10 Gambar Benteng Pendem Cilacap, Sejarah Misteri Wisata + Asal Usul Obyek Dunia Lain

Posted on
Benteng pendem cilacap sejarah misteri wisata asal usul 1861 gambar foto jawa tengah dunia lain obyek 2017 tempo dulu masih angker jateng youtube alamat artikel barak berdirinya latar belakang jam buka bagian terowongan bawah laut cerita mistis tentang seram tempat denah fungsi hantu harga tiket masuk penampakan informasi jalan menuju ke kisah keangkeran lokasi legenda laporan mitos makalah mula makam mister tukul uji nyali peta pengelola penjara pariwisata rute riwayat singkat video wikipedia
Pintu Masuk Benteng Pendem Cilacap. Foto: perjalananpuas.blogspot.com

Lokasi: Jl. Benteng, Cilacap Sel. Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 8.000
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00 WIB
Telepon: 0282-534481

Pemerintah Belanda pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad yang memberikan banyak kisah serta sejarah mengenai perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan dan juga mempertahankan kemerdekaan tersebut. Hal ini bisa terlihat masih banyaknya saksi bisu berupa bangunan bersejarah yang ada di Indonesia tersebut.

Salah satu bangunan bersejarah yang bisa ditemukan di Indonesia ini adalah benteng yang digunakan untuk mempertahankan daerah yang dipimpin oleh Belanda dari serangan para pejuang kemerdekaan Belanda. Sekarang ini bangunan-bangunan heritage ini menjadi salah satu kawasan wisata sejarah yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Pintu Gerbang Utama Benteng. Foto: wikimedia.com

Kisah sejarah dan juga cerita dari bangunan heritage ini juga muncul di Benteng Pendem di Cilacap yang berada di daerah Jawa Tengah atau Jateng. Sudah banyak cerita dan informasi berupa artikel, makalah yang terbit di website atau situs seperti wikipedia yang menyajikan cerita asal usul atau awal mula berdirinya benteng tersebut dan juga fungsinya serta latar belakang dari benteng tersebut.

Selain kisah sejarah dan historis ada pula cerita-cerita mistis, misteri, mitos, seram, horor dan keangkeran dari benteng yang memiliki usia lebih dari 1 abad tersebut. Cerita angker ini bahkan sempat pula tertuang dalam video singkat di youtube dan juga menjadi lokasi dari uji nyali dunia lain serta Mister Tukul yang menarik minat para wisatawan yang gemar dengan cerita misteri. Apalagi ada laporan sempat tersiar kabar terdapat penampakan hantu dimana di benteng tersebut juga terdapat makam dari para pejuang yang berusaha melawan penjajah. Tempat yang cukup mengerikan tentunya bagi yang tidak gemar dengan cerita hantu. Apalagi benteng ini cukup melegenda di kalangan masyarakat Cilacap.

Terowongan Benteng Pendem. Foto: wikimedia.com

Mengenal Sejarah Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap ini letak dan lokasi serta alamatnya berada di daerah pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dan pada tempo dulu bangunan ini adalah benteng bersejarah yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda di abad ke 18 atau tepatnya di tahun 1816. Benteng Pendem ini memiliki nama yaitu Kustbatterij op de Landtong te Cilacap.

Seperti yang disebutkan bahwa dinamai Benteng Pendem ini dikarenakan bangunan ini sebagiannya terpendam di dalam tanah. Bangunan ini dahulu riwayatnya digunakan untuk kantor pemerintahan Hindia Belanda dan juga bagian dari markas pertahanan Kolonial Belanda tersebut. Benteng ini berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 6,5 hektar. Pembangunannya sendiri memakan waktu sekitar 18 tahun dari 1816 dan digunakan pada tahun 1879.

Taman di Benteng Pendem Cilacap. Foto: viva.co.id

Benteng ini dahulu pernah terbengkalai disebabkan tertutup pasir dari pesisir pantai. Hal ini disebabkan lokasi dari benteng ini berdekatan dengan pantai selatan Cilacap. Di tahun 1986 akhirnya oleh pengelola dari benteng tersebut yang diambil alih oleh pemerintah Kabupaten Cilacap di gali dan juga dilakukan pemugaran di sekitar kawasan wisata benteng tersebut. Dan sekarang ini tepatnya di tahun 2017 ini Benteng Pendem ini menjadi salah satu pesona di dunia pariwisata kota Cilacap.

Area Depan Benteng Pendem. Foto: wikimedia.com

Sebelumnya di tahun 1879, Benteng Pendem ini diberi nama Kusbatterij op de Landtong te Tjilatjap oleh pemerintah Belanda yang memimpin kota Cilacap. Nama ini memiliki arti tersendiri yaitu Benteng yang ada di atas tanah dan menjorok ke laut menyerupai lidah. Hal tersebut disebabkan letak dan lokasinya yang berada di dekat pantai dan menjorok ke laut.

Salah satu obyek wisata di Cilacap ini memang dahulu difungsikan guna mempertahankan garis pantai yang ada di bagian Selatan dari pulau Jawa tersebut. Hal ini disebabkan karena kota Cilacap yang berada di dekat Pulau Nusa Kambangan ini letaknya strategis dan tertutup pulau tersebut. Kekokohan bangunan tersebut semakin menjadi ketika Jepang memasuki kawasan Indonesia dan mengusir Belanda.

Di tahun 1942 ini Jepang mempertahankan benteng tersebut dan masih memfungsikan benteng tersebut sebagai bagian pertahanan dari Jepang. Setelah Perang Dunia II usai akhirnya benteng tersebut akhirnya dikuasai kembali oleh Belanda setelah Jepang menyerah kepada sekutu pada perang yang sangat dahsyat tersebut. Tepatnya pada tahun 1945 benteng ini akhirnya ditinggalkan oleh Jepang akibat Nagasaki dan Hiroshima di bom atom oleh sekutu pada masa itu.

Terowongan Benteng Pendem. Foto: wikimedia.com

Benteng Pendem ini sebagian besar masih terpendam oleh tanah dari pasir yang ada di pesisir pantai Cilacap tersebut. Menurut keterangan dari Kepala Dinas Paririwisata dan kebudayaan Kabupaten Cilacap sendiri memang belum tergali sepenuhnya kawasan benteng yang terpendam oleh tanah tersebut. Hal ini disebabkan kebutuhan dana yang sangat besar dan juga perlu waktu yang cukup lama guna membuka semua benteng tersebut.

Ditambah lagi untuk area teknis dan struktur bangunan sendiri perlu diteliti lebih lanjut apakah bisa digali dan dibuka seluruhnya. Mengingat Benteng ini sudah cukup lama terpendam tanah dan belum diketahui dengan pasti mengenai denah atau peta dari benteng tersebut. Ditakutkan akan terjadi hal-hal yang berbahaya ketika menggali lebih dalam.

Gedung Benteng Pendem Cilacap. Foto: hilsya.com

Mengunjungi Benteng Pendem Cilacap

Untuk mengunjungi benteng ini tentu saja sangat mudah. Ada banyak jalan dan rute menuju ke kawasan wisata bersejarah ini.  Benteng yang dahulu adalah markas pertahanan tentara Belanda ini memang ditujukan untuk mengahalu serangan musuh yang kerap muncul di daerah laut Selatan Pulau Jawa. Benteng ini tentu saja mendukung benteng-benteng lain yang ada di Cilacap seperti Benteng Cepiring, Benteng Klingker, dan Benteng Karang Bolong yang letaknya berada di Pulau Nusakambangan.

Setelah jatuh ke tangan Indonesia, benteng ini sempat dijadikan benteng pertahanan oleh Banteng Loreng dari Jawa tengah. Tentara Nasional Indonesia atau TNI akhirnya menjadikan benteng ini sebagai markas utama dan juga barak para tentara sebagai tempat latihan perang.

Ruangan di Benteng Pendem. Foto: wikimedia.com

Benteng Pendem ini memiliki struktur bangunan yang diantaranya terdapat beberap aruangan dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Belum diketahui dengan jelas fungsi dari ruangan tersebut hingga saat ini. Hanya ada beberapa ruangan yang ada di dalam Benteng yang mudah untuk diidentifikasi dan juga diketahui fungsinya. Salah satunya adalah ruang barak tentara dan juga ruang tahanan atau penjara.

Selain itu para pengunjung juga bisa melihat dan mengunjungi area benteng pertahanan serta ruang rapat. Masih ada pula ruang pengintai, klinik pengobatan dan juga gudang untuk amunisi senjata. Di dekat benteng pertahanan juga terdapat ruang perwira serta dapur dan juga peralatan senjata lainnya.

Di sini pula para wisatawan bisa mendapatkan misteri dari lorong atau terowongan bawah laut yang ternyata terkoneksi dengan benteng-benteng serta goa yang ada di dekat Benteng Pendem Cilacap tersebut. Seperti halnya di Pulau Nusakambangan ini. Sayangnya beberapa goa ini sudah terendam dengan air laut disebabkan dindingnya yang sudah menua dan juga bocor.

Tidak jarang para pengunjung mengambil gambar dan foto di sekitar goa yang ada di benteng tersebut. Bagian terowongan bawah tanah menuju ke Nusakambangan ini memang menjadi salah satu jalur yang cukup sering menjadi incaran para wisatawan. Di sini juga terdapat pintu yang terbuat dari besi dan digembok. Tidak ada yang berani memasuki area tersebut. Kabarnya pintu ini adalah rute untuk menuju ke pulau Nusakambangan yang sebagiannya sudah terendam air laut. Oleh sebab itu tidak boleh dibuka.

Parit di Benteng Pendem Cilacap. Foto: wikimedia.com

Ada banyak cerita horor yang bisa ditemukan di sini. Salah satunya adalah di ruang penjara yang memang kerap dijadikan tempat menahan para tawanan dengan kondisi yang sempit dan tidak ada udara. Lalu ada pula area ruang senjata dimana terdapat banyak meriam lapisan pertama guna merangsek musuh yang berhasil masuk ke dalam area benteng. Sayangnya sudah banyak genangan air di sini.

Benteng Pendem ini memang secara garis besar tidak jauh berbeda dengan benteng-benteng lain yang ada di Pulau Jawa ini. Memiliki bentuk yang kokoh dan juga tembok tinggi guna menghalangi musuh untuk masuk. Lalu di bagian tembok terdapat meriam guna mendesak musuh untuk mundur.

Ruang Klinik di Benteng Pendem. Foto: hilsya.com

Untuk masuk ke benteng Pendem ini para wisatawan bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal nelayan selama 15 menit. Biasanya jasa menggunakan kapal nelayan ini seharga 50 ribu hingga 100 ribu saja. Cukup murah untuk satu kapal yang bisa diisi 10 orang.

Sementara tiket masuk untuk ke benteng ini cukup membayar biaya sebesar 8 ribu per orang. Dengan harga tiket tersebut tentu saja sudah cukup membawa para wisatawan menikmati sisi sejarah dari benteng tersebut. Jam buka benteng ini sekitar jam 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 6 sore WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *