Backpacker Asyik Ke Kota Batu Malang? Ikuti 10 Panduan Ini!

Posted on
Backpacker Asyik Ke Kota Batu Malang? Ikuti 10 Panduan Ini!
5 (100%) 1 vote
foto by safeconvtravel.blogspot.com

Berwisata ke Kota Malang adalah hal paling dinantikan dan diburu oleh para Backpacker. Karena Malang merupakan salah satu kota wisata terbesar di Jawa Timur,Indonesia. Biaya hidup untuk traveling dikota ini relatif murah dan bersahabat dengan kantong para backpacker.

Bahkan tidak berhenti di Kota Batu dan Malang saja, banyak para backpacker yang memutuskan untuk melanjutkan petualangan mereka ke Gunung Bromo. Karena memang jarak Gunung Bromo dari Malang terbilang tidak begitu jauh.

Lantas, apa saja si yang dapat kita explore di Kota Apel ini selama 3 hari 2 malam? Dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melancong ke Malang?

Bagi yang belum pernah ataupun ingin kembali berkunjung ke kota ini dengan cara backpacker-an sendiri atau bareng pacar. Atau ingin pergi honeymoon bersama pasangan. Wajib ikuti panduan dari kami ini. Yuk !

1. Perjalanan Ke Malang

foto by jakarta.tribunnews.com

Bagi anda yang berdomisili di Jakarta, Bandung dan sekitarnya, gunakanlah transportasi umum via darat seperti kereta api. Yakni, kereta Api Ekonomi Matarmaja, tujuan Stasiun Pasar Senen – Stasiun Malang. Biaya tiketnya cukup terjangkau yaitu 109ribu rupiah. Lama perjalanannya yaitu 17 jam.

Nah buat yang tinggal di Surabaya, Jogja, Solo dan sekitarnya, bisa juga menggunakan kereta api baik ekonomi maupun bisnis dan eksekutif, tergantung budget yang kalian punya. Kalau dari arah Semarang bisa naik kereta api ekonomi Jayabaya.

Dan jika dirasa malas untuk menyewa kendaraan saat berada di Malang. Mungkin membawa kendaraan pribadi bisa jadi alternatif. Dengan begitu kamu akan lebih menghemat pengeluaran untuk naik angkutan umum.

2. Siapkan Perbekalan Dari Rumah

foto by artikel.pricearea.com

Selain untuk menemanimu saat perjalanan menuju Malang dan ketika berlibur. Untuk menghemat pengeluaran agar tidak jajan makanan di restoran kereta, ada baiknya kalau kamu membawa makanan, snack ringan, dan minuman dari rumah.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Tulungagung Lepas Kunci Harga Murah 2018 Matic Dengan / Tanpa Sopir

Karena seperti yang kita tau, bahwa harga makanan dan minuman di kereta itu cukup mahal kan. jadi daripada harus membuang uang lebih, mendingan bawa perbekalan sendiri aja!.

3. Pilih Penginapan Dekat Tempat Wisata

foto by traveloka.com

Sebelum berangkat ada baiknya kalau kamu sudah memesan penginapan terlebih dahulu. Sebagai pertimbangan, sebaiknya carilah penginapan di kawasan kota Batu. Karena Kota Batu, banyak banget tempat wisatanya. Jadi jika berencana untuk explore kota Batu jaraknya akan lebih dekat.

Jarak Kota Batu dengan Pusat Kota Malang juga dekat, Cuma satu jam perjalanan. Kalau kamu melakukan perjalanan backpacker bersama beberapa orang, lebih baik pilih guest house, hostel, atau villa agar lebih terjangkau.

4. Jangan Lupa Kunjungi Obyek Wisata Populer

foto by wisatajoss.com

Kawasan dengan banyak pilihan obyek wisatanya adalah Batu. Batu adalah tempatnya wisata-wisata populer. Maka dari itu, diawal kami sarankan agar mencari penginapan di kawasan Batu. Karena bukan tidak mungkin, kalo kamu akan banyak meghabiskan waktu untuk ngubek-ngubek wisata di Batu.

Nah terus wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat berada di Batu? Ada beberapa pilihan seperti Jatim Park 1,2,3, Museum Angkut,Taman Selecta,Secret Zoo. Dan jika malam tiba, kamu bisa nongkrong di Alun-alun Kota Batu.

Atau bisa juga mengunjungi Batu Night Specetacular, tempat wahana bermain malem hari, seperti Pasar Malam. Jika ingin menjelajahi pantai, cobalah ke area di Malang Selatan. Seperti Pantai Sendang Biru, dengan pulau Sempu nya yang terkenal.

5. Mencoba Wisata Gratis, Jangan Sampai Terlewat

foto by ngetripmurahjawatimur.blogspot.com

Setelah berkunjung ke beberapa obyek wisata berbayar, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba berwisata ke tempat yang gratis. Kamu bisa pergi ke Alun-alun Kota Malang menggunakan Bus City Tour.

Bus tersebut akan mengantarmu untuk berkeliling Kota Malang. Hal seperti ini patut dicoba saat malam hari. Selain menghindari panas, kamu juga bisa menikmati keindahan Kota Malang saat malam hari.

Selain itu, sempatkan untuk melihat Patung Ikonik kota Malang. Yaitu Patung Singo Edan Arema yang berada di Stasiun Malang Kota Baru. Patung tersebut adalah maskot dari tim sepakbola kebanggaan dari kota ini, yaitu Arema FC.

6. Transportasi Saat Di Malang

foto by abimanyutravelmalangjuanda.wordpress.com

Untuk menuju ke lokasi wisata tujuan hendaknya pikirkan dulu untuk menunggang apa. Karena di Malang untuk mencari tempat penyewaan motor agak susah, tidak seperti di Lombok ataupun Bali.

BacaJuga:  Tiket Masuk The Legend Star di Jatim Park 3, Tempat Yang Cocok Jika Pengen ke Istana Negara dan White House Sekaligus

Jika pergi sama rombongan alternatif menyewa mobil bisa dijadikan pilihan. Tapi opsi lain yang lebih hemat untuk para solo backpacker adalah menggunakan bus umum. Saat hendak naik bus, jangan ragu untuk tanya rute perjalanannya ya.

7. Metik Buah Apel Di Kota Asalnya

foto by surabayaadventure.com

Belum pernah kan ngerasain kan metik apel langsung dari pohonnya? Nah disinilah waktunya untuk kamu melakukan itu.

Malang memang kota dengan julukan Kota Apel. Karena di kota ini sangat banyak kebun pohon apel hijau tersebar luas. Terutama di Kota Batu. Pengalaman ini tidak boleh terlewat oleh para backpacker. Karena bakal jadi suatu pengalaman seru saat berlibur ke Kota Malang.

Kamu bisa berkunjung ke Agrowisata Kusuma yang ada di Batu. Rasakan sensasi berbeda memetik dan makan buah apel langsung dari pohonnya. Biaya untuk bisa melakukan kegiatan ini adalah antara 34ribu – 54ribu. Selain apel, pengunjung juga bisa memetik buah strawberry.

8. Icip-Icip Kuliner Khas Kota Apel

foto by backpackerladyblog.wordpress.com

Ketika berlibur ke Kota Malang, ada satu rangkaian yang tidak boleh tertinggal. Yaitu mencicipi kudapan khas Malang. Ada satu kudapan terkenal di Malang, bahkan populer di seluruh kuliner nusantara. Bakso Bakar Trowulan, yaps ! bakso bakar ini memang legendaris banget di Malang.

Populer karena kelezatan yang tidak ada duanya. Bahkan banyak wisatawan maupun warga lokal rela menunggu berjam-jam hanya untuk beberapa tusuk bakso bakar ini. Bumbunya yang istimewa dan khas membuat siapa saja akan ketagihan saat mencicipi kudapan ini.

Selanjutnya ada Depot Hok Lay. Disana ada Cwi Mie Pangsit nya yang terkenal. Buat yang ngga tau cwi mie, itu adalah sebutan untuk miayamnya orang malang. Jadi mereka menamai makanan sejuta umat ini dengan sebutan Cwi Mie.

Selain Cwi Mie, ada juga minuman yang berasal dari campuran coklat dan susu murni, Fresco namanya.

Saat mampir ke Alun-alun Kota Batu, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam makanan olahan ketan dengan topping yang variatif. Kamu bisa menemukannya di Pos Ketan Legenda 1967.

BacaJuga:  Alamat Pusat Grosir Surabaya PGS: Tas Terbaru, Baju Muslim, Skotlet, Alat Listrik, Buka Jam Berapa?

9. Berburu Oleh-Oleh Murah

foto by malang.merdeka.com

Jika kamu berniat untuk membawakan oleh-oleh untuk keluarga,teman,atau saudara di tempat tinggalmu, coba bawakan saja buah tangan Apel Hijau hasil petikanmu saat di Agrowisata Kusuma tadi?. Selain lebih hemat, ini bakal jadi oleh-oleh ter anti mainstream yang pernah ada.

Karena biasanya, orang-orang akan malas untuk membawa buah aslinya. Jadi kadang mereka lebih memilih membawakan oleh-oleh dari olahan buah apel, seperti keripik apel. Oleh-oleh seperti itu bisa kamu dapatkan di kawasan terminal Arjosari. Atau lebih tepatnya di Goedang Oleh-Oleh.

10. Membawa Sweater

Batu dan Malang merupakan kota yang dekat dengan pegunungan. Maka tak heran jika udara di wilayah ini cukup sejuk bahkan dingin. Jadi saat packing barang-barang dan perlengkapan liburan, jangan lupa untuk membawa baju hangat.

Supaya kamu bisa tetap backpacker-an tanpa terganggu dengan suhu dingin yang ada di Kota Batu dan Malang. Bahkan saat malam haripun, kamu tidak usah menggunakan kipas angin ataupun pendingin ruangan. Karena saat malam hari, suhu udaranya lebih dingin.

Jadi jangan heran ya, saat menginap di kawasan Batu, kamu akan jarang sekali menemukan hotel yang menyediakan fasilitas pendingin ruangan.

Itu dia beberapa tips menarik dan seru dari JejakPiknik.com untuk pengalaman trip bacpacker ke Malang di tahun 2018 ini. Gimana? Sudah kamu ingat-ingat? Jika khawatir lupa, silahkan catat saja gengs!.

Semoga info tadi bisa jadi panduan petualanganmu kali ini ya! Jangan lupa juga merancang sebuah itenerary untuk menghitung estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.