Candi Gedong Songo Yang Selalu Diminati

Posted on
Candi Gedong Songo Yang Selalu Diminati
4.7 (94.29%) 14 votes
foto by @adi_mrizal

Lokasi: Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 06.30-18.00
Telepon:

Berwisata ke Semarang tak kalah menarik dari kota-kota di tanah air lainnya. Ibukota Jawa Tengah ini memiliki beberapa objek wisata yang menarik dan sangat populer salah satu diantaranya adalah Candi Gedong Songo.

Kota lumpia tak hanya memiliki lawang sewu atau kota lamanya yang terkenal, namun ada pula peninggalan sejarah berupa candi seperti Candi di Yogyakarta.

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi terkait destinasi yang ingin dikunjungi termasuk sebelum pergi ke Candi Gedong Songo Semarang.

Berikut ini akan di paparkan seluk beluk mengenai Candi gedong songo semarang, sejarah peninggalan kerajaan, gambar, misteri, asal usul candi yang ada di jawa tengah tepatnya berada di kecamatan bandungan.

Mitos, letak, peta, harga tiket masuk, lokasi, terletak di dekat lereng gunung Ungaran, banyak juga terdapat rumah fungsi seperti villa disekitarnya, foto, alamat tepatnya di ungaran, legenda, cerita, berdekatan dengan ambarawa yang kisah dan map obyek wisata indonesia tersebut dapat dihimpun sebagai bahan makalah.

Diinformasikan pula htm untuk masuk ke kawasan Candi Gedong Songo yang lengkap sehingga tidak ada yang bingung ini kota dimana yang tepat berbatasan dengan Salatiga.

Asal Usul dan Sejarah, Foto: ngobrolsemarang.blogspot.com

Candi Gedong Songo adalah obyek wisata yang tidak hanya menawarkan pemandangan namun dapat pula belajar sejarah.

Ada informasi terkait yang bercorak pada masa kejayaan Hindhu baik dalam bahasa indonesia dan dalam bahasa inggris, agama, informasi terkini tahun 2018, apa tempat ini angker, dibuat pada abad berapa, siapa arsitektur, berada di provinsi, berasal dari mana, buka jam berapa, dapat digunakan camping atau tidak, mistis tidakkah, corak, cerpen, ciri dan letak kawasan apakah mirip dengan dieng.

Kapan dibangun, untuk menghormati sejarahnya penjelasannya akan secara rinci dijelaskan dibawah ini oleh karena itu semoga keterangannya dapat ditemukan sehingga berguna untuk Anda.

Akan dijelaskan juga kapan didirikan, adakah penemuan seperti emas dan apa saja fasilitas disini termasuk filosofi dan fakta-fakta mengenai Candi Gedong Songo.

Keindahan Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah salah satu tempat yang menjadi magnet para wisatawan baik lokal maupun internasional untuk datang berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah. Candi ini berada di Dusun Darum, Des. Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Prov. Jawa Tengah.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Gedong Songo sendiri memiliki makna yaitu sembilan bangunan candi. Sembilan candi ini menyebar ke kawasan wisata dengan panorama yang indah dan mempesona.

Gambar: semarangplus.com

Candi ini ada di area selatan lereng Gunung Ungaran yang memiliki tinggi kira-kira 1.200 m dari atas permukaan air laut. Itulah sebabnya suhu di kawasan ini cukup menusuk tulang yaitu antara 19 hingga 27 ° Celcius.

Area pegunungan dengan pemandangan alam yang memukau dan udara yang bersih menjadikan tempat ini favorit banyak pengunjung terutama warga Semarang dan sekitarnya. Mereka biasanya hanya sekedar refreshing atau hunting foto. Banyak pula yang belajar sejarah dari sini.

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan sejarah yang harus dijaga kelestariannya. Tempat ini harus selalu dirawat dan dikembangkan dengan baik karena sangat berguna sebagai bahan belajar para sejarawan atau arkeolog dimasa akan datang.

BacaJuga:  Wow! Indahnya Pesona Alam Waduk Cacaban Tegal Yang Menyimpan Kisah Mistis

Jadi, pastikan bagi Anda yang datang berkunjung tidak melakukan vandalisme atau membuang sampah sembarangan.

Jarak dari satu candi ke candi lainnya lokasinya cukup jauh, oleh karena itu butuh energi lebih untuk melakukan perjalanan melalui semuanya. Pastikan Anda dalam kondisi fit agar maksimal mengunjungi candi 1 sampai 9.

Ada ratusan meter jarak yang harus ditempuh untuk mencapai seluruh lokasi candi. Namun, semua lelah akan musnah saat melihat betapa indah pemandangan dan udara yang menyegarkan. Terkadang Anda akan menjumpai kabut dingin langsung dari gunung.

Jarak candi 1 ke candi 2 kurang lebih 200-300 m. Candi 2 berada di pinggir lereng dan mengarah ke kebun masyarakat setempat. Dari lokasi candi 2, terlihat candi 3 yang lokasinya memang cukup dekat.

Dari candi ketiga inilah rute jalan bagi para pengunjung yang berjalan kaki lumayan menanjak. Disinilah letaknya kepunden gunung yang memiliki sumber mata air panas yang kadar belerangnya lumayann tinggi.

Belerang memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Untuk para pengunjung yang kebetulan bermasalah dengan kulit, ini patut dicoba.

Selain itu ada juga kawah yang asapnya mengepul keudara. Saat Anda berada di candi 2 pasti sudah mencium bau belerang dan disinilah sumber belerang berada.

Pemandian Air Panas, image: semarangplus.com

Disini ada sebuah jalan setapak yang bercabang salah satu ujung jalan setapak terdapat tulisan ‘Tempat Sakral’. Menurut informasi tempat tersebut digunakan sebagai tempat untuk pemujaan.

Setelah Anda melintasi lembah antara candi 3 dan 4, jalur setapaknya tidak begitu curam daripada sebelumnya. Rute inilah yang menuju kawasan candi 4 dan candi 5.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Untuk sampai ke Candi Gedong Songo sebenarnya dapat di tempuh dari rute jalan manapun. Anda dapat masuk dari arah Yogyakarta, Solo, Kendal dan Semarang.

Jika Anda datang dari arah Kendal, Pekalongan, Jakarta atau sekitarnya bisa masuk melewati dua rute. Rute pertama adalah melewati pertigaan Kaliwungu, Kab. Kendal menuju jalur arah ke Sumowono.

Jika sudah tiba diperempatan lampu merah area Boja maka pilihlah lajur arah kiri sampai tiba di perempatan yang berada sebelumnya jembatan kemudian ambil lajur kanan ke arah Sumowono.

Jika sudah sampai di Sumowono tepatnya di pertigaan Pasar Sumowono, ambil arah lurus kedepan jangan belok ke arah kanan karena itu jalur ke Temanggung.

Terus lurus saja hingga melewati POM Bensin Des. Palbapang dan ada pertigaan, pilih jalur arah kiri terus hingga bertemu tempat wisata Candi Gedong Songo Semarang.

Wisata Alam, Foto: semarangplus.com

Rute lainnya yang dapat digunakan adalah dengan melewati Semarang kota. Ikutilah jalur menuju kota Solo atau Yogyakarta hingga bertemu Pom Bensin area Lemah Abang. Di Pom tersebut akan ada pertigaan, pilih lajur kanan yang mengarah ke Bandungan.

Sesampainya dipertigaan Bandungan, pilih rute sebelah kanan hanya beberapa m kedepan hingga bertemu lagi dengan sebuah pertigaan jalan. Pilih arah kiri kemudian lurus saja hingga Pom Bensin Des.

Palbapang. Disana akan ada pertigaan lagi, pilih rute sebelah kanan kemudian lurus ke depan hingga sampai di tempat wisata Candi Gedong Songo Semarang.

Jika Anda dari arah Yogyakarta atau Magelang, ambil jalur yang mengarah ke tempat wisata Semarang sampai di Ambarawa. Disini Anda akan bertemu dengan sebuah pertigaan bernama paoline.

BacaJuga:  Alasan Kenapa Klenteng Sam Po Kong Semarang Wajib Dikunjungi? Simak 10 Foto ini

Pertigaan ini juga berfungsi sebagai tempat mangkal angkutan umum tujuan Bandungan. Dari sini pilih rute jalur kiri kemudian lurus hingga Pom Bensin Desa Palbapang.

Sesampainya disini Anda akan bertemu dengan pertigaan kembali, pilih arah kanan terus lurus saja dan akan sampai di tempat tujuan, Candi Gedong Songo.

Sedangkan bila datang dari arah kota Solo, Anda cukup ikuti saja rute jalan yang mengarah ke Semarang hingga sampai di terminal Bawen. Disini akan ada sebuah pertigaan jalan, ambil rute jalur kiri yang mengarah ke Ambarawa.

Sampai di kota Ambarawa akan bertemu dengan pertigaan jalan (paoline). Dari pertigaan ini pilih rute kiri kemudian lurus terus sampai POM Bensin Desa Palbapang dan bertemu kembali dengan pertigaan jalan.

Pilih arah lajur kanan kemudian lurus terus hingga sampai di tempat wisata Gedong Songo Semarang.

Photo: semarangplus.com

Jarak Tempuh Yang Harus Dilalui

Rata-rata jarak tempuh yang harus dilalui kira-kira empat puluh menit dari Ambarawa kota. Perjalanan yang ditempuh akan banyak menemui tanjakan-tanjakan dan medan jalan yang kemiringannya cukup tajam.

Jika Anda dari kawasan wisata Bandungan Indah, perlu waktu sekitar sepuluh menit saja untuk mencapai ke lokasi Candi Gedong Songo. Tapi jika terjadi macet, waktu yang dibutuhkan lebih dari itu.

Jarak tempuh kota Semarang menuju Candi Gedong Songo sekitar 45 km. Sedangkan jarak tempuh yang harus dilalui untuk para wisatawan yang berasal dari Ungaran kira-kira 25 km.

Dan bagi para wisatawan yang datang dari arah Kota Ambarawa, Anda hanya membutuhkan jarak tempuh kira-kira 15 km.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Candi Gedong Songo terhitung terjangkau yaitu Rp. 6000 untuk dewasa atau usia diatas 5 tahun dan merupakan wisatawan lokal. Tarif berbeda dikenakan bagi para wisatawan asing yatu sebesar Rp. 50.000/orang.

Jika malas berjalan kaki atau ingin merasakan sensasi berbeda saat berkunjung kemari, Anda dapat berkeliling dengan naik diatas kuda.

Ada beberapa paket harga jasa wisata kuda di Candi Gedong Songo dengan harga termurahnya yaitu Rp. 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 35.000 untuk wisatawan asing. Paket wisata termurah ini bernama Wisata Desa.

Berikutnya adalah paket ke Air Panas seharga Rp 60.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 70.000 untuk wisatawan asing.

Kemudian ada paket wisata ke Candi II dengan tarif Rp 40.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.50.000 untuk wisatawan asing.

Yang terakhir merupakan harga paket wisata termahal yaitu Paket candi Songo, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 70.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.90.000 untuk wisatawan asing.

Instagramable, Foto: wisatajateng.com

Sejarah

Dari hasil penelitian para arkeolog, Candi Gedong Songo adalah peninggalan kebudayaan Hindhu di abad 9 pada masa Wangsa Syailendra sekitar tahun 927 M.

Pertama kali Candi Gedung Songo ditemukan pada tahun 1740 M dan penemunya bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Pada saat itu Sir Thomas hanya menemukan 7 bangunan candi sehingga diberilah nama Candi Gedong Pitu.

Pitu sendiri diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti tujuh. Nama Candi Gedong Pitu lumayan lama digunakan sampai tahun 1908-1911.

Van Stein Callenfels yang adalah seorang arkeolog Belanda melakukan penelitian kembali di kompleks banguna candi gedong pitu selama 3 tahunan. Ditahun 1911 inilah sang arkeolog menemukan 2 bangunan candi lainnya.

BacaJuga:  Kampoeng/Kampung Rawa Ambarawa, Harga Makanan + Wisata Apung Dekat Semarang, Salatiga dan Bawen

Jadi semua bangunan candi berjumlah 9 bukan 7 lagi. Itulah sebabnya setelah seribu tahun lebih nama Candi Gedong Pitu berubah menjadi Candi Gedong Songo.

Pada tahun 1928 hingga tahun 1929 ada penyempurnaan bangunan candi 1 dan candi 2. Kemudian pada tahun 1972-1982 pemerintah Indonesia menyempurnakan keseluruh kompleks candi gedong songo bahkan hal ini masih terjadi hingga sekarang.

Pemerintah sangat getol mempromosikan pariwisata lokal ke mata dunia sehingga dengan adanya hal tersebut membuat kawasan wisata kompleks Candi Gedong Songo semakin rapi dan menarik.

Penyempurnaan disini bukanlah merubah bentuk asli candi namun dirapikan dan ditata kembali agar bangunan terjaga dengan baik dan tidak rusak.

Bentuk candi gedong 1 adalah persegi panjang yang berukuran tidak begitu besar dan tingginya kurang lebih 4-5 meter. Candi gedong 1 berada diatas kaki candi atau batur yang tingginya 1 meter.

Batur ini dipahat dengan relief sulur dan padma atau bunga mengelilingi seluruh bagian kaki candi. Sedangkan badan candi gedong 1 bagian dalam memiliki ruangan sempit dan bagian luar nampak polos tanpa dihiasi relief.

Di bagian luar candi terdapat pahatan motif sederhana seperti bunga.

Berkuda, Foto: brobali.com

Adapun candi gedong 2 memiliki bentuk bujur sangkar yang juga terletak diatas batur. Candi 2 memiliki luas sekitar 2,2 m2 dengan tinggi mencapai 1 m. Bagian atas batur candi 2 memiliki bentuk selasar yang lebarnya adalah 0.5 m.

Pada bagian sisi luar candi ada ceruk di tiap 3 dindingnya. Ceruk ini fungsinya untuk menaruh arca yang dihiasi oleh kalamakara dibagian atas dan 2 kepala ular naga dibagian bawah. Sedangkan ceruk bagian luar memiliki pahatan dengan membentuk pola seperti kertas tempel.

Candi gedong 3 terdiri dari kelompok candi ukuran besar sejumlah 3 buah. Dua candi yang besar posisinya menghadap ke arah timur layaknya candi kembar.

Disebelah 2 candi tersebut ada pintu masuk yang memiliki relung. Relung tersebut isinya adalah arca Siwa. Posisi arca Siwa sedang berdiri menggenggam gada panjang pada tangan kanan.

Foto: bakpiamutiarajogja.com

Didekat Candi Gedong Songo terdapat banyak juga tempat wisata yang harus dikunjungi.

Diantaranya adalah Curug Tujuh Bidadari, Klenting Kuning Sumowono, Kolam Renang Umbul Sidomukti, Bukit Cinta Banyubiru, Taman Rekreasi Rawa Permai, Wisata pendidikan Langen Tirtoo Muncul, Ayana, Kolam pemandian Muncul, Pasar Kriya Jawa Tengah, Wisata kuliner tahu serasi Bandungan, Wisata kuliner pemancingan Blater, New Bandungan Indah Waterbom, Wisata Apung Kampung Rawa Ambarawa, Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa dan lain-lain.

Foto: telusurindonesia.com

Demikian beberapa informasi mengenai gambar, harga tiket masuk, rute jalan, jarak tempuh dan sejarah Candi Gedong Songo Semarang. Semoga bermanfaat.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Candi Gedong Songo Yang Selalu Diminati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.