpacker addict. Gimana udah dapet rekomendasi tujuan selanjutnya untuk dijadikan sasaran trip kamu kali ini belom? Kalo belom, cobain ngetrip ke negara oppa-oppa dan oenni-oenni berada yuk!

Yaps ! Korea ! Negara dengan segala yang berunsur “K”, mulai dari KPop, KDrama, KFood,KFashion, dan K-K lainnya. Apalagi kalo kamu penggemar dari semua itu pasti bakal antusias banget nih buat holiday kesana.

Bukan K-Pop saja yang menarik dari negara ini. Budaya dari negara inipun cukup menarik untuk dipelajari. Banyak warisan budaya dari leluhur yang sampai saat ini masih eksis dijadikan lokasi wisata para turis.

Kali ini kami JejakPiknik.com akan bocorkan beberapa tips jalan-jalan ala backpacker ke Korea. Wajib baca sampai habis!

1. Tentukan Obyek Wisata Yang Ingin Dikunjungi

foto by instagram.com/aislingtour

Korea Selatan terkenal memiliki banyak obyek wisata memukau di setiap wilayahnya. Seperti kota Seoul,Busan,Incheon,Daegu, Daejeon, Nagoya, Sapporo.

Kamu bisa pilih satu atau dua dari kota-kota di Korea Selatan dengan obyek wisata populer di kalangan wisatawan asing. Seperti Seoul dan Busan, dikota tersebut kamu bisa menemukan obyek wisata yang bagus nan murah.

Sebagai seorang backpackers, pertimbangan ini juga penting. Selain menghemat budget, kamu juga akan semakin menikmati liburanmu tanpa harus dikejar-kejar waktu karena harus berlarian kesana kemari mengunjungi banyak kota saat berada di Korea.

Sebagai referensi kamu bisa kunjungi obyek wisata seperti Han Gang River (Sungai Han), Namsan Park, Namsan Seoul Tower,Seoullo 7017,Yongdusan Park,Taejongdae.

2. Siapkan Dokumen-dokumen Penting itu wajib

foto by instagram.com/hellobackpacker

Nah sebelum kamu berangkat ke Korea, pastikan juga kalau dokumen-dokumen pentingmu sudah disiapkan ya. Hal ini wajib banget dipersiapkan dengan baik, karena bukan tidak mungkin tanpa dokumen-dokumen ini kamu tidak bisa berangkat ke Korea lho.

Membawa dokumen penting seperti Passport,Visa,KTP, serta NPWP itu jangan dianggap remeh ya. Karena hal ini akan membantumu jika dalam perjalananmu terdapat beberapa kendala yang tidak diduga.

BacaJuga:  Pilih Thailand Untuk Short Trip? Cobain 10 Tips Hemat Ala Backpacker ini Yuk!

Seperti misalahnya terdapat masalah di Bandara negara setempat atau kesalahan dalam memahami peraturan di negara tersebut. Misalnya saja membuang sampah sembarangan, parkir kendaraan di tempat yang dilarang.

3. Tentukan waktu keberangkatan

foto by peneladan.com

Mungkin banyak orang memilih liburan disaat musim libur panjang. Tapi tak sedikit juga yang lebih menjadikan waktu bebas menjadi pilihannya untuk berlibur.

Mulai lah mencari kapan waktu-waktu bebas yang tepat untuk dijadikan momen liburanmu. Pertimbangkan juga musim yang sedang terjadi di sana. Tak seperti Indonesia yang hanya memiliki dua musim.

Negeri Gingseng memiliki empat musim, yaitu semi, gugur, dingin, dan panas. Mungkin mengahabiskan musim dingin di Korea bisa dijadikan rekomendasi.

Saat musim dingin atau winter banyak orang lebih memilih untuk berdiam diri dirumah ketimbang untuk jalan-jalan. Jadi solusi ini sangat baik bukan, obyek-obyek wisata tidak akan ramai pengunjung.

Selain pertimbangan tersebut, biaya perjalanannya juga akan lebih murah daripada musim-musim biasa. Dan sekaligus kamu bisa menikmati suasana Korea saat salju turun.

4. Menabung dari sekarang

foto by shopback.co.id

Bagi para backpacker, hal ini menjadi point wajib. Ketika sudah memutuskan untuk pergi berlibur, tentunya hal pertama yang kudu dipersiapkan adalah biaya.

Berlibur ke Korea membutuhkan biaya banyak, maka dari itu kalian harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Mulailah menabung dari sekarang agar cepat terkumpul dan cepat berangkat.

Selain itu kalian juga harus bisa menyusun rencana anggaran biaya yang diperlukan selama berlibur. Estimasi biaya untuk kebutuhan tiket pesawat, akomodasi, transportasi publik, biaya konsumsi, hingga oleh-oleh.

5. Pelajari Peta

foto by punyakubae.blogspot.com

Bukan berarti berlibur tanpa travel tour kita tidak bisa explore Korea dengan mudah ya. Tentu bisa kok, kamu bisa dengan mudahnya mencari segala informasi tentang tempat-tempat tujuanmu nanti.

Salah satunya adalah melalui peta. Yaps ! lewat peta kamu bisa pelajari wilayah-wilayah destinasimu didatangi. Walaupun tanpa bantuan tour guide kamu bisa dengan mudah menjelajah Korea.

Gausah takut bakal nyasar.. karena peta di luar negeri itu cukup mudah diterjemahkan kedalam keadaan nyatanya. Jadi mempelajari peta akan sangat membantumu dalam menjalani dan menjelajah tempat-tempat menarik saat liburan di Korea.

BacaJuga:  7 Paket Wisata Ke Hongkong Harga Hemat Mulai 5 Jutaan

Kamu bisa ambil peta tersebut sesaat setelah tiba di bandara atau biasanya ditempat-tempat umum seperti halte,mall,stasiun juga ada.

6. Belajar Bahasa Korea

foto by educenter.id

Meskipun saat ini sudah banyak warga Korea Selatan bisa bicara menggunakan bahasa Inggris, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari sedikit bahasanya saat masih ada di Indonesia.

Dengan begitu kalian akan lebih mudah berinteraksi dengan warga sekitar tanpa harus kesulitan saat bertemu atau berkomunikasi dengan orang korea yang tidak bisa bahasa inggris.

Tidak harus mempelajari bahasa secara keseluruhan, kamu cukup pelajari bahasa sehari-sehari yang sering digunakan oleh para turis, seperti untuk menanyakan jalan,menu di restoran, dan saat menawar harga barang.

7. Cari Harga tiket termurah

foto by tribunnews.com

Saat memutuskan untuk berlibur ke luar negeri, bagian yang menguras kantong adalah tiket pesawat. Kalo kamu tidak pandai dalam memilih, biaya untuk tiket pesawat akan banyak menguras kantong.

Saat seperti sekarang,untuk bisa sampai disana dengan biaya terjangkau tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencari tiket pesawat promo untuk perjalanan Jakarta-Korea. Saat ini banyak airlines yang mengadakan promo tiket murah ke Korea Selatan.

Jika tersedia promo tiket yang sesuai dengan perkiraan budgetmu, bersegeralah untuk booking. Jangan sampai terlewatkan, dan pesanlah untuk perjalanan PP (Pulang-Pergi) sekaligus.

8. Gaet Teman buat ngetrip bareng

foto by vemale.com

Jika kamu ingin liburanmu terasa lebih berkesan, ajaklah beberapa temanmu untuk join trip. Perjalananmu akan lebih hidup karena bisa dilewati ramai-rami bersama teman-temanmu.

Selain untuk menambah suasana semakin seru, langkah ini juga tepat dalam penghematan biaya akomodasi dan konsumsi. Menyewa 1 kamar hotel untuk bersama akan lebih murah daripada untuk sendiri.

Pesan berbagai macam menu saat makan bersama juga dapat dilakukan. Strategi patungan atau biasa disebut “pt-pt” ini akan lebih efektif dalam menekan biaya liburan kan?.

9. Manfaatkan fasilitas gratis

foto by hcfelany.wordpress.com

Korea sebagai salah satu negara maju di Asia punya cara tersendiri untuk menarik para turis asing berdatangan.

Seperti langkah Pemerintah Korea Selatan ini yang membuat para turis merasa nyaman saat berada disana yaitu dengan memberikan beberapa fasilitas gratis. Kalo ada yang gratisan gini kenapa ngga dimanfaatin ya gaksih.

BacaJuga:  Berminat Backpacking Ke India Dalam Waktu Dekat? Ikuti Tips Murah dan Aman Berikut Ini!

Fasilitas gratis itu seperti Free Shuttle Bus,Telfon gratis 24 jam di 1330, tiket gratis masuk ke tempat-tempat wisata tertentu, dan yang paling menarik adalah internet gratis.

Kamu bisa menikmati semua itu dengan “Cuma-Cuma” loh. Tawaran kayagini gaboleh sampe terlewat guys.

10. Naik transportasi publik buat keliling kota

Korea Selatan mempunyai banyak transportasi publik seperti taksi, subway, bus, sewa mobil , sampai kereta api. Untuk harga tiketnya tidak semahal di Jepang ya, disini tarifnya tergolong murah kok.

Untuk dapat menuju ke beberapa lokasi wisata yang berdekatan kamu bisa menggunakan subway ataupun bus. Atau kalo pengen lebih praktis lagi, kamu bisa menyewa mobil kalo liburanmu bawa rombongan. Atau kalau hanya ingin sekedar keliling kota, kamu bisa naik subway.

Dari beberapa alternatif transportasi publik yang ada, satu paling tidak recommend adalah taksi. Karena tarifnya terbilang cukup mahal dibanding transportasi lainnya.

Oiya tambahan aja, saat bingung cari makanan halal disana, kamu bisa pergi keYang Good BBQ, Balwoo Gongyang, Salam Turkish Restauran, Eid Halal Korean Food, Muree Korea Muslim Food.

Gimana nih sudah baca tips-tipsnya sampai habis? Ayo cepat agendakan liburanmu sekarang juga. Ajak keluarga, teman, pacar, saudara, atau siapapun yang ingin kamu ajak.

Tambah daftar panjang negara-negara yang kamu kunjungi dengan cara backapacker! Jangan lupa buat upload momen-momenmu selama disana di instagram atau facebookmu. Dan ceritakan kisah dan pengalaman backpackeran mu ke dalam blog pribadi.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.