10 Foto Air Terjun Coban Baung Gunung Kawi Malang + Misteri Korban

Posted on
Air terjun coban baung gunung kawi malang korban misteri jawa timur 65164 purwodadi pasuruan ngajum waterfall gendogo pandaan angker alamat cerita dimana foto sejarah letak tempat wisata jalan ke htm kepanjen kebun raya kebobang wonosari mitos legenda lokasi purwosari asal usul peta rute rafting tourism tragedi tiket
Air Terjun Coban Baung yang terletak di dekat Gunung Kawi Kabupaten Malang. (foto: triptrus.com)

Lokasi: Desa Gendogo Gunung Kawi, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur 67164, Indonesia
Koordinat:
Klik Di Sini
HTM:
Rp 5.000 per orang
Jam Operasional:
06.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:

Nah, Kabupaten Malang kini memiliki destinasi wisata lagi yang wajib untuk di kunjungi. Destinasi wisata ini sangat memberikan kita bagaimana indahnya alam. Ya, kali ini kita akan membahas tentang Air Terjun Coban Baung atau Coban Baung Waterfall. Air terjun ini selain banyak dikunjungi wisatawan lokal, ada juga dari turis mancanegara, maka dari itu di tempat ini juga disediakan info untuk tourism.

Saat liburan tiba, dipastikan Air Terjun Baung ini mengalami kenaikan pengunjung. Seperti terlihat di foto ini banyak sekali yang datang untuk menimati keindahan alam Air Terjung Baung (foto: tribunnews.com)

Lebih jelasnya mari kita review secara lengkap tentang Air Terjun Coban Baung mulai dari asal – usul dan sejarah terbentuknya tempat ini, kemudian cerita misteri tentang cerita legenda serta tragedi yang pernah ada hingga rute yang perlu kamu lewati menuju Air Terjun Coban Baung. Mari kita simak bersama – sama ya.

Keindahan dan Potensi yang ada di Air Terjun Coban Baung

Terlihat dari kejauhan yang begitu indah Air Terjun Baung yang dikelilingi oleh pepohonan yang masih asri (foto: pasuruan-travel.com)

Biasanya Malang dikenal dengan kota yang memiliki banyaknya tempat wisata dengan beragam pilihan seperti Jawa Timur Park, Museum Angkut atau Eco Green Park. Kali ini kita akan pergi ke tempat wisata dengan nuansa yang berbeda yaitu Air Terjun Coban Baung. Air terjun ini berada di Kecamatan Ngajum dekat sekali dengan Gung Kawi yang ada di Kabupaten Malang. Kabupaten Malang berada di sebelah barat kota dengan daerah yang padat penduduknya. Salah satu daerah yang ramai di Kabupaten Malang adalah Kepanjen, kamu bisa berangkat ke Air Terjun Coban Baung dari arah ini melewati Desa Kebobang.

Pintu depan Air Terjun Baung, dari sini perjalanan kamu akan dimulai. Selanjutnya harus berjalan kaki untuk menuju air terjun (foto: pasuruan-travel.com)

Air Terjun Coban Baung memang belum banyak yang tau seperti tempat wisata lainnya. Ya, bisa dibilang tempat wisata ini masih perawan, maka dari itu perjalanan menuju Air Terjun Coban Baung sangat menguji adrenalin dan fisik kamu. Kamu perlu menyiapkan beberapa hal saat akan pergi Air Terjun Coban Baung. Gunakan sepatu yang anti jalan licin karena saat turun ke air terjunnya kamu akan berjalan kaki melewati batu-batuan di pinggir sungai.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Boom Banyuwangi Jawa Timur, Lokasi Wisata + Sejarah-nya
Di sinilah perjalanan mu akan dimulai. Meski demikian kamu akan disuguhi dengan pemandangan pepohonan yang hijau dan segar (foto: eastjava.com)

Tetapi setelah sampai di titik lokasi air terjunnya maka rasa lelah saat berjalan tadi akan terasa hilang. Pemandangan yang diberikan begitu indah dan mengagumkan. Jangan lupa untuk mengabadikan moment ini dengan mengambil gambar atau foto di sini. Air Terjun Coban Baung begitu tinggi sehingga menimbulkan pantulan air yang sangat keras dan besar. Air terjun ini juga mengalir sampai ke sungai di dekatnya. Meski demikian kamu dilarang berenang di sungai itu karena memiliki arus yang sangat deras.

Pancaran air terjun begitu keras sehingga membuat percikan hingga jauh. (foto: static.panoramio.com)

Dulu sungai yang ada di Air Terjun Coban Baung bisa digunakan rafting karena memiliki arus yang sangat deras. Tetapi setelah terjadi beberapa kejadian dimana sampai menimbulkan korban maka sungai ini tidak diperkenankan untuk mandi atau bermain-main. Maka dari itu di Air Terjun Coban Baung juga terdapat sebuah cerita misteri atau mitos yang ada. Konon katanya di Air Terjun Coban Baung angker dan terdapat cerita sebuah legenda. Tetapi semua ini tetap kembali pada diri kita masing-masing untuk dapat percaya atau tidak. Karena jika kita tidak memiliki niatan yang buruk maka liburan ke Air Terjun Coban Baung akan terasa senang dan seru sekali.

Rute dan Jalan Menuju Air Terjun Coban Baung

Terdapat spot foto yang bagus selama perjalanan kaki menuju air terjun (foto: panoramio.com)

Jalan menuju Air Terjun Coban Baung ini bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Alamat Air Terjun Coban Baung ini berada di Kabupaten Pasuruan atau lebih mudah jika menggunakan patokan tempat wisata lain sebagai tanda atau patokan. Ya, kamu bisa menjadikan Kebun Taya Purwodadi sebagai penanda bahwa kamu sudah dekat dengan Air Terjun Coban Baung. Mengapa demikian? Karena letak jalan masuk e Air Terjun Coban Baung berada tepat disebelah Kebun Raya Purwodadi ini.

BacaJuga:  10 Gambar Benteng Pendem Ngawi, Sejarah Misteri Angker + Asal Usul Lokasi Alamat Peta
Banyak sekali bebatuan di sekitar air terjun (foto: tripadvisor.com)

Jika kamu dari kota Malang maka harus mengambil arah menuju kota Probolinggo dan akan melewati Purwosari lalu Wonosari. Jarak yang ditempuh sekitar membutuhkan waktu 2 jam dengan jarak 30 km. Sedangkan jika dari kota Surabaya harus melewati Pandaan maka jaraknya berbeda lagi yaitu sekitar 65 km dan membutuhkan waktu 3 jam. Banyak sekali transportasi yang bisa kamu gunakan. Bisa dengan bis atau angkutan kota.

Berfoto di depan air terjun (foto: youtube.com)

Jika kamu sudah sampai di Kabupaten Pasuruan maka carilah petunjuk menuju Kebun Raya Purwodadi, kemudian mengambil belok ke arah kanan. Nah setelah itu kamu bisa mengikuti arah jalan yang ada dan perlu diketahui, jalan ini sudah mulai mengecil dibandingkan dengan jalan besar sebelumnya. Tetapi meski jalan kecil, di sini masih bisa dilalui dengan mobil atau kendaraan roda 4. Kamu bisa menggunakan GPS atau peta online jika masih mengalami kendala di perjalanan.

Suasana diatas air terjun (foto: panoramio.com)

Setelah kamu jalan lurus, maka akan sampai di Air Terjun Coban Baung. Ketika sudah berada di tempat parkir kendaraan maka di sinilah petualangan akan baru dimulai. Kamu harus jalan kaki melewati anak tangga yang menurun sekitar 200. Jalanan anak tangga ini cukup terjal jadi kamu harus berhati-hati ya. Setelah itu kamu akan menemui sungai, nah untuk dapat sampai di air terjunnya maka harus melewati pinggiran sungai. Kamu harus berhati-hati karena aliran sungai di sini cukup deras maka dari itu dilarang untuk mandi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Coban Baung

Sebetulnya untuk jam buka di Air Terjun Coban Baung tidak ada. Hanya saja disarankan kamu datang saat matahari masih ada artinya tidak saat gelap. Kamu bisa datang pagi hari sehingga bisa merasakan nikmatnya di Air Terjun Coban Baung seharian penuh. Dan pada saat sore hari bisa meninggalkan Air Terjun Coban Baung.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur, Tiket Masuk Wisata + Letak Peta Lokasi

Untuk harga tiket masuk di Air Terjun Coban Baung sangat murah dan bersahabat dikantong. Kamu hanya perlu membeli tiket 5 ribu rupiah maka bisa menikmati indahnya alam yang diberikan di Air Terjun Coban Baung. Selain itu kamu juga perlu membayar karcis untuk parkir kendaraan yang kamu titipkan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *