10 Gambar Bukit Baper Tegal, Jalan Menuju ke Sana, Lokasi Alamat + Jam Buka Tutup

Posted on

Lokasi : Jl. Bumijawa, Tembelang, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466
Map: KlikDisini
HTM: Rp 6.000,-
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/tiyan_ummusultan/

Bukit Baper Tegal dari namanya mungkin akan membuat kamu baper alias bawa perasaan. Kamu memang harus membawa perasaan senang saat berada disana. Sebab, objek wisata ini dapat memberikanmu kepuasan liburan tersendiri.

Nama dari bukit ini sebenarnya diambil dari Batursari Perkemahan dan disingkat menjadi Baper. Unik sekali bukan namanya. Ketinggian kawasan wisata asri ini sekitar 1200 mdpl. Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Brebes juga memilih daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata.

Spot wisata ini masit tergolong baru dan sedang hits akhir-akhir ini.  Terdapat beberapa titik instagramable disana, dimana cocok sekali untuk tempat memadu kasih bersama pasangan. Sebelum berkunjung ke Bukit Baper Tegal, ketahui dulu deskripsi atau gambarannya.

Daya Tarik Bukit Baper Sirampog

foto by instagram.com/alsywlna95/

Wisata alam bukit baper menampilkan sajian alam dari ketinggian. Disana, kamu akan melihat keindahan alam berbeda seperti biasanya. Suasananya begitu sejuk, penuh dengan hawa dingin yang menyegarkan paru-paru dan otak.

Lalu, juga menampilkan bukit baper yang diselimuti kabut awan putih, sajian alam langka. Kalau sedang berkabut, kelihatan mirip di wisata Goa Kreo. Karena itu beberapa orang menamai objek wisata ini dengan Negeri Sepantaran Awan.

Wisata alam ini menyuguhkan konsep gardu pandang dengan landscape keindahan kota Tegal – Brebes Jateng. Dari gardu pandang tersebut pengunjung akan menyaksikan area perbukitan, hamparan sawah luas dan pepohonan hijau. Serta rumah-rumah penduduk nampak kecil sekali.

foto by instagram.com/anissa0417/

Bahkan mata kamu nantinya dimanjakan dengan panorama kabut tipis nampak seperti berjalan pelan-pelan menyelimuti area sekitar. Nah, siapkan kameramu untuk mengabadikan fenomena alam tersebut.

Sedikit demi sedikit kabut menebal dengan cahaya langit berwarna jingga keemasan. Itu pasti membuat siapa saja yang melihatnya terkesima. Cocok sekali dilihat bagi kamu yang sedang jatuh cinta. Memadu kasih disana dapat menambah kehangatan hubungan pasangan.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Diponegoro Semarang, Sejarah Hiburan + Alamat Bukit

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Bukit Baper Bumijawa

foto by instagram.com/auliyyabintia/

Hal pertama yang harus kamu dan para pengunjung lainnya lakukan adalah menikmati alam di atas gardu pandang. Naiklah ke atas, lalu kamu akan dimanjakan oleh area persawahan hijau yang membentang luas. Kemudian, juga nampak pohon-pohon pinus serta perumahan warga.

Sembari menyaksikan keindahan tersebut, kamu pun ditemani oleh angin semilir membuat suasana hati adem. Lebihnya lagi melihat kabut awan yang menyelimuti alam sekitar tempat berpijak, sungguh dapat melepaskan penat. Benar-benar menawan dan memberikan kesan tersendiri.

Setelah puas memandangi alam menakjubkan, selanjutya teruskan dengan kegiatan foto-foto. Kawasan wisata ini memiliki banyak spot foto selfie menarik baik untuk sendiri maupun beberapa orang. Karena itu juga, bukit baper ramai dengan muda-mudi.

foto by instagram.com/eli_kiran/

Disana, kamu bersama teman atau pasangan bisa berfoto bak selebgram karena latarnya sangat menakjubkan. Kalau mau selfie, nunggu giliran gantian sama yang lainnya. Habis selfie, lalu upload instagram kasih hastag dan mungkin akan nambah follower.

Destinasi wisata ini dapat membuat kamu melepaskan kepenatan karena aktivitas harian. Dimana takkan berurusan dengan pekerjaan, macet atau keramaian kota dan lainnya.

Di tempat ini kamu justru dimanjakan dengan berbagai keindahan alam dan menjadi obat alami untuk penyegaran pikiran, badan dan jiwa. Bahkan lebih seru lagi, jika memutuskan untuk menginap disana.

fotom by instagram.com/alattasridho/

Sebagaimana namanya Bukit Batursari Perkemahan yang disingkat Baper. Tentulah menyediakan suatu kawasan untuk perkemahan. Nah, cocok sekali bagi kamu para kamula muda yang ingin berpetualang, menyatu bersama alam serta menginap dengan cara berbeda.

Sementara bagi kamu yang suka hiking juga bisa melampiaskannya disana. Tidak hanya tempat asyik untuk foto selfie, camping atau memandangi alam saja, melainkan juga ada jalur trekking menyenangkan bagi para pecinta hiking.

BacaJuga:  10 Foto Wisata Kota Lama Semarang, Sejarah Kawasan + Lokasi Peta Alamat Letak

Tak ada salahnya juga bagi kamu yang tidak begitu suka hiking mencoba jalur tersebut. Menjelajahi alami luas akan memberikanmu pengalaman tak terlupakan. Tapi, hati-hati saat melakukan perjalanan, tetap bersama rombongan ya.

foto by instagram.com/auliyyabintia/

Agar dapat mencapai puncak bukit baper, kamu harus melalui jalur pendakian sekitar 1,5 km dari parkiran. Memang jaraknya tidak dekat, tapi selama perjalanan menuju puncak perasaaanmu takjub dan senang akan lingkungan sekitar.

Ada banyak pepohonan dan sayuran berjajaran, sangat meneduhkan pikiran. Kalau pagi hari, nampak para warga beraktivitas mengurus tanaman masing-masing.

Fasilitas di Bukit Baper

Sebagai objek wisata yang dikelola secara baik, bukit baper memiliki berbagai fasilitas yang disiapkan untuk para pengunjungnya. Sudah ada toilet, tempat parkir cukup luas, camping ground dan beberapa fasilitas lainnya. Selain itu, ada pula warung untuk memenuhi kebutuhan makan.

foto by instagram.com/syarief_alan/

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Bukit Baper buka selama 24 jam setiap hari. Sementara harga tiket masuk sebesar Rp 6.000/ orang. Biaya parkir Rp 2.000/ kendaraan, pada hari minggu atau libur biaya parkir mungkin naik sekitar Rp 3.000/ kendaraan.

Letak dan Jalan Menuju Bukit Baper Bumijawa

Alamat bukit baper ini di Jl. Bumijawa, Tembelang, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466. Letaknya berada di antara dua kabupaten yakni Tegal dan brebes. Kalau dari Brebes, alamanya di Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Walaupun letaknya berada diantara dua kabupaten, tapi pemandangan yang disajikan mengarah ke Tegal. Alamnya juga tak jauh dari wisata air panas guci hanya berjarak beberapa kilometer saja. Sedangkan dari pusat kota Brebes, bukit baper berjarak 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

foto by instagram.com/hery_stw27/

Rute dari Brebes, ambil jalur ke Jalan Raya Luwunggede menuju Bulakelo atau Jalan Raya Bulu. Lalu ke jalan alternatif Pejagan – Prupuk atau Jalan Ketanggungan. Kemudian, ke Margasari atau Pejagan – Bumiayu.

BacaJuga:  15 Daftar Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah: Sayung Mranggen Wedung Terbaru

Tetap ikuti jalan dan ambil arah ke Jalan raya Tegal – Purwokerto atau Jalan Tegal – Cilacap. Lalu ke Jalan Bojong, Jalan Raya Tuwel –  Bumijawa atau Jalan Wredameta di Bumijawa. Terus ikuti Jalan Bumijawa di Tembelang, belok kiri dan akan menemukan Bukit Batursari Perkemahan.

Rute dari Tegal, menuju arah tenggara ke Jalan Banjaranyar – Tegal. Ikuti Jalan raya Tegal – Purwokerto, belok kiri menuju Jalan. Bojong atau Jalan Raya Yomani – Guci. Ikuti Jalan Bojong, lalu belok kiri ke Jalan Raya Tuwel –  Bumijawa, berlanjut ke Bukit Baper.

Apabila ingin lebih jelas, gunakan map. Hidupkan GPS juga untuk lebih mudah mencari rutenya. Destinasi wisata ini sudah cukup populer, jadi tidak terlalu sulit menemukannya. Kamu bisa bertanya kepada warga desa mengenai lokasi tepatnya.

Tips Berlibur :

foto by instagram.com/rose_sallma_rafliyani/

Ketika berlibur ke objek wisata alam ini, jangan buang sampah sembarangan. Jangan mengotori alam indah dengan jejak buruk. Tinggalkan kenangan manis saat berwisata di Bukit Baper. Selain itu, jangan pipis sembarangan karena ada toilet.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Pakai sepatu atau sandal outdoor biar nyaman, tidak mudah terpeleset di tanah merah. Pastikan kendaraan terkunci dengan baik, bawa perlengkapan terbaik untuk aktivitas outdor. Jangan lupa bawa kamera supaya dapat mengabadikan momen-momen manis serta pemandangan alam terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.