Tak Hanya Cina, Indonesia Juga Punya 7 Spot Bukit Pelangi Yang Instagenic

Diposting pada

Ketika  mendengar kata “Bukit Pelangi”, yang ada di benak kita pasti tidak jauh dari hal-hal berbau warna-warni, benar?

Saat melakukan pencarian di Google, mungkin akan ada banyak hal yang muncul terkait kata Bukit Pelangi seperti nama perumahan, residence, penginapan ataupun resort-resort.

Ada juga berkaitan dengan Istana Pasir di Johor Bahru, Villa Orkid di Bukit Prima Pelangi KL, Apartment di Penang,  Shah Alam homestay, perusahaan Enterprise SDN BHD Kedah dan Subang Jaya Property Selangor.

Namun yang akan kita bahas kali ini bukanlah itu, melainkan tentang sebuah objek wisata alam dengan suguhan panorama berwarna-warni layaknya pelangi.

Bukit pelangi adalah  salah satu objek wisata alternatif yang kerap dikunjungi para pelancong sebagai destinasi untuk menghabiskan liburan atau berakhir pekan.

Tak hanya di luar negeri, di Indonesia juga kita bisa menemukan objek wisata bukit pelangi. Walau tidak banyak namun spot ini cukup menarik buat dijkunjungi.

Penasaran dimana saja lokasi bukit pelangi yang ada di Indonesia? Nah, berikut 5 daftarnya.  Meski memiliki nama sama namun setiap spot ini menawarkan keindahan berbeda-beda.

1. Rainbow Hills Pekanbaru

Foto By blog.tiket.com
  • Alamat: Jln.Kemping, Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kabupaten Pekanbaru, Riau
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Meski menjadi andalan wisata di Peru, namun di Indonesia kita juga bisa menemukan yang namanya bukit pelangi, salah satunya di daerah Pekanbaru Riau.

Spot yang juga dikenal dengan naman Rainbow Hills ini memang tidak terlalu populer. Tapi,  karena belum terjamah membuat objek tersebut memiliki panorama begitu alami.

Foto By riaupos.co

Rainbow hills di kota Pekanbaru ini awalnya populer berkat seorang travel blogger bernama Marischka Prudence yang mem-posting fotonya  di blog pribadinya.

Jika dilihat dari foto ataupun gambar-gambar yang di posting, bukit ini wujudnya berupa lembah dengan tanah beraneka warna yakni mulai dari coklat tua, orange, kuning, pink dan abu-abu muda.

Nah, kombinasi inilah yang membuatnya terlihat seperti pelangi. Menariknya lagi, keeksotisanya semakin tampak karena retakan tanah mengering berpadu indah dengan birunya langit menjadikannya sangat cocok dijadikan lokasi hunting foto.

Spot ini juga sebenarnya sampai sekarang tidak memiliki nama resmi karena belum dikelola sebagai destinasi wisata. Namun orang sering menyebutnya Rainbow Hills Pekanbaru.

Jika Sahabat JejakPiknik ke kota Pekanbaru, sempatkan diri untuk datang ke spot ini ya! Selain bisa berfoto dengan latar keren, kalian juga dapat memperkenalkan objek wisata kepunyaan Indonesia tersebut ke dunia.

2. Bukit Pelangi & Arung Jeram Tubing Ponorogo

Foto By travelingyuk.com
  • Alamat: Ds.Bangunsari, Wagir Kidul, Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: 08.00-17.30
  • Harga Tiket Masuk: Rp.5.000/orang

Siapa sangka jika berawal dari tugas kampus sebuah universitas di Malang, kini kawasan hutan pinus di desa Bangunsari, daerah Pulung Ponorogo disulap menjadi salah satu objek wisata kekinian.

Tidak seperti di Pekanbaru, spot di Ponorogo ini hadir menawarkan suasana asri di tengah hutan pinus yang dapat menghilangkan penat dari setumpuk rutinitas.

Ditambah lagi, dengan kehadiran sederet spot instagenic membuatnya menjadi memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Disini, Sahabat JejakPiknik bisa explore setiap sudutnya yang instagramable mulai dari ayunan terbuat dari ban mobil berwarna-warni, ornamen payung diantara pepohonan hingga hammock untuk bersantai.

Foto By travel.detik.com

Selain bagus untuk hunting foto, spot ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas outbound dan bumi perkemahan, jadi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam hari bisa berkemah.

Bukan hanya itu saja, untuk menuju spot tersebut jalan sudah cukup mulus dan hanya sekitar 30 KM saja jaraknya dari pusat kota.

3. Bukit Pelangi Geulis Bogor

Foto By indwisata.com
  • Alamat: Jln.Raya Bukit Pelangi, Ds.Gunung Geulis, Kec.Sukaraja, Bogor City, Jawa Barat
  • Map: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Rp.5.000/orang

Karena berada di jalur alternatif Jakarta-Puncak, Bukit Pelangi yang ada di dekat Harmoni Golf Course Club Sentul ini awalnya  berfungsi sebagai rest area saja.

Namun karena memiliki lanskap alam yang indah, rest area tersebut kini beralih fungsi jadi salah satu spot kekinian terhits 2019 di kota Bogor.

Hal tersebut dikarenakan saat ini sudah ada banyak spot foto instagramable disediakan disini mulai dari rumah pohon, hammock serta sejumlah ornamen-ornamen berbentuk love.

Puas hunting foto-foto instagenic, Sahabat JejakPiknik yang suka dengan dunia adventure, bisa mencoba wahana flying fox.

Foto By satuwisata.com

Meski terkenal angker namun spot ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari mana saja terutama masyarakat di sekitar Jawa Barat seperti Cibinong, Cirebon, Jonggol, Gadog, Depok dan Cipayung.

Jika Sahabat JejakPiknik tertarik mengunjunginya namun tidak tau jalan, bisa menggunakan jasa rent car yang terdapat di sekitar kota Bogor. Tapi hati-hati ya, karena kawasan ini sangat rawan dengan begal.

4. Bukit Pelangi Mojokerto

Foto By ujaeybob.blogspot.com
  • Alamat: Ds.Jambul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur
  • Harga Tiket Masuk: Free

Bagi yang tinggal di barisan provinsi Jawa Timur seperti di Tuban, Batu, Driyorejo dan Menganti, tak perlu jauh-jauh ke Bogor hanya untuk menikmati keindahan bukit pelangi karena di Mojokerto kita juga bisa menemukannya.

Bukit Pelangi ini letaknya di kecamatan Jatirejo. Seperti namanya, spot wisata baru tersebut memang memiliki panorama yang  sangat indah layaknya pelangi karena dihiasi berbagai jenis tanaman serta bunga berwarna-warni.

Tak hanya menyuguhkan keindahan bunga, berkunjung ke spot ini pengunjung juga akan disuguhi objek wisata air terjun Kabejan serta kolam renang yang berada di atas bukit.

Selain itu, di bukit dengan ketinggian 50m ini juga tersedia aneka spot foto keren mulai dari latar kupu-kupu, bingkai bentuk love  hingga bambu. Pokoknya tak kalah keren deh dibanding Lembah Pelangi di Batam.

Foto By pigunigu.com

Meski tidak dikenai biaya masuk dan termasuk objek wisata murah, namun Bukit Pelangi Mojokerto ini sudah dilengkapi dengan sederet fasilitas memadai seperti rumah pohon, kursi taman, gazebo hingga warung makan.

5. Bukit Pelangi Sinjai

Foto By sulselekspres.com
  • Alamat: Kampung Bola, Biringreje, Sinjai Utara, Kab.Sinjai, Sulawesi Selatan
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: 0853 4271 7618
  • Jam Buka: 08.00-23.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp.10.000/orang

Meski memiliki nama hampir sama dengan Bumi Pelangi di Jalaksana Kuningan atau hotel di Ternate, namun spot  di daerah Sinjai utara ini hadir menampilkan wujud berbeda berbentuk bukit berpanorama indah.

Foto By nyero.id

Spot ini tak hanya menyajikan tempat foto instagramable tapi juga cafe yang bisa dijadikan sebagai destinasi untuk menghabiskan malam minggu. Pokoknya tidak kalah keren dari Taman Venus di Sangatta Kalimantan.

6. Bukit Pelangi Ngipik

Foto By ngadem.com
  • Alamat: Juwangi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: 08.00-17.00

Berkunjung ke desa Juwangi, kini pengunjung tak hanya disuguhi keindahan curug dan bendungan saja, tapi juga Taman Wisata Bukit Pelangi Ngipik.

Spot yang tak jauh dari Kebumen dan Puncak Pelangi Dokoro Grobogan ini lebih dikenal dengan nama Tebing Pelangi dan untuk full address-nya itu  tepatnya berada di kawasan wilayah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH).

Foto By energibangsa.id

Sesuai namanya, area tersebut dihiasi dengan aneka ornamen berwarna-warni. Berbicara soal fasilitas, spot ini dilengkapi dengan bumi perkemahan dan juga berbagai sarana outbound, gantole serta paralayang.

7. Kelabba Majja

Foto By merdeka.com
  • Alamat: Pedaro, Hawu Mehara, Kab.Sabu Raijua, NTT
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: 24 Jam

Untuk menikmati keindahan bukit pelangi, tidak perlu repot-repot ke China, karena di NTT kita juga bisa menemukan lembah berwarna-warni, namanya yaitu Kelabba Majja, letaknya tepat di kecamatan Hawu Mehara kabupaten Sabu.

Foto By travel.tribunnews.com

Spot unik ini kawasannya didominasi struktur berwarna merah muda dan banyak orang kerap  menyandingkannya dengan Danxia Landform serta beranggapan kalau tempat tersebut merupakan Grand Canyon Indonesia.

Nama spot ini terdiri atas dua kata yakni Ke’labba  dengan artinya tanah abu dan Madja ialah seorang dewa. Jadi jika dipadukan menjadi tempat para dewa. Berfoto disini, bisa dijamin hasilnya pasti akan sangat instagenic.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.