10 Gambar Coban Nirwana Malang, Tiket Masuk + Rute Jalan Menuju Lokasi Alamat

Posted on
Coban nirwana malang tiket masuk atau mbok karimah gedangan di selatan jawa timur tundo rute alamat jalan menuju gambar lokasi teluk bidadari
Eksotisme Air terjun. Foto: dakatour.com

Lokasi: Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: 0813-3329-2252

Malang memiliki kepuasan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke kota di Jawa Timur atau Jatim ini. Ada banyak pesona yg dimiliki oleh Malang. Baik kawasan wisata alam hingga sejarah bisa ditemukan di sini. Untuk keindahan alam, Malang menyediakan berbagai lokasi wisata nan menarik serta sejuk. Salah satunya adalah area air terjun atau biasa disebut coban.

Keindahan Air nan segar dan bening. Foto: dakatour.com

Salah satu tempat wisata alam adalah kawasan air terjun Coban Tundo Nirwana, Malang yang memiliki nama lain Coban Gedangan. Wisata alam ini sekarang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan juga siap memanjakan para wisatawan ketika menginjakkan kaki ke kota Malang tersebut.

Selfie di Curug Nirwana. Foto: dakatour.com

Menilik Air terjun Tundo Nirwana

Curug atau air terjun dan juga Coban Nirwana ini ternyata memiliki banyak nama. Selain Tundo Nirwana, nama lain yang bisa ditemukan adalah Curug Gedangan. Pasalnya letak dan lokasi dari air terjun ini berada di daerah Gedangan. Sementara nama lain dari lokasi wisata ini adalah Coban Mbok Karimah.

Air terjun yang satu ini memang menjadi salah satu destinasi wisata terbaru di kota Malang yang menjadi incaran terutama bagi para anak-anak muda. Hal ini disebabkan kawasan ini masih tergolong baru dan belum terjamah oleh siapapun. Sehingga suasana di sekitarnya masih cukup asri. Bahkan fasilitas di sekitar air terjun ini memang belum terlalu lengkap. Praktis membuat suasana di sini lebih asri dan segar.

Duduk di atas air terjun. Foto: dakatour.com

Sebenarnya kawasan wisata alam ini memang belum mempunyai nama resmi. Akan tetapi banyak orang menyebutnya daerah Coban Nirwana, Mbok Karimah hingga Gedangan. Jika mencarinya di aplikasi Google Maps, praktis peta atau denah akan menampilkan nama Coban Gedangan. Pasalnya nama daerahnya yaitu Gedangan.

BacaJuga:  Ada Pengantin Terjun? Simak Penjelasannya di Air Terjun Pengantin

Kawasan alam ini memang menjadi salah satu destinasi liburan terbaru di daerah Malang. Selain Teluk Bidadari yg ditemukan beberapa waktu lalu, kawasan curug ini mencuat usai ditemukan oleh beberapa wisatawan yg mencari daerah-daerah terpencil dengan keindahan alam di dalamnya. Sangat wajar jika area alam air terjun di Malang ini tergolong baru, pasalnya belum ada yg menemukan serta mengunjunginya. Praktis sangat jarang para turis atau masyarakat setempat yg menjamah area ini. Sehingga masih sangat asri.

Pemandangan eksotis di Coban Nirwana. Foto: brobali.com

Sekarang ini memang belum cukup banyak wisatawan yg berlibur dan berkunjung di sini. Meski begitu area ini tetap memiliki sisi menarik tersendiri. Para pelancong akan dimanjakan dengan berbagai macam hal unik di sekitar area air terjun. Salah satunya adalah pemandangan serta panorama epic yg sangat pas dijadikan untuk latar belakang selfie serta foto dan gambar nan menarik.

Bersantai di sekitar sungai. Foto: dakatour.com

Rute dan letak serta Lokasi Coban Nirwana

Bagi para turis yg ingin mengunjungi kawasan wisata Curug Nirwana atau Coban Mbok Karimah ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Alamatnya berada di daerah Gedangan dan di bagian Selatan dari kota Malang. Tentu saja rute atau akses menuju ke kawasan alam ini sangat mudah.

Akses guna menuju ke obyek wisata air terjun Coban Nirwana ini memang cukup mudah. Pasalnya letak dan lokasinya berada di area perbatasan daerah Gedangan dan juga Sumber Manjing Wetan. Para pengunjung bisa menuju ke kawasan Air Terjun Mbok Karimah atau Coban Nirwana ini memakai kendaraan pribadi.

Lokasi sendiri juga tidak jauh dari pusat kota. Hanya ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan saja ke Kecamatan Gedangan. Dari sini sudah banyak papan petunjuk untuk mengantarkan para turis ke Coban Nirwana tersebut. Usai berada di Kecamatan Gedangan, cari jalan ke arah Pasar Gedangan. Dari pasar ini para wisatawan bisa bertanya kepada warga setempat guna menuju ke lokasi wisata ini. Jika memakai aplikasi Google Map sedikit bingung disebabkan area ini masih baru dan namanya berbeda-beda.

BacaJuga:  Pantai Dampar, Hamparan Pasir Hitam nan Bersih
Suasana indah dan menarik. Foto: dakatour.com

Sementara jalan utama menuju ke air terjun Mbok Karimah Malang ini memang sudah sangat bagus serta sudah menggunakan aspal. Akan tetapi para wisatawan tetap harus berhati-hati ketika menuju ke area ini. Pasalnya beberapa kilometer sebelum memasuki area obyek wisata alam ini para pengunjung akan melewati jalan dengan kondisi berlubang dan juga masih tanah.

Praktis jika membawa kendaraan sendiri harus berhati-hati. Ditambah lagi kondisi jalur utama ini naik turun serta ada banyak tikungan tajam yg bisa membahayakan para wisatawan jika tidak berhati-hati. Akan tetapi perjuangan para turis akan terbayar lunas kala menginjakkan kaki di Coban Nirwana. Panorama eksotis bisa didapatkan di sini. Suasana alam nan asri hingga udara yg sejuk bisa dinikmati di sini.

Selfie di Curug Mbok Karimah. Foto: wisataterindah.com

Harga tiket masuk ke Coban Nirwana atau Mbok Karimah Malang

Bagi para wisatawan yg ingin mengunjungi air terjun ini, tidak diperlukan biaya yg besar. Pasalnya Di tempat wisata ini tidak diberlakukan tarif atau harga tiket masuk alias free dan gratis. Hanya saja para turis harus  membayar tiket parkir kendaraan jika membawa kendaraan pribadi. Sayangnya di sini tidak ada area parkir sehingga para pengunjung harus menitipkan warga dan membayar parkir sukarela. Sangat wajar mengingat Coban Nirwana ini memang masih tergolong lokasi wisata baru. Sehingga fasilitas yg disediakan di sini belum lengkap atau bahkan tidak ada. Ditambah lagi tidak dipungut biaya sama sekali.

Panorama Eksotis di Gedangan. Foto: ksmtour.com

Tips berlibur ke Coban Nirwana

Bagi para wisatawan yg ingin berlibur ke kawasan ini, ada beberapa tips serta tambahan informasi. Jika mengunjungi atau berlibur ke air terjun Mbok Karimah atau Coban Nirwana ini disarankan untuk menitipkan kendaraan bermotor di rumah-rumah warga setempat. Bagi yg membawa kendaraan pribadi memang ini jalan satu-satunya agar kendaraan bermotor aman. Pasalnya seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tidak ada area parkir di sekitar kawasan air terjun ini. Sehingga menitipkan ke warga menjadi jalan satu-satunya. Tentu saja bayar parkir secara sukarela.

BacaJuga:  10 Foto Coban Kethak Kasembon Malang + Harga Tiket Masuk 2018
Bersantai di tebing. Foto: kanalmalang.net

Sebelum memulai petualangan dalam mengunjungi Coban Nirwana atau air terjun Mbok Karimah ini tentu saja ada beberapa hal yg harus diingat serta diketahui. Bahwak kawasan wisata ini memang sangat minim fasilitas di dalamnya. Hal ini memang karena area ini masih baru dan belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan pemerintah setempat belum menjamah daerah air terjun tersebut. Sehingga para turis harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap dan komplit.

Salah satunya adalah sebelum berangkat ke lokasi wisata ini, jangan lupa untuk menyiapkan bekal seperti makanan dan minuman selama berpetualang di sini. Jangan sampai kelelahan kala menelusuri area air terjun dan hutan. Tidak ada warung makan di sekitar coban. Jika ingin membeli sesuatu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Jangan lupa pula untuk mengenakan pakaian yg nyaman serta sepatu yang biasa digunakan di area outdoor. Sehingga para turis tidak akan cedera kala berlibur di sini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.