Jalan-Jalan Ke Kuala Lumpur Ala Backpaker, Simak Tips Berikut Ini!

Posted on
Jalan-Jalan Ke Kuala Lumpur Ala Backpaker, Simak Tips Berikut Ini!
Rate this post
foto by malaysia-maps.com

Bagi yang sudah sering bolak-balik berlibur ke luar negeri seperti Singapore, Thailand, Bangkok, Hongkong, Vietnam, Phuket, lalu sudah coba wisata ke negara tetangga belom? Iya negara tetangga Malaysia.

Malaysia merupakan negara yang ramah untuk solo backpacker ataupun liburan keluarga. Biaya hidupnya juga ngga beda jauh sama Indonesia. Kalo pernah ke Singapura, ngga ada salahnya kan mampir ke salah satu kota yang ada negeri Jiran ini. Ya, apalagi kalau bukan Kuala Lumpur.

Untuk bisa ke Kuala Lumpur juga gampang banget, kalo kamu tinggal di Jakarta banyak pesawat yang melayani penerbangan menuju Kuala Lumpur. Kalo tinggal di Batam, tinggal nyebrang ajadeh, 1 jam juga nyampe.

Liburan 3 hari 2 malam saja rasanya sudah cukup. Untuk masalah budget tidak usah terlalu di pusingkan. Karena liburan ala backpacker itu anti yang mahal-mahal kok.
Maka dari itu simak 10 tips backpacker seru ke Kuala Lumpur ini sebelum kamu berangkat. Jangan ada yang terlewat !

1. Cek Masa Berlaku Paspor

foto by ascentatour.com

Banyak dari para travellers yang menyepelekan hal ini. Padahal hal ini salah satu faktor penting berhasil tidaknya liburanmu. Ada baiknya sebelum berangkat, cek lah terlebih dahulu masa berlaku paspormu. Pastikan jika masa berlakunya lebih dari enam bulan.

Karena jika masa berlakunya dibawah enam bulan akan menyebabkan hal-hal yang akan menggalkan liburanmu. Contoh saja kamu akan tertahan di bandara, saat hendak check in, di imigrasi, bahkan kena deportasi di negara tujuan. Nggak pengen kan hal-hal seperti ini terjadi pada kamu?

BacaJuga:  2018 Oktober Harga Tiket Universal Studio Singapore Singapura Promo Wahana + Acara Mendatang

2. Cari Tiket Pesawat Ke KLIA

foto by liputan6.com

Setelah memastikan masa berlaku paspor, carilah tiket perjalanan via udara menggunakan pesawat. Ada baiknya jika memesan tiket untuk perjalanan PP sekaligus supaya lebih hemat. Untuk bisa mendapatkan tiket murah, andalkan saja harga promo dari beberapa airlines.

Apalagi ini hanya ke Kuala Lumpur, kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat mulai dari 200ribu untuk sekali jalan.

3. Mencari Referensi Tempat Wisata Di Kuala Lumpur

foto by thulasidhalam.blogspot.com

Sebelum jalan-jalan ke Kuala Lumpur, sebaiknya cari tau dulu tempat wisata mana yang akan dikunjungi selama berada di Kuala Lumpur. Kamu bisa mencari review atau cerita dari para wisatawan yang pernah berkunjung ke KL melalui forum kaskus, blog, ataupun facebook community backpackers.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah menentukan tujuan wisata terbaik yang sering dikunjungi oleh para bakcpackers dari beberapa belahan dunia. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan berbagai info terkait dengan wisata tujuanmu.

4. Menginap di Dormitory

foto by theprejudice.wordpress.com

Bagian yang paling banyak menguras saku saat liburan adalah penginapan. Apalagi berlibur ke luar negeri harus jeli saat memilih penginapan yang murah dan nyaman,seperti hotel, hostel, guest house. Namun solusi terbaik jika kamu ingin liburan sendirian di Kuala Lumpur adalah memilih Dormitory.

Dormitory di KL sangat terjangkau, nyaman, dan aman lho. Untuk bisa menemukan dormitory dengan harga dibawah 100ribu itu gampang banget. Walaupun murah fasilitasnya cukup memadai kok seperti kamar mandi, loker, serta breakfast.

5. Naik Angkutan Umum, Siapa Takut?

foto by busesworldwide.org

Jika kamu sedang berada di negeri orang, bagaimana cara kamu untuk berkeliling kota, selain menggunakan angkutan umum.

Nggak kaya Bali dan Lombok yang transportasi umumnya kurang memadai ya. Angkutan umum di Kuala Lumpur sama kayak seperti di Jakarta, Jogja, Bandung, Medan kok, cukup banyak. Selain aman dan nyaman, waktu kedatangannya juga tepat waktu.

BacaJuga:  Perhatian, 8 Tempat ini Wajib Menjadi Destinasi Wisata Ketika Merayakan Libur Lebaran di Inggris

Kalau kamu ingin berkunjung ke obyek wisata sekitaran Kuala Lumpur, bisa juga naik bus kota gratis. Atau LRT MRT juga bisa, harganya mulai dari 1-6 RM atau setara dengan 3-18ribu, tergantung jarak tempuh perjalanan nya.

6. Makan Murah Dan Menyenangkan

foto by cibuka.com

Tak seperti di Indonesia, semua makanan yang dijajakan di pinggir jalan rata-rata harganya pasti murah. Beda hal nya dengan Kuala Lumpur, tidak semua makanan yang dijual di pinggiran jalan itu harganya murah.

Kalo kamu ada di area menara Petronas, coba deh cari makanan food truck. Harga makanan nya murah-murah lho. Paket makanan + minum aja harganya Cuma 8 RM atau 24ribu. Kamu juga bisa dapetin makanan dengan harga dibawah 10RM di foodcourt Central Market dan pasar malam kawasan bukit bintang lho.

7. Bawa Rice Cooker Atau Makanan Sendiri Supaya Lebih Hemat

Jika kamu sudah menghabiskan uang untuk makan diluar, ngga ada salahnya jika kamu ingin berhemat di sisa-sisa liburanmu. Maka dari itu, sebagai cadangannya kamu bisa membawa perbekalan dari Indonesia. Seperti rice cooker,beras, hingga makanan-makanan instan lainnya.

Beginilah pengalaman traveling ala backpacker, selalu ada cara untuk membuat liburan menjadi lebih low cost tetapi tetap menyenangkan.

8. Beli Oleh-Oleh Grosiran

foto by babymoontravelling.wordpress.com

Sama halnya di Jakarta, yang punya tempat belanja grosiran. Kuala Lumpur juga punya lho, Petaling Street namanya. Tempat yang berada di kawasan China Town ini banyak menjual barang-barang yang bisa dijadikan oleh-oleh dengan harga murah. Selain murah, masih bisa juga lho ditawar.

Selain Petaling Street, kamu bisa juga mengunjungi kawasan Central Market. Disana banyak juga toko-toko yang menjual oleh-oleh dengan harga murah seperti gantungan kunci, tas, hingga cokelat.

9. Pelajari Peta Sebelum Berangkat

foto by tribunnews.com

Dimanapun liburannya, tips ini memang sangat berguna untuk mengindari kita dari kebingungan yang dapat mengganggu perjalanan wisata kita. Pelajari peta kota tujuan itu penting, gunanya untuk menentukan angkutan umum yang sesuai dan rute perjalanan paling efisien saat ingin jalan-jalan.

BacaJuga:  5 Paket Wisata Murah Ke India Mulai Dari 5 Jutaan

Selain itu dengan mempelajari peta, kamu akan terjaga dari aksi kejahatan dan penipuan. Karena biasanya para penjahat itu mengincar para wisatawan yang gelagatnya bingung. Jadi jangan biarkan kamu jadi target kejahatan mereka ya.

10. Mampir Ke Lengkawi Island

foto by satujam.com

Selain berwisata ke obyek-obyek wisata yang ada di pusat kota seperti Menara Petronas, Batu Caves, Genting Highland, Melaka Wonderland, Jembatan Putra Jaya, ada baiknya jika kamu menyempatkan waktu sebentar untuk berlayar ke Lengkawi Island.

Yup ! Lengkawi Island adalah sebuah pulau di negara Kedah Darul Aman. Pulau ini patut untuk disambangi ketika kamu berlibur ke Kuala Lumpur. Sebelum berlayar ke Lengkawi, sempatkan juga untuk mengunjungi Penang atau Street Art In George Town.

Itu dia beberapa panduan yang dapat kamu ikuti saat berlibur tanpa paket tour di Kuala Lumpur. Untuk memudahkanmu dalam menyusun itenary, cobalah cari contoh rincian itenarary di google.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.