Cuanki Serayu, Surga Dunia Para Pecinta Kuliner Bandung

Diposting pada
Foto by instagram.com/indra_pr/

Alamat: Jalan Serayu Nomor 2, Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Map: KlikDisini
Jam Buka: 11.00-19.00 WIB (Sabtu-Kamis), 13.00-19.00 WIB (Jumat)
No. Telp: 0812 2163 6600
WhatsApp: 0812 2163 6600

Daftar Harga Menu

– Bakso Cuankie 6bh/porsi Rp. 17.000
– Bakso Cuanki 4bh/setengah porsi Rp. 12.000
– Batagor 6bh/porsi Rp. 17.000
– Batagor 4bh/setengah porsi Rp. 12.000

Daftar Harga Minuman

– Air Mineral Rp. 5.000
– Teh Botol Sosro Rp. 5.000
– Aneka Juice Rp. 10.000

Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 4.000

Foto by instagram.com/armiamayang/

Siapa sih yang nggak tau Cuanki Serayu? Makan satu ini merupakan salah satu kuliner andalan di Bandung. Jadi kurang afdol rasanya kalau kamu tinggal atau singgah di Bandung tapi belom pernah cobain kuliner nikmat ini.

Cuanki Serayu menjadi salah satu primadona kuliner di Bandung karena mempunyai banyak keistimewaan. Kalau soal rasa sih nggak usah diragukan lagi ya, namun ini menyangkut soal dompet.

Dimana para penikmat Cuanki Serayu tak perlu mengeluarkan terlalu banyak kocek sebab harga satu mangkuknya sangat murah dan terjangkau. Hanya dengan modal mulai dari 12ribuan saja kamu sudah bisa puas dan kenyang menyantap semangkuk Cuanki Serayu ini.

Buat kamu yang tidak bisa makan banyak nggak usah khawatir, karena disini disediakan menu setengah porsi. Kalau laper banget pesanlah seporsi mangkuk, tetapi jikalau cuman ngemil biasa mendingan yang setengah porsi aja.

Selain Cuanki disini kamu pun bisa menemukan menu lain yaitu Batagor. Keduanya merupakan kuliner asli dari Jawa Barat. Sehingga sulit rasanya untuk memisahkan Cuanki dan Batagor dari perburuan kulinermu di Kota Bandung.

Untuk menu minumannya sendiri kamu bisa memesan aneka jenis juice yang terdiri dari berbagai macam buah seperti Mangga, Jeruk, Melon, Alpukat, Wortel, Sirsak, Tomat, Belimbing, Strawberry, Nanas dan Apel. Selain Juice kamu juga bisa memesan minuman lain seperti air mineral dan soft drink berupa teh botol sosro.

BacaJuga:  10 Pusat Sewa Hiace di Bandung Untuk Penyewaan Dalam dan Luar Kota

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/swerysissue/

Lokasi dari pada Kedai Cuanki Serayu ini cukuplah mudah dijangkau karena letaknya strategis dan berada di pinggir jalan raya besar. Jarak kedai cuanki ini dari pusat Kota Bandung yaitu sekitar 3,8 kilometer, dimana bisa ditempuh dengan waktu kira-kira 14 menit.

Untuk bisa sampai di lokasi kamu bisa menggunakan rute Jalan Sunda di Paledang. Supaya lebih mudah tiba di lokasi kamu bisa manfaatkan maps yang sudah kami sematkan diatas atau menggunakan aplikasi penunjuk jalan lain seperti waze atau moovitapp.

Patokan atau ancer-ancer posisi dari Kedai Batagor & Cuanki Serayu ini tak jauh dari Taman Pramuka, jaraknya yaitu sekitar 250 meter.

Fasilitas

Foto by instagram.com/sherlyast/

Seperti kedai makan pada umumnya, Cuanki Serayu ini didukung juga oleh beberapa fasilitas penunjang beberapa diantaranya seperti toilet, area parkir dan juga tempat makan.

Dengan adanya area parkir yang cukup memadai sehingga kamu tidak perlu bingung memarkirkan kendaraanmu dimana.

Untuk menyantap semangkuk cuanki ataupun batagor serayu ini kamu bisa memilih mau duduk di area indoor atau outdoor. Kalau pengen merasakan sensasi semilir dan ac alami, better mendingan pilih outdoor aja.

Tapi kalau cuaca tidak bersahabat mendingan duduk di indoor, biar kamu tidak terganggu dengan cipratan air hujan. Cuman memang kalau di indoor saat cuaca lagi panas hawanya jadi terasa lebih sumpek dan pengap.

Kuliner Favorit Semua Orang

Foto by instagram.com/chefdiie/

Pasti sebagian dari kamu masih penasaran ya kenapa sih Cuanki Serayu ini dari dulu selalu menjadi primadona kuliner di Bandung, tepatnya sejak era 90-an.

Kuliner legendaris satu ini memang sangat melekat di hati para masyarakat Bandung. Sehingga sulit rasanya untuk tidak menyertakan Cuanki Serayu kedalam list kuliner atau menu makanmu.

BacaJuga:  Intip 15 Sewa Villa Murah di Kota Kembang Bandung, Harga Paling Murah Rp.920.000

Sejatinya Cuanki Serayu ini adalah sebuah jajan tradisional yang dulunya hanya dijual keliling menggunakan gerobak pikul. Kata Cuanki sendiri berasal dari dari sebuah singkatan yang berarti Cari Cuan Jalan Kaki, unik ya?

Foto by instagram.com/dadan_ratie/

Salah seorang penggagas Cuanki Serayu yaitu Pak Kusno mulai menjajakan dagangannya sejak tahun 90-an. Usahanya berjalan kaki dari kampung ke kampung ternyata membuahkan hasil. Dimana Cuangki Serayu mulai dikenal dan dicintai oleh banyak orang.

Karena penggemar Cuanki Serayu semakin banyak, maka Pak Kusno mencoba untuk beralih dari berjualan keliling menjadi menetap disebuah ruko atau warung. Dengan begitu para pelanggan Cuanki Serayu tidak perlu kesulitan saat ingin menyantap kuliner favoritnya ini. 

Foto by instagram.com/ree_dha/

Saking banyaknya yang kepincut dengan kelezatan Cuanki Serayu ini maka untuk bisa menikmatinya pun kamu butuh effort dan kesabaran lebih. Sebab, setiap harinya antrean di kedai Cuanki Serayu ini selalu mengular, terutama saat jam makan siang.

Bahkan terkadang ada kasus dimana para pelanggan dibuat kecewa karena sudah antre panjang, mereka tak kunjung bisa menikmati kuliner incarannya lantaran cuankinya sudah ludes. Hal ini sering sekali terjadi, jadi kalau kamu nggak mau kehabisan juga better pesanlah sebelum jam makan siang.

Keistimewaan Cuanki Serayu

Foto by instagram.com/intan_0105/

Sekilas Cuanki Serayu ini mirip atau serupa dengan bakso pada umumnya. Namun ada bagian lain yang tentunya hanya bisa kamu temukan di semangkuk Cuanki Serayu apalagi kalau bukan aci sebagai pengganti mie.

Satu porsi mangkuk cuanki terdiri dari beberapa isi yaitu bakso, bakso goreng, tahu bakso, siomay rebus dan pangsit goreng. Nah keistimewaan dari Cuanki Serayu ini terletak di kuahnya.

Dimana jika biasanya kuah bakso pada umumnya menggunakan tulang sapi tetapi untuk cuanki serayu ini memakan tulang ikan. Inilah salah satu rahasia kelezatan Cuanki Serayu yang tidak akan kamu temukan di mangkuk bakso lain.

BacaJuga:  10 Agen Travel Jurusan Bandung Ke Majalengka Harga Termurah Mulai Rp 35.000
Foto by instagram.com/deny.oey/

Rasa dari kuahnya itu merupakan kombinasi antara asin dan gurih sehingga ketika sampai dimulut sensasinya bikin nggak pengen berhenti mengunyah. Tanpa diberi tambahan sambal, kecap ataupun saos pun rasa cuankinya udah nikmat banget.

Buat kamu yang doyan pedes, wajib banget sih menikmati semangkuk Cuangki Serayu ini dengan bermandikan saus dan sambal. Ketika diaduk-aduk dan disantap ke mulut, seketika matamu langsung melek, kalo kata orang sunda teh Cenghar!

Kedai Cuanki Serayu ini tentu bukan hanya terkenal karena bakso cuankinya saja, tetapi menu lainnya yaitu Batagor Serayu juga nggak kalah lezat. Satu porsi Batagor Serayu terdiri dari siomay kering, tahu, bakso dan pangsit goreng.

Foto by instagram.com/deny.oey/

Ciri khas dari Batagor Serayu ini adalah kekentalan saus kacangnya pas tidak terlalu manis, sehingga cocok untuk lidah semua orang. Selain itu, Batagor Serayu juga memiliki porsi yang cukup banyak, cocoklah lah buat jajan-jajan saat siang hari.

Keistimewaan lain dari Kedai Cuanki Serayu adalah penggemarnya bukan hanya dari kalangan masyarakat Bandung saja, melainkan wisatawan dari luar kota juga banyak yang rela jauh-jauh ke Kota Kembang hanya demi untuk menikmati kuliner legendaris ini.

Oiya, Batagor & Cuanki Serayu juga menerima pesanan untuk berbagai macam acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, arisan, acara kantor ataupun event-event lainnya, lho. Kamu bisa menghubungi nomor diatas untuk informasi lebih lengkapnya.

Jadi tunggu apalagi? Kalau kamu pengen menjajal seperti apa nikmatnya Cuanki Serayu ini buruan deh melipir ke Jalan Serayu Nomor 2, Cihapit, jangan sampai kehabisan gengs!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.