10 Gambar Bukit Langit Kebumen, Lokasi Alamat, Rute Jalur Menuju ke Sana + Keindahan di Sekitar Wisata

Diposting pada

Lokasi: Jalan Karanganyar, Giripurno, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54361
MAP: KlikDisini
HTM: Rp 3.000/ orang
Buka/Tutup: Setiap hari (07.00-18.00 WIB)
Telepon: N/A

foto by instagram.com/exotickebumen/

Kebumen tidak pernah habis menyuguhkan berbagai pesona alam yang memanjakan mata. Tidak heran jika Kebumen memiliki banyak tempat wisata terkenal.

Pesona Negeri di Atas Langit

Anda akan diuguhkan pemandangan yang begitu lengkap dengan pesona alamya. Keindahan alam ini bisa Anda nikmati dari berbagai sudut.

foto by instagram.com/nugraheni07/

Dari arah utara, Anda bisa menikmati Karangganyam yang menakjubkan. Di sebelah timur, terlihat keindahan Kota Kebumen seperti puzzle dari kejauhan. Sedangkan sebelah barat, Anda akan melihat Kota Karang Anyar dan semua akan menampilkan hamparan pemandangan hijau begitu indah.

Meskipun Bukit Langit cukup tinggi, tapi puncaknya cenderung datar sehingga nyaman untuk digunakan sebagai tempat wisata. Bukit Langit memiliki 3 puncak yang dapat dijadikan sebagai spot foto terbaik.

foto by instagram.com/erniyulianingsih/

Jika Anda berjalan menyusuri puncak tertinggi di bagian barat, Anda akan melihat hamparan perbukitan di Kebumen yang begitu indah. Jika menghadap  ke timur, terlihat bukit Pranji dan Condong.

Sementara itu, di sebelah barat selatan, tampak gugusan rumah karanganyar. Di sebelah barat utara terdapat Karanggayam. Sedangkan, untuk sebelah timur, jelas terlihat Kebumen City yang mempesona.

Pemandangan yang paling dicari oleh pengunjung adalah lautan berupa kabut awan berwarna putih. Jika Anda ingin menikmati kabut ini, datanglah lebih waktu atau sekalian pada sore hari. Anda akan takjub dengan pesona alam bak negeri di atas langit ini sehingga sering disebut raja silangit.

BacaJuga:  10 Bakso Enak di Semarang yang Bisa Bikin Ketagihan
foto by instagram.com/fanifazah09_/

Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang hobi naik gunung. Selain bagian puncak yang datar, Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa dari berbagai sudut.  Jadi, Anda bisa bermalam atau camping bersama orang terkasih agar lebih menyenangkan.

Sebelum Anda camping, Anda harus tahu terlebih dahulu letak dan apa saja persyaratan yang diperlukan. Berdasarkan informasi, Anda harus menyerahkan KTP, surat nikah dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari perbuatan asusila atau tindakan membahayakan lainnya.

foto by instagram.com/aghilmift/

Banyak tempat wisata di daerah sekitar yang tak kalah indahnya, seperti yang ada di Jogja, Malang, Bogor, Gombong, Imogiri, Karangsambung dan Kedawung. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto atau merekam video.

Rute menuju Tempat Wisata

Tempat wisata yang menyenangkan ini berlokasi di Giripurno atau tepatnya di Dusuh Kembang Abang, Kecamatan Karanganyar, Kebumen. Anda dapat melewati beberapa peta untuk sampai ke Bukit Langit.

foto by instagram.com/tantrie1994/

Rute dari barat atau Karanganyar

Dari arah barat, masuk ke alun-alun Karanganyar kemudian ke timur hingga Tugu Desa Candi. Bisa juga melalui jalan Kartini, maka Anda tinggal lurus terus sampai bertemu Tugu Candi atau pasar Candi.

Jika sudah sampai tugu, ambil arah ke utara sampai bertemu gapura, lalu masuk tanjakan pertama. Ikuti jalan tersebut sampai SD N 3 Giripurno kemudian belok kiri. Setelah itu, kita akan menemukan petunjuk jalan dan tinggal mengikutinya saja sampai ke daerah Bukit Langit.

foto by instagram.com/dyah.luky/

Rute dari timur atau Sruweng dan Kebumen

Rute dari arah timur ini sering disebut sebagai jalan alternatif. Jika Anda berangkat dari arah Kebumen, Anda bisa masuk ke Sruweng. Masuk ke pertigaan yang mengarah ke Stasiun Sruweng, lalu ikuti jalan hingga di pertigaan sebelum Pasar Kejawang, belok kiri ke arah Desa Sidoagung.

BacaJuga:  10 Daftar Travel Jepara Semarang, Harga Murah Mulai Rp.45.000

Sekitar 100 m, Anda akan menjumpai pertigaan lalu ambil kiri dengan jalanan naik. Dari sini, Anda tinggal mengikuti denah sampai bertemu petunjuk ke tempat wisata Bukit Langit.

foto by instagram.com/danang.setiadi/

Harga Tiket Masuk

Wisata alam biasanya memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau, begitu juga dengan Bukit Langit ini. Anda tidak perlu menyiapkan banyak biaya untuk bisa menikmati pemandangan yang begitu indah ini.

Sesampainya di tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk mobil. Ssetelah itu, membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000/ orang. Harga tiket masuk ini bisa lebih mahal jika ada event-event tertentu.

foto by instagram.com/angiefianti/

Tips Berwisata di Bukit Langit

1. Jangan malu bertanya

Tempat wisata ini masih terbilang baru sehingga belum banyak terlihat petunjuk atau arah jalan. Jadi, bagi Anda yang belum memahami arah menuju Bukit Langit, jangan malu untuk bertanya. Jika perlu, kumpulkan informasi mengenai petunjuk terlebih dahulu.

2. Datang pagi atau sore

Pemandangan Bukit Langit memang selalu menakjubkan, tapi Anda akan menemukan pesona alam luar biasa jika terdapat kabut awan putih. Anda akan merasa seperti berada di negeri atas awan. Jadi, untuk mendapatkan momen ini, datanglah pagi atau sore hari.

foto by instagram.com/putra_ghalih_utama/

3. Gunakan motor saja

Jalan menuju Bukit Langit cukup terjal, jadi perjalanan Anda akan lebih mudah dengan menggunakan motor. Jadi, urungkan niat Anda menggunakan mobil karena justru akan menyusahkan diri Anda sendiri, jika tidak Anda harus berjalan cukup panjang.

4. Jagalah kebersihan dan fasilitas yang ada

Berwisata di tempat wisata memang sangat menyenangkan. Tapi, Anda juga harus menjaga kebersihan di lingkungan tersebut. Jika tidak menemukan tempat sampah, simpanlah terlebih dahulu sampah tersebut dan jangan merusak berbagai fasilitas yang ada.

BacaJuga:  14 Wisata Goa Jepang di Indonesia: Mojoagung Jombang Bantul Kaliurang Jogja Bandung Wonosalam Lhokseumawe Bukittinggi

5. Jangan mendekati tebing

Karena termasuk tempat wisata baru, sarana keamanan belum tersedia dengan baik. Anda harus berhati-hati sendiri dalam berwisata, terlebih untuk menuju tebing. Jangan mencari spot foto yang berbahaya, seperti di tebing.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.