10 Gambar Coban Cinde Benjor Tumpang Malang Indonesia : Air Terjun Lokasi Jawa Timur

Diposting pada
Coban cinde di tumpang malang benjor indonesia rute foto gambar tempat air terjun jawa timur lokasi east java
Coban Cinde, foto: travelwisata.net

Lokasi: Benjor, Tumpang, Malang, east java 65156
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Malang merupakan salah satu daerah di indonesia yang terkenal dengan sebutan kota apel, dimana kota yang ada di jawa timur ini memang penghasil apel di indonesia khususnya apel malang. Namun selain merupakan kota apel, malang juga merupakan salah satu kota di indonesia yang memiliki banyak sekali tujuan tempat wisata. Mulai dari wisata alam seperti deretan pantai yang indah, pegunungan, hingga air terjun. Banyak sekali ditemukan air terjun yang menakjubkan di kota malang, salah satunya adalah air terjun cinde.

keindahan air terjun seperti syal, foto: newshub.id

Coban cinde ini merupakan air terjun terletak tidak terlalu jauh dari utara kota Malang dan lokasi dari coban ini terbilang cukup tersembunyi dibalik kondisi alam disekitarnya yang masih alami. Sehingga masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke kota malang. Namun meskipun masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, coban cinde ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat pengunjung mau menempuh perjalanan yang jauh hanya untuk melihat pesona alam coban cinde. Lalu pesona apakah yang dimiliki oleh coban cinde ini ? nah dari pada anda semakin penasaran, mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

Daya Tarik Air Terjun Coban Cinde

salah satu air terjun lain yang ada disekitar lokasi, foto: kompasiana.com

Asal mula nama cinde karena bentuk air terjun ini seperti cinde atau dalam bahasa indonesia berbentuk syal yang berkibar. Di mana aliran air terjun ini berasal dari sungai yang berada di atasnya dan mengalir kebawah membuat aliran air tersebut cukup deras. Debit air yang turun tersebut tertiup angin, sehingga membentuk seperti syal berkibar. Karena hal tersebutlah untuk para pengujung yang datang ke air terjun ini , dapat dipastikan tubuh mereka akan basah terkena cipratan coban cinde.

keadaan air terjun pada saat musim kemarau, foto: wisatabaru.com

Selain memiliki bentuk yang unik, coban cinde ini memiliki dua air terjun sekaligus dalam satu lokasi. Dimana untuk air terjun pertama yang mengalir di sisi tebing memiliki tinggi sekitar 50 meter dan memiliki debit air tidak terlalu besar. Sehingga ketika musim kemarau air terjun ini akan menghilang karena debit air di aliran sungai menurun. Nah untuk yang satunya adalah air terjun utama atau coban cinde itu sendiri. Di mana air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 30 meter dan coban ini berasal dari aliran sungai utama, sehingga memiliki debit air yang cukup besar. Letak dari coban utama tersebut berada di ujung belokan sungai yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun pertama.

BacaJuga:  Berwisata Ke Kediri? Jangan Lupa Mengunjungi 4 Kolam Renang Berikut ini
keindahan air terjun utama, foto: ronikhoi.blogspot.co.id

Selain itu yang membuat menarik dari air terjun cinde ini selain memiliki bentuk seperti syal, juga letaknya yang tersembunyi di balik rindangnya pepohonan dan diapit dengan dinding tebing yang sempit. Karena hal tersebutlah membuat coban cinde tidak terlihat dari kejauhan dan untuk bisa menuju lokasi dari coban ini diperlukan usaha yang cukup besar.

Meskipun lokasinya cukup sulit dijangkau, namun keindahan yang dimiliki oleh coban cinde ini membuat siapa saja ketika datang ke lokasi wisata ini betah untuk berlama-lama. Untuk anda yang suka mengambil foto alam pasti dimanjakan dengan pemandangan alam disekitar sehingga gambar hasil jepretan anda akan sangat indah. Hal tersebut karena suasana sunyi di sekitar coban ini yang ditambah dengan kesejukan udara disekitar tempat wisata membuat kita dapat melupakan sejenak kepenatan karena aktivitas sehari-hari di perkotaan. Untuk itulah tempat wisata coban cinde ini sangat cocok dikunjungi untuk mereka yang ingin mencari ketenangan.

Lokasi dan Rute Air terjun Coban Cinde

keindahan alam sekitar coban, foto: nekawisata.com

Lokasi dari coban cinden ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang, tepatnya terletak di sebelah utara kota malang dan letaknya cukup tersembunyi. Hal ini karena lokasi dari tempat wisata ini masih dikelilingi oleh alam yang masih alami, di mana jika dilihat secara administrasi lokasi dari air terjun cinde ini terletak di Desa Benjor,Kec Tumpang Kabupaten Malang.

Untuk anda yang ini pergi berwisata ke coban cinde ini dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor hingga ke desa Benjor, dari situ anda bisa tanya lokasi dari coban cinde. Selain menggunakan kendaraan pribadi juga bisa menggunakan angkutan umum, yakni dari terminal arjosari naik angkutan umum dengan rute perjalanan Tumpang-Arjosari (TA). Setelah sampai di daerah tumpang, maka perjalanan dilanjutkan dengan naik colt sejauh 7 KM menuju desa benjor. Nah dari desa benjor ini lah para wisatawan harus berjalan kaki jika ingin sampai di lokasi coban cinde, baik itu yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Gili Ketapang Probolinggo Murah Mulai Rp.90.000 Saja
pintu masuk desa benjor, foto: cobanmalangraya.blogspot.co.id

Setelah sampai di desa benjor, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus yang sangat indah sebagai pembuka perjalanan. Untuk bisa mencapai lokasi coban cinde terdapat dua jalur, yakni melalui jalur setapak atau yang ingin melakukan petualangan bisa menyusuri jalur sungai.

keseruan berpetualan di lokasi coban, foto: ngalam.co

Untuk anda yang memilih melewati jalan setapak maka perjalanan menuju coban cinde akan dimulai dari desa benjor dan harus berjalan kaki sejauh 3 km. Di sepanjang jalan nanti anda akan melewati beberapa ladang penduduk dan hutan pinus, selain itu jalan setapak yang akan kita lalui nanti merupakan jalan setapak sudah jarang dilewati orang-orang sekitar. Sehingga tidak jarang nanti anda akan membuat jalan sendiri karena jalan yang ada sudah di tumbuhi oleh rimbunan semak-semak. Di beberapa bagian jalan setapak terdapat tumbuhan rotan berduri yang membahayakan kulit anda, untuk itu anda harus selalu berhati-hati pada saat melewati tumbuhan tersebut jangan sampai kulit anda tergores oleh duri rotan.

Setelah separuh perjalanan melewati jalan setapak yang datar, maka perjalanan akan dilanjutkan dengan tantangan baru yakni harus melalui jalan yang cukup curam. Dimana anda harus berjalan dilereng yang memiliki kemiringan sekitar 45 derajat dan disampingnya terdapat semak-semak berduri cukup tajam. Setelah sampai dari perbatasan hutan pinus anda harus menuruni tebing setinggi sekitar 15 meter sehingga harus ekstra hati-hati ketika turun supaya tidak terjatuh ke semak-semak di bawah.

keindahan coban dari jauh, foto: panduanwisata.id

Sedangkan untuk anda yang memilih melewati jalan dengan menyusuri sungai, maka anda akan cepat sampai di lokasi dari coban cinde. Namun perjalanan anda nanti akan sangat berat, karena di sepanjang sungai nanti akan dipenuhi dengan bebatuan sepanjang sekitar 1 kilometer. Arus sungai juga cukup deras, sehingga para wisatawan harus berhati-hati supaya tidak jatuh terbawah arus sungai. Selain itu kadang-kadang sungai juga dipenuhi dengan lintah, untuk itu sebelum turun menyusuri disarankan olesi kaki dan tangan dengan minyak tanah agar tidak dihinggapi lintah. Karena jalur yang akan dilewati nanti masih berupa hutan alami, maka akan banyak binatang liar di hutan yang ditemukan seperti, ayam hutan, budheng atau monyet, lintah, ular dan selain itu terdapat juga berbagai macam semak-semak dan pepohonan heterogen.

BacaJuga:  15 Rekomendasi Sewa Kost Harian di Surabaya Fasilitas Lengkap Mulai Rp.50.000
suasana disekitar rute perjalanan, foto: wisatalengkap.com

Meskipun terbilang sedikit berbahaya, namun anda tidak perlu khawatir karena selama menyusuri sungai nanti para wisatawan akan di suguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah dan masih alami. Suasana hutan lebat yang masih alami ditambah lagi suara kicauan burung-burung dan jernihnya air sungai, membuat perjalanan anda nanti tidak akan terasa capek. Selain itu anda akan melewati aliran sungai yang indah, dimana pada sisi kanan dan kirinya terdapat sebuah tebing setinggi puluhan meter membuat pemandangan sangat mempesona. Setelah berjalan beberapa menit, para wisatawan nantinya akan memanjat salah satu sisi tebing karena terdapat jeram setinggi 5 meter yang menghalangi perjalanan. Sehingga para wisatawan harus menghindari jeram tersebut dan perjalanan dilanjutkan dengan melawan arus sungai karena berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya untuk mencari aliran yang tidak terlalu deras dan menghindari bebatuan yang cukup besar.

Tiket Masuk dan Fasilitas Coban Cinde

coban cinde dari kejauhan, foto: ngalam.co

Dikarenakan tempat wisata  coban cinde masih belum dikelola oleh pemerintah kabupaten malang dan merupakan tempat wisata yang masih baru, maka untuk tiket masuk ke tempat wisata ini masih cukup murah karena dikelola oleh warga sekitar. Dimana sebelum masuk anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000.

Sedangkan untuk masalah fasilitas yang dimiliki oleh coban cinde ini terbilang masih minim, dimana ditempat wisata nanti anda hanya akan menemukan tempat parkir dipintu masuk dan beberapa toilet umum yang dapat digunakan untuk berganti pakai. Karena minimnya fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata ini, disarankan untuk anda supaya mempersiapkan keperluan pribadi ketika masih dirumah. Seperti makan dan minuman, obat-obatan pribadi dan kebutuhan pribadi lainnya.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perjalanan menuju ke lokasi coban cinde dan keindahan alam yang ada di sana. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bisa menambah daftar destinasi tujuan wisata anda ketika berada di malang jawa timur.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.