Potret Keseruan Berendam di Coban Putri, Air Terjun Tercantik di Batu

Diposting pada
Foto by instagram.com/ana.maria_1515/

Alamat: Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur 65316
Map: KlikDisini
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0812 2256 223
WhatsApp: 0812 2256 223

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 10.000
Parkir Motor: Rp. 3.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/bilqis_nfsh/

Coban adalah nama lain dari air terjun yang ada di Kota Malang dan Batu. Kota lain mungkin menyebut wisata air terjun sebagai curug. Coban dan Curug hanya sebuah penyebutan yang berbeda namun memiliki arti sama yaitu air terjun.

Kota Batu terkenal sekali dengan cobannya yang cantik dan memesona sebut saja seperti Coban Rais, Coban Talun, Coban Putri dan lainnya. Dari ketiga Coban diatas, paling banyak menyita perhatian milenials belakangan ini adalah Coban Putri.

Iya, Coban Putri adalah satu diantara coban di Batu yang memiliki kecantikan tersendiri. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun serta panorama alam di Coban Putri ini pun tidak gratis, sebab kamu harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Harga tiket masuk Coban Putri ialah 10ribu per orangnya, masih cukup terjangkau bukan? Selain itu, jika membawa kendaraan pribadi maka kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk parkir. Tarifnya murah kok per kendaraan roda dua biayanya 3ribu sedangkan roda empat 5ribu.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/cf_art_visual/

Coban Putri adalah destinasi wisata yang sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama orang-orang terkasih. Untuk bisa menjangkau lokasi wisata pun cukup mudah karena letaknya tidak jauh dari Alun-alun Kota Batu.

Dimana jarak dari Alun-alun Batu untuk sampai di lokasi wisata Coban Putri ialah sekitar 7,4  kilometer saja. Lokasi dari Coban Putri ini pun tak jauh dari Coban Rais, dimana jaraknya hanya sekitar 1,5 kilometer saja.

Dari Alun-alun Wisata Kota Batu kamu harus melewati jalur atau rute jalanan yang cukup sulit. Dimana kamu akan menjumpai banyak kelokan dan tanjakan. Salah satu rute yang bisa dipilih adalah melalui Jalan Oro-oro Ombo.

BacaJuga:  7 Kegiatan Menarik Wajib Coba di Museum Angkut

Dari Jalur Lintas Barat Batu sudah ada papan petunjuk arah yang berada di sebelah kiri jalan, kira-kira 600 meter ada sebuah gerbang masuk kawasan Coban Putri. Jika masih kebingungan, kamu bisa melihat detail rutenya di maps diatas atau akses situs petunjuk jalan seperti waze dan sejenisnya.

Meskipun medannya bisa dibilang ekstrem namun akses jalannya bisa dilalui motor maupun mobil kok. Untuk bisa sampai di titik lokasi air terjun Coban Putri berada kamu harus berjalan kaki sekitar 400 meter.

Fasilitas

Foto by instagram.com/eviyulias3/

Dari awal dirikan sampai dengan sekarang Coban Putri terus berbenah dalam memberikan kenyamanan dan kepuasan untuk para pengunjungnya. Hal tersebut terbukti dari semakin banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola Coban Putri.

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Coban Putri beberapa diantaranya ada taman dan kolam ikan. Dimana kedua fasilitas tersebut berfungsi untuk mempercantik suasana sekitar sehingga suasananya terlihat lebih hidup dan berwarna.

Selain itu disini kamu pun akan menjumpai fasilitas lain yaitu berupa area bermain anak. Area ini bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang membawa anak kecil agar bisa bermain dengan lingkungan lebih safety dan kids friendly.

Buat kamu yang ingin berkemah di sekitar kawasan Coba Putri pun bisa lho, karena objek wisata ini sudah dilengkapi dengan Camping Ground. Selain area berkemah, kalau kamu pengen memacu adrenalinmu cobalah untuk bermain outbond dan flying fox.

Foto by instagram.com/viaferrata.cobanputri/

Fasilitas baru yang cukup seru untuk kamu nikmati adalah offroad. Dimana hanya dengan modal 35ribuan saja kamu akan diajak keliling hutan disekitar Coban Putri menggunakan mobil offroad. Perjalanan offroad yang bakalan ditempuh ialah sekitar 2 kilometer.

Setelah lelah bermain pasti kamu butuh buat isi ulang tenagamu yang telah terbuang, kan? Tenang kamu nggak perlu pergi jauh-jauh karena di kawasan wisata Coban Putri ini pun sudah ada warung makan yang menyajikan aneka hidangan lezat dengan harga murah.

BacaJuga:  9 Alasan Mengapa Kita Wajib Berkunjung Ke Eco Green Park Batu

Seperti objek wisata pada umumnya, buat yang ingin bersantai dan beristirahat sambil menunggu keluarga atau temanmu selesai bermain air, kamu bisa manfaatkan gazebo di sekitar coban. Dengan bersantai di sebuah gazebo kamu bisa lebih menikmati suasana alam sekitar. Untuk fasilitas umum lainnya ada seperti mushola, area parkir dan juga toilet.   

Spot Foto Instagramable

Foto by instagram.com/mirahumairoh/

Coban Putri ini memang bukan hanya menawarkan keindahan air terjun semata, tetapi disini mereka juga menyuguhkan banyak spot foto. Adanya spot-spot foto instagramable disini berhasil menarik minat pengunjung terutama kalangan milenials.

Sebelumnya Coban Putri memiliki beberapa spot foto andalan yaitu seperti ayunan kembar, gardu pandang kayu, jembatan bambu serta bintang. Keempat spot tersebut berhasil menjadi buruan para milenials untuk hunting foto untuk kebutuhan feeds instagram.

Foto by instagram.com/rerefirmansyah/

Nah baru-baru ini pihak pengelola Coban Putri merilis spot foto baru yaitu berupa gardu pandang yang didesain seperti tangan raksasa. Sekilas spot ini mirip dengan yang ada di Hutan Pinus Pengger Jogja, ya?

Dengan hadirnya spot baru ini membuat pengunjung Coban Putri semakin meningkat, terutama para milenials yang doyan swafoto. Ternyata kepopuleran Coban Putri bukan hanya dirasakan oleh masyarakat Batu dan Malang saja, tetapi menyebar luas ke daerah-daerah lain.

Hal tersebut terjadi tentu hasil campur tangan para wisatawan Coban Putri yang mengabadikan momen mereka ke akun media sosialnya. Dengan begitu secara otomatis semua orang pun menjadi mengenal Coban Putri.

Keistimewaan Coban Putri

Foto by instagram.com/al_siraf/

Dari sekian banyak coban di Batu, Coban Putri merupakan salah satu yang memiliki daya pikat menarik. Keunikan yang dimiliki oleh Coban Putri ini ialah dari lokasinya berada dibawah perbukitan dan diantara lembah.

BacaJuga:  Omah Kayu Batu, Berapa Harga Sewa dan Tiket Masuknya?

Karena lokasinya tersebutlah Coban Putri menawarkan sisi keindahan lain di Batu yang tidak ditemukan ditempat lainnya. Keberadaan Coban Putri ini juga belom banyak terlalu terexpose sehingga suasana disini masih sangat asri, sejuk dan alami banget.

Foto by instagram.com/riya_dedovi/

Pohon-pohon disekitar Coban menjulang tinggi dan terlihat sangat rimbun. Sepertinya hal ini pulalah yang membuat suasana disekitar coban menjadi lebih damai dan nyaman, cocok banget buat relaksasi.

Adanya pohon-pohon ini ternyata dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk dijadikan tempat menggantung hammock. Dengan adanya hammock ini para pengunjung bisa lebih menikmati nuansa alam sekitar yang sangat natural.

Coban Putri sendiri memiliki dua air terjun yang masing-masingnya memiliki ketinggian berbeda yaitu 15 dan 20 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun aliran air terjunnya cukup deras. Dimana kondisi airnya pun masih sangat jernih seperti belom dicemari sedikit pun.

Foto by instagram.com/mitaindahpangesti/

Menariknya di bawah air terjun Coban Putri tersebut dibuat sebuah bendungan sederhana. Fungsinya adalah supaya air yang mengalir dari atas arusnya akan terlihat bertingkat. Keunikan inilah yang membuat Coban Putri sedikit berbeda dari coban lainnya.

Buat kamu yang masih bingung mau cari tempat weekend-an kemana, udah nggak usah pikir panjang mendingan ke Coban Putri aja. Selain ketenangan, kamu pun bakal dapet bonus spot foto cantik yang keren dipajang di media sosial-mu. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat atau pasanganmu juga untuk liburan bareng ke Coban Putri.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.