Buat Liburan Sekeluarga, Cocok Banget Nih Curug Bidadari Sentul Bogor

Posted on
Buat Liburan Sekeluarga, Cocok Banget Nih Curug Bidadari Sentul Bogor
4.7 (93.33%) 3 votes
gambar by @izty_nathalia

Lokasi: Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16720
Map: Klik Disini

Buka/Tutup: 08.00-17.00
HTM: Rp.30.000/Orang
Telepon:
0857-8033-1638

Bogor sebagai kota hujan memang identik dengan panorama alam yang sejuk dengan banyaknya daerah pegunungan dan hutan sehingga membuat wilayah ini sangat cocok dijadikan tempat wisata.

Salah satu tempat wisata yang sangat menarik adalah Curug Bidadari sebagai wisata air terjun yang berada di kawasan elit Sentul Paradise Park. Setiap hari tempat wisata ini selalu ramai dipadati pengunjung, terutama pada saat hari libur.

Air Terjun Cantik, Foto: tempatwisatadibogor.net

Lokasi Curug Bidadari berada diantara pegunungan di Jawa Barat sehingga banyak sekali sumber mata air yang mengalirkannya sampai ke tebing hingga terbentuk air terjun.

Sampai saat ini pihak pengelola wisata, yaitu Paradise Park selalu menjaga sumber-sumber mata air yang mengarah ke Curug Bidadari agar bisa lestari dan tidak kekeringan.

Karena banyaknya sumber mata air sehingga aliran air sangat deras dan volume air sangat banyak serta bisa digunakan untuk mengisi beberapa kolam.

Selain itu, tinggi air terjun yang mencapai 50 meter membuat suara air yang turun sangat keras dan kadangkala mengakibatkan kondisi air menjadi kotor.

Jika airnya kotor, maka banyak pengunjung yang enggan untuk mandi dibawah air terjun dan lebih memilih mandi di kolam sebelahnya atau menyewa balon donat untuk bersantai di kolam lazy pool.

Namun jika tadi malam telah terjadi hujan, biasanya kondisi air sangat bersih dan terhindar dari kotoran, tanah liat dan lainnya.

foto by @syifamaharanii_

Hal ini bisa dijadikan pertanda, agar berkunjung ke Curug Bidadari setelah terjadi hujan sehingga bisa menemukan kondisi air yang bersih dan tidak kecewa ketika sampai di sana.

Selain itu, bisa lebih leluasa untuk mandi dibawah air terjun dan bisa menikmati air yang bersih dan sejuk serta alami. Hal yang penting adalah bisa merasakan tubuh yang diguyur dengan air yang bersumber dari mata air pegunungan.

Satu hal yang unik adalah, tempat air terjun tertutup batuan besar seperti penghalang pandangan bagi orang yang sedang mandi dibawah air terjun.

Namun batu besar tersebut sudah terbelah menjadi dua sehingga bisa dijadikan jalan para pengunjung menuju air terjun.

Ditengah bebatuan yang terbelah tersebut dibangun sebuah jembatan sehingga para pengunjung akan lebih mudah menapaki jalur dari luar menuju area air terjun.

Air Terjun Bidadari Sentul Paradise Park, Foto: dakatour.com

Ada dua jembatan untuk menuju air terjun, pertama jembatan panjang untuk menyeberang dari pinggir kolam pemandian buatan menuju batu besar.

Selanjutnya ada jembatan kecil di antara batu besar untuk menuju daerah di sekitar lokasi air terjun.

Jadi, jembatan tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk menuju air terjun jika tidak ingin basah kuyub melewati tengah kolam pemandian.

Hal ini karena lokasinya berada diantara tebing yang tinggi dan batu besar, sedangkan letak air terjun berada di tengah-tengahnya.

Tempat wisata ini merupakan sebuah pilihan terbaik sebagai tempat rekreasi di sekitar wilayah Jakarta karena lokasinya berada di sebelah selatan kawasan Depok.

Tentu saja daerah air terjun atau Curug Bidadari tersebut mudah dijangkau dari ibukota karena letaknya tidak terlalu jauh dari kota Jakarta.

Akses Menuju Air Terjun, Foto: dakatour.com

Sejarah Curug Bidadari Sentul Bogor

Sentul Paradise Park sebagai pihak pengelola membangun beberapa fasilitas pendukung agar Curug Bidadari menjadi tempat wisata yang menyenangkan.

Saat ini tempat wisata tersebut sudah sangat tertata rapi tidak seperti dahulu yang tersembunyi karena tertutup dan banyak pohon-pohon besar sehingga terkesan angker.

Dahulu tempat wisata air terjun tersebut tidak banyak yang mengenalnya dimana lokasinya sangat tersembunyi dan hanya warga sekitar saja yang mengetahui air terjun tersebut.

Para wisatawan yang ingin berkunjung harus berjalan kaki melewati area hutan dan sawah-sawah penduduk karena tidak ada akses jalan raya menuju kesana.

Para wisatawan harus rela berjalan kaki sekitar 2 km dari pedesaan menyusuri jalan setapak dipinggiran sawah dan melalui jalanan dengan naik turun bukit.

Namun setelah sampai di lokasi air terjun, rasa capek setelah berjalan kaki seolah-olah tidak terasa ketika melihat batu besar yang menutupi lokasi air terjun itu menetes.

Lokasi dibawah air terjun juga masih terdapat tanah yang membentuk bukit sehingga air yang jatuh tidak memiliki kolam sebagai tempat air berkumpul.

photo by @suciputriutamii

Selain itu, bukit tersebut menutupi air terjun sehingga hanya terlihat sebagian saja dan menutupi pandangan mata yang tertuju pada air terjun.

Karena itulah pihak Sentul Paradise Park kemudian menggali bukit tersebut untuk membuat kolam agar bisa mengumpulkan air yang jatuh dari atas.

Setelah bukit tanah tersebut berhasil digali, kemudian dibuatlah kolam penampung air terjun agar bisa digunakan sebagai tempat untuk mandi para wisatawan.

Ukuran kolam tersebut juga sangat lebar dan bisa menampung sampai puluhan orang yang ingin merasakan sensasi mandi dibawah air terjun.

Namun pekerjaan pihak Sentul Paradise Park belum selesai, karena masih ada batu besar yang menutupi seluruh area kolam air terjun.

Kemudian batu tersebut dibelah agar bisa dijadikan sebagai akses jalan dari luar menuju kolam air terjun. Pembelahan batu tersebut memang dibuat seindah mungkin agar terlihat alami seperti bukan buatan manusia.

Belahan batu tersebut juga digunakan sebagai jalan air dari kolam penampungan air terjun menuju ke kolam buatan di luar batu.

Kolam yang ada diluar digunakan untuk pemandian dan wahana air untuk bermain anak-anak dengan menyewa perahu karet. Biasanya para orangtua menemani anak-anaknya untuk mandi dan bermain bersama di kolam luar dan mendorong perahu karet tersebut.

Pihak pengelola juga membuat jalan beraspal sepanjang 2 km sebagai akses dari lokasi air terjun sampai jalan yang ada di perkampungan warga setempat.

BacaJuga:  10 Gambar Situ Gede Tasikmalaya, Harga Tiket Masuk, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Misteri Mitos + Jalan Menuju ke Sana

Kondisi jalan menuju Curug Bidadari memang sudah bagus karena aspalnya sangat tebal dan kuat menahan serangan air hujan.

Para wisatawan yang datang berkunjung ke Curug Bidadari sebagian besar menggunakan kendaraan roda empat bersama dengan rombongan atau keluarga. Lokasi parkir berada diatas bukit dan dibawahnya terdapat bangunan gubuk kuliner atau Saung Paradise.

Foto: dakatour.com

Fasilitas Tempat Wisata

Pihak pengelola menyewakan berbagai macam perahu karet, seperti perahu kayuh, perahu donat dan juga perahu bebek.

Kolam yang ada diluar, ukurannya sangat lebar sehingga tidak terjadi tabrakan pada anak-anak yang bermain perahu karet. Karena itulah anak-anak bisa bermain dengan bebas menggunakan perahu kayuh atau perahu bebek.

Pihak pengelola menyewakan pelampung donat ukuran double dengan harga 20 ribu rupiah, sedangkan untuk pelampung donat single, disewakan dengan harga 15 ribu rupiah. Untuk perahu tangan disewakan dengan harga 20 ribu rupiah.

Selain itu, pihak pengelola juga membuat perosotan yang tingginya sekitar 7 meter yang bisa digunakan meluncur dari atas menuju kolam.

Letak perosotan berada disebelah kanan air terjun dan ujung kolam bagian kanan. Perosotan dibuat secara melingkar seperti bentuk ular dengan warna merah putih.

Di bawah perosotan terdapat gubuk panjang yang melingkar sebagai tempat para pedagang yang menjual makanan bagi para pengunjung.

Banyak sekali jenis makanan yang ditawarkan para pedagang seperti soto, bakso, nasi putih serta makanan lainnya. Harga makanan juga tidak terlalu mahal, karena para pengunjung sudah bisa merogoh kocek sekitar 10 ribu rupiah untuk menikmati nasi campur soto.

Sedangkan untuk bisa menyantap soto daging dan bakso, para pedagang menawarkan harga sekitar 12 ribu rupiah. Untuk sepiring nasi putih ditawarkan dengan harga sekitar 3 ribu rupiah per porsi.

Jadi para pengunjung bisa menikmati satu piring nasi dan semangkuk soto daging secara terpisah, hanya perlu merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah saja.

Sedangkan harga makanan-makanan lainnya juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga makanan yang ada di Jakarta.

Hal ini merupakan bagian dari fasilitas spesial yang ditawarkan pihak pengelola dengan memberikan harga makanan yang terjangkau bagi wisatawan yang berasal dari semua kalangan.

Bangunan gubuk penjual makanan memang panjang sekali, sekitar 300 meter lebih melingkari seluruh area air terjun dan bisa menampung puluhan para pedagang.

Di tengah gubuk terdapat lorong jalan untuk para wisatawan dan para penjualnya berada di sisi kanan dan kiri lorong tersebut.

Bermacam-macam jenis makanan Indonesia bisa dengan mudah ditemukan para pengunjung. Lokasi gubuk berada dibawah tebing sehingga tidak kelihatan dari luar lokasi air terjun.

Selain itu, berada di atas bukit yang menutupi area kawasan wisata Curug Bidadari dan bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan air terjun.

Gubuk kuliner tersebut terbuat dari bahan bambu sebagai tiang dan atapnya yang dibalut dengan tali duk sebagai penguatnya.

Untuk atap gubuk menggunakan daun-daunan kering agar suasana dalam ruangan gubuk tidak terasa panas terutama pada waktu siang hari sehingga wisatawan menjadi betah dan tidak gerah.

Pihak pengelola wisata Curug Bidadari menyebut gubuk kuliner dengan nama Saung Paradise dan papan nama tersebut terpampang pada pintu masuk gubuk kuliner.

Sedangkan dibawah gubuk, terdapat banyak gazebo yang berjajar diatas kolam pemandian anak-anak. Letak gazebo berada di tengah-tengah antara gubuk kuliner dan kolam pemandian anak.

Bangunan gazebo juga terbuat dari bambu sebagai tiang dan atapnya. Sedangkan dindingnya menggunakan anyaman bambu sehingga tidak akan merasakan kepanasan di siang hari.

Gazebo-gazebo tersebut disewakan pihak pengelola agar bisa digunakan untuk berteduh bagi para pengunjung.

Banyak sekali para pengunjung yang menyewa gazebo tersebut sebagai tempat istirahat ataupun tidur setelah capek menikmati wahana bermain di Curug Bidadari. Para pengunjung bisa berbaring diatas papan bambu dan menikmati udara segar khas pegunungan.

Foto: dakatour.com

Pihak pengelola menyebut gazebo dengan nama Pondok Bambu yang disewakan berdasarkan hitungan per jam. Harga sewa Pondok Bambu yang ditentukan pengelola dan tergantung dari tipe pondok bambu.

Untuk pondok bambu ukuran standar disewakan dengan harga 200ribu per 2 jam dan pondok bambu VIP disewakan dengan harga 300ribu per 2 jam.

Satu ruangan pondok bambu memang agak luas dan bisa digunakan untuk beristirahat ataupun tidur bagi 5 atau 7 orang.

Cara menyewa pondok bambu dengan membeli tiket pada loket masuk dan tiket tersebut ditunjukkan kepada pihak penjaga pondok bambu ketika akan menggunakannya.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menyewa matras sebagai alas untuk istirahat dengan harga 15ribu per 2 jam.

Pengelola juga menyewakan paranet agar pengunjung tidak mengalami kepanasan dengan harga sewa 50 ribu per 2 jam. Selain itu, ada pula kolam terapi ikan dan para pengunjung bisa merasakan terapi kesehatan tersebut dengan membayar uang 20ribu saja.

Ada pula fasilitas spesial, yaitu aula yang berkapasitas 100 orang dan bisa digunakan sebagai tempat rapat atau hal lainnya. Harga sewa aula sekitar 750 ribu dengan durasi selama 4 jam.

Masih ada lagi fasilitas lainnya berupa Flying Fox yang berada di tebing sebelah kiri atau barat air terjun. Dari lokasi Fying Fox, para pengunjung bisa melihat air terjun lebih jelas karena berada diatas samping kiri Curug Bidadari.

Para pengunjung bisa menikmati Flying Fox dengan teman dan meluncur bersama-sama menggunakan tali yang diiringi pemandu wisata serta bisa mengambil gambar dengan kamera.

Para pengunjung bisa merasakan sensasi terbang dari atas bukit dan mengelilingi daerah Curug Bidadari dan perlu membayar dengan uang 50ribu.

Sedangkan kolam yang ada di bawah air terjun biasanya digunakan mandi bagi para pengunjung dewasa dan tentu saja mengambil foto dengan handphone.

Banyak juga para Youtuber yang melakukan rekaman disekitar kolam tersebut untuk berbagi pengalaman berwisata dalam bentuk video. Banyak juga para pengunjung yang hanya jalan-jalan di pinggiran kolam air terjun untuk menikmati pemandangan serta melakukan selfi.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Bogor Dengan Sopir Atau Tanpa Supir Harga Murah

Di sekitar lokasi air terjun, banyak sekali para pedagang yang menjual plastik pengaman untuk handphone agar tidak sampai terkena air.

Dengan plastik pengaman handphone tersebut, para pengunjung tetap bisa mengambil gambar air terjun dari dekat tanpa khawatir akan terkena air tumpahan dan percikan disekitar kolam.

Foto: dakatour.com

Harga Tiket Masuk Wisata

Pihak pengelola Sentul Paradise Park memberikan harga tiket masuk yang berbeda-beda pada hari biasa dan akhir pekan. Pada hari-hari biasa, harga tiket masuk ditetapkan sebesar 25ribu dan pada akhir pekan harga tiket sebesar 30ribu.

Harga tersebut biasanya akan naik sebesar 40ribu per orang sampai 45ribu per orang ketika hari libur nasional atau hati-hari besar lainnya.

Lonjakan harga tiket masuk yang tertinggi biasanya terjadi pada saat liburan lebaran dan bisa mencapai 50ribu per orang. Hal ini karena pihak panitia juga susah untuk mencari karyawan yang mau bekerja saat liburan Lebaran.

Sedangkan pada saat liburan sekolah dan libur nasional lainnya, harga tiket masuk Curug Bidadari naik sekitar 40ribu per orang.

Lokasi Curug Bidadari Sentul Bogor

Curug Bidadari atau yang lebih terkenal dengan nama Air Terjun Bidadari Sentul Park berada di sebelah tenggara Sirkuit Sentul. Jarak dari sirkuit balapan tersebut sekitar 20 km dan bisa ditempuh selama satu jam dengan kendaraan bermotor.

Lokasi tempat wisata sangat strategis karena berada di perbatasan tiga wilayah, yaitu Bogor, Bekasi dan Depok Jakarta.

Jarak Curug Bidadari dari kota Jakarta sekitar 50 km dan bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam tergantung jalanan macet atau tidak.

Sebenarnya jalur menuju Paradise park sangat lebar dan ada dua jalur serta bisa diakses dari mana saja, namun jika hari libur jalanan sangat ramai.

Lokasi tempat wisata air terjun Curug Bidadari berada di desa Bojong Koneng, Bogor. Letak tempat wisata Curug Bidadari dikelilingi persawahan dan pegunungan yang bisa dilihat sepanjang jalan menuju lokasi tersebut.

Posisi juga termasuk dalam perkampungan, namun sudah banyak villa dan kompleks perumahan sehingga jalan menuju lokasi sudah ramai.

Pada awalnya masyarakat disekitar lokasi menyebut air terjun tersebut dengan nama Curug Bojong Koneng atau Curug Cikoneng. Namun setelah tempat wisata itu dikelola pihak Sentul Paradise Park, namanya diganti Curug Bidadari.

Tentu saja nama Curug Bidadari tidak asing bagi masyarakat Indonesia karena banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang memiliki nama air terjun Curug Bidadari.

Setidaknya ada lebih dari 5 tempat wisata yang menggunakan nama Curug Bidadari di Indonesia seperti air terjun di kota Pekalongan, Semarang, Banyumas serta Karawang.

Hal ini berarti nama Curug Bidadari memang memiliki magnet tersendiri yang bisa menarik banyak wisatawan. Karena hampir semua tempat wisata yang memiliki nama Curug Bidadari selalu ramai diburu para pengunjung.

Curug Bidadari Sentul buka pada hari-hari biasa mulai jam 08.00 dan tutup jam 17.00, sedangkan hari libur buka jam 07.30 dan tutup jam 18.30. Pada hari-hari biasa, wisata air terjun ini juga selalu dipadati pengunjung.

Foto: infojalanjalan.com

Rute Jalan Menuju Lokasi

Para pengunjung yang berasal dari Jakarta bisa melewati jalan tol Jagorawi dan keluar pada pintu keluar jalan tol Sentul selatan. Saat keluar dari tol Jagorawi akan menemui pertigaan dan langsung mengambil jalur kiri arah menuju Sentul Nirwana atau Jungle Land Sentul.

Setelah itu akan menemui jalanan yang rapi dan bersih serta tinggal mengikuti saja jalur tersebut atau melihat peta yang ada di Google map.

Setelah menyusuri jalan sekitar 2 km, akan menemui jalan bercabang dan memilih jalur kiri yaitu jalan yang menurun. Setelah berjalan sampai beberapa kilometer, akan menemui jalan yang bercabang dan harus memilih belok kanan menuju ke arah Rainbow Hills.

Setelah berjalan beberapa meter akan menemui terowongan kecil dan melewati jalan tersebut sampai pertigaan. Pada pertigaan tersebut harus mengambil jalur mengikuti papan petunjuk menuju ke Telaga Cikeas.

Pada jalur ini jalanan akan sedikit menanjak dan banyak sekali belokan namun kondisi jalan cukup baik sehingga akan terasa nyaman. Ini adalah jalur terpanjang yang dilewati untuk menuju tempat wisata Curug Bidadari.

Setelah menyusuri jalan sekitar 7 km akan menemui pertigaan dan mengambil jalur kanan. Setelah itu akan menemukan papan petunjuk setelah melewati jalur sekitar 500 meter dan segera mengambil jalur kiri untuk menuju Curug Bidadari.

Dari jalur ini lokasi wisata air terjun sudah dekat dan hanya sekitar 2 km setelah melewati jalanan yang berbatu dan banyak belokan serta kondisi jalan yang menurun.

Sedangkan untuk jalur dari Jakarta yang tidak melewati jalan tol bisa melalui jalan raya Jakarta-Bogor dan mengambil jalur alternatif Sentul.

Setelah melewati jalur alternatif Sentul hanya mengikuti jalan saja karena jalanan hanya satu jalur sehingga bisa mempercepat laju kendaraan.

Setelah lama menyusuri jalan alternatif Sentul, akan menemui perempatan jalan dan ada sebuah kolong jembatan jalan tol serta harus mengambil terowongan sebelah kiri pada jalan menuju tol Jagorawi.

Selanjutnya akan menemui pertigaan, ambil jalur kanan dan bertemu perempatan pintu gerbang sirkuit Sentul dan belok kanan mengambil jalan Sentul Raya untuk menuju persimpangan Hotel Harris.

Selanjutnya melewati jalan raya Babakan Madang dan sampai pada persimpangan Hotel Harris. Kemudian untuk tetap mengambil jalur lurus dan akan menemukan pintu gerbang setelah berjalan sekitar 200 meter.

Kemudian melewati gerbang akan menyusuri jalan Jendral Sudirman dan akan menemui jalan lingkar. Selanjutnya belok kiri untuk menuju jalan Thamrin.

Kondisi jalan Thamrin sangat bagus dan sepanjang pinggir jalan banyak sekali tanaman dan pohon sehingga suasana sangat asri. Selain itu, merupakan jalan satu jalur sehingga perjalanan akan lebih cepat tanpa hambatan.

Setelah lama berjalan akan menemui jalanan yang bercabang dan harus mengambil jalur sebelah kanan dan akan menemui pintu gerbang. Selanjutnya mengambil jalur pintu gerbang sebelah kiri.

BacaJuga:  10 Foto Penangkaran Rusa Cariu Bogor Jonggol, Harga Tiket Masuk + Alamat Koordinat Lokasi

Kemudian tetap berjalan lurus mengikuti jalan Thamrin dan akan memasuki jalan Siliwangi setelah menemui jalan memutar dengan taman.

Ketika menyusuri jalan Siliwangi agar memperlambat laju kendaraan setelah menemui dua jalur yang menjadi satu. Kemudian segera mengambil ancang-ancang karena akan segera menyeberang dan belok kanan karena lokasi Curug Bidadari sudah dekat.

Selanjutnya hanya mengikuti jalanan yang ada di perkampungan sekitar 2 km. Walaupun jalur perkampungan, kondisi jalanan sudah mulus dan nyaman dilewati, namun harus melewati jalur tanjakan dan turunan serta berbelak-belok dan akhirnya sampai di lokasi wisata Curug Bidadari.

Rute melewati jalan raya Jakarta Bogor juga bisa digunakan para pengunjung yang berasal dari Cibinong.

Sedangkan rute perjalanan dari kota Bekasi dan Cileungsi bisa melewati jalan raya Gunung Putri untuk menuju ke Citeureup dan lurus hingga sampai pertigaan sirkuit Sentul.

Kemudian tetap mengambil jalur lurus menuju ke arah Babakan Madang. Setelah sampai di pertigaan pasar Babakan Madang, mengambil belokkan ke kanan.

Kemudian akan sampai di Polsek untuk membelok ke arah kanan melewati terowongan kecil dan bisa mengikuti petunjuk jalan ke arah Curug Bidadari.

Objek Wisata Curug di Jawa Barat

Salah satu tempat wisata air terjun yang unik adalah Curug Bandung yang sangat besar dan luas, serta berasal dari satu mata sungai saja.

Yang lebih unik lagi, walaupun bernama Curug Bandung, namun wisata air terjun ini tidak terletak di kota Bandung. Wisata air terjun yang besar ini berada di desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Ada juga Curug Cilember jalan raya Puncak Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Wisata Curug Cilember memang sangat indah karena memiliki 7 buah air terjun.

Dibawah air terjun yang tinggi terdapat kolam yang biasa digunakan mandi para pengunjung. Kolam tersebut juga memiliki air terjun sehingga curugnya bertingkat-tingkat sampai 7 buah.

Untuk pergi ke Curug Cilember bisa menggunakan angkutan umum dan naik kereta KRL jurusan Stasiun Bogor. Setelah sampai di Stasiun Bogor bisa melanjutkan perjalanan menggunakan dua angkot, yaitu jurusan Bubulak-Sukasari dan jurusan Sukasari-Cisarua.

Di sekitar lokasi wisata, banyak hotel dan penginapan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin menginap.

Untuk mencapai lokasi ini, dari kota Jakarta bisa dijangkau dalam 2 jam menuju puncak melewati tol Ciawi. Setelah sampai di Cisarua, belok ke arah kiri dan bisa sampai ke lokasi air terjun.

Masih ada lagi air terjun lainnya yaitu Curug Ciismun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan volume air yang jatuh di tanah selebar 5 meter. Lokasi wisata berada di kawasan Kebun Raya Cibodas di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Kota Kuningan merupakan daerah yang unik karena di wilayah ini terdapat 15 tempat wisata air terjun. Ada Curug Putri Landung, Curug Cikahuripan, Curug Ngelay dan lainnya.

Sedangkan di kota Banten terdapat wisata Air Terjun Putri yang berada di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Pandeglang.

Foto: maripiknik.com

Tempat Lain yang Menggunakan Nama Curug Bidadari

1. Curug Bidadari Pekalongan

Curug Bidadari Pekalongan terkenal dengan keindahan air terjun yang terdapat banyak kolam untuk mandi. Selain itu, posisi air terjun tidak terlalu tinggi sehingga air yang jatuh tidak terlalu keras.

Kondisi airnya juga sangat jernih dan sejuk serta belum tercemar oleh polusi dan kotoran karena berada diatas bukit pelosok desa.

Alamat Curug Bidadari Pekalongan berada di desa Purbo Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

Yang paling unik adalah, posisi pintu masuk tempat wisata ini berada di wilayah Wonotunggal kabupaten Batang sehingga wisata ini menjadi milik bersama pemerintah Batang dan Pekalongan.

2. Curug 7 Bidadari Semarang

Air terjun yang ada di kota Semarang ini memiliki terjunan air sampai 3 susun dan yang paling tinggi sekitar 14 meter. Tempat air terjun memang sedikit unik karena berada di sekitar pohon dan tanaman khas pegunungan serta ada batu-batuan dibawah air terjun.

Alamatnya yaitu di Desa Keseneng, Sumowono, Kabupaten Semarang Jawa Tengah atau lembah gunung Ungaran.

Untuk pergi ke lokasi Curug 7 Bidadari dari Semarang mengambil jalur arah menuju Solo dan belok kanan sampai di pom bensin Lemah Abang untuk menuju wisata Bandungan.

Setelah sampai di Bandungan bisa meneruskan perjalanan menuju Sumowono hingga sampai di terminal pasar Sumowono. Kemudian ada pertigaan dan mengambil jalur lurus agar bisa sampai ke lokasi Curug 7 Bidadari dengan melihat petunjuk arah yang ada di sepanjang jalan.

Tempat wisata ini bisa dijangkau dari kota Ambarawa mengikuti jalan raya menuju ke wisata Bandungan. Setelah sampai di pertigaan pasar Bandungan, lalu belok kiri ke arah Candi Gedong Songo.

Setelah sampai di pertigaan dekat pom bensin, lurus saja menuju desa Blantir. Kemudian menuju desa Duren dan lokasi sudah dekat sekitar 1 km.

3. Curug Bidadari Banyumas

Curug Bidadari yang ada di daerah Banyumas ini tepatnya berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Batu Raden, Jawa Tengah. Masyarakat setempat biasa menamakan wisata ini dengan sebutan Curug Lawang.

Lokasi wisata ini sulit untuk dikunjungi karena tidak ada akses ajalan menuju kesana dan harus berjalan kaki menyusuri hutan dan tebing.

Lokasi Batu Raden lebih terkenal dengan wisata mandi air panasnya seperti juga wisata Gunung Pancar yang memiliki wahana wisata pemandian air panas.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Buat Liburan Sekeluarga, Cocok Banget Nih Curug Bidadari Sentul Bogor

  1. Semoga pihak pengelola air terjun tsb dpt didesak utk menjaga kebersihan dan mengkampanyekan pd pengunjung agar menjaga kebersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.