Harga Tiket Masuk Curug 7 Tujuh Bidadari Semarang Ungaran + Lokasi Map Wisata

Posted on
Curug 7 tujuh bidadari semarang harga tiket masuk ungaran wisata lokasi map sentul bogor jawa tengah 50662 kendal pekalongan pacitan ambarawa alamat air terjun asal usul arah menuju alam bandungan batang boja bandung tujuh cilember cerita legenda foto fasilitas gambar indonesia jolotigo peta desa keseneng sumowono jalan rute kabupaten kisah denah dimana letak misteri mistis obyek pledokan purbo talun pesona tempat tentang wonotunggal
Curug Tujuh Bidadari, Foto: airterjuninside.blogspot.com

Lokasi: Keseneng, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah 50662
Map:
Klik Disini
Buka/Tutup: 08.00-17.00
HTM:
Rp.5000/Orang
Telepon:
08537566-6616

Kota Semarang memang menyimpan banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata bersama teman ataupun keluarga. Salah satu tempat wisata yang menarik adalah air terjun atau Curug 7 Bidadari yang sangat terkenal dimana air terjunnya memiliki 3 tingkat dan airnya yang jernih serta banyak sekali bebatuan dibawah air terjun.

Curug Tujuh Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang, Foto: semarangcoret.com

Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi dan para pengunjung juga bisa memanjat ketiga tingkatan air terjun tersebut dan banyak pengunjung yang senang mandi di air terjun kedua dari bawah. Air terjun yang paling tinggi sekitar 15 meter dan air terjun kedua sekitar 10 meter, sedangkan air terjun ketiga sekitar 5 meter.

Biasanya para pengunjung menaiki air terjun dari pinggir sungai melewati pohon-pohon bambu yang ada di sekitar sungai. Selain itu bisa juga melewati jalur yang lebih mudah, yaitu di belakang tulisan Curug 7 Bidadari yang terbuat dari besi yang di cat warna biru dan merah serta kuning.

Keindahan Curug Tujuh Bidadari, Foto: halojawatengah.blogspot.co.id

Pihak pengelola memang membuat jalur-jalur di pinggir sungai agar mudah dilewati para pengunjung yang ingin naik ke air terjun yang paling atas. Banyak pengunjung yang senang mandi diatas air terjun tersebut padahal sudah ada peringatan bahwa batu-batu disekitar air terjun sangat licin, namun para pengunjung tidak takut akan hal tersebut.

Banyak pengunjung yang penasaran untuk naik keatas dan ingin merasakan kesegaran air terjun dari atas curug tersebut agar lebih puas. Bahkan ada pengunjung yang ingin menaiki air terjun yang paling atas agar bisa mendapatkan air yang masih segar langsung dari sumber mata air pegunungan Ungaran. Diatas air terjun tersebut ada sebuah sumur yang terkenal sangat mistis dan masih menjadi misteri sampai sekarang siapakah yang membuat sumur tersebut.

Padat Pengunjung, Foto: wisatalova.com

Air terjun bertingkat ini memang bukan satu-satunya yang ada di Indonesia, di daerah Pacitan Jawa Timur juga ada wisata Curug yang bertingkat seperti itu yaitu Curug Gedang Sari yang berlokasi di daerah pantai Pacitan. Daerah pantai Jawa Timur tersebut juga masih memiliki satu lagi air terjun yang bertingkat yaitu, Curug Gringsing yang masih tergolomg sebagai wisata baru.

Lokasi Curug 7 Bidadari berada di tengah-tengah areal persawahan sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan untuk menuju ke tempat wisata itu. Banyak sekali petunjuk arah di sepanjang jalan yang mengarahkan jalan menuju lokasi tempat wisata air terjun tersebut. Asal usul dinamakan Curug 7 Bidadari karena ada cerita atau kisah bahwa air terjun tersebut pernah digunakan mandi oleh 7 bidadari dan menjadi legenda sampai sekarang.

Suasana Alamiah, Foto: phinemo.com

Alamat tepatnya berada di Desa Keseneng, Sumowono, Kabupaten Semarang Jawa Tengah 50662 atau berada di lembah gunung Ungaran. Masyarakat disekitar lokasi air terjun terutama warga desa Keseneng bekerja sama dengan pemerintah desa membangun jalan untuk memudahkan para pengunjung yang ingin datang ke Curug 7 Bidadari. Selain itu, juga membangun tempat parkir, warung serta musholla agar bisa dimanfaatkan para pengunjung.

Proses pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 130juta rupiah yang dikumpulkan dari dana desa, swadaya masyarakat serta PAD. Sumbangan dana yang paling besar dikeluarkan dari dana desa, yaitu sekitar 125 juta. Pembangunan tersebut diantaranya membuat ruas jalan yang semakin baik untuk dilewati para pengunjung disepanjang perjalanan desa menuju lokasi wisata air terjun. Di lokasi jalanan yang sering menjadi genangan air, dibuat jalan beton agar bisa tahan terhadap air hujan.

Pengunjung Air Terjun Curug Tujuh Bidadari Semarang, Foto: seputarsemarang.com

Lokasi tempat parkir yang sangat luas dan dibuat dari bahan beton sehingga tidak mudah rusak serta awet dan diperkirakan bisa bertahan selama bertahun-tahun. Di sekitar sungai, banyak sekali fasilitas gazebo-gazebo yang bisa digunakan para pengunjung untuk bersantai dan berkumpul bersama teman-teman sambil mengambil foto pemandangan alam sekitar.

Selain itu, pihak pengelola juga membangun beberapa jembatan yang terbuat dari bambu yang ada di atas sungai dan juga diatas sawah. Jembatan ini berguna sebagai jalan pintas bagi para pengunjung yang berasal dari area parkir menuju lokasi air terjun. Ada jembatan bambu untuk penyeberangan dari tempat parkir menuju areal persawahan hingga sampai ke jembatan bambu kedua yang dekat dengan lokasi wisata air terjun.

Dari tempat parkir juga sudah terlihat sungai dengan air yang sangat jernih serta banyak sekali batu-batuan yang semakin menambah pesona keindahan sungai. Selain itu, disekitar lokasi wisata Curug 7 Bidadari tersebut ada juga tanah lapang yang bisa dijadikan sebagai lokasi camping serta wisata outbound dan juga toilet. Biasanya para pengunjung menikmati keindahan persawahan dengan mengambil gambar dengan kamera sambil berjalan menyusuri jalan menuju lokasi air terjun.

Wisata Air Terjun di Semarang, Foto: semarangplus.com

Harga Tiket Masuk Curug 7 Bidadari Semarang Ungaran

Pihak pengelola menetapkan harga tiket masuk Curug 7 Bidadari sebesar Rp.5000 rupiah untuk hari Minggu atau hari libur. Sedangkan untuk hari-hari biasa, harga tiket masuknya sebesar Rp.4000 rupiah dan harga tiket tersebut sangatlah murah karena bisa melihat pemandangan air terjun yang sangat indah dengan air jernih yang ada di areal persawahan dengan udara yang sejuk.

Sedangkan untuk biaya parkir motor sebesar Rp.2000 dan motor berada di tempat parkir yang teduh karena berada di bawah bangunan gazebo. Untuk parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp.4000 dan tempat parkir sangatlah luas sehingga para pengunjung yang ingin membawa mobil tidak perlu khawatir berdesak-desakan.

Akses ke Air Terjun, Foto: hellosemarang.com

Lokasi Map Wisata Curug 7 Bidadari Semarang Ungaran

Bagi para pengunjung yang berasal dari kota Semarang, bisa mengambil jalur arah menuju Solo hingga sampai di pom bensin Lemah Abang sebagai arah menuju wisata alam Bandungan. Dari Bandungan, para pengunjung bisa meneruskan perjalanan menuju wilayah Sumowono dan bisa berhenti di terminal pasar Sumowono sebagai pengingat atau patokan.

Dari terminal pasar Sumowono selanjutnya ada pertigaan, namun pengunjung harus mengambil jalur lurus atau arah untuk menuju ke Limbangan atau boja dan setelah melewati jalur tersebut, banyak sekali denah petunjuk arah agar bisa sampai pada lokasi wisata Curug 7 Bidadari atau obyek wisata Pledokan Sumowono.

Untuk para pengunjung yang berasal dari kota Ambarawa bisa mengikuti jalan yang menuju daerah wisata Bandungan. Setelah sampai di pasar Bandungan, ada sebuah pertigaan dan belok kiri yang menuju ke arah Candi Gedong Songo. Perjalanan masih cukup jauh dan terus mengambil jalur lurus hingga sampai di desa Blantir, setelah itu menuju desa Duren.

Setelah sampai di desa Duren, para pengunjung hanya perlu mengikuti rute peta jalan saja yang mengarahkan menuju Curug 7 Bidadari karena lokasi wisata sudah dekat. Dari desa tersebut,  perjalanan akan berputar-putar dan naik turun sekitar 500 meter sampai 1 km sebelum tiba di wisata air terjun tersebut.

Melihat Air Terjun Bertingkat, Foto: djavavista.co.id

Wisata Air Terjun yang Dekat Curug 7 Bidadari Semarang Ungaran

Lokasi wisata air terjun yang terdekat dengan Curug 7 BIdadari adalah Curug Sewu Patean Kendal. Jarak dari desa Blantir atau kecamatan Somowono menuju Curug Sewu Kendal sekitar 40 km dan bisa di tempuh selama 90 menit menggunakan kendaraan bermotor. Curug Sewu ini adalah wisata air terjun yang paling tinggi di propinsi Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 45 meter. Selain itu ada dua air terjun lagi di kawasan ini, yaitu air terjun dengan ketinggian 20 meter dan 15 meter.

Di sebelah barat kota Kendal sekitar 75 km yaitu kota Pekalongan ada sebuah tempat wisata air terjun yang bernama Curug Bidadari. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan air terjun yang terdapat banyak kolam yang bisa dijadikan untuk mandi. Air terjun Curug Bidadari Pekalongan memang tidak terlalu tinggi sehingga air yang jatuh juga tidak terlalu keras. Air yang mengalir memang sangat jernih karena berasal dari mata air pegunungan yang masih terjaga dari polusi.

Letak Curug Bidadari Pekalongan berada di desa Purbo Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Ada 2 pintu masuk untuk menuju tempat wisata ini, yang pertama melewati Wonotunggal kabupaten Batang. Namun jarak tempat parkir kendaraan sampai ke lokasi wisata air terjun cukup jauh sehingga tidak banyak pengunjung yang melewati pintu masuk ini. Pintu masuk yang kedua yaitu melewati daerah Talun dari kota Pekalongan dan jarak tempat parkir lebih dekat sehngga banyak pengunjung yang lebih suka lewat jalur Talun.

Tujuan Wisata Favorit, Foto: visitcentraljava.com

Wisata Air Terjun di Jawa Barat Indonesia

Salah satu tempat wisata air terjun yang unik di Jawa Barat adalah Curug Bandung yang sangat besar dan luas. Meskipun bernama Curug Bandung, namun tempat wisata ini tidak berada di kota Bandung. Wisata Curug Bandung ini berada di desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Ada juga Curug Cilember yang letaknya dekat dengan jalan raya Puncak Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Wisata Curug Cilember memang sangat indah karena memiliki tujuh sumber air terjun. Untuk pergi ke Curug Cilember bisa menggunakan angkutan umum atau naik kereta KRL jurusan Stasiun Bogor. Setelah sampai di Stasiun Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan dua angkot, yaitu jurusan Bubulak-Sukasari dan jurusan Sukasari-Cisarua.

Di daerah Bogor masih ada satu lagi tempat wisata air terjun yang sangat terkenal, yaitu Curug Bidadari atau yang lebih populer dengan nama Air Terjun Bidadari Sentul Park. Tempat wisata ini memang sangat ramai karena tempat wisatanya memang sangat lengkap dan menjadi tujuan utama untuk berwisata bagi masyarakat Jakarta dan Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *