Bukit Kukusan, Spot Terbaik Menikmati Panorama Alam Kota Pemalang

Diposting pada
Foto by instagram.com/susi.isnayanti/

Alamat: Jalan Raya Moga-Guci, Gn. Sambung, Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah 52355
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp:
WhatsApp: 

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 3.000
Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/putri_win6/

Bukit Kukusan adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Pemalang yang saat ini sedang jadi primadona di kalangan para milenials.

Bagaimana tidak, Bukit Kukusan bukanlah hanya sekadar bukit yang menawarkan keindahan alam saja, namun disini para pengunjung bisa menikmatinya sambil berpose di beberapa spot foto.

Sebelum bisa menikmati keindahan alam serta berpose di beberapa spot yang ada di Bukit Kukusan, kamu harus membayar sejumlah tiket masuk terlebih dahulu.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk Bukit Kukusan sangatlah terjangkau yaitu hanya 3ribu per orangnya.

Buat yang membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Dimana untuk kendaraan roda dua tarif parkirnya adalah 2ribu sedangkan roda empat yaitu 5ribu.

Oiya, setiap spot foto yang ada di Bukit Kukusan ini juga berbayar, harganya murah kok masing-masing cuman 2ribu saja, terjangkau bukan?

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/vina.lutfatul/

Agar bisa sampai di lokasi wisata kamu harus melalui rute perjalanan menuju Jalan Raya Karangsari-Guci Nomor 6020, Gambuhan, Polosari, Pemalang.

Rute perjalanan yang akan kamu tempuh pun tidak terlalu sulit. Dimana dari arah Stasiun Pemalang waktu yang akan ditempuh untuk sampai di lokasi wisata yakni sekitar 1-2 jam dengan jarak kira-kira 48 kilometer.

Dari pusat Kota Pemalang kamu bisa gunakan jalur jalan menuju Randudongkal-Moga-Guci. Setelah memasuki kawasan Guci kamu akan menemukan petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju objek wisata Bukit Kukusan.

Jika kamu merasa kesulitan menemukan dimana lokasinya, cobalah untuk tracking melalui maps yang sudah kami sematkan diatas. Dengan begitu kamu akan lebih cepat sampai di lokasi wisata tanpa harus kesasar.

BacaJuga:  Mudik Ke Pemalang, Jangan Lupa Beli 10 Oleh Oleh Ini Ya!

Perlu kamu ketahui bahwa letak Bukit Kukusan ini tepat berada dibawah kaki Gunung Slamet, lho. Sehingga suasana di sekitar bukit cukup adem, sejuk dan asri. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan. 

Fasilitas

Foto by instagram.com/sugit421/

Fasilitas umum yang dimiliki oleh Bukit Kukusan ini standar objek wisata pada umumnya yaitu ada toilet, area parkir dan juga mushola. Area parkirnya lumayan luas, setidaknya mampu menampung puluhan kendaraan.

Untuk kamu yang kelupaan membawa perlengkapan shalat nggak usah khawatir karena mushola disini cukup memadai kok. Selain menyediakan tempat ibadah yang layak, mereka juga menyiapkan perlengkapan shalat juga.

Sedangkan untuk toiletnya pun kondisinya selalu terawat dan bersih, sehingga para pengunjung bisa menggunakannya dengan nyaman. Buat yang pengen duduk santai disini juga disediakan seperti bangku dari kayu.

Selain itu buat kamu yang merasa haus atau lapar, disini juga tersedia semacam kantin atau rumah makan. Dimana para pengunjung bisa menyantap aneka makanan berat, cemilan ringan dan juga minuman disini dengan harga terjangkau.

Spot Foto Instagramable

1. Rumah Pohon

Foto by instagram.com/dimas_primananda_setiawan/

Rumah Pohon Bukit Kukusan ini adalah salah satu spot iconic yang menjadi favorit semua pengunjung. Dari atas rumah pohon ini kamu bisa melihat secara jelas hamparan persawahan dan perbukitan hijua yang amat memukau.

Selain itu dari atas rumah pohon kamu pun bisa melihat betapa gagahnya Gunung Slamet saat dipandang dari kejauhan. Pesonanya mampu menghipnotis siapa saja dan seakan tak rela untuk meninggalkan tempat ini. 

2. Gardu Pandang

Foto by instagram.com/nia.riani__/

Selain rumah pohon, disini kamu pun bisa menikmati keindahan alam sekitar Bukit Kukusan dengan berdiri diatas gardu pandang. Dimana gardu pandang tersebut posisinya langsung menghadap ke arah jejeran perbukitan.

BacaJuga:  Cantiknya View di Taman Langit Bukit Tangkeban Pemalang, Bikin Ogah Pulang!

Tak sedikit para wisatawan yang memanfaatkan momennya di Gardu Pandang ini sembari mengambil gambar dan mengunggahnya ke sosial media.

3. Ayunan

Foto by instagram.com/nyo_item/

Ayunan yang digantungkan diantara dua pohon pun tak luput dari incaran para pengunjung untuk dijadikan sebagai spot foto. Kamu bisa bersantai diatas ayunan sambil menikmati setiap detik momen yang terlewat diatas Bukit Kukusan ini.

Jepretan foto yang dihasilkan saat berpose di ayunan ini pun tak kalah epic dan instagenic dari kedua spot sebelumnya. Jika kamu ingin menciptakan potretmu sendiri, buruan deh datang ke Bukit Kukusan ini.

4. Jendela Angkasa

Satu spot lainnya yang nggak kalah menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto adalah Jendela Angkasa. Sesuai dengan namanya, disini kamu akan dibuat seolah-olah seperti sedang membuka jendal diangkasa, pemandangannya langsung langit lepas.

5. Menara Bambu

Foto by instagram.com/payshiin/

Berikutnya ada Menara Bambu yang merupakan spot baru di Bukit Kukusan ini. Jika kamu ingin mendapatkan hasil foto yang apik jangan lupa untuk berpose disini. Untuk pemandangannya sama dengan spot lainnya yaitu berupa hamparan persawahan dan perbukitan.

Pesona Bukit Kukusan

Foto by instagram.com/mutisnaeni_14/

Pemalang adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang ternyata memiliki potensi pariwisata cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan mulai banyaknya objek wisata yang memadukan antara wisata alam dengan wisata modern kekinian.

Salah satu wisata yang sedang hits dan digandrungi para milenials Pemalang adalah Bukit Kukusan. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Bukit Kukusan ini luar biasa dan tidak ada duanya. Suasana khas perbukitan disini membuat para pengunjung merasa betah dan nyaman.

Sekilas, Bukit Kukusan ini mirip dengan objek wisata yang ada di kawasan Batu, Jawa Timur yaitu Bukit Paralayang Gunung Banyak. Namun masing-masing dari keduanya memiliki daya tarik dan ciri khasnya tersendiri.

BacaJuga:  Cantiknya View di Taman Langit Bukit Tangkeban Pemalang, Bikin Ogah Pulang!
Foto by instagram.com/ekko_sugiarto/

Saat siang hari pemandangan utama yang bisa kamu nikmati ialah berupa ladang persawahan serta hutan-hutan di lembah pegunungan. Namun Bukit Kukusan tidak hanya menawarkan kecantikan saat hari masih cerah saja, namun saat malam pun viewnya juga sangat menawan.

Dimana pemandangan malam hari dari atas Bukit Kukusan ini pun tak kalah mempesona. Dimana kamu bisa melihat taburan bintang diangkasa serta kerlap-kerlip lampu yang berasal dari permukiman warga serta pusat kota.

Sepertinya kurang komplit rasanya jika kamu singgah di Pemalang hanya mengunjungi Bukit Kukusan saja. Tak jauh dari Bukit Kukusan kamu bisa menemukan objek wisata lain yang nggak kalah keren yaitu seperti Curug Sibedil dan Bumi Perkemahan Turangga Seta.

Curug Sibedil ini sangat terkenal di kalangan para traveler. Kejernihan dan kesegaran airnya mampu membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih relax. Setelah cape berfoto-foto di Bukit Kukusan tak ada salahnya jika kamu membasahi tubuhmu dengan berendam di Curug Sibedil atau menunggangi kuda di Bumper Turangga Seta.

Setelah lelah beraktivitas saatnya kamu mengisi perutmu sebelum kembali ke kota asalmu. Salah satu aktivitas yang nggak boleh dilewatkan saat singgah di Pemalang adalah menjajal kulinernya. Sebagian dari kamu pasti sudah tau dong kuliner paling khas dari Pemalang?

Yap, Nasi Grombyang. Kuliner satu ini merupakan sejenis soto, namun ciri khasnya adalah adanya tambahan sate kulit kerbau yang rasanya nendang banget. Kamu bisa tutup serangkaian kegiatan liburanmu di Pemalang dengan menyantap kudapan lezat ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.