10 Gambar Candi Klero Salatiga, Lokasi Alamat, Harga Peninggalan Hotel + Jam Buka

Posted on
10 Gambar Candi Klero Salatiga, Lokasi Alamat, Harga Peninggalan Hotel + Jam Buka
Rate this post

Alamat: Ngentak Lor, Klero, Tengaran, Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kode pos: 50775
Peta/Maps Online: Klik DiSini
Harga Tiket Masuk (HTM):
Jam Buka-Tutup Operasional: 24 jam
Nomor Telepon/Contact: 081328388504

foto by instagram.com/agusarea/

Masa sejarah Indonesia harus diakui tidak lepas dari peran banyak pihak. Dari beragam suku bangsa, bahasa, serta agama, kesemuanya membentuk suatu kesatuan negara kita, NKRI yang berdaulat. Salah satu kunci perkembangan sejarah kita, tentu adanya kerajaan-kerajaan.

Masa-masa itu ditandai dengan berdirinya Kerajaan Kutai, sebagai kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Berlanjut hingga ke masa Kejayaan Kerajaaan Majapahit yang menjadi cikal bakal Nusantara.

Peninggalan-peninggalan sejarah ini, kini masih tersisa di setial penjuru nusantara dengan menyimpan arsitektur serta cerita reliefnya yang khas. Salah satunya juga adalah sebuah destinasi wisata yang akan kita lihat profilnya kali ini.

Lokasi

foto by instagram.com/doddy_syahdian/

Namanya adalah Candi Klero, terletak di kota Salatiga, Jateng. Bila rekan-rekan melihat dari peta, Candi Klero tidak begitu jauh jaraknya dari Pasar Tengaran. Bahkan, bangunan bersejarah ini berada di seberang PT. Nesia Pan Pasific Knit.

Alamat letaknya memang berada di Klero, sesuai dengan namanya. Namun, rekan-rekan bisa dengan mudah datang ke tempat wisata ini karena berada di tepi jalan raya utama, yaitu Jalan Raya Salatiga-Solo.

Rute Akses Perjalanan

foto by instagram.com/dawuhadiprabowo/

Situs bersejarah ini, sayangnya, belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, padahal letaknya sangat strategis dan mudah sekali untuk ditemukan. Namun memang untuk bisa mencapai lokasi, rekan-rekan harus agak masuk ke dalam kampung penduduk.

Rekan-rekan membutuhkan kejelian untuk bisa melihat lokasi Candi ini karena papan penunjuk jalan tidak begitu banyak dan memang terdapat di pinggir Jalan Raya Salatiga-Solo. Bila rekan-rekan berkendara menuju Semarang, kalian akan menemukan penunjuk setelah Jembatan.

BacaJuga:  Paket Super Lengkap Water Boom, Yuk Lihat Wahana Apa Saja Yang Ada di Juwana Water Fantasy

Ikutilah penunjuk tersebut hingga menuju gapura Desa Ngentak, Klero. Jarak gapura dengan lokasi candi hanya sekitar 500 meter saja sehingga rekan-rekan tidak perlu masuk terlalu jauh. Di sekitar gapura, kalian akan menemukan beberapa penjual labu.

Daya Tarik Liburan

foto by instagram.com/unistuff_id/

Begitu memasuki area Desa Ngentak, rekan-rekan akan menikmati pemandangan desa yang asri, indah, serta menawan. Kalian juga akan disambut oleh masyarakat sekitar Desa Ngentak yang ramah dan dengan senang hati membantu bila menghadapi kebingungan.

Beberapa pihak juga menyebut lokasi ini dengan Candi Tengaran. Situs ini bercorak agama Hindu, suatu bukti bahwa keberadaan agama Hindu erat sekali kaitannya dengan kehidupan masyarakat di zaman sejarah.

Secara arsitektur bangunan sendiri, situs sejarah kita kali ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bangunan utama serta candi perwara atau pendamping. Salah satu yang menarik ketika rekan-rekan datang adalah suasananya yang sepi dan nyaman.

foto by instagram.com/selebgramsalatiga/

Belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini, serta kondisi sekitarpun masih sangat bersih. Bila ditilik, bangunan induknya cukup mirip dengan arsitektur dari Candi Sambisari yang berada di Sleman, Yogya (Jogja).

Sobat, berwisata menikmati pemandangan sejarah alam bangsa kita tidak melulu membosankan lho. Kita bisa sekaligus belajar menghargai jasa para pahlawan serta orang-orang yang berjuang untuk mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia.

foto by instagram.com/abiaquarius/

Efeknya, adalah kita bisa lebih mengerti serta menempatkan diri dalam menjaga keutuhan yang sudah diperjuangkan oleh banyak pihak. Bayarannya tidak murah, seringkali nyawa para pejuang harus melayang untuk mendapatkan keutuhan ini. Jangan lalu dihancurkan ya!

Sejarah

Para sejarawan menyimpulkan bahwa bangunan ini merupakan peninggalan agama Hindu karena melihat adanya lingga dan yoni. Di samping itu, rupanya tidak banyak terdapat relief ataupun arca yang ada di sekeliling dinding badan bangunan.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Gombong Lepas Kunci Tarif Harga Murah
foto by instagram.com/purnama.saputra/

Berdasarkan perkiraan terhadap usia, Candi Klero ini kemungkinan adalah bangunan awal dengan umur cukup lama dibanding lokasi lain. Banyak pula cerita misteri/mistis/mitos, asal usul/asal mula, serta keterangan pembangunan candi.

Kemungkinan besar, Candi Klero dibangun oleh masyarakat pada abad awal kerajaan Hindu di Indonesia. Menurut penjelasannya, ruangan di Candi Klero masih bagus, dimana sering diberi sesaji ataupun tirai dan bambu. Hal ini membuktikan masih dilakukan peribadatan di tempat ini.

Fasilitas

foto by instagram.com/ima60_/

Rekan-rekan yang datang dari berbagai daerah, tidak perlu khawatir untuk mencari fasilitas di sekitar lokasi wisata. Kalian sendiri tahu bukan, bahwa destinasi kita ini sangat dekat dengan kota-kota lain seperti Semarang, Solo, Kecamatan Ungaran, serta Bandungan?

Lokasi Salatiga yang cukup dekat dengan Kopeng serta juga Ambarawa, membuat daerah satu ini memiliki akomodasi yang cukup lengkap. Di tempat ini terdapat banyak hotel yang bagus, rekan-rekan bisa membawa putra dan putri kalian untuk berlibur bersama-sama.

foto by instagram.com/kholidill113/

Rekan-rekan bisa membawa serta menemukan beragam makanan di tempat ini seperti Toko Roti Wonder, Star Steak. Ada juga tempat-tempat semacam industri baja beton, cabang Bank BRI yang berpusat di Jakarta, Al Irsyad, bong atau bang smpit, Nurul Islam.

Selain itu, banyak juga Tk/Tb yang menjual beragam kebutuhan dengan bahan-bahan export dan import serta juga terdapat aba distributor beberapa barang seperti dirt, bike, koral, sika paras zamhari, ada juga info tentang upah pasang meter di Desa Susukan dengan standar gaji staffnya.

foto by instagram.com/komandan310/

Kawan, kalian juga akan menemukan artikel ini melalui keyword crush, gedong songo, taman kota batu, sikat bali, mesum, kost sadua indo, per koin, dong palimanan, km, hasil serie a, berasal dari camping, gambar pdf, serta apa.

BacaJuga:  10 Gambar Benteng Portugis Jepara, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Penginapan Hotel, Jam Buka Tutup, Misteri Mitos + Keindahan di Sekitar Wisata

Semoga artikel ulasan ringkas kali ini bisa membantu kalian dalamberlibur ya kawan. Selamat menikmati liburan kalian dan semoga menyenangkan. Salam traveler.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.