Curug Bandung Loji, Salah Satu Wisata Alam Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Karawang

Lokasi : Desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru, Loji, kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Map :
Telepon :
0812-9661-2488

foto by instagram.com/yulfali_rusmana/

Memang terlihat sangat aneh, karena Curug Bandung berada di wilayah Karawang sekitar 40 km arah selatan dari pusat kota. Bentuk air terjun memang sangat indah dengan tebing miring dan tidak terlalu curam terbuat dari batu berwarna hitam kelam seperti batu karang di Niagara.

Debit Air Banyak❤️

Debit airnya sangat banyak dengan ketinggian puncak tebing mencapai 25 meter dan lebar air terjun lebih dari 5 meter. Tentu saja suara air terjun sangat keras terdengar seperti gemuruh dan serta membuat suara bising, namun memberikan panorama luar biasa bagi semua wisatawan.

foto by instagram.com/osismaialmunir/

Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai area untuk liburan bersama keluarga karena kolam dibawah air terjun sangat dangkal. Para wisatawan bisa mandi secara langsung dibawah air terjun dan merasakan sensasi berhadapan dengan gempuran air yang turun dari atas.

Kondisi kolam dibawah air terjun memang sangat luas dan bisa digunakan mandi bagi puluhan pengunjung. Selain itu, airnya sangat jernih sehingga akan terasa segar jika tersentuh dengan kulit tubuh dan membuat para wisatawan betah berenang untuk bermain air di dalam kolam.

Kolamnya yang luas membuat para pengunjung lebih mudah untuk mengambil gambar Curug Bandung dengan kamera dari arah mana saja. Para pengunjung juga bisa melakukan selfie dengan background air terjun dari dalam kolam ataupun dari warung di bawah air terjun.

foto by instagram.com/ari_snail/

Air Curug Bandung berasal dari gunung Sanggabuana dan merupakan air terjun terakhir dari rangkaian beberapa curug di kaki gunung tersebut. Kondisi air selalu jernih dan berwarna putih, baik ketika musim hujan maupun musim kemarau serta tanah di sekitar tebing tidak longsor.

Jika musim hujan tiba, maka bentuk batu akan terlihat hitam kelam seperti batu purbakala dan tentu saja usianya sudah ratusan atau bahkan ribuan tahun. Namun jika pada musim kemarau, maka warna batu akan terlihat putih dan tampak gugusan stalagmite atau endapan batu kapur.

Lanjut:  Cari Tempat Ngopi Hits di Daerah Karawang? Coba 6 Daftar Pilihan Coffee Shop Berikut Ini

Alamat Curug Bandung berada di desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru, kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362. Kawasan air terjun termasuk dalam wilayah kampung wisata desa Mekarbuana yang memiliki beberapa curug, diantaranya Curug Cigentis dan air terjun lainnya.

foto by instagram.com/amirudindede/

Kampung wisata ini sudah dikelola oleh masyarakat setempat dengan memberikan banyak fasilitas bagi para wisatawan. Tersedia hotel, villa dan area camping sebagai tempat penginapan bagi pegunjung jika ingin bermalam di kawasan wisata ini atau ingin naik ke puncak gunung.

Banyak juga rumah makan, café, kolam renang serta wahana hiburan out bound serta bisa dijadikan sebagai liburan yang lengkap. Terdapat water boom, kolam pemancingan dan sering terdapat event lomba sepeda santai dan acara outbound serta gathering family.

Para wisatawan dari berbagai kota bisa berkunjung ke Curug Bandung dengan mudah, karena kondisi jalan raya menuju lokasi sudah sangat baik. Selain itu, banyak juga transportasi umum agar para backpacker bisa mendatangi tempat wisata dengan beberapa air terjun ini lebih mudah.

foto by instagram.com/arfi1705/

Bagi wisatawan dari Jakarta, Bogor dan Depok bisa melalui jalan tol Cibubur dan setelah keluar menuju jalan alternatif Cibubur Transyogi. Setelah sampai pada perempatan Cigelam untuk terus lurus menuju arah Cariu untuk melewati pasar Jonggol dan terus lurus saja sampai perempatan.

Para pengunjung perlu berbelok ketika menemui perempatan jalan yang terdapat Indomaret di sebelah kiri jalan. Di sebelah pinggir jalan terdapat plang hijau petunjuk arah dengan tulisan DENHARRAHLAT KOSTRAD dan perlu mengikutinya dengan berbelok kiri.

Selanjutnya terdapat pertigaan dengan petujuk arah dengan tulisan sama milik KOSTRAD dan  belok ke arah kanan sesuai tanda panah. Selanjutnya akan menemukan jembatan hijau dengan tulisan selamat datang di kab. Karawang sebagai pembatas garis batas wilayah.

Lanjut:  2 Cabang Bakso Boedjangan Yang Eksis di Karawang, Sudah Pernah Coba?
foto by instagram.com/acakadut/

Sepanjang jalan berada di area persawahan dan akan disuguhi deretan pegunungan Sanggabuana dengan pemandangan sangat indah. Kemudian akan menemui petunjuk arah milik KOSTRAD lagi dan mengikutinya melewati pasar Loji sebagai pusat keramaian masyarakat Karawang.

Kemudian akan menemui perempatan kecil dengan petunjuk arah terakhir dari KOSTRAD dan mengikutinya hingga sampai bertemu petunjuk arah berwarna kuning. Dalam petunjuk arah tersebut bertuliskan Curug Cigentis, Curug Bandung, Empangsari dan Buana Tirta.

Setelah itu akan menjumpai rumah makan dengan sisi gerbang memiliki tulisan Kampung Turis dan langsung ambil jalan disebelah kanannya. Kemudian akan menemukan tempat parkir pertam dan lurus saja karena masih agak jauh dan setelah tiba di lokasi parkir kedua, maka bisa berhenti.

foto by instagram.com/adityaprada8990/

Bagi yang mengendarai mobil, perlu memarkir kendaraannya dan pengguna sepeda motor bisa melanjutkan perjalanan naik melewati jembatan pintu masuk Curug Bandung. Setelah sampai di jembatan kedua, sepeda motor tidak bisa melanjutkan dan harus parkir di depan  rumah warga.

Jalanan menuju lokasi air terjun berupa batu-batuan tertata dengan rapi sehingga walaupun menanjak, namun mudah dilewati. Setelah berjalan selama 15 menit, maka akan menemui pintu loket wisata air terjun, seperti Curug Peteuy, Cimatahelang, Lisung, Jodo dan Curug Bandung.

foto by instagram.com/irfan_fauzi0502/

Para pengunjung juga bisa menikmati wisata Batu Tumpang, aula, villa serta camping ground dengan membayar tiket sekitar Rp.15 ribu. Lokasi pertama yang akan ditemuai adalah wisata Batu Tumpang yaitu terdapat 2 batu besar saling bertumpukan sehingga terlihat janggal.

Peopinsi Jawa Barat memang propinsi dengan jumlah wisata air terjun terbanyak di Indonesia dan menjadi daerah sejuk dengan hutan dan sungai. Basanya lokasi air terjun juga sulit dijangkau karena berada di dalam hutan sehingga akses jalan sulit dan jarang dikunjungi wisatawan.

Lanjut:  7 Barbershop di Karawang Yang Recommended dan Apakah Sudah Pernah Coba?
foto by instagram.com/valentinustiar/

Salah satu lokasi air terjun yang sulit di jangkau seperti Curug Malela di kota Bandung karena letaknya didalam hutan dan biasa mengeluarkan pelangi. Air terjun lainnya yaitu  Curug Maribaya di kampong Cikondang, Lamajan, Pengalengan, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Wisata lainya yaitu Curug Cinulang dengan posisi juga di tengah hutan belantara dan lokasinya berada di antara jalan Bandung-Garut di sebelah tenggara kota. Selain itu, di Bandung  ada juga Curug dago, Layung, Bugbrug, Omas, Cimahi, Cilengkrang, Sawer Cililin, dan Curug Ciwidey.

foto by instagram.com/indoflashlightkarawang/

Sementara nm Curug Pengantin memang banyak sekali karena ada di bebrapa daerah seperti Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Karawang. Sedangkan wisata air terjun lainnya ada di kota Bogor seperti Curug Cimahi, Jasinga dan masihbanyak lagi lokasi di tengah hutan rimba.

Di daerah lainnya seperti Majalengka dan Sumedang serta Cianjur juga terdapat beberapa wisata air terjun, namun kurang populer dibanding dari kota Bandung. Biasanya penemuan mengenai tempat pariwisata air trjun ini memang sangat lama karena kebanyakan berada di tengah rimba.

Kota-kota di Jawa Barat, baik di sebelah utara ataupun selatan memang memiliki curug dengan nama-nama unik, seperti Curug Penganten, Pangradin. Nama lainnya seperti Curug Halimun, Jompong, Keraton, Kembar, Limbangan, Kedungbanteng, Gentong, Koleang dan lainnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!