10 Gambar Bukit Nanggi Sembalun Lombok, Lokasi Ketinggian + Jalur Letak Mendaki

Posted on
Bukit nanggi sembalun ketinggian gambar jalur lokasi keindahan trek wisata letak lombok foto ntb profil tinggi timur mendaki
Bukit Nanggi, Foto: cucuwowok.blogspot.com

Lokasi: Sembalun, Sambelia, Selong, Nusa Tenggara Barat
Peta: Klik Disini

Bagi para pecinta alam, Indonesia merupakan salah satu wilayah di Indonesia, one of many places, layak untuk dieksplore. Terdiri dari berbagai macam dan beribu-ribu pulau. Indonesia tentu memiliki banyak sekali potensi wisata di Indonesia ini layak untuk dicoba dan dilestarikan. Bahkan, hampir setiap kegiatan alam bisa dilakukan di Indonesia mengingat banyaknya pulau dan keanekaragaman ekosistem.

Masing-masing provinsi di Indonesia memiliki keunikan daerahnya sendiri-sendiri. Mereka memiliki kekhasan kontur dan bentuk daerah, yang membuat destinasi wisata di daerah A belum tentu sama dengan daerah B. Sebut saja dengan adanya efek dan kemiripan flora dan fauna di bagian benua Asia di sisi Barat, serta Benua Australia di sisi Timur.

Bahagia di Bukit, Foto: harryhermanan.blogspot.co.id

NTB dan Keistimewaannya

Sudah terkenal sejak dulu bahwa provinsi ini menaungi jajaran pulau dalam bagian Sunda Kecil dan merupakan daerah berbukit. Kota dan kabupatennya berada di wilayah yang dikelilingi oleh bukit maupun gunung. Dengan ketinggian 148 mdpl, kota Selong lah yang tertinggi di daerah ini, sementara daerah terendah adalah Raba.

Beribukotakan Mataram, provinsi ini terbagi dalam 10 wilayah administrasi, baik kota maupun kabupaten. Di masing-masing daerah, karena juga merupakan wilayah beriklim tropis, rata-rata suhu udara adalah sekitar 30-31oC dengan kelembaban udara yang cukup tinggi juga.

Bukit Nanggi Sembalun Lombok Timur, Foto: surgawisata.info

Berbicara mengenai Nusa Tenggara, sering akan membicarakan mengenai Pantai Senggigi yang terkenal dengan keindahan pesona ekosistem lautnya, Gunung Rinjani yang menjadi puncak tertinggi di Lombok atau bahkan di NTB. Sering juga akan membicarakan mengenai Gunung Tambora dan letusannya yang dahsyat. Mengingat tentang letusan Gunung Tambora, tentu akan mengingat dengan tradisi pacuan kuda.

Bukit Nanggi, Lokasi dan Keindahannya

Begitu banyaknya keistimewaaan daerah ini. Namun rupanya tidak berhenti sampai di situ saja. Bukit Nanggi, merupakan salah satu dari kekhasan geografis yang dimiliki oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bukit satu ini merupakan salah satu destinasi wisata, terutama bagi pecinta pendakian dan kegiatan yang berhubungan dengan ‘ketinggian alam’.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Gili Trawangan Lombok + Lokasi Wisata Snorkeling
Hiking, Foto: kesiniaja.com

Letaknya ada di kawasan administrasi Desa Sembalun Bumbung, Selong, Lombok Timur. Sembalun merupakan sebuah kawasan wisata yang masing-masing desanya memiliki ketinggian bervariasi. Daerah ini juga sering sekali dikenal sebagai ‘surga di lereng Gunung Rinjani’. Kondisi geografisnya penuh dengan perbukitan dan tebing yang cukup curam.

Bukit Nanggi merupakan daerah yang terkenal menjadi destinasi para pendaki dan penikmat gambar Pulau Lombok dari ketinggian. Nanggi juga merupakan bukit tertinggi yang ada di Sembalun dengan ketinggian total sekitar 2.300 mdpl, mirip dengan ketinggian Gunung Tambora.

Mendaki Puncak Tertinggi, Foto: berugaqelen2010.wordpress.com

Bila ingin berkunjung dan mendaki bukit ini, lokasinya berada di sisi timur Geopark Gunung Rinjani. Dari kota Mataram, diperlukan waktu kira-kira 1-2 jam untuk bisa mencapai Desa Sembalun. Perjalanan ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun, untuk dapat benar-benar sampai di kawasan Sembalun Bumbung, kedua kaki ini mulai perlu berlatih.

Bukit Nanggi dan Pendakian

Sekalipun merupakan sebuah bukit yang tidak begitu tinggi, Nanggi merupakan tempat yang tepat bagi para pendaki pemula untuk berlatih sebelum mulai berpetualang ke Gunung. Rute pendakian untuk mencapai puncak bukit berkisar sekitar 4 jam dengan bantuan guide. Bisa jadi membutuhkan waktu 6 jam bila memang benar-benar belum memiliki pengalaman mendaki.

Menyapa Lombok dari Atas Bukit, Foto: backpackerjakarta.com

Mencapai puncak bukit, tidak kalah perjuangannya dengan mencapai puncak Gunung Rinjani. Beberapa akses jalan memang tidak semudah rute pendakian pada umumnya. Jalur pendakian ini cukup menantang dan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengasah kemampuan para pendaki.

Pemandangan pertama yang menyambut pendaki adalah adanya hutan bambu. Jalur pendakian di Nanggi, memiliki ciri khas cukup banyak tumbuhan atau pepohonan yang lebat. Hal ini akan sangat membantu pendaki untuk menghalangi sengatan sinar matahari. Bukit Nanggi juga terkenal memiliki banyak titik yang enjoyable untuk istirahat.

BacaJuga:  5 Rental Sewa Kamera Lombok Mulai Rp.70.000, Underwater DSLR DLL
Naik Bukit Bersama Teman, Foto: kesiniaja.com

Berbicara mengenai rute pendakian yang cukup menantang, ditambah dengan adanya tanjakan dengan kemiringan hamper 80o, di bagian pos registrasi juga telah disediakan beberapa jasa untuk menolong para pendaki. Jasa guide atau penunjuk arah, akan membantu para pendaki ketika menyusuri rute Bukit Nanggi, dengan harga Rp150.000,00/hari.

Selain penunjuk arah, juga ditawarkan jasa untuk mengangkut barang serta untuk mendampingi pendaki selama perjalanan, terutama dalam hal logistic. Biaya yang ditawarkan cukup murah, setiap orang hanya perlu membayar tarif sekitar Rp125.000,00 per hari nya.

Pemandangan di Bukit Nanggi Yang Cantik, Foto: kesiniaja.com

Persiapan untuk mendaki Bukit Nanggi, umumnya sama dengan persiapan pendakian yang lain. Diantaranya adalah menyiapkan perlengkapan untuk camp di alam terbuka selama semalam, baik itu tenda, pasak, sleeping bed, ataupun jaket. Perlu juga dipersiapkan air minum serta bekal makanan instan untuk keperluan logistik.

Di puncak Bukit Nanggi, Anda akan bisa menikmati pemandangan wilayah Pulau Lombok dari ketinggian. Bisa juga menikmati pengalaman sunset dan sunrise di atas awan. Di sisi barat, akan tampak jajaran gili atau pulau kecil di sekitar Lombok dengan hamparan air laut berwarna biru kehijauan. Sementara itu, Gunung Rinjani akan menyapa di sisi Timur. Tajamkan pandangan dan Anda akan melihat Gunung Tambora di Sumbawa.

Tujuan Wisata Lombok, Foto: sasakadie.blogspot.com

Bukit Nanggi dan Paket Wisata

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal di kalangan pecinta alam, banyak tour and travel yang memberikan jasa wisata ke Bukit Nanggi. Masing-masing jasa wisata umumnya mengusung tema soft trekking. Harga yang ditawarkan pun beragam, bergantung dengan jumlah anggota tim serta fasilitas yang diberikan.

Secara umum, paket wisata ini menawarkan jasa meliputi pemandu wisata, porter yang memiliki kemampuan memasak, peralatan camp, konsumsi, tiket masuk serta transportasi menuju destinasi wisata. Ada berbagai macam biro wisata yang bisa anda hubungi, silakan mencari yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

BacaJuga:  Snorkeling di Gili Asahan Eco Lodge & Restaurant Lombok Sekotong + Accommodation Hotel Resort

Selain Bukit Nanggi, masih banyak destinasi wisata lain di kawasan Sembalun yang tidak kalah indah dan menarik. Sembari menikmati pemandangan dari puncak bukit, Anda bisa memikirkan mengenai the next destination trip di kawasan Sembalun. Bisa pergi ke tebing batu, atau rumah tradisional daerah Sembalun. Bisa juga untuk mengunjungi air terjun.

Wisata Lombok Yang Mempesona, Foto: jadipergi.com

Bila ingin melanjutkan pendakian yang lebih menantang, silakan mencoba untuk mendaki ke puncak Gunung Rinjani. Atau dapat juga dengan mendaki ke beberapa bukit lain yang ada di kawasan Sembalun. Pilihan lainnya adalah melakukan paralayang di Bukit Siwa, Sembalun. Tinggal pilih saja aktivitas yang menarik perhatian Anda, karena semuanya menawarkan keindahannya masing-masing.

Sekian profil mengenai Bukit Nanggi serta trek pendakian di daerah ini. Semoga dapat membantu Anda untuk menikmati waktu berlibur dan mempersiapkan liburan. Jangan lupakan untuk tetap menjaga kesehatan selama menunggu liburan supaya tidak mengganggu jadwal berlibur Anda. Pastikan juga untuk tetap menjaga alam supaya tetap rapi dan bersih.

Have a nice trip. Feel free to post your foto or gambar in internet.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.