Tiket Masuk Geopark Ciletuh Sukabumi, Jalan Menuju Penginapan Hotel + Rute Alamat Wisata

Posted on
Ciletuh geopark tiket masuk sukabumi pelabuhan ratu jalan menuju penginapan jawa barat paket wisata rute alamat pantai panenjoan hotel 2018 curug lokasi festival maps indonesia jampang 43177 panorama alam adalah artikel akses bandung biofarma backpacker biaya mandrajaya ciemas ciwaru dimana daerah mana dunia puncak darma foto gambar internasional info jalur kaskus kab kawasan keindahan koordinat map misteri nasional tv one peta perjalanan selatan surade trip teluk travel tentang touring tempat unesco wikipedia youtube open 9 air terjun
Berenang di Sungai. Foto: sportourism.id

Lokasi: Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, West Java 43177
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon:

Daerah Sukabumi Jawa Barat sekarang ini menjadi incaran para wisatawan. Tidak heran mengingat ada banyak kawasan wisata alam dengan menyajikan pesona keindahan di sekitar kota Sukabumi tersebut. Salah satunya adalah daerah Geopark Ciletuh atau disebut pula National Park Ciletuh Geopark.

Kawasan wisata Geopark Ciletuh ini bisa dijangkau sekitar 8 jam dari pusat kota Jakarta. Dan bisa dilalui dengan kendaraan pribadi. Keindahan panorama alam di sini memang sudah sangat terkenal. Bahkan sudah banyak review, artikel yg membuat kawasan ini terkenal di Indonesia. Bukan hanya itu saja. Biofarma memperkenalkan obyek wisata alam di dekat Bandung ini ke luar negeri.

Berfoto di pinggir tebing. Foto: reservasi.com

Menilik Ciletuh Geopark

Ciletuh Geopark bisa bersaing dengan keindahan alam di bumi pertiwi hingga terkenal di dunia internasional. Hal ini bisa terlihat dengan diulasnya area ini di salah satu stasiun TV yaitu TV One serta masuk ke acara trip di dunia internasional. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan dengan area yg sangat luas.

Sekarang ini perluasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu ini mencakup hingga 8 kecamatan seperti kecamatan Jampang Surade. Total luas dari obyek wisata ini sebesar 1.261 km2. Tidak heran jika banyak para turis mengincar kawasan wisata ini. Apalagi sudah banyak info berupa foto dan gambar serta video di youtube yg menggambarkan keindahan alam di sini. Bahkan di forum seperti Kaskus juga mengulas Geopark di Kab Sukabumi tersebut.

Bagi para wisatawan yg penasaran dengan salah satu kawasan yg masuk ke dalam daftar UNESCO ini, bisa mencari informasi melalui wikipedia atau di situs pariwisata Jawa Barat dan Sukabumi. Tempat liburan yang memiliki 9 air terjun dan juga area pantai seperti Mandrajaya ini memang sudah siap menarik minat para turis dari berbagai belahan dunia.

Area tebing di Geopark. Foto: liburmulu.com

Sayangnya jalur atau akses ke kawasan wisata ini memang cukup sulit. Para pelancong harus melalui jalan berliku hingga tanjakan tajam. Praktis harus berhati-hati ketika mengunjungi area ini. Untuk amannya bisa mengikuti paket wisata atau touring ke Ciletuh. Para Traveller bisa berbagai pengalaman bersama turis lainnya.

Geopark Ciletuh ini memang berada di daerah selatan dari Sukabumi. Sangat wajar jika di beberapa pantai yg terdapat di sini memiliki ombak cukup deras dan juga tinggi. Bagi para turis yg ingin berlibur ke sini, bisa menggunakan aplikasi Google Maps guna mendapatkan koordinat map serta peta sehingga tidak tersesat selama perjalanan ke sini. Lokasi dan alamat dari tempat ini memang sudah sangat mudah untuk ditemui.

Pemandangan dari atas bukit. Foto: reservasi.com

Fasilitas yg sudah tersedia di sini memang cukup komplit. Mulai dari penginapan berupa hotel hingga resort serta fasilitas umum lainnya. Taman nasional ini memang memiliki cerita mistis dan misteri seperti di Puncak Darma. Meski begitu tidak mengurangi minat para wisatawan untuk mengunjunginya di tahun 2018 ini. Memang ada banyak cerita tentang Geopark Ciletuh dimana ini sudah menyebar di kalangan masyarakat. Cerita ini membuat daya tarik tersendiri tentunya.

BacaJuga:  60 Tempat Rekreasi di Bandung Yang Terkenal Edukatif Untuk Anak Kota Selatan Timur Cimahi Dago Terbaru 2018 Gratis

Sementara untuk tiket masuk atau biaya ke Ciletuh Geopark ini tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja untuk menikmati beberapa kawasan wisata alam di dalamnya para backpacker harus membayar retribusi sesuai dengan petunjuk yg sudah diberikan di setiap area. Untuk open nya sendiri bisa diakses selama 24 jam. Apalagi jika sedang musim festival. Area ini bisa diakses setiap waktu. Hanya saja akan cukup ramai.

Bird View Curug. Foto: travellingyuk.com

Menikmati Keindahan Tebing Panenjoan, Pantai Palangpang dan Curug Cimarunjung

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa obyek wisata di daerah Sukabumi ini memiliki banyak area alam nan menyejukkan. Mulai dari pantai, air terjun hingga teluk dimana memberikan kepuasan tersendiri. Salah satu kawasan wisata alam yg bisa dinikmati adalah Tebing Panenjoan.

Titik pandang Panenjoan ini letaknya di pinggir jalan atau di daerah Desa Taman Jaya. Areal ini memiliki ketinggian mencapai 300 mdpl. Para turis bisa melihat suasana alam nan rapi dan juga adanya pagar pembatas di area tepi tebing. Belum lagi dengan adanya menara-menara serta gardu pandang yang bisa digunakan oleh para turis. Sudah ada pula tulisan Panenjoan di salah satu sudut obyek wisata ini.

Selfie di air terjun. Foto: klikhotel.com

Para pelancong bisa melihat amfiteater raksasa Ciletuh dari atas tebing tersebut. Dinding tebing ini mempunyai bentuk setengah lingkaran dimana menghadap ke area Laut Selatan. Dinding ini seolah memberikan perlindungan kepada areal persawahan, perbukitan, hingga daerah perkampungan warga yg berada di bagian bawah tebing tersebut. Para turis bisa memasuki kawasan ini dengan gratis. Hanya perlu membayar parkir saja.

Sementara di pantai Palangpang sendiri memiliki tampilan yg berbeda. Pantai yg terletak di Desa Ciwaru ini adalah area basecamp cukup strategis guna mengeksplor serta melihat keindahan dari Geopark Ciletuh. Para pengunjung bisa melihat tempat pelelangan ikan. Dan dibalik dari lokasi ini sudah terlihat hamparan pasir pantai dimana berada di sebelah kiri.

Di dekat pantai ini sudah banyak penginapan yg menarik serta siap memberikan kepuasan kepada para pengunjung. Salah satu penginapan yg unik adalah Vila Balekambang yg letaknya ada di sebelah ujung Pantai Palangpang. Di sini menyajikan panorama teduh dan sejuk.

Suasana nan eksotis di air terjun. Foto: travellingyuk.com

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwasanya di sini ada sekitar 9 curug. Sayangnya tidak semua curug atau air terjun bisa diakses. Salah satu curug yg bisa dikunjungi adalah Curug Cimarinjung. Area air terjun ini bisa terlihat dari Pantai Palangpang. Hanya saja bagian atas dari air terjun tersebut.

Lokasi wisata alam ini juga terletak di daerah Desa Ciwaru atau di aliran Sungai Cimarinjung. Dengan tinggi mencapai 50 m. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Curug Goong disebabkan pada hari-hari tertentu terdengar suara gong dari air terjun ini. Menurut cerita dari masyarakat sekitar terdapat gong yang tersembunyi di sekitar air terjun ini.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Curug 7 Cilember Bogor Jawa Barat, Villa Penginapan + Peta Menuju Rute Ke Air Terjun

Konon gong ini adalah bekas peninggalan dari alam gaib atau istana alam gaib. Sementara untuk bebatuannya sendiri berupa sedimen batu pasir tufan serta breksi. Di sini ada pula Curug Nyelempet dan Curug Dogdog. Biasanya digunakan untuk mengairi persawahn yg terletak di sebelahnya.

Keindahan Bukit Panenjoan. Foto: bobocantik.com

Bagi para wisatawan yg ingin mengunjungi Curug Cimarinjung ini bisa mengaksesnya dari Pantai Palangpang dengan menggunakan kendaraan hanya sekitar 5 menit saja. Selama perjalanan para turis bisa melihat keindahan persawahan serta perbukitan yg menyajikan keindahan alam. Setelah sampai di area tempat parkir, para pelancong harus berjalan kaki menuju area curug. Pasalnya jalurnya memang hanya bisa dilalui berjalan kaki. Cukup dekat dengan hanya menempuh 5 menit saja.

Ketika semua pengunjung menikmati keindahan curug ini bisa terlihat 2 bongkah batu besar berada di area ujung tebing sebagai salah satu ciri khas dari Curug Cimarunjung tersebut. Selain itu ciri khasnya adalah aliran air dari sungai tersebut yang menyempit di bagian atas. Air ini akan membentur batu sehingga terjun dengan deras.

Sementara batu besar yg berada di sebelah kanan ini menjadi spot untuk mengabadikan foto. Dan sudah sangat terkenal di instagram. Untuk mengabadikan foto di sini para pengunjung harus tetap berhati-hati. Pasalnya para turis bisa saja terpeleset meski batu tidak terlalu licin. Biasanya ada pemandu lokal yang akan membantu untuk menemani ke area bebatuan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan uang seikhlasnya. Biasanya para pemandu akan memberikan informasi area mana yg aman untuk berfoto dan berenang. Untuk masuk ke sini cukup membayar tiket sebesar 2 ribu saja.

Pemandangan persawahan di Ciletuh. Foto: sindonews.com

Pesona Curug Sodong, Cikanteh, Awang dan Puncak Darma

Selain Cimarinjung, di sini sudah ada Curug Sodong. Salah satu area air terjun yg tidak kalah menarik. Lokasinya berada di Desa Ciwaru dan tidak jauh dari Cimarinjung. Memiliki nama lain yaitu Curug Kembar disebabkan adanya 2 aliran air dengan letak bersebelahan. Sementara air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter.

Di sini para turis bisa melihat keindahan Curug Cikanteh. Hanya saja bisa terlihat ketika debit air tidak terlalu besar. Ada pula gua sodong di balik air terjun tersebut. Jika ingin masuk ke gua ini harap bersama pemandu lokal. Sama halnya dengan Cimarinjung, di sini para wisatawan bisa melihat ciri khas curug tersebut yaitu adanya batu besar di sekitar puncak aliran dari air ini.

Akses untuk menuju ke lokasi air terjun ini sekitar 45 menit jika ditempuh dari Pantai Palangpang. Bagi yang membawa kendaraan sendiri seperti mobil atau motor bisa diparkirkan di area yg sudah disediakan. Sedangkan untuk menuju ke area curugnya ini harus berjalan kaki menelusuri tangga batu.

Area tebing dan air terjun. Foto: zonalibur.com

Di sini ada banyak spot bagus untuk memotret. Mulai dari area curugnya hingga ke area sungai kecil yg tidak jauh dari area air terjun. Ditambah lagi dengan banyaknya pepohonan rindang serta area bebatuan dengan suasana lebih menarik serta mempesona.

BacaJuga:  10 Gambar Revo Town Mall, Dunia Salju di Snow World Bekasi + Alamat Lokasi

Selain Sodong, para pelancong bisa mengunjungi Curug Cikanteh. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan rimbunan pepohonan hijau di area Curug Sodong. Masih berada di daerah Desa Ciwaru, air terjun ini adalah bagian teratas dari rangkaian 3 air terjun lainnya di sini. Bisa diakses dengan berjalan kaki saja dari Curug Sodong. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui jalur yg sudah disediakan. Dan para turis akan menyeberangi sungai langsung tanpa adanya jembatan penyeberangan. Sebuah pengalaman yg unik.

Pesona lain yang ditawarkan oleh Ciletuh adalah Curug Awang. Di sini para pengunjung akan dimanjakan dengan panorama seperti Niagara. Air terjun ini memiliki tinggi hampir sekitar 40 meter dengan lebar 60 m. Jika di musim hujan aliran air terjun ini sangat besar dan deras. Tentu saja para turis dilarang dekat-dekat ketika sedang deras. Lalu di sekitar curug ini juga terdapat sawah dengan hiasan bebatuan purba nan menarik. Tidak heran, pasalnya air terjun ini menjadi sumber pengairan untuk sawah di sini.

Kawasan wisata air terjun ini letaknya di daerah Taman Jaya. Dan butuh waktu sekitar 1 jam dengan berkendaraan dari Curug Sodong. Ditambah lagi akses jalur ke sini sedikit rusak. Jika di Curug Sodong lebih banyak dikuasai oleh sawah, maka di sini para wisatawan bisa melihat kebun jati dan sawit. Ditambah lagi dengan banyaknya gubug para warga yg mengolah gula kelapa. Praktis harumnya luar biasa.

Para turis bisa menikmati curug dari atas. Apalagi jalurnya sudah sangat mulus terbuat dari konblok. Sementara jika ingin turun dari air terjun tersebut harus berhati-hati. Pasalnya masih sangat licin dan berbahaya. Di bagian bawah masih ada Curug Tengah dan Curug Puncak Manik. Untuk menuju ke sini harus berjuang terlebih dahulu.

Pesona lain dari Ciletuh Geopark tersebut adalah Puncak Darma. Dari sini para wisatawan bisa melihat keindahan alam dan juga pesona kota Sukabumi dari area perbukitan. Untuk menuju ke kawasan wisata ini para pengunjung harus berjuang ekstra keras. Pasalnya jalur dan juga akses menuju ke Puncak Darma ini mempunyai tanjakan serta tikungan yg tajam. Belum lagi dengan adanya jurang di sekitar jalur ini.

Untuk menuju ke area puncak, para wisatawan harus menggunakan kendaraan 4WD atau menyewa ojek di sekitar tempat parkir. Meski harus melalui perjuangan yg berat, keindahan dan pesona yg ditawarkan di Puncak Darma ini benar-benar menarik dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *