Curug Bidadari Sentul, 8 Fakta Unik yang Mengharuskan Kita Datang ke Sini

Diposting pada
foto by tempatwisataunik.com

Bogor memang kota seribu curug. Baik curug yang sudah terkenal maupun yang belum terjamah sama sekali. Dan biasanya, curug berada di pedesaan, namun berbeda dengan Curug Bidadari Sentul ini yang berada di kawasan elit Sentul Paradise Park.

Berada di kawasan elit, tentu membuat Curug Bidadari Sentul lebih istimewa daripada air terjun lainnya. Namun sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Curug Bidadari Sentul, Anda harus mengetahui 8 fakta unik objek wisata ini.

foto by tripadvisor.com

1. Lokasinya di Pegunungan Jawa Barat

Curug Bidadari Sentul berada diantara pegunungan di Jawa Barat. Hal ini menjadikan banyak sumber mata air di sekitar Curug Bidadari. Pengelola tetap menjaga sumber mata air ini supaya tetap lestari dan tidak kekeringan.

2. Terdapat Banyak Kolam Alami

Karena banyaknya aliran sumber mata air ini, kolam yang diisi pun banyak. Hal ini dikarenakan aliran air yang sangat deras, sehingga volume air banyak dan dapat digunakan untuk mengisi beberapa kolam.

3. Mandi di Bawah Air Terjun yang sangat Tinggi

Curug Bidadari Sentul memiliki ketinggian hingga 50 meter. Hal ini membuat aliran airnya begitu deras. Pengunjung dapat memanfaatkan kolam di bawah air terjun untuk mandi, bermain air, atau sekedar berfoto dengan latar belakang air terjun.

BacaJuga:  10 Cafe Murah di Bandung Ini Nggak Bikin Dompetmu Jebol, Tertarik Buat Coba?

Apalagi di malam hari, kolam di bawah air terjun akan menjadi sangat bersih. Tidak ada kotoran atau tanah liat yang mengganggu.

4. Bersantai di Lazy Pool

Di salah satu kolam air terjun terdapat kolam yang disebut lazy pool. Kolam ini seperti namanya, ditujukan untuk bersantai dan menikmati aliran air. Di sini, pengunjung dapat menyewa balon donat untuk bersantai sambil menikmati sejuknya udara.

5. Batu Besar di depan Air Terjun

Satu hal yang membedakan Curug Bidadari dengan air terjun lain adalah, adanya batuan besar di depan air terjun. Batuan ini seolah sebagai pelindung bagi orang – orang yang sedang mandi di kolam air terjun.

Selain berfungsi sebagai penghalang, batu ini juga menambah nilai estetika dari air terjun tersebut.

Namun kini, batu tersebut telah terbelah menjadi dua. Tengahnya dijadikan jalan untuk pengunjung menuju air terjun. Ditambah lagi jembatan di depan jalan tersebut yang menambah indahnya pemandangan selain sebagai akses menuju air terjun.

6. Tebing Batu Berhiaskan Lumut

Jika diamati, tebing di sekitar air terjun banyak ditumbuhi lumut. Bahkan, lumutnya terlihat sangat tebal dan segar. Hal ini justru menambah keindahan pesona air terjun tersendiri.

Paduan antara lumut yang tumbuh di tebing batu berwarna hitam, ditambah air terjun putih jernih yang ada di tengah – tengah, menciptakan gambaran keindahan alam yang nyata.

7. Batu Besar Dibelah oleh Manusia

Batu yang berada di tengah air terjun sebenarnya tidak terbelah secara alami. Namun, sengaja dibelah oleh manusia sebagai akses jalan menuju lokasi. Pembelahannya dilakukan secara hati – hati supaya konstruksi batu tidak pecah dan tetap terlihat indah.

BacaJuga:  15 Hotel Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bekasi, Paling Murah Rp.235.000

8. Lokasi Mudah Diakses

Curug Bidadari Sentul berada di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Meskipun lokasi air terjun berada jauh di dalam hutan, namun pengelola telah membuat jalan aspal sejauh 2 kilometer dari jalan perkampungan warga hingga lokasi air terjun.

Oleh karena itu, pengunjung dapat datang bersama keluarga atau teman – teman, karena jalanan dapat dilalui dengan mobil.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.