Tiket Masuk Bukit Cinta Pamekasan Madura, Alamat Rute Peta + Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Bukit cinta pamekasan madura lokasi alamat rute tiket masuk peta regency jalan menuju kabupaten harga gorontalo
Pintu Gerbang Eduwisata SPM. Foto: pinterest.com

Lokasi: Sentol, Pademawu, Pamekasan Regency, Gorontalo 69323, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 20.000
Buka/Tutup: 07.00 – 16.00 WIB
Telepon:

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kawasan wisata yang siap memanjakan para turis asing. Di sini bisa ditemukan banyak kawasan wisata seperti kawasan wisata alam, sejarah dan juga budaya serta reliji yang bisa memberikan informasi dan juga wawasan serta edukasi kepada para wisatawan.

Di Pulau Jawa ini memang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan terutama turis asing untuk mengenal keindahan kawasan wisata alam yang megah. Di pulau ini ada banyak kota yang memberikan keindahan dan eksotisme alam yang mengagumkan. Terutama pulau Madura yang tentu saja memiliki pesona tersendiri.

Ternyata Madura bukan hanya memiliki objek wisata religi dan kuliner saja. Ada banyak kawasan wisata yang bisa ditemukan di pulau yang berdekatan dengan kota Surabaya ini. Di pulau Madura ini yang juga masuk ke dalam daerah administratif Provinsi Jawa Timur tersebut memberikan banyak kawasan wisata edukasi dan juga kawasan wisata alam. Salah satunya adalah kawasan wisata alam Selamat Pagi Madura.

Kolam Renang di Bukit Cinta. Foto: okezone.com

Mengenal Kawasan wisata Selamat Pagi Madura

Kawasan wisata Selamat Pagi Madura ini merupakan salah satu kawasan wisata edukasi yang bisa ditemukan di pulau Madura tersebut. Tentu saja ada banyak wahana yang bisa ditemukan di kawasan wisata edukais ini. Salah satu wahana yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan kala berlibur ke SPM Madura ini adalah Bukit Cinta.

Kawasan wisata Bukit Cinta ini memang menjadi salah satu daya tarik dari obyek wisata Selamat Pagi Madura. Tentu saja seperti kita ketahui bersama hal-hal yang berbau cinta tentu saja akan menjadi idola terutama di kalangan anak-anak muda sekarang ini. Sudah pasti akan menjadi hits.

Kawasan wisata edukasi ini alamat dan lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Pamekasan Regency. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan Bukit Cinta yang dibuat oleh pengelola Selamat Pagi Madura tersebut. Tentu saja suasana yang ditawarkan menjadi primadonda dan idola bagi anak-anak muda.

Wahana ini mempunyai bentuk love atau cinta dengan perpaduan antara rerumputan hijau yang memberikan pesona alam tersendiri. Tentu saja banyak anak-anak muda dan juga masyarakat sekitar yang berkeinginan mengabadikan foto dan gambar ketika berlibur ke Bukit Cinta ini. Tidak jarang banyak yang berselfie dan juga merekam video di kawasan wisata ini. Tentu saja tidak lupa pula mengunggahnya ke media sosial seperti instagram.

Selfie di Bukit Cinta. Foto: suarapamekasan.com

Keindahan Bukit Cinta Pamekasan

Kawasan wisata Bukit Cinta ini merupakan sebuah bukit yang dibangun oleh pengelola Selamat Pagi Madura dengan mengedepankan bentuk tangga yang memiliki tampilan jantung hati. Dari kejauhan para wisatawan sudah bisa melihat bentuk jantung hati yang menarik dan juga mempesona tersebut.

Ketika para pengunjung berada di area puncak Bukit Cinta tersebut, tentu saja para pengunjung sudah bisa melihat sebagian kawasan wisata Selamat Pagi Madura dari area puncak ini. Selain itu para pengunjung juga bisa melihat permainan Flying Fox yang letaknya tidak jauh dari bukit ini. Tidak heran jika masa liburan tiba seperti pada akhir pekan atau libur nasional, wahana Bukit Cinta ini akan selalu dipadati oleh pengunjung. Ada banyak yang berselfie dan berfoto-foto di sekitar area puncak bukit ini.

Tentu saja di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan dan eksotisme dari panorama yang disajikan oleh Bukit Cinta. Selain itu bentuk jantung hati dari Bukit Cinta ini juga memberikan sisi menarik tersendiri. Sebuah momen yang indah dan menarik. Apalagi jika mengunjungi kawasan wisata ini bersama pasangan yang bisa menjadi salah satu kegiatan liburan yang romantis.

Kawasan wisata yang beroperasi pada bulan Juli ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang diincar oleh para wisatawan. Bahkan ketika Lebaran saja area ini dikunjungi sekitar 5 ribu pengunjung hanya pada saat Lebaran. Bisa dibayangkan bagaimana pesona Bukit Cinta ini memang mampu membius para wisatawan yang hadir ke kawasan wisata ini.

Panorama di Bukit Cinta. Foto: traveljaya.com

Harga tiket dan Jam Operasional Selamat Pagi Madura

Kawasan wisata edukasi atau biasa disebut Eduwisata Selamat Pagi Madura (SPM) ini memiliki banyak wahana yang menarik dan juga siap menghibur para pengunjung baik anak-anak hingga dewasa dan juga pria atua wanita. Ada banyak wahana yang bisa dikunjungi selain Bukit Cinta seperti wahana waterboom, Outbound dan juga kolam pemancingan yang sangat menarik dan juga memberikan pesona tersendiri. Meski seperti yang diketahui bersama bahwa Bukit Cinta tetap menjadi primadona dan juga incaran para pengunjung.

Ketika libur telah tiba seperti akhir pekan dan juga libur nasional seperti Lebaran, tidak salah jika kawasan wisata edukasi SPM ini memang diincar banyak para wisatawan. Dan ternyata bukan hanya dari Pamekasan saja. Banyak para wisatawan dari Sumenep, Sampang bahkan Surabaya hingga luar Madura seperti Jogja dan Solo mengunjungi kawasan wisata ini.

Kawasan wisata edukasi Selamat Pagi Madura ini berdiri di atas lahan sebesar 2,5 hektare yang sangat luas. Kepadatan para pengunjung masih terus terjadi terutama di akhir pekan. Biasanya para pengunjung akan membawa keluarga dan juga anak-anak mereka untuk melihat dan menikmati keindahan alam di Bukit Cinta serta menikmai aneka wahana permainan di Selamat Pagi Madura tersebut.

Atap Payung di Bukit Cinta. Foto: otonomi.co.id

Untuk menikmati segala macam wahana dan juga area Bukit Cinta ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga sekitar 20 ribu per orang. Dengan harga yang relatif murah ini tentu saja para wisatawan sudah bisa menikmati dan mencoba berbagai macam wahana yang ada di sekitar kawasan wisata Selamat Pagi Madura tersebut.

Sementara jam operasional atau jam buka dari kawasan wisata ini sejak pukul 8 pagi WIB. Dan akan tutup pada pukul 4 sore WIB. Sayangnya para pengunjung tidak bisa menikmati keindahan Bukit Cinta hingga malam hari. Ketika sore Selamat Pagi Madura sudah tutup untuk umum. Kawasan wisata Selamat Pagi Madura ini bisa menjadi salah satu lokasi liburan alternatif yang murah dan tentu saja tidak kalah dengan kawasan wisata lain yang ada di sekitar Madura dan juga Jawa Timur. Tentu saja bisa menjadi tempat liburan di akhir pekan yang dekat dengan rumah tanpa harus berjalan jauh.

Selfie Romantis di Bukit Cinta. Foto: mldspot.com

Keindahan Bukit Cinta dan Bukit Jaddih

Kawasan wisata Selamat Pagi Madura ini tentu saja sudah memiliki petugas yang siap membantu para wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata tersebut. Tercatat ada sekitar 40 petugas yang sudah tersebar di beberapa titik guna menjaga keamanan serta kenyamanan para pengunjung. Terutama anak-anak yang memang cukup gemar berlibur ke kawasan wisata ini.

Sayangnya meski sudah ada beberapa fasilitas umum seperti tempat sampah, masih banyak para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Tentu saja hal ini membuat para petugas sedikit kewalahan. Dan akan berdampak pula kepada keindahan kawasan wisata Bukit Cinta dan Selamat Pagi Madura tersebut. Dari pihak Selamat Pagi Madura ini memang belum ada sosialisasi mengenai lokasi tempat sampah sehingga masih cukup banyak para pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Keindahan Bukit Cinta ini memang sangat layak untuk dikunjungi bagi para pecinta dunia fotografi terutama yang gemar selfie. Lokasi kawasan wisata yang berada di daerah Gorontalo, Pamekasan ini menjadi saingan berat untuk kawasan wisata Bukit Kapur Jaddih yang berada di daerah Bengkalan. Kedua bukit ini mampu menyajikan pesona alam yang mengagumkan.

Bukit Kapur Jaddih ini merupakan kawasan wisata kebanggaan dari Kabupaten Bangkalan. Tentu saja keindahan dari bukit ini pula yang sempat viral dan juga booming di media sosial sehingga banyak para wisatawan yang berlibur ke kedua bukit tersebut. Tidak heran jika banyak para wisatawan terutama turis domestik yang cukup penasaran dengan keindahan kedua bukit ini.

Biasanya anak-anak muda akan mengunjungi kawasan wisata Bukit Cinta sekaligus akan mampir ke daerah Bangkalan untuk melihat keindahan Bukit Kapur Jaddih. Keindahan alam batu kapur serta pesona hijau dari Bukit Cinta yang eksotis tentu saja bisa memberikan kepuasan tersendiri kepada para wisatawan yang berlibur ke kedua bukit ini.

Eksotisme romantis di Bukit Cinta. Foto: otonomi.co.id

Aneka Wahana permainan di Bukit Cinta

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kawasan wisata ini berada di lahan yang luas. Edu wisata Selamat Pagi Madura ini diresmikan pada tanggal 8 Juli 2016 yang bertujuan guna memberikan wawasan edukasi kepada masyarakat Madura dan juga menyajikan aneka wahana permainan untuk hiburan bagi masyarakat sekitar.

Tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik dari kawasan wisata eduwisata ini. Apalagi Bukit Cinta yang diincar oleh para wisatawan ini berpadu dengan berbagai macam wahana permainan yang sangat mengasyikkan. Dijamin bisa memanjakan para wisatawan yang datang berlibur bersama keluarga.

Salah satu wahana dan juga fasilitas permainan yang bisa ditemukan di sini adalah Kolam Ikan. Area ini menjadi salah satu wahana yang ditawarkan oleh Selamat Pagi Madura kepada para wisatawan yang hadir di sini. Para pengunjung bisa melihat aneka jenis ikan dan juga tanaman air yang berada di area kolam ikan tersebut. Hal ini bisa memberikan edukasi serta menyajikan suasana yang sejuk di sekitar kolam tersebut.

Wahana lain yang tidak kalah menarik adalah Tempat Memanah. Di sini para wisatawan akan diajak untuk belajar dan berlatih untuk memanah. Salah satu olahraga yang disunnahkan dalam Islam ini memang sekarang ini sedang booming. Para wisatawan tidak perlu khawatir akan peralatan dan perlengkapannya. Di kawasan wisata Bukit Cinta Selamat Pagi Madura ini sudah menyediakan perlengkapan dan juga peralatan memanah yang komplit. Rasakan sensasi menjadi Robin Hood atau Arjuna yang pandai memanah.

Selfie cantik di Bukit Cinta. Foto: hipwee.com

Sementara bagi yang ingin memanjakan adrenalin, bisa mengunjungi area Flying Fox. Wahana outbound ini tentu saja siap memberikan pengalaman berbeda kepada para wisatawan. Di wahana Flying Fox tersebut para pengunjung akan meluncur dari area Bukit Cinta ke Selamat Pagi Madura. Rasakan sensasi meluncur di atas ketinggian dan menikmati keindahan alam di sekitar kawasan wisata ini.

Wahana Playground sudah disiapkan oleh Selamat Pagi Madura. Wahana ini tentu saja berisi aneka permainan anak-anak seperti taman bermain yang berupa papan seluncur, jungkat-jungkit dan juga permainan lain yang tidak akan membuat anak-anak bosan. Dijamin para pengunjung anak-anak akan sangat senang berlibur ke kawasan wisata ini.

Masih ada wahana permainan Water Bomb. Wahana ini siap memberikan kepuasan kepada para pengunjung yang ingin bermain air dan juga menikmati aneka permainan air di wahana Water Bomb. Wahana ini tentu saja sangat pas untuk para pengunjung anak-anak yang berkeinginan bermain air dan berenang dengan nyaman.

Wahana lain yang menjadi incaran para wisatawan terutama anak-anak adalah Kids Water. Di sini sudah disediakan kolam renang untuk anak-anak. Tentu saja dilengkapi dengan pancuran yang siap memanjakan para pengunjung anak-anak. Ada pula area seluncur yang memiliki bentuk seperti istana yang lengkap dengan terowongan atau tunnel slide. Ini tentu saja untuk memanjakan anak-anak yang bermain di sekitar kawasan wisata Selamat Pagi Madura tersebut. Selain istana seluncur, di sekeliling kolam renang juga sudah ada papan seluncur yang bisa digunakan secara bergantian. Jika berlibur di akhir pekan, area ini akan cukup ramai di kunjungi oleh anak-anak kecil.

Berdekatan dengan Bukit Cinta, para wisatawan bisa melihat keindahan bunga-bunga yang ditanam di sekitar kawasan wisata Selamat Pagi Madura tersebut. Di wahana Taman Bunga ini para pengunjung bisa menikmati keindahan warna-warni bunga yang eksotis. Bukan itu saja, para pengunjung juga bisa belajar mengenai jenis bunga dan spesies bunga apa saja yang ada di sekitar taman bunga ini. Sebuah edukasi yang sangat pas untuk anak-anak.

Kawasan wisata Selamat Pagi Madura ini juga menyediakan area untuk berkuda. Di sini para pengunjung bisa menaiki kuda yang sudah disiapkan oleh pengelola Selamat Pagi Madura tersebut. Dengan menunggang kuda, para wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan wisata Selamat Pagi Madura yang indah dan juga menawan. Tidak perlu takut menunggangi kuda tersebut. Pasalnya sudah ada pemandu yang siap membantu para pengunjung ketika menaiki kuda.

Selain kolam ikan, di dekat area ini juga sudah ada kolam pemancingan. Hal ini tentu saja untuk mengundang minat para wisatawan yang gemar memancing. Kolam pemancingan ini sudah dilengkapi berbagai macam perlengkapan. Para pengunjung juga bisa membawa peralatan memancing sendiri jika ingin lebih leluasa dalam usaha mendapatkan ikan di kawasan wisata tersebut.

Berfoto di Bukit Cinta. Foto: hipwee.com

Rute dan akses menuju ke kawasan wisata Bukit Cinta

Ada banyak rute dan juga akses serta jalur yang bisa digunakan oleh para wisatawan ketika mengunjungi kawasan wisata ini. Para wisatawan bisa berangkat dari Surabaya dengan melewati Jembatan Suramadu. Jalan ini biasanya menjadi jalur utama bagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi jembatan Suramadu merupakan salah satu landmark yang memberikan pengalaman tersendiri.

Ketika sudah berada di Madura melalui Jembatan Suramadu tersebut, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan melalui jalan Kalianget. Dari sini ikuti jalur utama hingga nantinya para wisatawan akan melalui Jalan Talang Siring yang berada di area kawasan pesisir pantai Madura. Dari sini perjalanan dilanjutkan mengikuti jalur utama yang nantinya akan bertemu dengan area Pamekasan. Setelah itu ambil jalur kanan yang akan masuk ke Jalan Purba.

Setelah mengambil jalur ke arah kanan atau berbelok ke kanan, para wisatawan akan menemukan Jalan Bonogoro. Dari sini ikuti jalur utama hingga nantinya akan bertemu dengan Jalan Lawang Daya. Kawasan wisata edukasi Selamat Pagi Madura berada di jalan tersebut dan letaknya ada di sebelah kiri jalan. Bisa juga menggunakan Google Map yang akan menyediakan peta ke arah kawasan wisata tersebut.

Sementara jika para wisatawan berangkat dari arah Jokotole, bisa ambir jalur lurus ke arah timur yang menuju ke arah Sumenep. Dari sini bisa ditemukan pertigaan SMA Negeri 2 Pamekasan. Dari sini bisa dilanjutkan dengan berbelok ke arah kiri dan terus menuju ke arah MAN 1 Pamekasan. Sekitar 700 Meter ke arah utara ini para wisatawan sudah bisa menemukan Selamat Pagi Madura.

Liburan ke Bukit Cinta. Foto: hipwee.com

Tips berlibur ke Bukit Cinta

Berlibur ke Bukit Cinta di kawasan wisata Selamat Pagi Madura ini tentu saja bisa menjadi salah satu keasyikan mengisi liburan kala akhir pekan. Jika berkeinginan mengunjungi kawasan wisata ini pada akhir pekan atau waktu liburan tiba, disarankan untuk berangkat sejak pagi hari. Apalagi jika berangkat dari luar Madura seperti Surabaya. Hal ini untuk menghindari kawasan wisata tersebut penuh ketika siang menjelang sore. Praktis membuat para wisatawan tidak akan merasa bebas.

Jika berangkat dari kota yang jauh seperti Malang, Mojokerto, Ngawi, Banyuwangi hingga Jogja, tidak ada salahnya menginap semalam di Surabaya atau Madura. Di sini sudah banyak penginapan berupa hotel dan juga guest house yang bisa dipilih kala mengunjungi pulau Madura ini. Ketika pagi bisa melanjutkan perjalanan ke arah Selamat Pagi Madura. Selain itu bisa mengunjungi kawasan wisata lainnya yang ada di sekitar Madura.

Bukit Cinta letaknya berada di area perbukitan dengan banyaknya anak tangga yang ada di sekelilingnya. Disarankan untuk mengenakan pakaian casual yang nyaman digunakan serta sepatu sneakers atau flat shoes bagi wanita. Jangan menggunakan high heels atau wedges yang bisa membuat kaki sakit dan juga lecet. Jangan pula mengenakan rok mini yang bisa membuat diri sendiri merasa kurang nyaman. Apalagi lokasinya memang tidak pas untuk mengenakan pakaian tersebut.

Jangan lupa pula untuk membawa kamera jika ingin mendapatkan momen foto yang menarik dan juga artistik. Menggunakan kamera dari handphone atau smartphone tentu saja juga sudah cukup mumpuni. Akan tetapi menggunakan kamera seperti kamera DSLR tentu saja memberikan tampilan foto yang jauh lebih bagus dan juga artistik.

Bagi yang membawa pasangan, tentu saja ajak berfoto dan juga mengunjungi tempat-tempat atau spot-spot di Bukit Cinta ini yang sangat menawan dan juga menarik. Sehingga bisa memadu kasih dengan sangat romantis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *