10 Gambar Curug Cijalu Subang, Harga Tiket Masuk, Rute Menuju Losaki Wisata, Jam Buka + Villa di Sekitar Belum ada Bintang

Posted on

Lokasi: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 8.000/orang
Buka/Tutup: 07.30-17.00
Telepon:

foto by instagram.com/rachmat_official/

Jawa Barat atau juga sering disebut sebagai west java memang lah terkenal karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang menawan.

Hal tersebut tidak lah diragukan lagi karena provinsi ini merupakan salah satu destinasi bagi para wisatawan di Indonesia yang ingin menghabiskan waktu libur.

Sebenarnya tidak hanya dari Indonesia, ada banyak juga wisatawan asing yang sengaja datang ke jawa bara untuk berlibur.

Selain karena tempat wisata yang sangat banyak, para wisatawan juga sering kali datang ke jawa barat karena akses lokasi nya yang mudah di tempuh.

foto by instagram.com/kurniawan_pw/

Mungkin saat ini, kota kota seperti bandung, bogor, karawang, dan pwk merupakan 5 tempat di jawa barat yang menarik wisatawan paling banyak. tetapi perlu diketahui, kota subang pun memiliki sebuah tempat wisata yang cukup menawan.

Wisata Curug Cijalu

Tempat wisata tersebut bernama curug cijalu yang beralamat di daerah Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sudah tidak perlu diragukan lagi, keindahan dari curug ini memang sangat lah luar biasa.

foto by instagram.com/dadan_darmawan_ddd/

Kebanyakan para wisatawan mengatakan, keindahan tersebut sangat lah terasa apalagi ketika dinikmati sambil mendengarkan musik dari mp3 dengan lagu lagu pop sunda.

Selain terkenal karena keindahan curugnya, tempat ini juga cukup terkenal karena memiliki camping ground.

Sebagai bentuk keseriusan pembentukan camping ground, terdapat sebuah lapang yang memang dikhususkan untuk camping ground para wisatawan.

foto by instagram.com/sodikputra92/

Walaupun tidak terlalu luas, suasana camping ground ini memang cukup menarik. Itu karena, sering terlihat ada beberapa kera dari hutan yang bergelayutan di sekitar wilayah camping tersebut.

Kemenarikan tersebut juga semakin bertambah karena banyaknya cerita tentang penampakan. Penampakan tersebut memang seringkali muncul di sekitar lokasi curug. Selain itu adanya sebuah legenda juga membuat tempat ini semakin terasa angker.

BacaJuga:  10 Foto Observatorium Bosscha ITB Lembang Bandung, Sejarah, Tiket Masuk + Pengertian

Walaupun sering disebut sebagai legenda, misteri dalam nya membuat kisah tersebut terdengar seperti sebuah mitos dimana di ceritakan bahwa curug cijalu dan curug putri yang berdekatan merupakan jelmaan dari pasangan pendekar dan seorang putri.

foto by instagram.com/rachmat_official/

Mungkin seorang wisatawan akan sedikit kesulitan apabila ingin menginap di sekitar curug ini. itu karena, tidak terdapat villa atau penginapan sejenisnya di sekitar lokasi curug.

Tetapi biasanya, warga sering menyewakan rumah nya untuk digunakan sebagai penginapan oleh para wisatawan.

Untuk harga nya sendiri tentu lah berbeda beda tergantung negosiasi antara wisatawan dengan warga sekitar.

Untuk anda para penggemar poto graphi, anda pasti akan dimanjakan oleh tempat ini. spot foto yang berpotensi menghasilkan gambar menarik memang banyak tersebar di tempat ini.

foto by instagram.com/rhyan_chacool/

Tidak hanya photos, banyak juga orang yang datang untuk membuat sebuah video. Hal tersebut dirasa sangat wajar karena area tempat nya yang luas ditambah keaslian kondisi alam membuat lokasi nya sangat cocok untuk dijadikan tempat pembuatan video.

Tips Saat ke Curug Cijalu

Untuk anda yang benar benar ingin liburan ke tempat ini, persiapkan lah segala nya dengan matang dan jangan sampai berpikir untuk datang dengan persiapan yang asal.

foto by instagram.com/agus1614dari/

Sebagai hal yang paling utama, persiapkan lah obat obatan khusus yang mana akan berguna ketika berada di lokasi ini. perlu diketahui, sangat sulit untuk menemukan obat obatan di tempat ini.

Selain itu, pastikan lah jika anda tidak mendatangi curug ini sendirian. Keindahan dari curug ini pasti lah akan jauh lebih terasa jika dinikmati bersama orang orang terdekat.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/nurul.lavigne/

Tidak perlu risau dalam urusan keuangan ketika hendak mengunjungi curug cijalu. Itu karena, biaya masuk nya sendiri tidak dikenakan tarif dengan harga tinggi.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Bentang Subang, Harga Tiket Masuk + Rute Menuju Lokasi

Seorang wisatawan hanya perlu membayarkan 8 ribu rupiah per orang untuk memasuki tempat wisata ini.
berbeda dengan tempat wisatawan lain yang sering kali mematok tarif dengan harga berbeda di hari libur dan hari biasa, tarif untuk memasuki curug ini tidak lah berubah ubah. Baik hari biasa maupun hari libur, harga 8 ribu per orang tersebut tidak lah berubah.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, tentu lah terdapat tarif tersendiri bagi biaya parkir. Mungkin di sekitar lokasi curug, terdapat banyak tempat parkir yang disediakan oleh warga sekitar.

Tetapi biasa nya, tarif parkir dari warga tersebut berbeda beda tergantung tingkat keramaian dari curug ini sendiri. Hal tersebut berbeda jika dibandingkan dengan tempat parkir resmi yang disediakan oleh pengelola curug.

foto by instagram.com/a.zuhdiarifin78/

Di tempat parkir resmi ini, sebuah motor akan dikenakan biaya parkir sebesar 1 ribu rupiah. Uang tersebut akan bertambah 2 ribu rupiah untuk sebuah mobil karena tarif parkir untuk sebuah mobil adalah 3 ribu rupiah.

Rute Menuju Curug Cijalu

Walaupun menurut map berada di kabupaten subang, curug cijalu ini akan lebih mudah jika ditempuh dari kota purwakarta.

Jarak curug cijalu ini dari pusat kabupaten subang adalah sekitar 37 km, sedangkan dari pusat kota purwakarta, curug ini hanya berjarak sekitar 25 km.

Untuk patokan termudah menuju ke curug cijalu, mari kita ambil dari jalur situ wanayasa yang berada pada jalan penghubung antara kabupaten purwakarta dan subang.

foto by instagram.com/setiawangoweser/

Ambil lah jalan menuju ke pasar wanayasa lalu apabila pasar tersebut telah terlewat sekitar 5 km, akan terlihat sebuah pangkalan ojek yang berlokasi di Kampung Legok Barong Desa Pusakamulya.

Darisana, ambillah belokan ke kanan menuju desa cipancar. Dari belokan tersebut, curug cijalu ini bisa ditempuh sekitar 4 km.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Cibadak Garut, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokas

Darisana, tidak perlu risau akan tersesat. Pengelola curug dan warga sekitar telah memberikan petunjuk arah yang cukup lengkap bagi para wisatawan. Selain itu, kondisi aspal nya pun cukup baik walaupun memang ada beberapa yang sudah terkelupas.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, curug cijalu ini pun bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum dari pusat kota purwakarta. Dari pusat kota, gunakan lah angkot 01 atau 02 yang menuju ke arah pasar simpang.

Untuk menggunakan angkot tersebut, seorang wisatawan harus membayar sekitar 4 ribu rupiah. Setelah sampai di pasar simpang, naik lah elf jurusan wanayasa. Turun lah dari elf tersebut ketika telah sampai di pangkalan ojek yang berada di dekat situ wanayasa.

Darisana, naik lah ojek untuk sampai ke pintu masuk curug cijalu. Per orang nya, akan dikenakan tarif sekitar 15 ribu atau 20 ribu rupiah. Turun lah ketika telah sampai di pintu masuk curug cijalu.

Dari pintu masuk tersebut, masih ada pintu masuk kedua yang berjarak sekitar 3 km. Selain itu dari pintu masuk itu pun seorang wisatawan masih harus berjalan sekitar 300 meter untuk menuju ke curug utama.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.