10 Gambar Bukit Sikunir Dieng Wonosobo, Rute Jalur Pendakian + Lokasi Alamat

Posted on

Lokasi : Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Map :
KlikDisini
HTM :
Rp. 5000 per orang
Buka/Tutup :
Setiap hari
Telepon :

foto by instagram.com/saita_yoko/

Kawasan wisata dataran tinggi dieng atau dieng planteau tidak hanya terkenal dengan objek wisata telaga warna atau komplek percandiannya saja. Lebih dari itu, di dalam kawasan ini juga masih ditemukan beberapa objek wisata lain yang tak kalah memukau sebagi tempat berlibur mengusir kepenatan.

Salah satu objek wisata yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di dieng planteau selain kedua objek wisata di atas adalah puncak sikunir. Terutama bagi anda yang gemar berburu sunrise, maka puncak sikunir adalah lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan detik-detik menakjubkan tersebut.

Ya. Puncak sikunir memang telah lama dikenal sebagai pemilik spot terbaik untuk menikmati kemegahan prosesi kemuculan matahari di waktu pagi. Bahkan, tempat ini juga diklaim sebagai spot sunrise terbaik yang ada di asia tenggara.

foto by instagram.com/edolazuardipersada/

Klaim tersebut tentunya bukanlah isapan jempol ataupun bualan semata. Bukti nyata dari anggapan ini, akan semakin terlihat jelas ketika melihat banyaknya wisatawan yang mendaki puncak sikunir setiap harinya.

Wisatawan yang datang pun bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari mancanegara.

Desa sembungan sebagai lokasi puncak sikunir

Adalah desa sembungan yang menjadi lokasi puncak sikunir. Berada di kawasan dataran tinggi dieng, desa ini tercatat sebagai desa tertinggi di pulau jawa. Ia berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk sampai di desa ini, dibutuhkan setidaknya 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan dari lokasi telaga warna.

foto by instagram.com/uziiuuzt/

Selain puncak sikunir, di desa sembungan juga terdapat satu objek wisata lain yang sering dijadikan sebagai lokasi transit bagi para wisatawan yang akan dan sudah mendaki puncak sikunir. Objek wisata ini bernama telaga cebong. Lokasinya persis di bawah lereng puncak sikunir.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Teluk Awur Jepara, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Penginapan Hotel, Misteri Mitos + Akses Jalan Menuju Wisata

Air telaga ini sangat bersih, lokasinya juga terlihat sangat alami. Di sinilah biasanya para pendaki puncak sikunir, menggelar tenda untuk beristirahat sebelum dan sesudah pendakian.

Golden sunrise puncak sikunir

Seperti yang diungkap sebelumnya. Puncak sikunir adalah spot yang sangat strategis untuk melihat keindahan mentari ketika terbit membuka hari. Hal ini jualah sebenarnya, yang menjadi magnet bagi para pelancong hingga rela bersusah payah menyusuri setiap tapak jalur pendakian.

foto by instagram.com/saita_yoko/

Rasa lelah seolah terbayar lunas ketika berhasil melihat dan mengabadikan indahnya bias warna kuning keemasan yang menyembul diantara pucuk-pucuk gunung di seberang sana.

Setelah matahari hampir muncul dengan sempurna, kawasan sekitar puncak sikunir pun berubah warna seperti warna air kunyit. Inilah yang menurut warga sembungan, menjadi cikal bakal penamaan lokasi puncak ini dengan nama sikunir.

Kunir adalah kosa kata dalam bahasa jawa yang berarti kunyit.

Waktu terbaik untuk mengunjungi puncak sikunir

Bagi anda yang tertarik dan berniat untuk berlibur ke puncak sikunir, untuk mendapatkan momen sunrise terbaik, anda dianjurkan untuk datang pada rentang bulan juli sampai oktober.

foto by instagram.com/mom.ratu/

Alasannya karena pada bulan-bulan ini, keadaan cuaca biasanya sedang terang-terangnya. Sehingga golden sunrise bisa anda saksikan dengan sangat jelas tanpa terhalang kabut.

Namun jika anda tidak sempat untuk datang pada bulan-bulan tersebut, golden sunrise sebenarnya masih bisa anda saksikan. Hanya saja pada bulan-bulan lain, golden sunrise di puncak sikunir biasanya akan sedikit tertutupi kabut.

Dan justru bagi sebagian orang, adanya kabut saat momen golden sunrise malah akan menambah kesan unik pada hasil jepretan kamera mereka. Jadi, pilihan waktu kedatangan ini sebenarnya opsional saja, tergantung dari view sunrise seperti apa yang anda inginkan.

BacaJuga:  10 Gambar Pasar Johar Semarang, Grosir Baru Online + Alamat Pindah Kemana

Fasilitas di lokasi wisata puncak sikunir

foto by instagram.com/anisa5876/

Sebagai lokasi wisata. Puncak sikunir yang awal pendakiannya dimulai dari desa sembungan, telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para wisatawan.

Misalnya bagi pelancong yang datang membawa kendaraan pribadi, disekitar kawasan telaga warna telah tersedia area parkir yang cukup luas dengan sistem pengamanan yang memadai.

Jadi selama proses pendakian, para wisatawan tersebut tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan mereka.

Selain area parkir, fasilitas lain seperti toilet, musholla dan warung makan juga telah tersedia. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan bekal, karena anda bisa mengisi perut dengan makanan khas dieng di warung-warung ini.

Sementara itu bagi wisatawan yang tidak ingin bermalam di dalam tenda. Beberapa homstay dengan biaya sewa antara Rp. 75.000 – Rp. 100.000 juga telah tersedia, tinggal dipilih sesuai selera dan kemampuan.

Aktivitas wisata di puncak sikunir

foto by instagram.com/wahyuni.riskaa/

Meskipun sebagian besar wisatawan yang datang ke puncak sikunir bertujuan untuk berburu sunrise. Namun di lokasi ini anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas wisata lain.

Aktivitas-aktivitas ini, bisa menjadi pelengkap sekaligus pengisi waktu, sembari menunggu kemunculan sang mentari.

Beberapa aktivitas tersebut ialah :

  • Bersantai dalam balutan segarnya udara pagi

Tidak diragukan lagi bahwa suasana di puncak sikunir di waktu pagi pastinya sangat nyaman sebagai tempat bersantai. Untuk menghangatkan badan, anda bisa membuat teh atau kopi hangat dengan tambahan beberapa makanan ringan.

Sesekali cobalah untuk merasakan segarnya udara puncak dengan menghirup udara dari hidung dan menghembuskannya secara perlahan lewat mulut. teknik ini akan membuat fikiran anda menjadi tenang dan perasaan menjadi rilex.

  • Hunting foto
foto by instagram.com/ulfahfauziaah/

Setelah hari agak terang, anda selanjutnya bisa menyiapkan kamera dan mencari spot yang bisa dijadikan sebagai objek hunting foto. Anda bisa memilih lanskap pegunungan ataupun areal pertanian penduduk sebagai objeknya.

BacaJuga:  Alamat Solo Paragon Mall Hotel & Residences, Sejarah Misteri Angker, Tenant: Informa ibox Guardian Gramedia Passion Payless

Silahkan bereksplorasi menggunakan teknik-teknik fotografi yang anda ketahui. Yang jelas, akan ada banyak sekali spot foto yang bisa anda temukan dan diolah menjadi karya fotografi yang menakjubkan.

Lokasi dan rute menuju puncak sikunir

Secara administratif, objek wisata puncak sikunir merupakan bagian dari wilayah kabupaten wonosobo. Tepatnya, objek wisata ini berada di desa sembungan, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo, jawa tengah.

foto by instagram.com/aweem_14/

Untuk sampai ke lokasi puncak sikunir di kawasan wisata dataran tinggi dieng, anda bisa melakukan perjalanan dari pusat kota wonosobo menuju dieng. Jika menggunakan bus, maka setelah turun di terminal dieng, anda selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan dieng planteau.

Dari pintu masuk dieng planteau, selanjutnya anda bisa langsung menuju desa sembungan yang biasanya dijadikan sebagai tempat menginap sebelum memulai pendakian.

Harga tiket masuk dan jadwal buka tutup

foto by instagram.com/setialia/

Sebelum menaiki puncak sikunir. Biasanya para pengunjung terlebih dahulu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000. Agar tidak berlama-lama dan menghambat perjalanan, sebaiknya siapkan saja uang pas sesuai nominal harga tiket tersebut.

Sebagai informasi tambahan, harga tiket ini sudah termasuk biaya untuk singgah di telaga cebong. Jadi anda hanya akan mengeluarkan biaya untuk pembelian tiket satu kali untuk kedua objek wisata tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Sementara itu untuk jadwal kunjungan ke puncak sikunir sampai saat ini masih dibuka setiap hari. Jadi anda bisa datang kesini di hari kerja ataupun di hari libur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.