10 Gambar Ukit Ongakan Bukit Kediri, Lokasi Alamat, Rute Jalan, Keindahan Wisata + Surga Tersembunyi?

Posted on
Menganggumkan | Foto: wisatakediri05.blogspot.co.id
Menganggumkan | Foto: wisatakediri05.blogspot.co.id

Lokasi: Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64293
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 3.000,-/ sepeda motor dan Rp. 20.000,-/ mobil
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00
Telepon: 0857-4957-6793

Warisan alam dari Indonesia telah dikenal oleh dunia internasional. Bukan hal mengherankan, mengingat kekayaan negeri ini memang sudah sangat mahsyur sejak dulu kala. Terbukti dengan adanya penjajah menjarah harta alam, baik berupa hasil tanahnya maupun hasil tambangnya.

Tidak berhenti di situ saja. Penjualan pulau hingga kawasan wisata alam saat ini juga mulai banyak dikuasai oleh asing. Tidak percaya? Silahkan cek di Bali. Cari tahulah siapa pemiliki resort-resort mewah di sana. Memang kita tidak bisa menggeneralisasi semua, namun kenyataan tetap harus diutarakan walaupun pahit.

Sudah mengetahui informasi ini tentu seluruh masyarakat Indonesia wajib menjaga. Namun sayangnya masyarakat Bumi Pertiwi masih saja tidak memperdulikan lingkungan ketika berkunjung ke suatu tempat wisata alam. Memang sudah dasarnya manusia sangat mudah sekali merusak suatu hal indah.

Semua meninginkan menjadi penikmat keindahan alam, namun perilakunya sangat tidak indah. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk menjaga keindahan alam ini agar tetap lestari dan tetap berada di tangan masyarakat kita? Itulah tugas dari seluruh elemen masyarakat. Saling bahu membahu menonjolkan pariwisata masing-masing dan mengolahnya dengan baik.

Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai pariwisata di negeri ini. Selanjutnya kita akan membahas secara mendalam mengenai tempat wista alam yang berada di kabupaten Kediri. Destinasi wisata alam Kediri yang kita bahas adalah Bukit Ongakan.

Tak hanya terkenal dengan makanan tahu-nya yang khas dan kampung Pare, Kediri juga memiliki banyak sekali tempat indah, tentunya dari alamnya dan salah satunya adalah Bukit Ongakan. Ketika pertama kali kita mendengar kata bukit tentu di benak kita akan menggambar suatu tempat tinggi dan didominasi warna hijaunya dedaunan yang sangat segar dilihat.

BacaJuga:  10 Gambar Pura Agung Blambangan Banyuwangi + Sejarah Asal Usul Silsilah Kerajaan
Alam yang Paripurna | Foto; instagram.com/miftahchoir
Alam yang Paripurna | Foto; instagram.com/miftahchoir

Tahun 2014 silam sebuah, gunung yang berada di kabupaten Kediri meluapkan amarahnya. Luapan amarah dari gunung ini ternyata tidak hanya meninggalkan kepedihan melainkan juga menyisahkan sejuta keindahan alam dengan suasana yang luar biasa nyaman dan begitu alami. Gunung yang telah mengalami erupsi pada tahun itu bernama Gunung Kelud.

Menikmati keindahan dari sisa amarah Gunung Kelud dapat dilihat melalui wisata Bukit Ongakan. Wisata ini dapat dibilang sebuah wisata baru dari Kediri yang berada di Desa Besowo, Kecamatan Kepung.

Jarak tempat wisata ini dari pusat Kabupaten Kediri kurang lebih hanya sejauh 37 km. Letaknya sendiri berada tepat di lereng sebelah utara Gunung Kelud. Lokasi wisata ini dikelola oleh Perhutani dan bekerjasama dengan karang taruna Besswo. Tinggi lokasi wisata ini sekitar 860 mdpl.

Berkabut | Foto: dakatour.com
Berkabut | Foto: dakatour.com

Di tempat wisata alam ini pengunjung dapat melihat pemandangan gugusan bukit berjajar bagikan tempurung kura-kura yang tertutupi pepohonan dengan dedaunan berwarna hijau. Suasananya begitu sejuk dengan pemandangan begitu luar biasa indah membuat lokasi wisata ini sangat cocok digunakan untuk berfoto ria.

Bisa dibilang tempat ini sangat instagramable. Di Bukit Ongakan wisatawan juga dapat melihat hamparan Waduk Selorejo yang berawarna biru dari kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dan air terjun Gajah Mungkur.

Jajaran Perbukitan | Foto: yukkitasepedaan.wordpress.com
Jajaran Perbukitan | Foto: yukkitasepedaan.wordpress.com

Tentu ini adalah pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan perbukitan dari sekitar lereng Gunung Kelud, tetapi juga hamparan perairan berwarna biru menyegarkan dan air terjun yang putih jatuh seakan tak bernoda.

Harga Tiket Masuk Terjangkau

Harga tiket masuk di Bukit Ongakan sangatlah terjangkau. Tiket masuk ini hanya digunakan sebagai biaya ganti dari retribusi parkir. Tarifnya sendiri tergantung dari kendaraan yang dibawa. Jika membawa sepeda motor maka hanya Rp. 5.000 sedangkan jika membawa kendaraan roda empat adalah Rp. 20.000.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Kediri Lepas Kunci 24 Jam Harga Murah 2018 Matic Dengan / Tanpa Sopir

Jika Bisa Jangan Berkunjung Ketika Liburan

Tidur Manja Dulu | Foto: instagram.com/ssandywahyu
Tidur Manja Dulu | Foto: instagram.com/ssandywahyu

Tempat wisata ini sangat ramai jika liburan telah tiba. Akhir pekan juga menjadi waktu yang ramai dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, sangat disarankan jika ingin menikmati keindahan yang ditawarkan oleh destinasi wisata alam Kediri ini paling tidak carilah hari kerja. Sekali-kali mengambil cuti tidak masalah bukan?

Rute Menuju ke Bukit Ongakan

Menuju ke Bukit Ongakan dapat melalui Kecamatan Puncu atau Kepung. Rute ini diawali dari Simpang Lima Gumul kemudian menuju ke Gurah – Puncu – Kepung –  Siman – Besowo dan sampailah ke lokasi wisata tersebut Sesampainya di lokasi  wisatawan harus memarkirkan kendaraannya kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Bukit Ongakan.

Eksis Dulu | Foto: wisatakediri05.blogspot.co.id
Eksis Dulu | Foto: wisatakediri05.blogspot.co.id

Ketika perjalanan menuju ke tempat parkir Bukit Ongkan wisatawan akan ditemani dengan pohon-pohon Pinus yang mulai tumbuh dengan subur. Dulunya pohon ini di luluh lantahkan oleh erupsi Gunung Kelud. Namun saat ini mulai bersemi kembali dan ini adalah lokasi favorite untuk berfoto-foto.

Dari tempat parkir menuju ke lokasi tempat wisatanya atau ke puncak Bukit Ongakan kurang lebih berjarak 100 meter. Namun akses menuju ke puncak dari destinasi wisata alam Kediri ini terbilang cukup sulit dan sangat menguras tenaga. Walaupun demikian keindahan alam yang nantinya akan kita saksikan dapat mengobati itu semua.

Sunyi | Foto: travelingyuk.com
Sunyi | Foto: travelingyuk.com

Perjalanan ini juga akan lebih ringan karena segarnya udara wilayah pegunungan yang tentu jauh dari kata tercemar dan lebih kaya akan oksigen. Suasana sejuk nan asri membuat perjalanan yang awalnya berat akan lebih ringan. Itulah kenikmatan alam yang tidak dapat didapatkan di perkotaan.

Fasilitas yang Lengkap

Di Bukit Ongakan banyak fasilitas yang tersedia, mulai dari area parkir, warung makan, gazebo, mushola  dan toilet. Di tempat wisata alam Kediri ini wisatawan tidak hanya dapat melihat pemandangan dari bukit tersebut melainkan juga dapat melihat pemandangan dari bukit kura-kura, Air Terjun Gajah Mungkur, tebing Parang putih dan  berfoto Ria di Pohon Cinta.

BacaJuga:  Alamat Surabaya Town Square Sutos, Ada Apa Saja: Hotel Dekat Lokasi, Restaurant, Inul Vizta, Bioskop XXI, Starbucks, Gold Gym Dll
Pohon Cinta | Foto: dakatour.com
Pohon Cinta | Foto: dakatour.com

Saran Wisata

Lokasi Bukit Ongakan yang berada di dataran tinggi tentu membuat suhu udara di sini cukup dingin. Bagi warga kota yang berasal dari kota-kota metropolitan dengan suhu panas, seperti Surabaya, Mojokerto, Situbondo dan kota-kota lainnya, sangat disarankan untuk membawa jaket, karena bisa jadi nanti akan kedinginan.

Gugusan Hijau | Foto: tjuputography.com
Gugusan Hijau | Foto: tjuputography.com

Kondisi fisik yang prima juga harus diperhatikan, mengingat ada aktivitas berjalan kaki untuk sampai di puncak destinasi wisata alam Kediri ini. Setidaknya lakukan jalan pagi selama 2-3 kali agar tubuh tidak kaget.

Kondisi kendaraan bermotor juga harus prima sama dengan tubuh kita. Tanjakan sudah pasti akan mengiringi perjalanan menuju ke tempat wisata alam Kediri ini. Minimal lakukan tune-up. Jika sepeda motor mungkin cukup cek oli mesin, oli rem, ban dan rantai.

Santai Dulu | Foto: instagram.com/explorekediri
Santai Dulu | Foto: instagram.com/explorekediri

Jika ingin berkunjung ke Bukit Ongakan pastikan tidak berkunjung pada pukul 17.00 atau 5 sore, karena lokasinya akan sangat sepi dan tentu cukup menegangkan. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan tempat wisata alam di Kediri ini juga akan mulai tampak samar. Tentu ini menjadi hal yang merugikan bukan?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.